| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 17 September 2022 St Robertus Bellarminus dan St Hildegardis dari Bingen

Hari ini Gereja memperingati St. Robertus Bellarminus dan St. Hildegardis dari Bingen yang teladan dan imannya dapat menjadi inspirasi kita tentang bagaimana kita harus menjalani hidup kita sendiri, kita harus memberikan waktu untuk memperhatikan teladan dan tindakan mereka dalam hidup. St Robertus Bellarminus dan St Hildegardis dari Bingen adalah dua hamba Tuhan yang hebat yang harus menjadi panutan kita dalam hidup, agar kita dapat tumbuh semakin kuat dalam iman dan semakin dekat dengan Tuhan. Keduanya telah melayani Gereja dan umat Allah dalam berbagai cara, dan dalam kekudusan dan dedikasi pribadi mereka, mereka telah berbuat banyak untuk membawa umat Allah semakin dekat dengan Tuhan dan Juruselamat mereka.

St Robertus Bellarminus adalah seorang Kardinal Jesuit dari Gereja Roma Suci, yang dipuji atas usahanya yang intens dalam mendukung dan menerapkan reformasi Konsili Ekumenis Trente di tengah-tengah masa besar perubahan dalam Gereja dan masyarakat selama periode Kontra-Reformasi. Dia sangat terlibat dalam pembaruan teologi dan pendidikan Katolik, karena dia terlibat selama bertahun-tahun dalam pengajaran teologi di Kolese Roma, yang sekarang dikenal sebagai Universitas Kepausan Gregorian, mempengaruhi banyak seminaris yang akan menjadi imam dan pemimpin masa depan Gereja, mengesankan banyak orang dengan pemahaman intelektualnya yang mendalam tentang teologi dan Kitab Suci, serta kebijaksanaannya yang agung.

St Robertus Bellarminus diangkat sebagai Rektor Kolese Roma yang disebutkan di atas, dan kemudian sebagai Uskup dan akhirnya Kardinal Gereja. Dia dipercaya oleh Paus dengan tugas untuk membantu reformasi Gereja, dan dia juga banyak menulis banyak karya dan buku yang berkaitan dengan teologi dan ajaran Katolik. Dia juga membela iman yang benar melawan banyak bid'ah, kepalsuan, dan kekuatan lain yang menentang Gereja pada waktu itu. Melalui upaya dan komitmennya yang tak henti-hentinya kepada Tuhan, St. Robertus Bellarminus menunjukkan kepada kita apa artinya benar-benar berdedikasi sebagai orang Katolik.

Sementara itu, St. Hildegardis dari Bingen adalah seorang kepala biara Benediktin Jerman yang terkenal sebagai seorang mistikus dan penulis besar, dan yang kontribusinya kepada Gereja baik di komunitas lokalnya maupun di Gereja Universal yang lebih besar sangat besar. St Hildegardis dari Bingen dikaitkan dengan banyak tulisan dalam berbagai topik dan aspek, baik mengenai ajaran Gereja dan bahkan di luar, dan mengabdikan hidupnya untuk Tuhan dan komunitasnya. Dia menulis secara ekstensif tentang masalah teologi, serta kedokteran, dan juga dikaitkan dengan pengembangan monofoni dalam musik Gereja pada masanya. Untuk semua upaya dan kerja keras ini, dan untuk semua kontribusi yang telah dia lakukan, dia baru-baru ini dikanonisasi sepuluh tahun yang lalu oleh Paus Benediktus XVI, dan kemudian diangkat ke posisi Doktor Gereja oleh Paus Fransiskus, Paus kita saat ini. Inilah doa yang dipanjatkan Paus Benediktus XVI dalam salah satu Audiensi Umum. "Marilah kita selalu memohon Roh Kudus, sehingga Ia dapat mengilhami dalam Gereja para wanita suci dan pemberani, seperti St Hildegardis dari Bingen, yang, mengembangkan karunia yang telah mereka terima dari Tuhan, memberikan kontribusi khusus dan berharga mereka sendiri untuk pengembangan spiritual komunitas kita dan Gereja di zaman kita."

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua terinspirasi oleh teladan yang ditunjukkan oleh St. Robertus Bellarminus dan St. Hildegardis dari Bingen, agar kita sendiri juga dapat menjadi teladan dan teladan yang baik bagi orang lain di sekitar kita, dalam iman dan dalam bagaimana kita menjalani hidup kita. Marilah kita semua menjadi saksi Tuhan yang sejati dan mewartakan kebenaran dan kasih-Nya, Kabar Baik-Nya dan semua kasih karunia-Nya kepada semua bangsa melalui hidup dan tindakan kita sendiri setiap hari. Semoga Tuhan memberkati kita selalu dan semoga Dia terus membimbing kita dalam semua tindakan kita, dalam setiap upaya dan perbuatan kita. Amin.


Courtesy of Fairfield University Art Museum


Wolfgang Sauber | CC BY-SA 4.0

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy