Rabu, 09 Oktober 2024
Hari Biasa Pekan XXVII
“Arahkanlah matamu ke dalam batin dan lihatlah di dalam dirimu…. Engkau akan menemukan Tuhanmu.” (St. Teresa dari Avila)
Hari Biasa Pekan XXVII
“Arahkanlah matamu ke dalam batin dan lihatlah di dalam dirimu…. Engkau akan menemukan Tuhanmu.” (St. Teresa dari Avila)
Antifon Pembuka (Luk 11:1)
Tuhan, ajarilah kami berdoa, sebagaimana yang diajarkan Yohanes kepada murid-murid-Nya.
Doa Pagi
Ya Allah, Putra-Mu telah memperkenalkan Engkau sebagai Bapa Kami. Ia juga mengajari kami bagaimana caranya berdoa. Semoga kami semakin menjadi pendoa yang tekun. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Credit: JMLPYT/istock.com |
"Mereka melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku."
Saudara-saudara, empat belas tahun setelah dipilih Tuhan, aku pergi ke Yerusalem bersama dengan Barnabas, dan Titus pun kubawa serta. Aku pergi ke sana berdasarkan suatu pernyataan. Di sana aku membentangkan Injil yang kuberitahukan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, jangan sampai dengan percuma aku telah berusaha. Pada kesempatan itu aku berbicara tersendiri dengan orang-orang yang terpandang. Mereka melihat bahwa kepadaku telah dipercayakan pemberitaan Injil bagi orang-orang tak bersunat, sama seperti kepada Petrus bagi orang-orang bersunat; maka mereka menjadi yakin. Sebab sebagaimana Tuhan telah memberi Petrus kekuatan untuk menjadi rasul bagi orang-orang bersunat, demikian pula Ia memberi aku kekuatan untuk menjadi rasul bagi orang-orang yang tak bersunat. Mereka pun menjadi yakin mengenai kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku. Maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan daku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan. Semua setuju bahwa kami pergi kepada orang-orang yang tak bersunat, sedangkan mereka kepada orang-orang yang bersunat. Mereka hanya minta agar kami tetap mengingat orang-orang miskin; dan hal itu sungguh-sungguh kuusahakan. Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku terus terang menentang dia, karena ia salah. Sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat. Tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat. Juga orang-orang Yahudi lain ikut berlaku munafik seperti dia, sehingga Barnabas sendiri terseret oleh kemunafikan mereka. Aku melihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil. Maka aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua, "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?"
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = f, 4/4, PS 827.
Ref. Pergi ke seluruh dunia, wartakanlah Injil!
Ayat. (Mzm 117:1bc.2)
1. Pujilah Tuhan, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!
2. Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Rm 8:15)
Kalian akan menerima roh pengangkatan menjadi anak; dalam roh itu kita akan berseru, 'Abba, ya Bapa.'
Inilah Injil Suci menurut Lukas (11:1-4)
Inilah Injil Suci menurut Lukas (11:1-4)
"Tuhan, ajarilah kami berdoa."
Verbum Domini
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe (U. Terpujilah Kristus)
Renungan
Setiap orang Katolik hafal doa 'Bapa Kami': satu-satunya doa yang Yesus ajarkan kepada para pengikut-Nya. Tetapi 'Bapa Kami' yang kita kenal di dalam hati kita—yang kita doakan di setiap Misa sebelum menerima Komuni Kudus, dan yang kita doakan beberapa kali selama rosario—bukanlah 'Bapa Kami' yang kita dengar Yesus ajarkan, dalam perikop Injil hari ini.
Versi 'Bapa Kami' yang dicatat Lukas untuk kita lebih pendek dari versi yang kita hafal. Mungkin versi yang lebih pendek ini adalah versi pertama yang Yesus ajarkan kepada para pengikutnya, sama seperti seorang guru memperkenalkan poin-poin penting dari sebuah pelajaran terlebih dahulu, dan kemudian menyempurnakannya lagi.
Versi 'Bapa Kami' yang dicatat Lukas untuk kita lebih pendek dari versi yang kita hafal. Mungkin versi yang lebih pendek ini adalah versi pertama yang Yesus ajarkan kepada para pengikutnya, sama seperti seorang guru memperkenalkan poin-poin penting dari sebuah pelajaran terlebih dahulu, dan kemudian menyempurnakannya lagi.
Dalam versi singkat dari 'Bapa Kami' ini, ada tiga pokok yang Yesus ajarkan kepada kita untuk didoakan. Dalam keheningan setelah menerima Komuni Kudus, atau setelah Misa, atau di rumah kita, baca dan doakan versi yang lebih pendek ini, dan lihat apa tiga poin itu. Apa tiga hal yang Yesus ajarkan agar kita minta dari Bapa kita di Surga?
Doa Bapa Kami adalah doa yang sudah lama dikenal, di saat suka maupun duka. Ada masalah. Yesus
mendorong kita untuk memanggil Tuhan, Allah Israel yang Mahatinggi
sebagai Bapa dengan cara yang intim di masa kanak-kanak.
Sebagai
"Bapa" adalah bagaimana Yesus mendesak kita untuk berbicara kepada
Tuhan. dan kemudian kita tahu bahwa Tuhan Yang Mahatinggi Allah Israel
menjadi Bapa Kami, yang dengannya kita dapat meringkuk dengan aman, yang
lengannya selalu siap untuk kekuatan kita dan untuk setiap kebutuhan
kita.
Doa "Bapa Kami" umumnya dikenal sebagai doa dengan 7 permohonan. 7
selalu melambangkan kesempurnaan sehingga "Bapa Kami" adalah doa dengan 7
permohonan yang sempurna. Dengan kata lain, setiap ujud yang kita
doakan dengan kata-kata kita sendiri dapat ditemukan di salah satu dari 7
ujud Doa Bapa Kami ini.
Satu
hal yang perlu diperhatikan adalah konteks ketika "Doa Bapa Kami"
diberikan. Versi St Matius (versi yang lebih lengkap) diberikan dalam
konteks Khotbah di Bukit. Secara khusus, itu diberikan sebagai bagian
dari ajaran Tuhan kita tentang bagaimana berdoa. Versi St Lukas, di sisi
lain, diberikan dalam salah satu kesempatan tepat setelah Tuhan kita
berdoa. Jadi Doa Bapa Kami diberikan dalam dua konteks yang berbeda.
Tidak
ada yang mengejutkan tentang Tuhan kita mengajarkan hal yang sama pada
kesempatan yang berbeda. — tidak selalu menggunakan kata-kata yang sama,
tidak selalu panjangnya sama, tetapi selalu menekankan pokok-pokok
dasar yang sama.
Dan
itulah alasan mengapa ada dua versi yang berbeda dari "Doa Bapa Kami",
tetapi Tuhan kita menekankan poin dasar yang sama: doa "Bapa Kami" yang
memiliki 7 permohonan yang sempurna.
Paus St. Yohanes Paulus II mengatakan: "Segala
sesuatu yang dapat dan harus dikatakan kepada Bapa terkandung dalam 7
permohonan yang kita semua hafal. Ada kesederhanaan di dalamnya sehingga
seorang anak pun dapat mempelajarinya, tetapi pada saat yang sama
kedalaman bahwa seluruh hidup dapat dihabiskan untuk merenungkan
maknanya".
Doa
Bapa Kami adalah doa yang sederhana tetapi memiliki kedalaman yang
sedemikian rupa sehingga banyak Orang Kudus telah menulis buku atau
meditasi hanya tentang Doa Bapa Kami. Bapa Suci kita St. Fransiskus
menulis satu; St Theresa dari Avila menulis satu; St Agustinus menulis
satu dan itu hanya beberapa contohnya.
Sering
kali kita begitu terbiasa berdoa Doa Bapa Kami sehingga kita tidak
benar-benar memikirkan permohonan apa yang sebenarnya kita minta kepada
Bapa. Seperti yang telah saya sebutkan, Doa Bapa Kami memiliki 7 ujud. 3
ujud pertama adalah permohonan untuk kemuliaan Bapa dan 4 ujud lainnya
adalah permohonan untuk diri kita sendiri. Dan pagi ini saya hanya ingin
membahas secara singkat masing-masing dari 7 permohonan Doa Bapa Kami.
Permohonan Pertama "Dikuduskanlah nama-Mu/Dimuliakanlah nama-Mu".
Di sini kita masuk ke dalam rencana Allah dan rencana-Nya adalah
pengudusan nama-Nya oleh kita dan di dalam kita, di setiap bangsa dan di
setiap manusia (lih. KGK 2858).
Permohonan Kedua "Datanglah Kerajaan-Mu"
Di sini kita pertama-tama melihat kembalinya Kristus dan kita sedang melihat kedatangan terakhir Kerajaan Allah. Kita juga berdoa untuk pertumbuhan Kerajaan Allah dalam hidup kita sendiri, bukan hanya pertumbuhan di masa depan, tetapi juga meminta agar terjadi selama hidup kita sendiri (lih. KGK 2859).
Permohonan Ketiga: "Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di dalam surga. "
Di sini kita memohon kepada Bapa agar kehendak kita dipersatukan dengan Anak-Nya sehingga kita dapat menggenapi rencana keselamatan-Nya bagi kehidupan dunia (bdk. KGK 2860). Dan inilah inti kekudusan, untuk melakukan kehendak Bapa.
Di sini kita pertama-tama melihat kembalinya Kristus dan kita sedang melihat kedatangan terakhir Kerajaan Allah. Kita juga berdoa untuk pertumbuhan Kerajaan Allah dalam hidup kita sendiri, bukan hanya pertumbuhan di masa depan, tetapi juga meminta agar terjadi selama hidup kita sendiri (lih. KGK 2859).
Permohonan Ketiga: "Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di dalam surga. "
Di sini kita memohon kepada Bapa agar kehendak kita dipersatukan dengan Anak-Nya sehingga kita dapat menggenapi rencana keselamatan-Nya bagi kehidupan dunia (bdk. KGK 2860). Dan inilah inti kekudusan, untuk melakukan kehendak Bapa.
Permohonan Keempat: "Berilah kami rezeki pada hari ini."
Di sini kita meminta tidak hanya bergizi untuk tubuh kita tetapi juga untuk jiwa kita. Tentu saja, pada akhirnya makanan super-esensial bagi jiwa kita adalah Ekaristi (lih. KGK 2861).
Permohonan Kelima: "dan ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami."
Di sini kita memohon belas kasihan Tuhan. Ini adalah satu baris yang menyebabkan banyak orang tersandung berdoa Doa Bapa Kami. Jika itu hanya berisi bagian pertama, tidak ada yang akan tersandung dengannya, tetapi masa lalu juga ada di sana: ampunilah kesalahan kami SEPERTI kami mengampuni mereka yang bersalah kepada kami (lih. KGK 2862).
Dengan kata lain, kita berkata kepada Bapa:
Bapa, ampunilah semua pelanggaran aku kepada-Mu dan tetanggaku, tetapi bantulah aku Bapa, ampunilah aku hanya seperti aku memaafkan orang lain. Jika aku tidak mengampuni satu orang pun, maka jangan ampuni satu pun dosaku. Ini adalah satu baris yang menyebabkan banyak orang berdoa dengan susah payah.
Tapi selalu ingat - pengampunan bukanlah perasaan, tetapi itu adalah tindakan kehendak. Kenangan pahit mungkin tidak bisa dilupakan sepenuhnya, rasa pedih dari luka masa lalu mungkin masih ada. Selama keinginan kita adalah untuk memaafkan, maka itu benar-benar merupakan tindakan pengampunan di pihak kita. St Yohanes Krisostomus mengatakan "Kita tidak dapat menyebut Allah Bapa kita dengan segala ketulusan jika kita menyimpan hati yang keras di dalam diri kita. Jika demikian halnya, kita tidak hidup dalam Roh kebaikan Allah Bapa kita."
Permohonan keeenam "Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan "
Di sini kita meminta kepada Bapa untuk tidak mengizinkan kita mengambil jalan yang mengarah pada dosa. Ujud ke-6 ini juga memohon semangat kearifan dan kekuatan. Kita memohon rahmat kewaspadaan dan ketekunan terakhir (lih. KGK 2863).
Permohonan ketujuh Tapi bebaskanlah kami dari yang jahat.
Kita memohon Bapa di sini untuk menunjukkan kepada kita kemenangan atas "penguasa dunia ini" — kemenangan atas Iblis — malaikat yang jatuh dan pengikutnya yang secara pribadi menentang Allah dan rencana keselamatan-Nya. Kita berdoa agar keluarga manusia dibebaskan dari Iblis dan pekerjaan-pekerjaannya. Kita juga memohon karunia kedamaian yang berharga dan rahmat ketekunan sementara kita menanti kedatangan Kristus yang akan membebaskan kita dengan pasti dari si Jahat (lih. KGK 2864).
Demikianlah perjalanan singkat Doa Bapa Kami yang didasarkan dari “SINGKAT” Katekismus. Untuk versi lengkap silakan buka Katekismus Gereja Katolik #2777 sampai akhir.
Tertullian berkata: Bapa Kami adalah "ringkasan seluruh Injil".
St Thomas Aquinas berkata: Ini adalah "Doa yang Sempurna".
Doa Bapa Kami adalah: Isi penting Injil dalam bentuk doa. Tuhan kita Yesus telah memberi kita model semua doa. (RENUNGAN PAGI)
Di sini kita meminta tidak hanya bergizi untuk tubuh kita tetapi juga untuk jiwa kita. Tentu saja, pada akhirnya makanan super-esensial bagi jiwa kita adalah Ekaristi (lih. KGK 2861).
Permohonan Kelima: "dan ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami."
Di sini kita memohon belas kasihan Tuhan. Ini adalah satu baris yang menyebabkan banyak orang tersandung berdoa Doa Bapa Kami. Jika itu hanya berisi bagian pertama, tidak ada yang akan tersandung dengannya, tetapi masa lalu juga ada di sana: ampunilah kesalahan kami SEPERTI kami mengampuni mereka yang bersalah kepada kami (lih. KGK 2862).
Dengan kata lain, kita berkata kepada Bapa:
Bapa, ampunilah semua pelanggaran aku kepada-Mu dan tetanggaku, tetapi bantulah aku Bapa, ampunilah aku hanya seperti aku memaafkan orang lain. Jika aku tidak mengampuni satu orang pun, maka jangan ampuni satu pun dosaku. Ini adalah satu baris yang menyebabkan banyak orang berdoa dengan susah payah.
Tapi selalu ingat - pengampunan bukanlah perasaan, tetapi itu adalah tindakan kehendak. Kenangan pahit mungkin tidak bisa dilupakan sepenuhnya, rasa pedih dari luka masa lalu mungkin masih ada. Selama keinginan kita adalah untuk memaafkan, maka itu benar-benar merupakan tindakan pengampunan di pihak kita. St Yohanes Krisostomus mengatakan "Kita tidak dapat menyebut Allah Bapa kita dengan segala ketulusan jika kita menyimpan hati yang keras di dalam diri kita. Jika demikian halnya, kita tidak hidup dalam Roh kebaikan Allah Bapa kita."
Permohonan keeenam "Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan "
Di sini kita meminta kepada Bapa untuk tidak mengizinkan kita mengambil jalan yang mengarah pada dosa. Ujud ke-6 ini juga memohon semangat kearifan dan kekuatan. Kita memohon rahmat kewaspadaan dan ketekunan terakhir (lih. KGK 2863).
Permohonan ketujuh Tapi bebaskanlah kami dari yang jahat.
Kita memohon Bapa di sini untuk menunjukkan kepada kita kemenangan atas "penguasa dunia ini" — kemenangan atas Iblis — malaikat yang jatuh dan pengikutnya yang secara pribadi menentang Allah dan rencana keselamatan-Nya. Kita berdoa agar keluarga manusia dibebaskan dari Iblis dan pekerjaan-pekerjaannya. Kita juga memohon karunia kedamaian yang berharga dan rahmat ketekunan sementara kita menanti kedatangan Kristus yang akan membebaskan kita dengan pasti dari si Jahat (lih. KGK 2864).
Demikianlah perjalanan singkat Doa Bapa Kami yang didasarkan dari “SINGKAT” Katekismus. Untuk versi lengkap silakan buka Katekismus Gereja Katolik #2777 sampai akhir.
Tertullian berkata: Bapa Kami adalah "ringkasan seluruh Injil".
St Thomas Aquinas berkata: Ini adalah "Doa yang Sempurna".
Doa Bapa Kami adalah: Isi penting Injil dalam bentuk doa. Tuhan kita Yesus telah memberi kita model semua doa. (RENUNGAN PAGI)
Orang Kudus hari ini: 09 Oktober 2024 St. Dionisius (Denis), Uskup dkk, Martir, dan St. Yohanes Leonardus, Imam
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
Antifon Komuni (Luk 11:1)
Tuhan ajarilah kami berdoa, sebagaimana yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.
"Doa
Tuhan adalah kesimpulan seluruh Injil" (Tertulianus, or. 1). "Ketika
Tuhan mewariskan kepada kita rumusan doa ini, Ia menambahkan pula:
"Mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan mendapat;
ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu" (Luk 11:9). Jadi setiap
orang dapat menyampaikan pelbagai macam doa ke surga seturut
kebutuhannya; tetapi ia harus selalu mulai dengan doa Tuhan, yang
merupakan doa utama" (Tertulianus, or. 10). --- Katekismus Gereja
Katolik, 2761
Dalam Pater Noster, Yesus memerintahkan kita untuk meminta makanan secukupnya (rezeki pada hari ini) – yaitu, makanan yang cukup untuk hari ini, bukan untuk hari esok. Dengan cara ini, Ia memperingatkan kita untuk tidak terlalu sibuk dengan masa depan, tetapi percaya pada Penyelenggaraan Ilahi dan menerima dari tangan Tuhan setiap hari apa pun yang diperlukan bagi kita. Tuhan adalah Bapa kita dan mengasihi kita sebagai anak-anak-Nya. Mengetahui hal ini, mengapa kita harus khawatir tentang masa depan? (Antonio Cardinal Bacci)