Minggu Biasa XXXI/B – 4 November 2012



Minggu Biasa XXXI/B – 4 November 2012
Ul 6:2-6; Ibr 7:23-28; Mrk 12:28b-34

Tidak terasa, sekarang sudah awal November. Tahun 2012 hampir berakhir dan akan segera datang tahun 2013. Hari ini kita juga sudah memasuki Pekan Biasa XXXI. Dua pekan lagi, Tahun Liturgi B ini akan segera berakhir dan berganti dengan Tahun Liturgi baru, yaitu Tahun C, yang dimulai dengan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam (25 November 2012). Dalam dinamika waktu yang terus berjalan, kita diajak membangun harapan seperti yang dinyatakan dalam bacaan I, “supaya lanjut umurmu dan supaya baiklah keadaanmu” (bdk. Ul 6:2.3).
Supaya di sepanjang zaman, keadaan kita selalu baik dan umur kita berlanjut dalam kehidupan abadgi, haruslah kita “berpegang pada segala ketetapan dan perintah Tuhan ... dan mengasihi Dia dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap kekuatan” (bdk. Ul 6:2.5). Inilah hukum utama yang pertama sebagaimana ditegaskan Yesus dalam bacaan Injil (Mrk 12:30). Kemudian, Yesus masih menambahkan satu lagi hukum utama yang kedua, yakni mengasihi sesama seperti diri sendiri (Mrk 12:31a).
Dua hukum kasih, sebagai hukum utama tersebut, disampaikan Yesus untuk menjawab seorang ahli Taurat yang bertanya, “Perintah manakah yang paling utama?” (Mrk 12:28). Pertanyaan ini bisa dimengerti mengingat dalam kitab Taurat, seluruhnya ada 613 hukum, 365 di antaranya berupa larangan dan yang 248 berupa perintah. Yesus menjawab pertanyaan tersebut dengan mengutip Ul 6:4-6 “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu!”. Kemudian, ditambahkan pula kutipan dari Im 19:18, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!” Yesus masih menegaskan bahwa tidak ada perintah lain yang lebih utama dari pada kedua perintah itu (Mrk 12:31b).
Perintah yang pertama, yaitu kasih kepada Allah didahului dengan penegasan mengenai keesaan Allah (Ul 6:4; Mrk 12:29). Hal ini dimaksudkan untuk menekankan pentingnya komitmen penuh dalam mengasihi Tuhan. Dia adalah satu-satunya Allah yang harus kita kasihi dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan. Kita tidak boleh mengasihi sesuatu pun yang lain melebihi kasih kita kepada Allah.
Sekarang, apa artinya mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan? Berdasarkan keyakinan keagamaan Yahudi pada waktu itu – juga keyakinan kita sekarang – di dalam hati terletak pusat hidup manusia; di dalam jiwa ada dorongan kehendak; di dalam akal budi terletak kesadaran, pikiran, dan logika; dan kekuatan menunjuk pada bakat dan kemampuan dalam berbagai aspek (fisik, ekonomi, sosial, dll). Dengan menyebut secara lengkap daya batin dan daya fisik manusia dalam mencintai Allah, hendak ditekankan bahwa mengasihi Allah bukan sekedar emosi tetapi muncul dari pusat atau kedalaman hidup kita yang melibatkan kehendak, kesadaran dan tindakan nyata sekaligus. Dengan ungkapan dan wujud kasih yang total kepada Allah ini, secara tidak langsung terkandung suatu pengakuan bahwa Allah adalah satu-satunya Sumber, Kekuatan dan Tujuan dari kehidupan manusia.
Kasih kepada Allah dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan tersebut harus pula diwujudkan dalam tindakan kasih kepada sesama. “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Mrk 12:31a). Yang menarik di sini, Yesus menyatakan bahwa mengasihi sesama hendaknya dilakukan seperti kita mengasihi diri sendiri. Tindakan “mengasihi diri sendiri” dalam konteks ini tentu tidak berarti egois tetapi justru merupakan tindakan syukur kepada Allah yang telah lebih dahulu mengasihi kita. Jika Allah mengasihi kita, tidak ada alasan bagi kita untuk membenci diri. Menurut hukum yang kedua tersebut, kasih kepada sesama dan kepada diri sendiri dapat berjalan bersama, bahkan dapat dipakai sebagai ukuran penilaian: “semakin kita mengasihi diri sendiri, semakin kita mengasihi sesama; semakin kita mengasihi sesama, semakin kita mengasihi diri sendiri.”
Menurut Injil Markus, kedua hukum kasih ini mengatasi semua kurban bakaran dan kurban lainnya (Mrk 12:32-33). Kasih bukan hanya inti dari hukum Taurat dan ajaran para nabi, tetapi juga inti dari ajaran dan misi Yesus di dunia ini. Karya penebusan kita dari kuasa dosa dan kematian oleh Yesus merupakan perwujudan kasih yang tak terhingga dari Allah kepada umat-Nya. Kasih bukan sekedar upaya manusia tetapi juga anugerah yang berasal dari Allah (1Yoh 4:7). Karena berasal dari Allah, maka kasih mempunyai sifat “tak berkesudahan” (1Kor 13:8). Bahkan, kasih itu lebih besar daripada iman dan harapan.Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.” (1Kor 13:13). Iman ada selesainya, yaitu ketika kita sudah melihat dan bersatu dengan Tuhan yang kita imani. Harapan juga ada selesainya ketika sudah terpenuhi. Berbeda dengan kasih. Kita ada dan lahir di dunia ini karena kasih. Selam kita hidup di dunia ini, kita membutuhkan kasih. Setelah, dipanggil Tuhan, kita pun masih membutuhkan kasih. Dan si surga pun kita akan hidup dalam persekutuan kasih yang abadi.
Tahun 2012 akan segera berakhir. Demikian pula Tahun Liturgi B ini. Namun kasih Tuhan kepada kita tidak berkesudahan. Demikian pula (hendaknya) kasih kita kepada Tuhan dan sesama.
RD. Ag. Agus Widodo

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy