| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 27 September 2024 St. Vinsensius a Paulo, Imam

 
Public Domain
 Hari ini, Gereja memperingati St. Vinsensius a Paulo, seorang imam suci yang terkenal dan yang hidupnya sungguh patut dicontoh dan seharusnya menjadi inspirasi bagi kita semua. St. Vinsensius a Paulo dikenang terutama karena karya-karya amalnya yang luar biasa, kerendahan hatinya, dedikasinya yang besar, dan imannya kepada Tuhan, yang mengilhami banyak orang lain untuk mengikuti jejaknya. 
        
 Ia lahir pada tahun 1580, Vinsensius ditahbiskan ketika dia baru berusia dua puluh tahun dan diangkat menjadi imam Ratu Margaret dari Valois. Dia kemudian menjadi imam pribadi Keluarga Gondi yang berkuasa. St. Vinsensius a Paulo mengalami perbudakan selama tahun-tahun awal hidupnya, ketika ia ditawan oleh bajak laut dalam perjalanannya. Ia diwariskan dari tuan ke tuan, sampai tuan terakhirnya dan keluarganya begitu terkesan dengan imannya yang besar, dan kebajikan-kebajikan yang patut dicontoh yang ia tunjukkan, sehingga mereka semua bertobat kepada imannya dan St. Vinsensius a Paulo memperoleh kembali kebebasannya. St. Vinsensius a Paulo melanjutkan karya-karya amalnya, dan membantu orang-orang miskin dan lemah, mengingat cobaan dan tantangannya sendiri dalam perbudakan.
   
  . Saat melayani para petani di perkebunan Gondi, Vinsensius mulai memahami bahwa Tuhan memanggilnya untuk melayani masyarakat miskin dan paling terpinggirkan.  Dia adalah seorang hamba Tuhan yang benar-benar hebat, yang telah mengabdikan dirinya kepada orang miskin dan orang-orang yang membutuhkan di antara pekerjaan-pekerjaan lainnya. Imam Perancis ini masuk seminari pada awal hidupnya dan memperoleh pendidikan menjadi imam, dan ketika ia ditahbiskan menjadi imam, menurut sejarah dan tradisi, ia diculik di sebuah kapal dalam perjalanannya, pada saat itu bajak laut Barbary yang terkenal kejam. Dia dilelang sebagai budak dan menghabiskan dua tahun dalam perbudakan, berpindah dari majikan ke majikan di beberapa tempat sebelum akhirnya berakhir dengan seorang mantan imam yang telah meninggalkan imannya, dan yang diyakinkan oleh kehidupan dan tindakan St. Vinsensius a Paulo, untuk membawa abdi Tuhan itu kembali bersamanya, dan membebaskannya dari perbudakan.
 
Ia menunjukkan kepada kita contoh tentang apa itu kehidupan dan murid Kristus, melalui komitmennya kepada Tuhan, pengabdiannya yang saleh pada kehidupan doa, dan banyak karya amalnya di antara orang miskin, orang sakit, dan orang tertindas. Kita melihat sendiri bagaimana St. Vinsensius a Paulo menunjukkan tindakan dan iman yang begitu teladan sehingga menyentuh kehidupan mantan gurunya dan mengubahnya. Kita juga harus melakukan hal yang sama dengan kehidupan kita sendiri. St. Vinsensius a Paulo meninggal pada tahun 1660. Dikanonisasi pada tahun 1737, ia dihormati sebagai santo pelindung pekerja sosial.
  
Semoga Tuhan menguatkan iman kita, dan semoga Dia memberdayakan kita semua untuk hidup sesuai dengan iman kita, dalam semua tindakan, perkataan, dan perbuatan kita, sehingga kita benar-benar layak sebagai murid Tuhan yang penuh kasih. Marilah kita memohon dengan perantaraan St. Vinsensius a Paulo   demi kita, agar kita dapat menemukan kekuatan untuk hidup semakin saleh dan dengan keberanian yang lebih besar dari hari ke hari. Semoga Tuhan memberkati kita semua dan pekerjaan kita, sekarang dan selamanya. Amin.
  

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy