| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 03 September 2024 St. Gregorius Agung, Paus dan Pujangga Gereja

 
St. Gregorius Agung / Public Domain


  Hari ini Gereja juga memperingati Paus St. Gregorius Agung, salah satu Paus agung yang dikenang karena kesalehan dan dedikasinya yang besar terhadap pertumbuhan dan pembaruan Gereja dan iman. Ia adalah sebagai seorang biarawan dan kemudian sebagai duta besar Paus untuk istana Kaisar di Konstantinopel. Ia dikenang sebagai pribadi yang tegas namun berdedikasi dan setia.

Paus St. Gregorius Agung sebenarnya adalah pribadi yang sangat rendah hati. Ketika ia terpilih menjadi Uskup Roma, Paus, sebagai penerus Rasul St. Petrus, pemimpin seluruh Gereja Universal, ia secara terbuka menolak segala bentuk ambisi dan keinginan duniawi, dengan menyatakan dengan jelas bahwa ia akan mengabdikan seluruh hidupnya untuk melayani Tuhan saja, dan tidak ada yang lain.

Paus St. Gregorius Agung menghabiskan banyak waktu untuk mereformasi cara Gereja beribadah juga, meletakkan dasar dari apa yang kemudian dikenal sebagai Nyanyian Gregorian, dan juga mengatur liturgi menjadi bentuk yang lebih sinkron, dan juga membawa liturgi Gereja baik di Barat maupun Timur agar lebih terkoordinasi dan meletakkan dasar-dasar apa yang hari ini akan menjadi Misa Kudus serta Liturgi Ilahi di Gereja Timur. Dia menulis secara ekstensif dalam berbagai surat dan juga karya-karya lain, dalam menentang berbagai ajaran sesat dan dalam membantu membimbing umat beriman untuk kembali kepada Tuhan dengan iman. 

 Saudara-saudari di dalam Kristus, marilah kita semua belajar dari contoh-contoh baik yang ditunjukkan oleh Paus St. Gregorius Agung, agar kita juga dapat belajar untuk rendah hati dan berkomitmen dalam menjalani hidup kita dengan iman dan kerendahan hati, agar kita dapat membuka hati dan pikiran kita sepenuhnya kepada Tuhan, yang ingin menunjukkan kepada kita kebenaran tentang diri-Nya, namun, banyak dari kita belum mengizinkan-Nya berbicara dalam hati dan pikiran kita karena kesombongan dan kekeraskepalaan kita.

Semoga Tuhan menyertai kita selalu dan semoga Ia terus memberkati kita dengan kebenaran-Nya, agar kita dapat belajar lebih banyak tentang kasih-Nya, dan karenanya, semakin mengasihi-Nya dalam hidup kita sendiri. Semoga Tuhan menjadi pembimbing kita dalam menjalani hidup dan menunjukkan jalan kepada-Nya. Paus St. Gregorius Agung, hamba Tuhan yang kudus, doakanlah kami. Amin.

 
“Jika kita mengetahui kapan waktunya kita berangkat dari dunia ini, kita mungkin akan dapat memilih waktu untuk bersenang-senang dan waktu lain untuk bertobat. Namun Allah, yang telah menjanjikan pengampunan kepada setiap pendosa yang bertobat, tidak menjanjikan kita hari esok. Oleh karena itu, kita harus selalu gentar akan hari terakhir, yang tidak pernah dapat kita ramalkan. Hari ini adalah hari perdamaian, hari untuk bertobat. Dan tetap kita menolak untuk menangisi kejahatan yang telah kita lakukan! Bukan hanya kita tidak meratapi untuk dosa-dosa yang perbuat, kita malahan menambahnya... Jika kita, kenyataannya, pada saat ini melakukan pekerjaan yang baik, kita sebaiknya tidak menghubungkan kekuatan yang memampukan kita melakukan hal tersebut dengan diri kita sendiri.” — Paus St. Gregorius Agung

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy