| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Rabu, 14 September 2022 Pesta Salib Suci

Rabu, 14 September 2022
Pesta Salib Suci

“Salib adalah Kurban Kristus yang unik, “satu-satunya pengantara antara Allah dan manusia” (1 Tim 2:5). Tetapi karena dalam Pribadi ilahi-Nya yang menjadi manusia, Ia dalam suatu cara telah menyatukan diri-Nya dengan setiap manusia, “Kemungkinan untuk menjadi rekan, dalam cara yang diketahui Allah, dalam misteri Paskah” ditawarkan kepada setiap manusia (GS 22,2). Yesus mengajak murid-murid-Nya, untuk “memanggul salibnya” dan mengikuti Dia (Mat 16:24), karena “Kristus pun telah menderita untuk [kita] dan telah meninggalkan teladan bagi [kita], supaya [kita] mengikuti jejak-Nya” (1 Ptr 2:21). Ia ingin mengikut-sertakan dalam kurban penebusan-Nya ini, pada tempat pertama, orang-orang yang menjadi ahli waris-Nya (Bdk. Mrk 10:39; Yoh 21:18-19; Kol 1:24) Hal ini dicapai secara sangat mendalam oleh Ibu-Nya, yang dihubungkan dengan lebih intim daripada siapapun dalam misteri penderitaan-Nya yang menebus manusia (Bdk. Luk 2:35)” (St. Rosa dari Lima).

Antifon Pembuka (Gal 6:14)

Kita harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita.

We should glory in the Cross of our Lord Jesus Christ, in whom is our salvation, life and resurrection, through whom we are saved and delivered.

Ref. Nos autem gloriari oportet, in cruce Domini nostri Iesu Christi: in quo est salus, vita, et resurrectio nostra: per quem salvati, et liberati sumus.
Ayat.
1. Deus misereatur nostri, et benedicat nobis: illuminet vultum suum super nos, et misereatur nostri.
2. Ut cognoscamus in terra viam tuam: in omnibus gentibus salutare tuum.
3. Confiteantur tibi populi, Deus: confiteantur tibi populi omnes.
 
 
Pada Misa ini Madah Kemuliaan dinyanyikan/didaraskan, Syahadat ditiadakan.
 
 Doa Pagi

Ya Allah, Engkau menghendaki Putra Tunggal-Mu menanggung salib demi keselamatan umat manusia. Perkenankanlah kami, yang menghormati misteri salib Putra-Mu di dunia, kelak menerima anugerah penebusan di surga.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.    
    
Bacaan dari Kitab Bilangan (21:4-9)
 
  
"Semua orang yang terpagut ular akan tetap hidup, bila memandang ular perunggu."
  
Ketika umat Israel berangkat dari Gunung Hor, mereka berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom. Bangsa itu tidak dapat menahan hati di tengah jalan. Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa, “Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air! Kami telah muak akan makanan hambar ini!” Lalu Tuhan menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel itu mati. Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata, “Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan Tuhan dan engkau; berdoalah kepada Tuhan, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami.” Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. Maka berfirmanlah Tuhan kepada Musa, “Buatlah ular tedung dan taruhlah pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut ular, jika ia memandangnya, akan tetap hidup.” Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang. Maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = a, 2/4, PS 830
Ref. Aku wartakan karya agung-Mu Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan
Ayat. (Mzm 78:1-2.34-35.36-37.38)
1. Dengarkanlah pengajaranku, hai bangsaku, sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku. Aku mau membuka mulut untuk mengatakan Amsal, aku mau menuturkan hikmat dari zaman purbakala.
2. Ketika Allah membunuh mereka, maka mereka mencari Dia; mereka berbalik dan mendambakan Allah; mereka teringat bahwa Allah adalah Gunung Batu , bahwa Allah yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.
3. Tetapi mulut mereka tidak dapat dipercaya, dan dengan lidah mereka membohongi Allah. Hati mereka tidak berpaut pada-Nya, dan mereka tidak setia pada perjanjian-Nya.
4. Akan tetapi Allah itu penyayang! Ia mengampuni kesalahan mereka dan tidak memusnahkan mereka; banyak kali Ia menahan amarah-Nya, dan tidak melampiaskan keberangan-Nya.
 
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi (2:6-11)
   
"Yesus merendahkan diri, maka Allah sangat meninggikan Dia."
    
Saudara-saudara, Yesus Kristus, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Sebaliknya Ia telah mengosongkan diri, mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai wafat, bahkan sampai wafat di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia, dan menganugerahkan-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuklututlah segala yang ada di langit, dan yang ada di atas serta di bawah bumi, dan bagi kemuliaan Allah Bapa segala lidah mengakui, “Yesus Kristus adalah Tuhan.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = g, 2/4, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali.
Ayat. Ya Kristus, kami menyembah dan memuji Dikau, sebab dengan salib-Mu, Engkau telah menebus dunia.

Inilah Injil Suci menurut Yohanes (3:13-17)
     
"Anak manusia harus ditinggikan."
      
Dalam percakapan-Nya dengan Nikodemus, Yesus berkata, “Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan
 
 
Credit: JMLPYT/istock.com
 
Tahukah Anda kuasa transformasi penyembuhan dari salib Yesus Kristus? Tuhan Yesus datang untuk menyatukan bumi dengan surga dan untuk mengangkat mereka yang ada di bumi kepada kemuliaan surga. Yesus menjelaskan kepada Nikodemus, salah satu pemimpin utama bangsa Yahudi, bahwa Dia adalah "Anak Manusia" yang diutus oleh Bapa di surga untuk memulihkan hubungan kita yang rusak dengan Tuhan. "Anak Manusia" adalah gelar kunci Perjanjian Lama untuk Mesias yang datang dari surga untuk mendirikan Kerajaan Allah di bumi (lihat nubuat Daniel 7:13-14).
  
Apa yang Yesus maksudkan ketika Dia berkata "Anak Manusia harus ditinggikan?" Yesus menghubungkan ungkapan ini dengan Musa yang "mengangkat" ular tembaga di padang gurun untuk membawa kesembuhan dan pemulihan kehidupan bagi mereka yang digigit ular maut. Tulah kematian ini adalah akibat dari penolakan keras kepala orang-orang untuk mengikuti nasihat dan arahan Tuhan demi kesejahteraan mereka. Tuhan dalam rahmat-Nya mendengar doa Musa untuk membebaskan umat-Nya dari kutukan ini. Tuhan memerintahkan Musa,
“Buatlah ular tedung dan taruhlah pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut ular, jika ia memandangnya, akan tetap hidup.” (Bilangan 21:8). Musa mengangkat tinggi-tinggi patung ular perunggu yang dipasang pada kayu tiang, yang menyerupai salib. Mereka yang menaruh iman mereka kepada Tuhan dengan bertobat dari ketidaktaatan mereka disembuhkan dan dipulihkan ke keutuhan hidup.

Yesus menghubungkan kemenangannya di kayu salib dengan tindakan pembebasan Musa
Yesus dengan jelas menghubungkan tindakan pembebasan Musa di padang gurun dengan kematian pengorbanannya sendiri yang akan datang ketika dia akan "diangkat" di kayu salib di Kalvari. Tidak seperti pembebasan Musa di padang gurun yang hanya menghasilkan kelegaan sementara bagi orang-orang, kematian penebusan Yesus di kayu salib membawa kemenangan yang menentukan atas dosa, Iblis, dan kematian. Kemenangan Yesus di kayu salib menghapus hutang dosa kita, dan membebaskan kita dari kesalahan dan penghukuman. Kematian dan kemenangan-Nya membawa kita hidup baru - hidup baru yang berkelimpahan dalam Roh Kudus-Nya yang berlangsung selama-lamanya.

Kemenangan Yesus di kayu salib juga membawa kebangkitan tubuh-Nya yang mulia ke kehidupan baru yang tak berkesudahan dan kenaikan-Nya ke sebelah kanan Bapa di surga, di mana Ia sekarang memerintah dan menjadi perantara bagi kita. Hasil dari Yesus "diangkat di kayu salib," dan kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sebelah kanan Bapa di surga, adalah "kelahiran baru dalam Roh" dan pengangkatan kita sebagai putra dan putri Allah. Allah tidak hanya telah menebus kita dari dosa di dalam Kristus, Ia juga memenuhi kita dengan kehidupan ilahi-Nya sendiri melalui karunia Roh-Nya agar kita dapat berbagi dalam kemuliaan-Nya sendiri.
         
Allah mengutus Putra-Nya untuk membebaskan kita dari tirani terburuk - perbudakan dosa dan kutukan kematian. Kematian pengorbanan Yesus adalah tindakan kasih total melalui pemberian diri. Yesus memberikan diri-Nya sepenuhnya karena kasih kepada Bapa-Nya. Dan dia rela menyerahkan nyawanya karena kasih tanpa pamrih demi kita dan demi keselamatan kita. Kematian-Nya di kayu salib merupakan persembahan total kepada Allah dan kurban penebusan yang sempurna bagi dosa kita dan dosa dunia.

Yohanes mengatakan kepada kita bahwa kasih Allah tidak dapat dibatasi karena kasih itu tidak terbatas dan meliputi semua ciptaan (Yohanes 3:16). Kasih-Nya tidak terbatas pada satu bangsa atau beberapa umat pilihan. Kasih-Nya tidak terbatas karena mencakup seluruh dunia dan setiap individu yang diciptakan menurut "gambar dan rupa-Nya". Allah adalah Bapa yang penuh kasih yang gigih yang tidak dapat beristirahat sampai semua anak-anak-Nya yang mengembara telah kembali ke rumah-Nya. Santo Agustinus berkata, Allah kita masing-masing seolah-olah hanya ada satu dari kita untuk dicintai.
  
Allah memberi kita kebebasan untuk memilih siapa dan apa yang akan kita kasihi dan tidak kasihi. Kita bisa mencintai kegelapan dosa dan ketidakpercayaan atau kita bisa mencintai terang kebenaran, kebaikan, dan belas kasihan Tuhan. Jika cinta kita dituntun oleh kebenaran, kebaikan, dan apa yang benar-benar indah, maka kita akan memilih Tuhan dan mencintai-Nya di atas segalanya.
(RENUNGAN PAGI)  
   
 Untuk doa dan refleksi “Dapatkah kita memahami bahwa di dalam Yang Tersalib dari Golgota, martabat kita sebagai anak-anak Allah, yang ternoda oleh dosa, dipulihkan kepada kita? Marilah kita mengalihkan pandangan kita kepada Kristus. Dialah yang akan membuat kita bebas untuk mengasihi seperti Dia mengasihi kita, dan untuk membangun dunia yang didamaikan. Karena di Salib ini, Yesus menanggung beban semua penderitaan dan ketidakadilan kemanusiaan kita. Dia menanggung penghinaan dan diskriminasi, siksaan yang diderita di banyak bagian dunia oleh begitu banyak saudara dan saudari kita karena kasih Kristus.”—Paus Benediktus XVI   
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 

Antifon Komuni (Yoh 12:32)

Tuhan bersabda: Apabila Aku telah ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.
 
When I am lifted up from the earth,I will draw everyone to myself, says the Lord.

atau

Per signum Crucis de inimicis nostris libera nos, Deus noster

 

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy