| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 17 Oktober 2024 St. Ignatius dari Antiokhia, Uskup dan Martir

 

 Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St. Ignatius dari Antiokhia, salah satu bapa besar Gereja perdana yang hidup dan karyanya, yang tindakan dan imannya dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua tentang bagaimana kita masing-masing dapat menjadi lebih baik dan lebih orang Katolik yang berkomitmen dalam hidup. St. Ignatius dari Antiokhia adalah salah satu bapa dan uskup Gereja awal sebagai penerus para Rasul dalam pelayanan Gereja, dan dia adalah penerus St. Petrus di Takhta Antiokhia yang didirikan oleh Rasul, yang didedikasikan untuk kawanannya dan perluasan Gereja, antara lain untuk pemeliharaan dan keselamatan jiwa-jiwa.

St. Ignatius dari Antiokhia dulu dan masih sangat dihormati karena kesalehan dan imannya kepada Allah, atas kontribusi dan komitmennya yang besar kepada Tuhan dan Gereja-Nya, sebagaimana ia menulis secara ekstensif kepada Gereja, dan secara aktif berkorespondensi dengan Paus St. Clement, Uskup Roma dan suksesi St. Petrus dan dengan para bapa Gereja lainnya, di atas pekerjaan dan dedikasinya yang penuh semangat kepada kawanan Kristen setempat. Dia menghadapi kesulitan dan tantangan seperti yang dihadapi banyak orang Kristen perdana dan para Rasul sendiri.

St. Ignatius dari Antiokhia adalah salah satu uskup Gereja yang paling awal, menjadi murid St. Yohanes Penginjil. Salah satu perhatian utamanya saat itu adalah persatuan Kristen. Ia menulis beberapa surat, dan dalam banyak surat ia menjelaskan keinginannya untuk bersatu.
Misalnya, dalam Suratnya kepada Jemaat Magnesia, St. Ignatius memerintahkan umat untuk melakukan segala sesuatu dalam persatuan dengan uskup dan imam setempat.


Karena itu, sebagaimana Tuhan tidak melakukan apa pun tanpa Bapa, karena bersatu dengan-Nya, baik oleh diri-Nya sendiri maupun oleh para rasul, demikian pula tidak melakukan apa pun tanpa uskup dan imam. Janganlah berusaha agar sesuatu tampak masuk akal dan pantas bagi diri Anda sendiri secara terpisah; tetapi karena kita berkumpul di tempat yang sama, biarlah ada satu doa, satu permohonan, satu pikiran, satu harapan, dalam kasih dan sukacita yang tak bercacat. Hanya ada satu Yesus Kristus, yang tidak ada yang lebih unggul daripada-Nya. Karena itu berlarilah bersama-sama menjadi satu bait Allah, seperti kepada satu altar, seperti kepada satu Yesus Kristus, yang berasal dari satu Bapa dan bersama dan pergi kepada satu Bapa itu.


Saudara-saudari dalam Kristus, kita dapat melihat dalam diri Santo Ignatius dari Antiokhia, nyala api gairah dan cinta kepada Tuhan, komitmen sejati yang ia tunjukkan di hadapan semua orang, termasuk para penyiksa dan algojonya. Ia mengutamakan Tuhan di atas segalanya, termasuk keinginan dan harapannya sendiri. Dan dengan berbuat demikian, ia tidak membiarkan godaan si jahat masuk ke dalam hatinya.

St. Ignatius sendiri sebagaimana disebutkan menjadi martir pada akhir pelayanannya sebagai Uskup Antiokhia, dan dia sangat menderita seperti kawanannya, membela imannya sampai akhir. Tetapi dia dan banyak martir lainnya tetap setia dan berkomitmen kepada Tuhan, terlepas dari semua tantangan yang harus mereka hadapi. Mereka menaruh iman dan kepercayaan penuh mereka kepada Tuhan, dan mengikuti Dia ke mana pun dan ke mana pun Tuhan memimpin mereka. 

Sekarang, apakah kita mampu mengikuti Tuhan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh Santo Ignatius dari Antiokhia? Tentu saja, kita dapat melakukannya, jika kita menaruh hati dan pikiran kita di dalamnya. Karena itu, marilah kita menyerahkan diri kita sepenuhnya dan sepenuhnya kepada Tuhan, mulai sekarang, agar dalam segala hal, kita dapat memuliakan Tuhan melalui kata-kata, tindakan, dan perbuatan kita. Semoga Tuhan memberkati kita. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy