| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Bunda Maria dalam hidup kita




Bulan Oktober didedikasikan untuk Rosario Suci. Menurut sebuah catatan oleh Dominikan abad ke-15, Alan de la Roch, Perawan Maria yang Terberkati menampakkan diri kepada St. Dominikus pada tahun 1206 setelah ia berdoa dan melakukan penebusan dosa yang berat karena kurangnya keberhasilannya dalam memerangi ajaran sesat Albigensian. Maria memujinya atas perjuangannya yang gagah berani melawan para bidat dan kemudian memberinya Rosario sebagai senjata yang ampuh, menjelaskan kegunaan dan kemanjurannya, dan menyuruhnya untuk mewartakannya kepada orang lain.

"Karena doa Rosario berasal dari sumber yang sangat baik — dari Tuhan kita sendiri, dari Kitab Suci yang diilhami, dan dari Gereja — tidak mengherankan bahwa Rosario begitu disayangi oleh Bunda Maria kita dan begitu kuat di surga.

"Jika kita mempertimbangkan kekuatan Rosario sebagaimana terlihat dalam pengaruhnya, kita menemukan banyak sekali bukti tentang nilainya yang luar biasa. Banyak sekali kebaikan yang diberikan kepada orang-orang pribadi melalui pendarasannya yang khusyuk: hanya sedikit pengguna Rosario yang taat yang tidak dapat bersaksi tentang pengalaman kekuatannya dalam kehidupan mereka sendiri. Jika kita menengok sejarah, kita melihat banyak kemenangan besar Rosario. Tradisi awal mengaitkan kekalahan kaum Albigensia dalam Pertempuran Muret pada tahun 1213 dengan Rosario. Namun, bahkan mereka yang tidak menerima tradisi ini akan mengakui bahwa St. Pius V mengaitkan kekalahan besar armada Turki pada hari Minggu pertama bulan Oktober 1571 dengan fakta bahwa pada saat yang sama persaudaraan Rosario di Roma dan di tempat lain sedang mengadakan prosesi. Oleh karena itu, ia memerintahkan agar peringatan Rosario dilakukan pada hari itu. Dua tahun kemudian, Gregorius XIII mengizinkan perayaan pesta Rosario di gereja-gereja yang memiliki altar yang didedikasikan untuk Rosario. Pada tahun 1671, Clement X memperluas perayaan tersebut ke seluruh Spanyol. Kemenangan besar kedua atas bangsa Turki, yang dulunya, seperti bangsa Rusia, mengancam kehancuran peradaban Kristen, terjadi pada tanggal 5 Agustus 1716, ketika Pangeran Eugene mengalahkan mereka di Peterwardein di Hongaria. Setelah itu, Clement XI memperluas perayaan Rosario ke seluruh Gereja. "Saat ini, ketika bahaya yang jauh lebih besar daripada bahaya yang dihadapi bangsa Turki kuno mengancam tidak hanya agama Kristen tetapi juga seluruh peradaban, Bunda Maria mendesak kita untuk kembali berdoa Rosario untuk meminta pertolongan. Jika cukup banyak orang melakukan ini, dan pada saat yang sama melaksanakan syarat-syarat lain yang telah ditetapkannya, kita memiliki alasan yang lebih besar untuk yakin bahwa kita akan terbebas dari bahaya." (‘Maria dalam hidup kita’ oleh Romo William G. Most) 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy