Sabtu Sore, 24 Desember 2022
Vigili Natal - Misa Sore Menjelang Hari Raya Natal
Natal adalah pertemuan dengan Bayi yang baru lahir berbaring di gua yang sederhana. Saat merenungkannya di palungan, bagaimana kita bisa gagal memikirkan semua anak yang terus dilahirkan hari ini dalam kemiskinan yang parah di banyak wilayah di dunia? Bagaimana kita bisa gagal memikirkan bayi yang baru lahir yang tidak diterima, yang ditolak, yang tidak mampu bertahan hidup karena kurangnya perhatian dan perhatian Bagaimana kita bisa gagal memikirkan juga keluarga yang merindukan kegembiraan seorang anak dan tidak melihat harapan mereka terpenuhi sakit?"
- Paus Benediktus XVI, Audiensi Umum 'Makna Rohani Natal', 17 Desember 2008.
Antifon Pembuka (Bdk. Kel 16:6-7)
Hari ini kamu akan tahu bahwa Tuhan akan datang menyelamatkan kita, dan besok pagi akan kamu saksikan kemuliaan-Nya.
Today you will know that the Lord will come, and he will save us, and in the morning you will see his glory.
Hodie scietis, quia veniet Dominus, et salvabit nos; et mane videbitis gloriam eius.
Vigili Natal - Misa Sore Menjelang Hari Raya Natal
Natal adalah pertemuan dengan Bayi yang baru lahir berbaring di gua yang sederhana. Saat merenungkannya di palungan, bagaimana kita bisa gagal memikirkan semua anak yang terus dilahirkan hari ini dalam kemiskinan yang parah di banyak wilayah di dunia? Bagaimana kita bisa gagal memikirkan bayi yang baru lahir yang tidak diterima, yang ditolak, yang tidak mampu bertahan hidup karena kurangnya perhatian dan perhatian Bagaimana kita bisa gagal memikirkan juga keluarga yang merindukan kegembiraan seorang anak dan tidak melihat harapan mereka terpenuhi sakit?"
- Paus Benediktus XVI, Audiensi Umum 'Makna Rohani Natal', 17 Desember 2008.
Antifon Pembuka (Bdk. Kel 16:6-7)
Hari ini kamu akan tahu bahwa Tuhan akan datang menyelamatkan kita, dan besok pagi akan kamu saksikan kemuliaan-Nya.
Today you will know that the Lord will come, and he will save us, and in the morning you will see his glory.
Hodie scietis, quia veniet Dominus, et salvabit nos; et mane videbitis gloriam eius.
Bacaan-bacaan di bawah ini dipakai dalam Perayaan Ekaristi tanggal 24 Desember sore, sebelum atau sesudah Ibadat Sore (Vesper) I Natal. Pada Misa ini ada Madah Kemuliaan, ada Syahadat (berlutut saat "Ia dikandung dari Roh Kudus"), Prefasi Natal I, II atau III, Communicantes Natal.
Doa
Ya Allah, setiap tahun Engkau menggembirakan kami dengan menantikan penebusan. Semoga kami, yang dengan gembira menerima Putra Tunggal-Mu sebagai Penebus, layak menghadap Dia dengan hati tenang, manakala Ia datang sebagai hakim. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Yesaya (62:1-5)
"Seorang mempelai girang hati melihat pengantin perempuan."
Oleh karena Sion aku tidak akan berdiam diri dan oleh karena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya dan keselamatannya menyala seperti suluh. Maka bangsa-bangsa akan melihat kebaenaranmu, dan orang akan menyebut engkau dengan nama baru yang akan ditentukan oleh Tuhan sendiri. Engkau akan menjadi mahkota keagungan di tangan Tuhan dan serban kerajaan di tangan Allahmu. Engkau tidak akan disebut lagi "yang ditinggalkan suami", dan negerimu tidak akan disebut lagi "yang sunyi", tetapi engkau akan dinamai "yang berkenan kepada-Ku" dan negerimu "yang bersuami", sebab Tuhan telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami, sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = d, 2/4, PS 868
Ref. Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya.
Aau Kerelaan Tuhan hendak kunyanyikan selama-lamanya.
Ayat. (Mzm 89:4-5.16-17.27.29; Ul: 2)
1. Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya, hendak menuturkan kesetiaan-Mu turun-menurun. Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya kesetiaan-Mu tegak seperti langit.
2. Engkau berkata, "Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku Aku telah bersumpah kepada Daud, hamba-Ku: Aku hendak menegakkan anak cucumu untuk selama-lamanya, dan membangun takhtamu turun-menurun."
3. Dia pun akan berseru kepada-Ku, "Bapa-kulah Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku." Untuk selama-lamanya Aku akan memelihara kasih setia-Ku bagi dia, dan perjanjian-Ku dengannya akan Kupegang teguh.
Bacaan dari Kisah Para Rasul (13:16-17.22-25)
Ayat. (Mzm 89:4-5.16-17.27.29; Ul: 2)
1. Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya, hendak menuturkan kesetiaan-Mu turun-menurun. Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya kesetiaan-Mu tegak seperti langit.
2. Engkau berkata, "Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku Aku telah bersumpah kepada Daud, hamba-Ku: Aku hendak menegakkan anak cucumu untuk selama-lamanya, dan membangun takhtamu turun-menurun."
3. Dia pun akan berseru kepada-Ku, "Bapa-kulah Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku." Untuk selama-lamanya Aku akan memelihara kasih setia-Ku bagi dia, dan perjanjian-Ku dengannya akan Kupegang teguh.
Bacaan dari Kisah Para Rasul (13:16-17.22-25)
"Aku bukanlah Dia yang kamu sangka, tetapi Ia akan datang kemudian
daripada aku. Membuka kasut dari kaki-Nya pun aku tidak layak."
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
Bait Pengantar Injil, do = es, 2/2, PS 955
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. Besok kejahatan dunia akan dilebur,
dan Penyelamat dunia akan merajai kita.
Inilah Injil Suci menurut Matius 1:1-25 (Singkat: Mat 1:18-25)
"Silsilah Yesus, anak Daud."
Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.
Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan raja Daud.
Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.
Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.
Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.
Kelahiran Yesus Kristus adalah sebagai berikut: Pada waktu Maria, ibu Yesus, bertunangan dengan Yusuf, ternyata Maria mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf, suaminya, seorang yang tulus hati, dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika Yusuf mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata, "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Maria akan melahirkan anak laki-laki, dan engkau akan menamai Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Hal itu terjadi supaya genaplah firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi: 'Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamai Dia Imanuel' yang berarti: Allah menyertai kita. Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki, dan Yusuf menamai anak itu Yesus.
Verbum Domini
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe (U. Terpujilah Kristus)
Renungan
Saudara-saudari terkasih, dalam bacaan Injil Misa Vigili Natal
menunjukkan kepada kita silsilah Yesus Kristus. Sebagai manusia, Yesus
juga mempunyai sejarah hidup yang panjang, yang dipersiapkan oleh Allah
sendiri.
Melalui silsilah itu mau ditunjukkan kepada kita bahwa Yesus
adalah tokoh yang tidak tiba-tiba muncul. Kita bisa mengetahui garis
keturunan Yesus Kristus secara lengkap, dari Injil Matius 1: 1-17. Di
situ dipaparkan siapakah Yesus itu? Berasal dari keturunan siapakah Dia?
Bila kita membaca silsilah Yesus Kristus dari Injil Matius tersebut,
mungkin kita akan menjadi tidak tertarik, paling tidak kita akan tidak
selalu tertarik; karena selain sukar mengikutinya juga karena nama-nama
leluhur yang ada di situ "asing" bagi telinga kita. Apalagi itu dari
Kitab Suci Perjanjian Lama, yang jarang kita baca dan jarang kita
dengar; apalagi kita pelajari! Kita bisa mencermati empat nama
perempuan yang asa dalam silsilah itu. Siapakah empat perempuan itu?
Mari kita simak!
Inilah nama-nama mereka: Tamar,
Rahab, Rut dan Batsyeba. Keempat nama perempuan itu dalam pandangan dan
penilaian hidup orang pada umumnya termasuk perempuan yang tidak baik,
tidak bersih, kotor dan perlu dijauhi. Tamar: adalah menantu Yehuda,
namun akhirnya justru mempunyai anak dengan Yehuda. (Kej. 38) Rahab:
adalah perempuan sundal, yang menolong pengintai-pengintai Israel. (Yos
6) Rut: yang akhirnya menikah dengan Boaz, lelaki kaya raya, punya
riwayat hidup yang kelam. (Rut 2-4) Batsyeba: isteri Uria, panglima
perang raja Daud. Karena raja Daud tidak bisa mengendalikan nafsu
syahwatnya saat berjalan-jalan di sotoh istana, ia lalu menyuruh membawa
Batsyeba ke istana, raja Daud bersetubuh dengan Batsyeba, mereka punya
anak Salomo. (2Sam.11) Yang kemudian menjadi raja yang sangat terkenal
karena kearifan dan juga kebijaksannya itu. Namun sebetulnya masih ada
satu lagi perempuan yang punya andil besar di balik kelahiran Yesus
Kristus, yaitu Maria, isteri Yusuf, pemuda yang rendah hati.
Kedua silsilah tersebut, terlepas dari arah "naik" atau "turun" yang mereka pilih, menampilkan Yesus sebagai bagian dari garis keturunan Daud, anak Isai. Sebenarnya, inilah yang memungkinkan mereka untuk memahami kelahiran Yesus selaras dengan nubuatan yang terdapat dalam kitab Yesaya (bdk. Yes. 11:1) di mana kita membaca “Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah."
Metafora tumbuh-tumbuhan yang digunakan nabi itu sendiri kemudian diambil oleh para seniman abad pertengahan untuk mewakili silsilah Yesus dengan cara yang relatif mudah. Terlebih lagi, terjemahan Latin dari bagian ini memungkinkan para seniman menambahkan beberapa karakter lain ke pohon itu. Dalam Vulgata Latin, bagian itu berbunyi sebagai berikut:
“Et egredietur virga de radice Iesse et flos de radice eius ascendet”
Sedangkan flos berarti “bunga”, virga berarti “ranting”, atau “batang”. Tapi itu juga pelesetan yang cukup nyaman: cukup mirip dengan virgo (yaitu, bahasa Latin untuk "perawan"). Dalam pengertian itu, wajar jika Pohon Isai ("virga" Jesse) berakhir dengan Perawan Maria memahkotai pohon itu, memegang Yesus di lengannya.
Sebagian besar gambar Pohon Isai menunjukkan sosok Isai, (sering kali lebih besar dari semua orang dalam gambar) sedang berbaring atau tidur, menyerupai Adam ketika tulang rusuknya diambil. Baik dari sisinya atau dari pusarnya, batang pohon yang menanjak (terkadang pohon anggur) bercabang ke kedua sisi. Nenek moyang Kristus sering terlihat di cabang-cabang ini. Batangnya, akhirnya, naik secara vertikal ke Maria dan Kristus di atas. Penggunaan “silsilah keluarga” yang umum kita gunakan, tidak mengherankan, berasal dari motif abad pertengahan ini.. (RENUNGAN PAGI)
Antifon Komuni (Bdk. Yes 40:5)
Kemuliaan Tuhan akan dinyatakan, dan semua orang akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.
Revelabitur gloria Domini: et videbit omnis caro salutare Dei nostri.
The glory of the Lord will be revealed, and all flesh will see the salvation of our God.
Karya:kaisorn/istock.com |