Rabu, 14 September 2016
Pesta Pemuliaan Salib Suci
Pesta Pemuliaan Salib Suci
“Salib adalah Kurban Kristus yang unik, “satu-satunya pengantara antara
Allah dan manusia” (1 Tim 2:5). Tetapi karena dalam Pribadi ilahi-Nya
yang menjadi manusia, Ia dalam suatu cara telah menyatukan diri-Nya
dengan setiap manusia, “Kemungkinan untuk menjadi rekan, dalam cara yang
diketahui Allah, dalam misteri Paskah” ditawarkan kepada setiap manusia
(GS 22,2). Yesus mengajak murid-murid-Nya, untuk “memanggul salibnya”
dan mengikuti Dia (Mat 16:24), karena “Kristus pun telah menderita untuk
[kita] dan telah meninggalkan teladan bagi [kita], supaya [kita]
mengikuti jejak-Nya” (1 Ptr 2:21). Ia ingin mengikut-sertakan dalam
kurban penebusan-Nya ini, pada tempat pertama, orang-orang yang menjadi
ahli waris-Nya (Bdk. Mrk 10:39; Yoh 21:18-19; Kol 1:24) Hal ini dicapai
secara sangat mendalam oleh Ibu-Nya, yang dihubungkan dengan lebih
intim daripada siapapun dalam misteri penderitaan-Nya yang menebus
manusia (Bdk. Luk 2:35)” (Sta. Rosa dari Lima).
Antifon Pembuka (Gal 6:14)
Kita harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita.
We should glory in the Cross of our Lord Jesus Christ, in whom is our salvation, life and resurrection, through whom we are saved and delivered.
Ref. Nos autem gloriari oportet, in cruce Domini nostri Iesu Christi: in quo est salus, vita, et resurrectio nostra: per quem salvati, et liberati sumus.
Ayat.
1. Deus misereatur nostri, et benedicat nobis: illuminet vultum suum super nos, et misereatur nostri.
2. Ut cognoscamus in terra viam tuam: in omnibus gentibus salutare tuum.
3. Confiteantur tibi populi, Deus: confiteantur tibi populi omnes.
Antifon Pembuka (Gal 6:14)
Kita harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita.
We should glory in the Cross of our Lord Jesus Christ, in whom is our salvation, life and resurrection, through whom we are saved and delivered.
Ref. Nos autem gloriari oportet, in cruce Domini nostri Iesu Christi: in quo est salus, vita, et resurrectio nostra: per quem salvati, et liberati sumus.
Ayat.
1. Deus misereatur nostri, et benedicat nobis: illuminet vultum suum super nos, et misereatur nostri.
2. Ut cognoscamus in terra viam tuam: in omnibus gentibus salutare tuum.
3. Confiteantur tibi populi, Deus: confiteantur tibi populi omnes.
Pada Misa ini Madah Kemuliaan dinyanyikan/didaraskan, Syahadat ditiadakan.
Doa Pagi
Ya Allah, Engkau menghendaki Putra Tunggal-Mu menanggung salib demi keselamatan umat manusia. Perkenankanlah kami, yang menghormati misteri salib Putra-Mu di dunia, kelak menerima anugerah penebusan di surga. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Bilangan (21:4-9)
Ya Allah, Engkau menghendaki Putra Tunggal-Mu menanggung salib demi keselamatan umat manusia. Perkenankanlah kami, yang menghormati misteri salib Putra-Mu di dunia, kelak menerima anugerah penebusan di surga. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Bilangan (21:4-9)
"Semua orang yang terpagut ular akan tetap hidup, bila memandang ular perunggu."
Ketika umat Israel berangkat dari Gunung Hor, mereka berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom. Bangsa itu tidak dapat menahan hati di tengah jalan. Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa, “Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air! Kami telah muak akan makanan hambar ini!” Lalu Tuhan menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel itu mati. Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata, “Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan Tuhan dan engkau; berdoalah kepada Tuhan, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami.” Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. Maka berfirmanlah Tuhan kepada Musa, “Buatlah ular tedung dan taruhlah pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut ular, jika ia memandangnya, akan tetap hidup.” Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang. Maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = a, 2/4, PS 830
Ref. Aku wartakan karya agung-Mu Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan
Ayat. (Mzm 78:1-2.34-35.36-37.38)
1. Dengarkanlah pengajaranku, hai bangsaku, sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku. Aku mau membuka mulut untuk mengatakan Amsal, aku mau menuturkan hikmat dari zaman purbakala.
2. Ketika Allah membunuh mereka, maka mereka mencari Dia; mereka berbalik dan mendambakan Allah; mereka teringat bahwa Allah adalah Gunung Batu , bahwa Allah yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.
3. Tetapi mulut mereka tidak dapat dipercaya, dan dengan lidah mereka membohongi Allah. Hati mereka tidak berpaut pada-Nya, dan mereka tidak setia pada perjanjian-Nya.
4. Akan tetapi Allah itu penyayang! Ia mengampuni kesalahan mereka dan tidak memusnahkan mereka; banyak kali Ia menahan amarah-Nya, dan tidak melampiaskan keberangan-Nya.
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi (2:6-11)
"Yesus merendahkan diri, maka Allah sangat meninggikan Dia."
Saudara-saudara, Yesus Kristus, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Sebaliknya Ia telah mengosongkan diri, mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai wafat, bahkan sampai wafat di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia, dan menganugerahkan-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuklututlah segala yang ada di langit, dan yang ada di atas serta di bawah bumi, dan bagi kemuliaan Allah Bapa segala lidah mengakui, “Yesus Kristus adalah Tuhan.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Bait Pengantar Injil, do = g, 2/4, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali.
Ayat. Ya Kristus, kami menyembah dan memuji Dikau, sebab dengan salib-Mu, Engkau telah menebus dunia.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes (3:13-17)
"Anak manusia harus ditinggikan."
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami.
Renungan
Salib yang pada zaman Yesus merupakan tempat dan sarana untuk menghukum berat para penjahat, berkat Yesus yang wafat di salib, menjadi sarana penyelamatan. Yesus yang menyerahkan diri secara total dengan wafat di kayu salib membuahkan kehidupan bagi semua orang. Perubahan mendasar makna salib itu terjadi berkat Yesus yang mengorbankan diri sampai wafat di salib. Oleh karena itu, salib akan bermakna hanya bila dihubungkan dengan Yesus. Ia yang disalibkan adalah Dia yang dimuliakan (Bdk. Yoh 3:14) dan setiap orang yang percaya beroleh hidup yang kekal.
Sebagai simbol yang sangat populer, salib dipakai oleh begitu banyak orang. Sayangnya, simbol yang bermakna luhur dan bernilai tinggi itu sering kehilangan makna sejatinya dan dianggap sebagai hiasan semata. Tidak mengherankan adanya orang-orang bukan Kristiani yang mengenakan salib. Satu-satunya alasan memakai salib adalah keindahannya, apalagi ketika dimodifikasi dengan pelbagai bentuk yang menarik. Terkadang kita menyaksikan pemain sepak bola membuat tanda salib ketika memasuki lapangan sebelum bertanding. Tindakan itu memberi kesan suatu kebiasaan lama yang mungkin memang bermakna bagi para pelakunya, tetapi lambat laun menjadi kebiasaan semata yang seakan-akan mesti dilakukan menjelang berlaga. Serupa dengan tindakan itu, banyak orang katolik yang kerap membuat tanda salib namun tidak menyadari dan mengerti maknanya. Di atas kubur orang Kristiani juga sering dipasang salib. Tanda itu sering hanya berarti bahwa yang dikuburkan di tempat itu adalah orang Katolik atau Kristen. Tidak lebih dari itu.
Sebagai simbol yang sangat populer, salib dipakai oleh begitu banyak orang. Sayangnya, simbol yang bermakna luhur dan bernilai tinggi itu sering kehilangan makna sejatinya dan dianggap sebagai hiasan semata. Tidak mengherankan adanya orang-orang bukan Kristiani yang mengenakan salib. Satu-satunya alasan memakai salib adalah keindahannya, apalagi ketika dimodifikasi dengan pelbagai bentuk yang menarik. Terkadang kita menyaksikan pemain sepak bola membuat tanda salib ketika memasuki lapangan sebelum bertanding. Tindakan itu memberi kesan suatu kebiasaan lama yang mungkin memang bermakna bagi para pelakunya, tetapi lambat laun menjadi kebiasaan semata yang seakan-akan mesti dilakukan menjelang berlaga. Serupa dengan tindakan itu, banyak orang katolik yang kerap membuat tanda salib namun tidak menyadari dan mengerti maknanya. Di atas kubur orang Kristiani juga sering dipasang salib. Tanda itu sering hanya berarti bahwa yang dikuburkan di tempat itu adalah orang Katolik atau Kristen. Tidak lebih dari itu.
Berkat pengorbanan Yesus dengan mati di salib dan dibangkitkan, hidup manusia telah diubah menjadi baru. Semua orang yang percaya mesti bersyukur atas karya penyelamatan yang dilakukan Allah. Maka, setiap kali membuat tanda salib, orang Kristiani diingatkan akan kasih Allah yang begitu besar itu. Selain itu, dengan mengenakan salib diharapkan, mereka yang memandangnya senantiasa terarah pada Dia yang tersalib itu (Bdk. Bil 21:9), dan menerima keselamatan. Lebih dari itu, dengan memandang salib, kedekatan dengan Yesus semakin meningkat dan usaha untuk semakin menyerupai Dia semakin nyata. (Bdk. Flp 2:5). Dengan sepikiran dan seperasaan dengan Yesus, kerelaan berkorban seperti Dia semakin berkembang. Bila sungguh mengerti makna luhurnya, orang Katolik dengan senang dan bangga mengenakan salib. Namun banyak pula orang Katolik menghindarinya, karena tahu bahwa konsekuensinya tidak ringan. Betapa sulitnya pada zaman ini untuk berkorban bai sesama, ketika kecenderungan mencari kenyamanan dan rasa enak semakin kuat.
Pemasangan salib di atas kubur dimaksudkan untuk mengingatkan orang beriman Kristiani akan karya penebusan yang telah diterima berkat pengorbanan Yesus dan penegasan terhadap harapan pasti akan kehidupan kekal seperti dijanjikan-Nya. (YH/Inspirasi Batin 2016)
Antifon Komuni (Yoh 12:32)
Tuhan bersabda: Apabila Aku telah ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.
When I am lifted up from the earth,I will draw everyone to myself, says the Lord.
atau
Per signum Crucis de inimicis nostris libera nos, Deus noster
Antifon Komuni (Yoh 12:32)
Tuhan bersabda: Apabila Aku telah ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.
When I am lifted up from the earth,I will draw everyone to myself, says the Lord.
atau
Per signum Crucis de inimicis nostris libera nos, Deus noster