| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Pertempuran Lepanto dan Rosario Suci 🔥📡


 
Para pelaut Kristen bergabung dengan Paus Pius V (seorang Dominikan) dalam berdoa Rosario Suci, dan mengalahkan pasukan Turki yang jauh lebih besar dalam Pertempuran Lepanto pada tahun 1571. Pertempuran tersebut merupakan titik balik dalam memukul mundur invasi Turki ke Eropa. Untuk mengenang pertempuran tersebut dan perantaraan Bunda Maria, perayaan Bunda Maria Rosario (semula disebut Bunda Maria Kemenangan) ditetapkan pada tanggal 7 Oktober.

Selama berabad-abad, keuntungan dari perdagangan menjadikan Venesia sebagai pusat seni dan budaya. Namun, dengan jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453, umat Kristen tidak lagi mendominasi rute perdagangan Mediterania yang berharga di timur.

Empat generasi pedagang Venesia mencoba menjaga hubungan netral dengan kekuatan Kristen dan Muslim, tetapi mereka menjadi takut ketika pelabuhan strategis Rhodes jatuh ke tangan Turki pada tahun 1522.

 
Lima puluh tahun kemudian (tahun 1570), ketika Turki menuntut penyerahan Siprus, Venesia memohon kepada Paus Pius V, yang kemudian mengumpulkan ekspedisi angkatan laut multinasional yang melibatkan Turki di Lepanto, dekat Teluk Korintus, pada tanggal 7 Oktober 1571.

Umat ​​Kristen kalah jumlah dalam pertempuran ini. Mereka hanya memimpin 214 perahu dan 80.000 pasukan. Pasukan Turki berjumlah total 120.000 pasukan, sekitar 225 galai, dan 50 perahu kecil tambahan. Pertempuran itu terjadi pada masa transisi peperangan laut, dan Lepanto merupakan pertempuran laut besar terakhir yang melibatkan kapal-kapal yang ditenagai dayung. Setiap anak sekolah tahu bagaimana pertempuran itu berakhir.

Cuaca, yang menguntungkan Turki saat fajar, berubah, dan pasukan Kristen mampu mengalahkan musuh mereka. 9.000 orang Kristen tewas dalam pertempuran itu, tetapi 12.000 orang dibebaskan dari perbudakan di kapal-kapal Turki. Kerugian Turki jauh lebih besar. Bahkan menurut standar modern, ini adalah statistik yang luar biasa untuk satu pertempuran, yang terjadi dalam satu hari.

Pius V, seorang biarawan Dominikan, berdoa rosario sepanjang pertempuran dan mengaitkan kemenangan itu dengan perantaraan Perawan Maria yang Terberkati. Oleh karena itu, diadakanlah pesta Bunda Maria Rosario (yang pertama kali disebut pesta Bunda Maria Kemenangan) pada tanggal 7 Oktober. Tentu saja, pesta itu sangat disayangi oleh umat Dominikan dan sahabat-sahabat mereka. Namun, doa Paus bukanlah satu-satunya doa yang ditujukan kepada Bunda Allah pada hari itu. Pasukan Kristen dikatakan telah berdoa rosario sepanjang malam sebelum pertempuran, dan beberapa sumber mengatakan bahwa pengulangan doa yang berirama itu benar-benar membuat takut dan melemahkan semangat pasukan Turki.

Kepekaan modern mungkin mempertanyakan kepatutan mencari campur tangan Tuhan dalam usaha berdarah seperti itu – dan tidak ada alasan yang lebih baik selain untuk melindungi kepentingan komersial – tetapi mereka yang bertempur di Lepanto tidak meragukan bahwa Tuhan mencapai hasil yang luar biasa dari awal yang kurang menjanjikan ini. Gereja melakukan hal yang sama, mengambil peringatan kemenangan berdarah dan mengubahnya – bukan dengan berkonsentrasi pada pertempuran, tetapi dengan berfokus pada doa-doa yang memenangkan pertempuran.

Doa-doa ini terus mengambil hal-hal yang telah jatuh dalam hidup kita dan mengubahnya menjadi sesuatu yang mulia dan baik. Dalam Rosario, kita memiliki kesempatan untuk merenungkan semua peristiwa manusia yang kita kenal – kelahiran, kematian, persahabatan, tipu daya, kegembiraan, kesedihan, kekalahan, kemenangan, dan kejayaan – dan untuk menguduskannya dengan mengidentifikasi pengalaman kita akan peristiwa-peristiwa ini dengan pengalaman peristiwa yang sama dalam kehidupan Juruselamat kita dan Ibunya.
- Romo Reginald Martin, OP

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy