| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 09 Juli 2024 St. Agustinus Zhao Rong, Imam dan Martir, dkk

 
 
© Courtesy of the Holy Transfiguration Monastery, http://www.thehtm.org
 
Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini, Gereja memperingati Santo Agustinus Zhao Rong dan rekan-rekannya, yang dianiaya, menderita dan akhirnya menjadi martir di Tiongkok. Pada saat itu, para misionaris pergi ke Tiongkok untuk membawa iman Katolik kepada banyak orang yang belum mengenal Tuhan, mewartakan Kabar Baik Tuhan kepada semakin banyak orang. Namun, agama Kristen dan para misionaris dipandang dengan kecurigaan yang besar dan bahkan diperlakukan dengan permusuhan oleh pemerintah dan pejabat yang menganggap mereka sebagai ancaman terhadap kekuasaan dan kendali mereka atas rakyat. Pemerintah terkadang menganiaya para misionaris Kristen dan para petobat lokal secara sporadis dan sistematis, memaksa mereka untuk meninggalkan iman mereka kepada Tuhan dengan ancaman penderitaan dan penyiksaan yang hebat.

St Agustinus Zhao Rong sendiri adalah seorang tentara Tiongkok yang mendampingi Uskup John Gabriel Taurin Dufresse, misionaris Perancis dari "Masyarakat Misi Luar Negeri Paris" yang dianiaya, ditangkap dan akhirnya menjadi martir di ibu kota di Beijing. Pengalaman ini antara lain membawanya menjadi seorang mualaf Kristen, dan akhirnya menjadi imam diosesan yang melayani komunitas Kristen setempat, menghadapi banyak tantangan dan kesulitan selama menjalankan misi dan karyanya hingga saat ini. Akhirnya, seperti banyak orang Kristen lainnya pada waktu itu, ia menjadi martir sekitar dua abad yang lalu di tengah-tengah penganiayaan yang intens terhadap orang-orang Kristen. Kita mengingat hari ini keberanian dan iman yang besar yang telah ditunjukkan oleh St. Agustinus Zhao Rong dan banyak martir suci lainnya, para Martir Suci Tiongkok, dalam iman, dedikasi dan komitmen mereka kepada Tuhan. Dia meninggal di penjara pada tahun 1815. Dikanonisasi pada Tahun Yubelium tahun 2000, para martir ini dihormati secara kolektif sebagai pelindung Tiongkok.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua berusaha melakukan yang terbaik untuk mengikuti jejak besar para martir suci, St. Agustinus Zhao Rong dan rekan-rekannya dalam kemartiran, para Martir Suci Tiongkok. Kita semua harus menyadari betapa kita telah diberkati dan dicintai oleh Tuhan, dan dengan menyeru kita, dan dengan kita mengikuti-Nya dan menerima kasih-Nya, kasih sayang dan kebaikan-Nya, kita harus selalu melakukan yang terbaik untuk memuliakan Dia dan nama-Nya di dunia. Marilah kita semua menjadi teladan dan inspirasi bagi satu sama lain sebagaimana para martir suci telah mengilhami kita semua dalam kehidupan kita masing-masing. Semoga Tuhan selalu menyertai kita dan semoga Dia memberkati kita dalam segala ikhtiar dan perbuatan baik kita, semua demi kemuliaan-Nya yang lebih besar. Amin.
 
 
  Para pemimpin agama-agama besar dunia dan para pemimpin negara harus memperbaharui komitmen mereka untuk mencanangkan dan melindungi kebebasan beragama, dan khususnya untuk membela kelompok minoritas agama; Hal ini tidak menjadi ancaman bagi identitas mayoritas melainkan merupakan sebuah kesempatan untuk berdialog dan saling memperkaya budayanya. Membela mereka adalah cara ideal untuk mengkonsolidasikan semangat yang baik, keterbukaan dan timbal balik yang dapat menjamin perlindungan atas hak-hak mendasar dan kebebasan di segala bidang dan wilayah di dunia. (Paus Benediktus XVI, 8 Desember 2010)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy