| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Peringatan Pemberkatan Gereja Basilika St. Maria Maggigore

 
                                                   MatthiasKabel CC-BY-SA-2.5

   Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati Pemberkatan Basilika St. Maria, juga lebih dikenal dalam bahasa Italia sebagai Santa Maria Maggiore. Ini adalah salah satu dari empat Basilika Utama Kepausan yang agung, dan yang terbesar dari semua gereja dan basilika Maria yang didedikasikan untuk Maria, Bunda Allah yang Terberkati. Perayaan besar pemberkatan Basilika St. Maria ini seharusnya menjadi momen bagi kita semua untuk mengingat kembali peran Bunda Allah yang Terberkati, Maria, dalam sejarah keselamatan kita. Melalui dia, kita telah menerima Juruselamat dunia, Tuhan kita Yesus Kristus. 
 
Pada hari ini, kita mengenang kenangan akan pendirian Rumah Tuhan yang agung ini, yang didedikasikan kepada Bunda Maria dengan gelar asli Bunda Maria dari Salju. Menurut tradisi Gereja, pada masa ketika Gereja dan umat beriman baru saja dibebaskan dari penganiayaan tanpa henti oleh negara Romawi, sekitar tujuh belas abad yang lalu, seorang bangsawan atau bangsawan Romawi dan istrinya, keduanya beragama Kristen, dan tidak memiliki ahli waris, berdoa kepada Tuhan dan bersumpah untuk mempersembahkan harta benda mereka kepada Perawan Maria yang Terberkati, Bunda Allah. Mereka memohon kepada Tuhan untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana mereka dapat mempersembahkan harta benda mereka dengan benar, dan Tuhan menjawab dengan mukjizat yang luar biasa.
 
 
Pada hari kelima bulan Agustus, yang selanjutnya menjadi seperti hari ini, hari peringatan peristiwa ini, terjadilah mukjizat berupa salju yang turun di puncak musim panas di Roma yang sering kali panas. Tepat di tempat turunnya salju itu, pasangan beriman itu mempersembahkan harta benda mereka kepada Tuhan, mendirikan Basilika yang didedikasikan kepada Bunda Maria sendiri, yang kemudian menjadi Basilika Santa Maria Maggiore. 
 
Di Rumah Tuhan yang agung ini, melalui ibu-Nya, Bunda Maria, banyak orang datang mencari Tuhan, kasih-Nya, dan pengampunan-Nya, salah satunya melalui ikon Maria yang populer, Salus Populi Romani, yang telah melindungi kota dan penduduk Roma dalam banyak kesempatan, dan mengilhami lebih banyak devosi kepada Maria di tempat lain di dunia, yang membawa lebih banyak orang semakin dekat kepada Tuhan melalui Bunda-Nya yang penuh kasih.
 
Saat ini, dunia dan masyarakat kita perlu bertumbuh lebih dalam iman, karena banyak dari kita orang Kristen telah menjadi murtad dan suam-suam kuku dalam cara kita menjalankan iman kita. Banyak di antara kita tidak lagi menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada Tuhan, dan kita menjadi bodoh dan tertutup terhadap panggilan Tuhan dalam hidup kita. Dan bahkan ketika Bunda Maria memanggil kita, kita sering menutup hati dan pikiran kita juga. Kita menghabiskan lebih banyak waktu, usaha, fokus dan perhatian dalam mencoba mencari kesenangan dan kepuasan lain dalam hidup, banyak keinginan dan pengejaran kita daripada mengikuti Tuhan Allah kita yang dengan setia seperti yang seharusnya kita lakukan.
 
Saudara dan saudari di dalam Kristus, hari ini marilah kita semua mengingatkan diri kita sendiri dan satu sama lain bahwa kita semua adalah anak-anak Tuhan, dan ibu-Nya juga ibu kita. Kita semua harus mengikuti teladan yang telah ditunjukkan oleh Tuhan kita sendiri dan Bunda-Nya yang terberkati, dan menahan diri dari terus hidup dalam dosa dan ketidaktaatan terhadap Tuhan. Tuhan dan ibu-Nya Maria telah memanggil kita semua untuk meninggalkan kejahatan dan dosa masa lalu kita, dan datang sekali lagi ke dalam pelukan penuh kasih dan anugerah keselamatan-Nya, dan melalui bantuan Maria kita benar-benar dapat membuat ini menjadi kenyataan. Semoga Tuhan Allah kita terus mengasihi dan memberkati kita setiap hari, dan semoga melalui perantaraan ibu-Nya Maria, kita semua dapat dikuatkan dan didorong untuk menjalani hidup kita dengan iman yang semakin besar mulai sekarang. Amin.

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy