| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 01 Agustus 2024 St. Alfonsus Maria de Liguori

 


 
Transalpine Redemptorists CC

 Hari ini, Gereja memperingati St. Alfonsus Maria de Liguori,  yang dikenal sebagai pendiri dari ordo religius yang dikenal sebagai Kongregasi Sang Penebus Mahakudus, Redemptoris. St Alfonsus de Liguori benar-benar seorang abdi Allah yang agung, seorang uskup dan hamba Tuhan yang setia, yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk melayani Tuhan. Ia dilahirkan dalam keluarga bangsawan kecil yang kecil, dan kemudian unggul dalam akademisi dan studinya, dan menjadi pengacara selama beberapa tahun. Namun, dia tidak benar-benar menemukan kepuasan dan kegembiraan sejati dalam hidup, dan mencari makna yang lebih dalam dalam hidupnya. St Alfonsus Maria Liguori kemudian akhirnya mencari Tuhan dalam hidup bakti, sebagai seorang imam dan misionaris Tuhan, dalam mewartakan kasih dan kebenaran Allah kepada banyak orang, dengan inisiatif dan usahanya menjangkau puluhan ribu orang, yang tersentuh oleh khotbahnya yang tulus dan jelas, penuh dengan kebenaran dan kasih yang tulus kepada Tuhan.


St Alfonsus Maria de Liguori ingin menunjukkan lebih banyak sisi kasih dan belas kasih Tuhan kepada banyak orang yang tersesat dari-Nya, sementara pada saat yang sama juga menekankan pentingnya pertobatan dan berpaling dari dosa-dosa. St Alfonsus Maria de Liguori kemudian mendirikan Kongregasi Sang Penebus Mahakudus, Redemptoris, yang memulai kampanye besar pelayanan di seluruh dunia, dalam membawa pengetahuan tentang Penebus Ilahi, Kerahiman Allah kepada lebih banyak orang.. Kemudian, ordo itu juga akan menambah karisma dan pelayanan mereka, penyebaran devosi kepada Bunda Penolong Abadi, yang telah dipercayakan oleh Paus sendiri dengan perawatan Ikon Bizantium Bunda Penolong Abadi, yang melengkapi dan menambahkan misi mereka dalam mencari keselamatan jiwa, penebusan orang berdosa dan pembebasan seluruh dunia dari kekuatan dosa dan kegelapan.

Ujud Kerasulan Doa Bulan Agustus 2024

 

 Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini.
Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putera-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi pembimbing dan kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi kasih-Mu.
Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan […] ini:

 

AGUSTUS 2024

Ujud Gereja Universal:  Bagi para pemimpin politik – Semoga para pemimpin politik melayani rakyat, bekerja untuk pembangunan manusia seutuhnya dan kebaikan bersama, serta memberikan perhatian lebih kepada orang miskin dan mereka yang kehilangan pekerjaan.

Ujud Gereja Indonesia: Pemberdayaan keluarga berpenghasilan rendah – Semoga paroki-paroki dapat meningkatkan keberdayaan keluarga-keluarga berpenghasilan rendah dengan langkah-langkah konkret, seperti menyediakan layanan koperasi, memberikan ilmu pengelolaan keuangan, serta meningkatkan semangat kewirausahaan.




Bulan Agustus secara tradisional didedikasikan untuk Hati Maria Yang Tak Bernoda, yang hatinya adalah pola dan model dari segala kebajikan, dari segala kemurnian!

 

Kamis, 01 Agustus 2024 Peringatan Wajib St. Alfonsus Maria de Liguori, Uskup dan Pujangga Gereja

Kamis, 01 Agustus 2024
Peringatan Wajib St. Alfonsus Maria de Liguori, Uskup dan Pujangga Gereja
    
“Semakin seseorang mengasihi Allah, semakin besar alasan untuk berharap pada-Nya. Pengharapan inilah yang, dalam diri para kudus, menghasilkan sebuah kedamaian tak terkatakan, yang mampu bertahan meski dalam kesulitan, sebab seiring mereka mengasihi Allah, dan memahami betapa indahnya Dia bagi mereka yang mengasihi-Nya, mereka menempatkan seluruh kepercayaan mereka dan menemukan peristirahatan mereka hanya di dalam Dia.” — St. Alfonsus Maria de Liguori
   

Antifon Pembuka (Mzm 131:9)

Tuhan bersabda, "Seorang imam akan Kuangkat bagi-Ku. Ia setia pada-Ku dan bertindak menurut maksud dan keinginan-Ku."

Doa Pagi


Allah Bapa, Penyelamat Umat Manusia, Engkau selalu membangkitkan tokoh-tokoh agung untuk menyegarkan semangat Gereja-Mu. Semoga kami mengikuti jejak Santo Alfonsus Maria dan giat mengusahakan keselamatan sesama, supaya kami pantas memperoleh ganjaran di surga. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.        


Bacaan-bacaan dan Mazmur Tanggapan dari hari biasa, atau dari Rumus Umum Gembala Umat atau Pujangga Gereja, misalnya Rm 8:1-4; Mzm 119:9.10.11.12.13.14; R:12b; Mat 5:13-19
.
in.
 
       
"Kaca Patri Agnus Dei - ditemukan di Katedral Florence (Basilica di Santa Maria del Fiore), Italia" Credit: mammuth/istock.com

Bacaan dari Kitab Yeremia (18:1-6)
 
"Seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kalian di tangan-Ku." 
    
Tuhan bersabda kepada Yeremia, “Pergilah segera ke rumah tukang periuk! Di sana Aku akan memperdengarkan sabda-Ku kepadamu.” Lalu pergilah aku ke rumah tukang periuk, dan kebetulan ia sedang bekerja dengan pelarikan. Apabila bejana yang sedang dibuatnya dari tanah liat itu rusak di tangannya, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut keinginannya. Kemudian bersabdalah Tuhan kepadaku, “Masakan Aku tidak bertindak terhadap kalian seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah sabda Tuhan. Sungguh, seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kalian di tangan-Ku, hai kaum Israel!
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Orang Kudus hari ini: 31 Juli 2024 St. Ignatius dari Loyola


Fr Lawrence Lew, O.P. | Flickr CC BY-NC-ND 2.0


Hari ini Gereja memperingati Santo Ignatius Loyola, yang lahir di bagian utara Spanyol saat ini sebagai putra bungsu bangsawan Basque setempat, pada saat banyak konflik dan perang terjadi di wilayah tersebut. Santo Ignatius Loyola akhirnya tumbuh menjadi seorang pemuda yang tertarik pada urusan militer dan karier, mencari kejayaan dan ketenaran melalui perang dan pertempuran, mencari semua itu melalui berbagai kisah dan legenda perang yang diromantisasi yang menjadi inspirasinya di masa mudanya. Oleh karena itu, ia bergabung dengan tentara pada usia muda tujuh belas tahun, bertempur dalam banyak pertempuran di Navarre di Spanyol utara, hingga suatu hari, ia terluka parah oleh peluru meriam yang mengenai salah satu kakinya, yang secara efektif mengakhiri karier militernya. Santo Ignatius Loyola mengalami pertobatan rohani saat ia pulih dari cedera parah itu, saat ia diperkenalkan dengan kisah Tuhan dan para orang kudus-Nya, menyadari bahwa pengejarannya sebelumnya akan ketenaran dan kemuliaan melalui perang dan konflik pada akhirnya hanyalah ilusi dan sekejap mata, sebuah fakta yang lebih ditekankan oleh kakinya yang terluka dan cedera, mengingatkannya dan juga kita semua tentang betapa tidak menentunya kehidupan di dunia ini, dan betapa cepat berlalunya kemuliaan dan kepuasan duniawi. Dan saat ia semakin dekat dengan Tuhan, ia akhirnya sampai pada gagasan untuk mendirikan sebuah ordo yang berdedikasi dan berkomitmen kepada Tuhan dan Gereja-Nya, kepada misi penginjilan dan pelayanan kepada umat Tuhan, yang menjadi kenyataan dengan Serikat Yesus.

Rabu, 31 Juli 2024 Peringatan Wajib St. Ignatius dari Loyola

Rabu, 31 Juli 2024
Peringatan Wajib St. Ignatius dari Loyola

“Keberanian untuk berdiri kokoh dalam kebenaran adalah tuntutan yang tak terhindarkan dari mereka yang dikirim Tuhan sebagai domba diantara serigala. “Mereka yang takut akan Tuhan tidak akan takut”, kata kitab Sirakh (34:16). Takut akan Allah membebaskan kita dari takut akan manusia. Ia membebaskan.” – Paus Benediktus XVI

     

Antifon Pembuka (Mzm 81:10-11a)

Dalam nama Yesus hendaknya setiap makhluk di surga, di bumi dan di bawah bumi bertekuk lutut. Dan demi kemuliaan Bapa hendaknya setiap lidah mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan.

At the name of Jesus, every knee should bend of those in heaven and on earth and under the earth, and every tongue confess that Jesus Christ is Lord, to the glory of God the Father.

   

Doa Pagi

Allah Bapa Mahamulia, untuk menyebarluaskan kemuliaan nama-Mu, Engkau menampilkan Santo Ignasius di tengah umat. Semoga dengan bantuan dan teladannya kami berjuang di dunia, agar memperoleh mahkota di surga. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                  
   
Karya: PaulCalbar/istock.com



Bacaan dari Kitab Yeremia (15:10.16-21)
     
    
"Mengapa penderitaanku tidak berkesudahan? Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan dikau menjadi pelayan di hadapan-Ku."
                
Pada waktu itu Yeremia mengeluh, "Celakalah aku, ya ibuku, bahwa engkau telah melahirkan daku. Sebab aku seorang yang menjadi buah perbantahan dan buah percederaan bagi seluruh negeri. Padahal aku tidak menghutangkan dan tidak pula berhutang kepada siapa pun. Namun mereka semua mengutuki aku. Apabila aku menemukan sabda-Mu, maka aku menikmatinya. Sabda-Mu itu menjadi kegirangan bagiku dan menjadi kesukaan hatiku. Sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya Tuhan, Allah semesta alam. Tidak pernah aku duduk bersenang-senang dalam pertemuan orang-orang yang bersenda gurau. Karena tekanan tangan-Mu aku duduk seorang diri, sebab Engkau telah memenuhi aku dengan geram. Mengapa penderitaanku tidak berkesudahan, dan lukaku sangat payah, sukar disembuhkan? Sungguh, Engkau seperti sungai yang curang bagiku, air yang tidak dapat dipercaya. Maka Tuhan menjawab, "Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan dikau menjadi pelayan di hadapan-Ku. Dan jika engkau mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina, maka engkau akan menjadi penyambung lidah bagi-Ku. Biarpun mereka akan kembali kepadamu, namun engkau tidak perlu kembali kepada mereka. Terhadap bangsa ini Aku akan membuat engkau sebagai tembok berkubu dari perunggu. Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan dikau. Sebab Aku menyertai engkau untuk menyelamatkan dan membebaskan dikau," demikianlah sabda Tuhan, "Aku akan melepaskan dikau dari tangan orang-orang jahat dan membebaskan dikau dari genggaman orang-orang lalim."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Orang Kudus hari ini: 30 Juli 2024 St. Petrus Krisologus

 
Collection Diocesan Museum Pius IX, Imola, Italy (CC0)
 
 
  Saudara-saudari terkasih, hari ini, kita memiliki teladan iman dari salah satu pendahulu suci kita, yaitu St. Petrus Krisologus, seorang imam besar, pengkhotbah dan kemudian disebut sebagai Pujangga Gereja. Santo Petrus Krisologus lahir di tempat yang sekarang menjadi bagian dari Italia utara selama dekade-dekade terakhir Kekaisaran Romawi di Mediterania Barat, di mana ia pertama kali menjadi diakon dan kemudian diakon agung yang melayani Gereja, sebelum Paus saat itu mengangkatnya sebagai Uskup Ravenna, yang saat itu merupakan ibu kota de facto Kekaisaran Romawi Barat. Diceritakan dalam tradisi Gereja bahwa Paus melihat sebuah penglihatan tentang Santo Petrus sang Rasul dan Santo Apolllinaris dari Ravenna yang menunjuk kepada seorang pemuda yang akan menjadi Uskup Ravenna yang baru, dan penglihatan ini merujuk kepada Santo Petrus Krisologus yang saat itu masih muda.

Informasi Penerimaan Donasi 29 Juni - 29 Juli 2024

 

2024-07-25 10:29:21 M* R**** L*** H***** Rp 250.000
2024-07-25 06:49:41 T**** T********** D* Rp 100.000
2024-07-25 03:26:09 A*** W***** Rp 100.000
2024-07-25 02:31:06 A******** M**** S*** Rp 100.000
2024-07-15 06:05:59 M***** H**** Rp 100.000
2024-07-03 06:53:09 L**** Y*** T** Rp 100.000
2024-07-03 04:05:02 M***** C********* C***** Rp 100.000 
2024-06-29 18:18:03 A***** W***** Rp 100.000
2024-06-29 07:45:58 S****** L******* L*** I*   
2024-06-29 07:35:59 L********* A***** Rp 100.000
2024-06-29 07:09:02 A******* S****** Rp 50.000
 
Terima kasih atas perhatian dan dukungan anda untuk renunganpagi.id. Tuhan memberkati. 


Bacaan Harian: 29 Juli - 04 Agustus 2024

Senin, 29 Juli 2024: Peringatan Wajib Wajib St. Marta, Maria dan Lazarus, Sahabat Tuhan (P).
1Yoh. 4:7-16; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7, 8-9,10-11; Yoh. 11:19-27 atau Luk. 10:38-42
 
Selasa, 30 Juli 2024: Hari Biasa Pekan XVII (H).
Peringatan Fakultatif St. Petrus Krisologus (P).
Yer. 14:17-22; Mzm 79:8,9,11,13; Mat. 13:36-43. 

Rabu, 31 Juli 2024: Peringatan Wajib St. Ignasius dari Loyola (P).
Yer. 15:10,16-21; Mzm. 59:2-3.4-5a.10-11,17-18; Mat 13:44-46. 

Kamis, 01 Agustus 2024: Peringatan Wajib St. Alfonsus Maria de Liguori (P).
Yer. 18:1-6; Mzm. 146:2abc.2d-4.5-6; Mat. 13:47-53. 

Jumat, 02 Agustus 2024: Hari Biasa Pekan XVII (H).
Peringatan Fakultatif St. Eusebius Vercelli, Uskup dan Martir (M), St. Petrus Yulianus Eymard (P).
Yer. 26:1-9; Mzm. 69:5.8-10.14; Mat. 13:54-58. 

Sabtu, 03 Agustus 2024: Hari Biasa Pekan XVII (H).
Yer. 26:11-16.24; Mzm. 69:15-16.30-31.33-34; Mat. 14:1-12. 

Minggu, 04 Agustus 2024: Hari Minggu Biasa XVIII (H).
Kel. 16:2-4,12-15; Mzm. 78:3,4bc,23-24,25,54; Ef. 4:17.20-24; Yoh. 6:24-35. 
 
Karya: PaulCalbar/istock.com
 

Selasa, 30 Juli 2024 Hari Biasa Pekan XVII

Selasa, 30 Juli 2024
Hari Biasa Pekan XVII

“Sedikit air dicampur dengan anggur untuk menggambarkan pencampuran atau persatuan yang terjadi dalam inkarnasi Sang Firman antara keilahian dan kemanusiaan-Nya, dan juga untuk menggambarkan persatuan intim yang disebabkan dalam Komuni sakramental antara Yesus Kristus dan orang yang menerima Komuni.” — St. Alfonsus Liguori

       

Antifon Pembuka (Mzm 103:8.10)
    
Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang kesabaran-Nya dan berlimpah kasih setia-Nya. Tak pernah melakukan kita setimpal dosa kita atau membalas kita setimpal kesalahan kita.
   

Doa Pagi

Allah Bapa Mahabaik, Engkau telah memperbarui perjanjian-Mu dengan kami melalui Yesus Kristus, Putra-Mu. Bantulah kami untuk berbalik dari segala kejahatan dan mampukanlah kami untuk makin setia kepada-Mu.. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
     

Bacaan dari Kitab Yeremia (14:17-22)
  
"Ya Tuhan, janganlah kiranya membatalkan perjanjian-Mu dengan kami." 
         
Air mataku bercucuran siang dan malam tiada hentinya, sebab anak dara, puteri bangsaku, dilukai dengan luka parah, luka yang sama sekali tak tersembuhkan. Apabila aku keluar ke padang, di sana ada orang-orang yang mati terbunuh oleh pedang! Apabila aku masuk ke dalam kota, di sana ada orang-orang sakit kelaparan.” Bahkan baik nabi maupun imam menjelajah negeri yang tidak dikenalnya. Telah Kautolakkah Yehuda sama sekali? Telah merasa muakkah Engkau terhadap Sion? Mengapakah kami Kaupukul sedemikian, hingga tidak ada lagi kesembuhan bagi kami? Kami mengharapkan damai sejahtera, namun tiada sesuatu yang baik. Kami mengharapkan kesembuhan, namun hanya ada kengerian. Ya Tuhan, kami insaf akan kejahatan kami, dan akan kesalahan leluhur kami; kami sungguh telah berdosa terhadap-Mu; janganlah kiranya menolak kami, dan janganlah Engkau menghinakan tahta kemuliaan-Mu! Ingatlah akan perjanjian-Mu dengan kami, janganlah kiranya membatalkannya. Adakah yang dapat menurunkan hujan di antara para dewa kesia-siaan bangsa-bangsa itu? Atau dapatkah langit sendiri memberi hujan lebat? Bukankah hanya Engkau saja, ya Tuhan Allah kami, pengharapan kami, yang membuat semuanya itu?
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Senin, 29 Juli 2024 Peringatan Wajib St Marta, Maria, Lazarus - Sahabat Tuhan

 Senin, 29 Juli 2024
Peringatan Wajib St Marta, Maria, Lazarus - Sahabat Tuhan
   
Marta menerima Tuhan seperti menerima para peziarah (St. Agustinus)

     
  Antifon Pembuka (Luk 10:38)

Yesus memasuki sebuah dusun, dan seorang wanita bernaoma Marta menyambut-Nya ke dalam rumahnya.
 
Intravit Iesus in quoddam castellum, et mulier quaedam Martha nomine excepit illum in domum suam.

Jesus entered a village, where a woman named Martha welcomed him into her home.
          

Doa Pagi

Allah Bapa yang kekal dan kuasa, Putra-Mu telah sudi bertamu di rumah Santa Marta. Semoga berkat doanya kami setia melayani Kristus dalam diri sesama kami, supaya kelak kami pun masuk ke dalam kediaman surgawi. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang masa. Amin. 
 
 
Bacaan Injil diambil dari rumus khusus untuk Peringatan Wajib Santa Marta 
     
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes (4:7-16)

"Allah adalah kasih."

Anak-anakku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allahlah yang telah mengasihi kita dan telah mengutus Anak-Nya sebagai silih bagi dosa-dosa kita. Anak-anakku kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita pun saling mengasihi. Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah. Tetapi jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. Beginilah kita ketahui, bahwa kita berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: yakni bahwa Ia telah mengaruniai kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. Kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Minggu, 28 Juli 2024 Hari Minggu Biasa XVII

Credit:m_a_n/istock.com

Minggu, 28 Juli 2024
Hari Minggu Biasa XVII
     
 Ekaristi adalah khazanah maha berharga: bukan hanya dengan merayakannya tetapi juga dengan berdoa di hadapannya di luar Misa, kita dimampukan berhubungan dengan maha-sumber rahmat. (St. Paus Yohanes Paulus II, Ensiklik Ecclesia de Eucharistia No. 25)
  

Antifon Pembuka (Mzm 67:6.7.36)

Allah bersemayam di tempat-Nya yang kudus. Di dalam rumah-Nya Ia menghimpun semua orang. Dia sendiri akan memberi kekuatan dan keberanian kepada umat-Nya.

God is in his holy place, God who unites those who dwell in his house; he himself gives might and strength to his people.

Deus in loco sancto suo: Deus, qui inhabitare facit unanimes in domo: ipse dabit virtutem et fortitudinem plebi suæ.

  
Doa Pembuka


Allah, Engkaulah pelindung bagi mereka yang berharap kepada-Mu. Tanpa Engkau, tiada suatu pun yang baik, tiada suatu pun yang kudus. Lipatgandakanlah belas kasih-Mu dalam diri kami agar dengan bimbingan dan bantuan-Mu kami menggunakan harta yang fana dengan tetap terarah pada harta yang abadi.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.     
   
Bacaan dari Kitab Kedua Raja-Raja (4:42-44)
     
    
"Orang akan makan, dan bahkan akan ada sisanya."
    
Sekali peristiwa datanglah seseorang dari Baal-Salisa dengan membawa bagi Elisa, abdi Allah, roti-hulu-hasil, yaitu dua puluh roti jelai serta gandum baru dalam sebuah kantong. Lalu berkatalah Elisa, "Berikanlah roti itu kepada orang-orang ini, supaya mereka makan." Tetapi pelayan abdi Allah itu berkata, "Bagaimanakah aku dapat menghidangkannya di depan seratus orang?" Jawab abdi Allah itu, "Berikanlah kepada orang-orang itu, supaya mereka makan, sebab beginilah firman Tuhan: Orang akan makan, dan bahkan akan ada sisanya." Lalu dihidangkannyalah roti itu di depan mereka. Maka makanlah mereka, dan masih ada sisa, sesuai dengan firman Tuhan.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Sabtu, 27 Juli 2024 Hari Biasa Pekan XVI

 
Sabtu, 27 Juli 2024
Hari Biasa Pekan XVI

Orang yang dicintai itu berada di dalam lubuk hati pencintanya, tanpa rasa takut apa pun juga. (St. Yohanes Krisostomus)


Antifon Pembuka (Mzm 84:5.6a)


Berbahagialah orang yang diam di rumah-Mu, yang memuji-muji Engkau tanpa henti. Berbahagialah para peziarah yang mendapat kekuatan dari pada-Mu.


Doa Pagi


Allah Bapa Maha Pengasih, Engkau tinggal dalam diri kami bila kami melakukan amal baik. Kami mohon, ajarilah kami menghayati sabda-Mu dan resapilah kami dengan kebijaksanaan Putra-Mu, jalan kehidupan kami,
yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang masa. Amin.
     
CC0

Bacaan dari Kitab Yeremia (7:1-11)
      
"Sudahkah menjadi sarang penyamun rumah yang atasnya nama-Ku diserukan?"
  
Tuhan bersabda kepada Yeremia, “Berdirilah di pintu gerbang rumah Tuhan. Serukanlah di sana sabda ini dan katakanlah, ‘Dengarkanlah sabda Tuhan, hai sekalian orang Yehuda yang masuk melalui semua pintu gerbang ini untuk sujud menyembah kepada Tuhan! Beginilah sabda Tuhan semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkah dan perbuatanmu, maka Aku mau diam bersama kalian di tempat ini. Jangan percaya kepada perkataan dusta, ‘Ini bait Tuhan, bait Tuhan, bait Tuhan!’ Hanya apabila kalian sungguh-sungguh memperbaiki tingkah langkah dan perbuatanmu, apabila kalian sungguh-sungguh melaksanakan keadilan di antara kalian sendiri, tidak menindas orang asing, yatim dan janda, tidak menumpahkan darah orang tak bersalah di tempat ini dan tidak mengikuti allah lain yang menjadi kemalanganmu sendiri, maka Aku mau diam bersama kalian di tempat ini, di tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu, sejak dahulu kala sampai selama-lamanya. Tetapi ternyata kalian percaya kepada perkataan dusta yang tidak memberi faedah. Masakan kalian mencuri, membunuh, berzinah dan bersumpah palsu, membakar kurban kepada Baal dan mengikuti allah lain yang tidak kalian kenal, lalu kalian datang berdiri di hadapan-Ku di rumah yang atasnya nama-Ku diserukan, sambil berkata, ‘Kita selamat’, agar dapat melanjutkan segala perbuatan yang keji itu! Sudahkan menjadi sarang penyamun rumah yang atasnya nama-Ku diserukan ini? Aku, Aku melihat sendiri semuanya itu!”

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Orang Kudus hari ini: 26 Juli 2024 St. Yoakim dan Anna

 
Public Domain


Hari ini, Gereja memperingati St. Yoakim dan St. Anna, orang tua dari Santa Perawan Maria, dan karenanya, mereka adalah kakek nenek dari Tuhan Yesus, Tuhan dan Juru Selamat kita. Oleh karena itu, pada kesempatan ini juga kita mengingat semua orang lanjut usia di keluarga kita, semua orang tua kita dan mereka yang telah memberi kita cinta mereka dengan sabar dan terus menerus, bahkan ketika mereka tidak dihargai dan ketika mereka lelah dan menghadapi tantangan dalam hidup mereka sendiri. Meskipun tidak disebutkan dalam Kitab Suci, tradisi kuno menyatakan bahwa St. Yoakim dan St. Anna adalah nama orang tua Maria, Bunda Yesus. Catatan paling awal mengenai nama mereka ditemukan dalam teks apokrif abad kedua yang dikenal sebagai Protoevangelium Yakobus . Seperti St Yoakim dan St Anna, yang telah mencintai dan merawat Maria, Bunda Allah, sejak dia bahkan belum lahir, dan selama tahun-tahun pembentukannya. Meskipun kita tidak memiliki banyak informasi tentang mereka, tetapi kita sangat yakin bahwa mereka telah membesarkan Maria dengan sangat baik, bahwa ia menjadi makhluk yang benar-benar layak menjadi Bunda Allah dan Juru Selamat, dalam teladan iman dan kesalehan, dan komitmennya kepada Allah. Devosi kepada dua orang kudus menyebar dengan cepat ke seluruh Gereja Timur dan devosi kepada St Anna menjadi sangat kuat di Gereja Barat. Sejak tahun 1969, St. Yoakim dan Anna dihormati bersama pada tanggal 26 Juli.   

Jumat, 26 Juli 2024 Peringatan Wajib St. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria

 
foto: maxpixel.net / CC0

Jumat, 26 Juli 2024
Peringatan Wajib St. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria

“Biarlah pasangan suci, yang dihormati oleh Tuhan, Yoakim dan Anna, sebagai kerabat Tuhan, dirayakan dengan keceriaan dan nyanyian yang indah; karena mereka melahirkan bagi kita dia (Perawan Maria) yang, di luar pemahaman kita, melahirkan Dia (Tuhan kita Yesus Kristus) yang tanpa daging, namun menjadi fana demi keselamatan dunia; dan bersamanya mereka berdoa agar kita dapat diselamatkan.”—Troparion untuk Pesta Santo Joachim dan Ann (Ritus Bizantium)

      
Antifon Pembuka

Marilah kita menghormati Santo Yoakim dan Santa Anna pada peringatan kelahiran mereka. Mereka telah menerima berkat dari Allah bagi segala bangsa.

Doa Pagi


Allah Bapa para leluhur kami, Engkau sudah memilih Santo Yoakim dan Santa Ana menjadi orangtua Ibunda Yesus. Semoga berkat doa mereka kami menerima keselamatan yang Kaujanjikan.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                   
        
Bacaan dari Kitab Sirakh (44:1.10-15)
     
    
"Nama mereka hidup terus turun-menurun."
        
Kami hendak memuji orang-orang termasyhur, para leluhur kita, menurut urut-urutannya. Mereka adalah orang-orang kesayangan, yang kebajikannya tidak sampai terlupa; semua itu tetap disimpan oleh keturunannya sebagai warisan baik yang berasal dari mereka. Keturunannya tetap setia kepada perjanjian-perjanjian, dan anak-anak mereka pun demikian pula keadaannya. Keturunan mereka akan lestari untuk selama-lamanya, dan kemuliaannya tidak akan dihapus. Dengan tenteram jenazah mereka dimakamkan, dan nama mereka hidup terus turun temurun. Kebijaksanaan mereka diceritakan oleh bangsa-bangsa, dan para jemaah mewartakan pujian mereka.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Kekudusan

 
Image by Foto-Rabe from Pixabay

1. Dalam pesan radio yang disiarkan pada kesempatan Beatifikasi Paus Innosensius XI, Sri Paus Pius XII mendefinisikan kekudusan sebagai “kesadaran mendalam akan ketundukan setia kepada Tuhan, Yang dipuja dan dikasihi sebagai awal, akhir , dan norma dalam setiap pikiran, kasih sayang, perkataan, dan tindakan.”

Mari kita renungkan definisi ini, yang membantu kita menjelaskan hakikat kekudusan yang sebenarnya. Orang kudus harus selalu memiliki kesadaran yang kuat akan ketergantungannya pada Tuhan, Penciptanya, Penebus dan Pengudusnya, serta harapannya akan pahala dan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Kesadaran ini harus jelas, karena kesadaran ini tidak boleh dikaburkan oleh gangguan duniawi atau dilenyapkan oleh daya pikat nafsu indria. Hal ini harus aktif, sehingga hal ini tidak hanya sekedar pengakuan teoretis atas ketergantungan kita yang hanya mengarah pada pemujaan bibir; sebaliknya, hal itu harus mampu mengubah hidup kita menjadi tindakan ketaatan dan kasih. Yang terakhir, kesadaran yang setia, ketundukan yang penuh dan sukarela kepada Tuhanlah yang menjadi kekuatan pendorong di balik semua kata-kata dan tindakan kita, dan yang mengilhami kita dalam suka dan duka, dalam kemenangan dan kekalahan. Jika kita ingin menjadi orang Kristen yang sempurna, kita harus memupuk kesadaran akan ketergantungan kita pada Tuhan.

Kamis, 25 Juli 2024 Pesta Santo Yakobus, Rasul

 
Kamis, 25 Juli 2024
Pesta Santo Yakobus, Rasul

"Dari semula Yakobus giat penuh semangat. Ia mengesampingkan semua kepentingan dunia hingga ia mati dibunuh." (St. Yohanes Krisostomus)

Antifon Pembuka (Mat 4:18.21)

Ketika Yesus berjalan di pantai Danau Galilea, Ia melihat Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya. Mereka sedang memperbaiki jala dan Yesus memanggil mereka.

As he walked by the Sea of Galilee, Jesus saw James the son of Zebedee and John his brother mending their nets and he called them.
 
  
  
 
Pada Misa ini ada Madah Kemuliaan 
  
Public Domain

 
Doa Pagi

Allah Bapa Yang Mahakuasa dan Kekal, di antara para rasul, Santo Yakobuslah yang pertama Kaukuduskan sebagai martir. Semoga umat-Mu menimba kekuatan dari kesaksiannya dan menemukan perlindungan berkat doanya.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                  
    
Bacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (4:7-15)     
  
"Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami."
        
Saudara-saudara, harta pelayanan sebagai rasul kami miliki dalam bejana tanah liat, supaya nyata bahwa kekuatan yang berlimpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami sendiri. Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terhimpit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian; kami dihempaskan, namun tidak binasa. Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami. Sebab kami yang masih hidup ini terus-menerus diserahkan kepada maut demi Yesus, supaya juga hidup Yesus menjadi nyata dalam tubuh kami yang fana ini. Demikianlah maut giat di dalam diri kami, sedangkan hidup giat di dalam kamu. Namun kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis, “Aku percaya, sebab itu aku berbicara.” Karena kami pun percaya, maka kami juga berbicara. Karena kami tahu, bahwa Allah yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. Dan Allah itu akan menghadapkan kami bersama dengan kamu ke hadirat-Nya. Sebab semuanya itu terjadi demi kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar karena semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menghasilkan ucapan syukur semakin melimpah bagi kemuliaan Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Pengetahuan dan Kekudusan

  

1. Seandainya ada kemajuan yang setara sepanjang zaman dalam hal kekudusan dan ilmu pengetahuan, manusia sekarang akan menjadi sangat bijaksana dan sangat kudus.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ilmu pengetahuan telah mencapai kemajuan besar, namun sayangnya harus diakui bahwa ilmu pengetahuan sering kali melupakan awal dan akhir ilmu pengetahuan, yaitu Tuhan saja. Objek pengetahuan adalah kebenaran, dan semua kebenaran berasal dari Tuhan, tetapi kebenaran itu ada di dalam ciptaan seperti pantulan cahaya ilahi. Kita harus menelusuri pantulan cahaya ini kembali ke sumber aslinya. Jika siswa selalu melakukan hal ini, mereka bisa menjadi bijaksana sekaligus terpelajar. Dari studi dan penelitian mereka, mereka akan memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam tentang Tuhan, pencipta semua keajaiban di alam semesta, dan mereka akan menemukan cara beribadah dan menaati-Nya.

Ketika ilmu pengetahuan tersesat atau menjadi tujuan akhir, ilmu pengetahuan tidak lagi berguna dan dapat menjadi alat kejahatan. Ketika sejarah filsafat digambarkan sebagai sejarah penyimpangan manusia, hal ini tidaklah berlebihan. Terlebih lagi, ilmu-ilmu teknis dan praktis yang berkembang di era ini seringkali menjadi sarana kehancuran manusia. Inilah yang terjadi ketika ilmu pengetahuan berpaling dari Tuhan yang merupakan asal muasalnya.

Orang Kudus hari ini: 24 Juli 2024 St Sharbel Makhluf, Biarawan dan Pertapa Maronit (1828-1898)

 
Public Domain

 
Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St Sharbel Makhluf, yang merupakan seorang biarawan Katolik Maronit terkenal yang tinggal di bagian Lebanon saat ini, dilahirkan dalam keluarga yang saleh, dibesarkan dengan baik dalam iman oleh keluarganya. Dia akan memastikan bahwa dia punya waktu untuk berdoa dan berkomitmen kepada Tuhan bahkan sejak usia sangat muda. Akhirnya, ia menjadi seorang biarawan setelah bertahun-tahun persiapan dan pengajaran, mengambil nama yang membuatnya terkenal saat ini, yaitu nama Sharbel, yang diilhami oleh orang suci dengan nama tersebut, seorang martir Kristen di wilayah tersebut pada awal sejarah Gereja. Oleh karena itu, dia memulai kehidupan pengasingan dan penarikan diri dari dunia sebagai pertapa selama sisa hidupnya.

St Sharbel Makhluf menjalani kehidupan suci sejak usia sangat muda, dibesarkan dalam keluarga yang taat, dan kemudian menjadi seorang biarawan di tempat yang sekarang menjadi bagian dari Lebanon. Pada tahun 1851, ia memasuki biara Santa Perawan Maria dari Maifouk, menerima nama religius “Sharbel.” Dia mengucapkan kaul pada tahun 1853 dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1859. Setelah dipindahkan ke biara di Anaya, dia mendapat izin untuk hidup sebagai seorang pertapa. Dia hidup dalam kesendirian selama dua puluh tiga tahun mempersiapkan, merayakan, dan bersyukur atas Misa hariannya. Tak terhitung orang datang kepadanya, meminta nasehat dan doanya. Dia menjalani kehidupan yang sangat kudus, sepenuhnya mengabdi kepada Tuhan, dan ketika dia kemudian mengundurkan diri ke biara sebagai seorang biarawan, mengabdikan dirinya lebih banyak lagi kepada Tuhan, dia menunjukkan kepada banyak orang bagaimana mungkin bagi seseorang untuk mempercayakan dirinya sepenuhnya kepada Tuhan, dan mengikuti Dia dalam perintah dan kehendak-Nya. 

Rabu, 24 Juli 2024 Hari Biasa Pekan XVI

 
Rabu, 24 Juli 2024
Hari Biasa Pekan XVI
    
      'Sumber keadilan bukanlah balas dendam, melainkan kasih.' (St. Brigitta dari Swedia)
       
Antifon Pembuka (Mzm 71:15)

Mulutku akan menceritakan keadilan-Mu dan sepanjang hari mengisahkan keselamatan karya-Mu.

Doa Pagi


Allah Bapa Maha Penyayang, orang yang mencari Engkau takkan dikecewakan: Engkau berkenan menemui mereka dalam diri manusia penuh belas kasih, yaitu Yesus Putra Rahmat. Ajarilah kami menurut semangat-Nya. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus,  Allah, kini dan sepanjang masa. Amin.
    

Credit:ThamKC/istock.com

Bacaan dari Kitab Yeremia (1:1.4-10)
 
  
"Aku menentukan dikau menjadi nabi untuk berbagai bangsa." 
     
Inilah perkataan-perkataan Yeremia bin Hilkia, dari keturunan imam yang ada di Anatot di tanah Benyamin. Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda." Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN." Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu. Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Orang Kudus hari ini: 23 Juli 2024 St. Brigitta dari Swedia

 

Carl Larsson | Wikipedia Public Domain
 
Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St. Brigitta dari Swedia (1303–23 Juli 1373), seorang perempuan agung dan suci, hamba Allah yang setia yang kita peringati hari ini. St. Brigitta dari Swedia adalah seorang mistikus dan religius terkenal, yang menjadi dayang Ratu Swedia, sekaligus terkenal karena banyak karya dan kegiatan amalnya, dalam kepeduliannya terhadap orang miskin dan yang membutuhkan. Setelah suaminya meninggal, keinginannya yang terus-menerus untuk melayani orang sakit dan orang miskin menginspirasinya untuk mendirikan sebuah ordo religius, yang kemudian dikenal sebagai Bridgettines / Ordo St. Brigitta. Mereka semua berkomitmen untuk merawat orang sakit dan orang miskin di masyarakat.
 
St Brigitta dari Swedia dilahirkan dalam keluarga bangsawan dan relatif kaya, yang merupakan seorang beriman yang taat dan mengabdikan dirinya kepada orang miskin dan masyarakat yang kurang beruntung. Dia akhirnya mengilhami pendirian beberapa ordo keagamaan, yang didedikasikan untuk kesejahteraan spiritual dan pengembangan mereka yang memutuskan untuk mengabdikan diri mereka kepada Tuhan yang terinspirasi oleh teladan orang suci itu.  

Selasa, 23 Juli 2024 Hari Biasa Pekan XVI

 
Selasa, 24 Juli 2024
Hari Biasa Pekan XVI

Kekudusan bukan untuk pengecut dan salib tidak bisa dinegosiasikan, itu adalah persyaratan. (Bunda Angelica)
    
Antifon Pembuka (Mzm 85:8)


Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu ya Tuhan, dan berilah kami keselamatan-Mu.


Doa Pagi 
    
Allah Bapa Maha Penyayang, semoga kami memahami kehendak-Mu, yang terungkap dalam sabda-Mu, dan semoga Engkau selalu mendampingi kami dengan penyelenggaraan-Mu. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
     

Credit: JMLPYT/istock.com
 
Bacaan dari Nubuat Mikha (7:14-15.18-20)
       
"Kiranya Engkau menunjukkan kasih setia-Mu"

Ya Tuhan, gembalakanlah umat-Mu dengan tongkat-Mu, kambing domba milik-Mu sendiri. Mereka terpencil mendiami rimba di tengah-tengah kebun buah-buahan. Biarlah mereka merumput di Basyan dan Gilead seperti pada zaman dahulu kala. Perlihatkanlah kepada kami tindakan-tindakan ajaib seperti pada waktu Engkau keluar dari Mesir. Adakah Allah lain seperti Engkau yang mengampuni dosa-dosa dan memaafkan pelanggaran yang dilakukan oleh sisa-sisa milik-Nya sendiri? Yang tidak murka untuk selama-lamanya, melainkan berkenan pada kasih setia? Biarlah Ia kembali menyayangi kita menghapus kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut. Kiranya Engkau menunjukkan setia-Mu kepada Yakub dan kasih-Mu kepada Abraham sebagaimana telah Kaujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang kami sejak zaman purbakala.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bacaan Harian: 23 - 28 Juli 2024

Senin, 22 Juli 2024: Pesta St. Maria Magdalena (P).
Kid. 3:1-4a atau 2Kor. 5:14-17; Mzm. 63:2,3-4,5-6,8-9; Yoh. 20:1.11-18. 

Selasa, 23 Juli 2024: Hari Biasa Pekan XVI (H).
Peringatan Fakultatif St. Brigitta dari Swedia (P).
Mi 7:14-15.18-20; Mzm 85:2-4.5-6.7-8; Mat 12:46-50. 

Rabu, 24 Juli 2024: Hari Biasa Pekan XVI (H).
Peringatan Fakultatif St. Sharbel Makhlouf, Biarawan (P).
Yer 1:1.4-10; Mzm 71:1-2.3-4a.5-6ab.15ab.17; Mat 13:1-9
 
Kamis, 25 Juli 2024: Pesta St. Yakobus, Martir (M).
2Kor. 4:7-15; Mzm. 126:1-2ab,2cd-3,4-5,6; Mat. 20:20-28. 

Jumat, 26 Juli 2024: Peringatan Wajib St. Yoakim dan Anna, Orangtua SP Maria (P).
Sir. 44:1,10-15; Mzm. 132:11,13-14,17-18; Mat. 13:16-17. 

Sabtu, 27 Juli 2024: Hari Biasa Pekan XVI (H).
Yer 7:1-11; Mzm 84:3.4.5-6a.8a.11; Mat 13:24-30.

Minggu, 28 Juli 2024: Hari Minggu Biasa XVII (H).
Hari Orangtua, Kakek dan Nenek Sedunia
2Raj. 4:42-44; Mzm. 145:10-11,15-16,17-18; Ef. 4:1-6; Yoh. 6:1-15.
 
Karya: photovs/istock.com

Senin, 22 Juli 2024 Pesta Santa Maria Magdalena

 
Maria Magdalena (Piero di Cosimo)
 
Senin, 22 Juli 2024
Pesta Santa Maria Magdalena

“Kekudusan tidak berarti tidak pernah melakukan kesalahan atau dosa. Kekudusan meningkatkan kapasitas untuk bertobat, untuk menyesal, untuk bersedia memulai kembali dan, khususnya, untuk rekonsiliasi dan pengampunan.”
- Paus Benediktus XVI, Audiensi Umum 31 Januari 2007

  
Antifon Pembuka (Bdk. Yoh 20:17)

Yesus bersabda kepada Maria Magdalena, "Pergilah dan beritahukanlah kepada saudara-saudara-Ku: Aku naik kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."

The Lord said to Mary Magdalene: Go to my brothers and tell them: I am going to my Father and your Father, to my God and your God.

Doa Pagi

Allah Bapa Yang Mahamulia, Putra-Mu yang tunggal menyampaikan kabar sukacita Paskah yang mulia kepada Maria Magdalena mendahului para murid lainnya. Semoga berkat teladan dan doanya kami mewartakan Kristus yang hidup dan kelak melihat-Nya meraja dalam kemuliaan-Mu. Sebab Dialah Tuhan, yang hidup dan berkuasa, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang masa. Amin.

Bacaan Pertama
Bacaan dari Kidung Agung (3:1-4a)
  
"Impian mempelai perempuan."
  
Di dalam kerinduannya, sang mempelai berkata: Pada malam hari, di atas peraduanku, kucari jantung hatiku. Kucari dia, tapi tak kutemukan. Aku bangun dan berkeliling di kota; di jalan-jalan dan di lapangan-lapangan kucari dia, jantung hatiku. Kucari dia, tapi tak kutemukan. Aku ditemui peronda-peronda kota. “Apakah kamu melihat jantung hatiku?” Baru saja meninggalkan mereka, kutemukan jantung hatiku. Kupegang dia, dan tak kulepaskan lagi.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Orang Kudus hari ini: 21 Juli 2024 St. Laurensius dari Brindisi

 
Public Domain
 

Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St. Laurensius dari Brindisi, seorang hamba Tuhan yang agung yang hidup dan komitmennya kepada-Nya dapat menginspirasi kita dalam bagaimana kita semua juga harus menjalani hidup kita sendiri, dengan keyakinan. St. Laurensius lahir di Brindisi, Italia, dan masuk Fransiskan Kapusin pada usia enam belas tahun. Dia dengan cepat mengembangkan reputasi sebagai sarjana berbakat. St Laurensius dari Brindisi adalah seorang imam dan anggota ordo religius Kapusin, yang dikenang karena kesalehan dan kefasihannya dalam banyak bahasa, yang juga ikut bertempur dalam konflik dan perang melawan kekuatan penindas Gereja, menurut tradisi dipersenjatai hanya dengan salib. Dia mengabdikan seluruh hidupnya untuk melayani Tuhan, dalam melayani sesama saudara dan saudari Kapusin sebagai vikjen dan pemegang jabatan tertinggi, di antara pekerjaan lain di antara umat Allah, hingga hari-hari terakhirnya. 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy