| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

BKSN 2010 MEMPERKENALKAN KITAB SUCI KEPADA ANAK-ANAK SEJAK DINI, Sub Tema 2: Kenal Alkitab Sejak Kecil

SUB TEMA 2: (2 Tim 3: 10-17) KENAL ALKITAB SEJAK KECIL


Tujuan: Memperkenalkan Firman Tuhan kepada anak-anak supaya mereka mengetahui, memahami, dan sudah terbiasa melakukan ajaran-ajaran Tuhan sejak mereka masih kecil.

Bacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Timotius (2 Tim 3:10-17)


2Tim 3:10 Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku.
2Tim 3:11 Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sengsara seperti yang telah kuderita di Antiokhia dan di Ikonium dan di Listra. Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya.
2Tim 3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,
2Tim 3:13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.
2Tim 3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
2Tim 3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
2Tim 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
2Tim 3:17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.


SUSUNAN TEKS


• Ay. 10-13 : Paulus memuji Timotius karena Timotius telah dan tetap mengikuti ajaran dan sikap hidup Paulus kendati dalam keadaan menderita penganiayaan dan sengsara; dan kemudian Paulus meneguhkan Timotius atas penderitaan aniaya itu.

• Ay. 14-17: Paulus mengingatkan Timotius untuk tetap berpegang pada kebenaran yang telah diterima dan diyakini dengan tetap mengingat orang yang mengajarkannya, kebenaran yang sudah dikenalnya sejak kecil dari Kitab Suci, karena semua yang diilhamkan Allah itu adalah perlengkapan bermanfaat untuk menjalani kehidupan dan melakukan perbuatan baik.


PERTANYAAN PENDALAMAN

1. Situasi apa yang sedang dialami Timotius?

2. Mengapa Paulus memuji Timotius?

3.a. Apa yang diingatkan Paulus kepada Timotius dalam menghadapi segala situasi penganiayaan dan penderitaan itu?
b. Mengapa?

4.a.Timotius begitu beriman kepada Kristus; ia sungguh telah mengikuti Paulus sebagai pemimpin jemaat dalam situasi sulit sekalipun. Siapakah yang berperan dalam iman Timotius ini? (Baca 2 Tim 1: 5).
b.Dengan cara manakah mereka mengalirkan iman ke dalam diri Timotius?

5. Apa hikmah yang dapat kita tarik dari bacaan ini?

6. Apa upaya yang telah dan sedang kita lakukan untuk memperkenalkan Alkitab kepada anak-anak sejak dini?

MEMBANGUN NIAT


(Disediakan waktu hening)

• Apa yang harus aku lakukan secara konkret untuk semakin memperkenalkan Alkitab kepada anak-anak sejak dini?

BKSN 2010 MEMPERKENALKAN KITAB SUCI KEPADA ANAK-ANAK SEJAK DINI, Sub Tema 1: Awal Perkenalan Dengan Allah

  • SUB TEMA 1: AWAL PERKENALAN DENGAN ALLAH (Ul 6: 4-25)



Tujuan: Memperkenalkan Allah kepada anak-anak sejak anak-anak masih dalam usia dini
supaya mereka mampu menangkap/merasakan kasih Allah kepada keluarganya dan dirinya sendiri,dan dengan demikian mereka dapat mengasihi Allah, mengikuti perintah-perintah-Nya, dan hidup takut akan Dia.

  • Bacaan dari Kitab Ulangan (6:4-25)

Ul 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
Ul 6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.
Ul 6:6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,
Ul 6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.
Ul 6:8 Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu,
Ul 6:9 dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.
Ul 6:10 Maka apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau masuk ke negeri yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepadamu--kota-kota yang besar dan baik, yang tidak kaudirikan;
Ul 6:11 rumah-rumah, penuh berisi berbagai-bagai barang baik, yang tidak kauisi; sumur-sumur yang tidak kaugali; kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun, yang tidak kautanami--dan apabila engkau sudah makan dan menjadi kenyang,
Ul 6:12 maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.
Ul 6:13 Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.
Ul 6:14 Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu,
Ul 6:15 sebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu di tengah-tengahmu, supaya jangan bangkit murka TUHAN, Allahmu, terhadap engkau, sehingga Ia memunahkan engkau dari muka bumi.
Ul 6:16 Janganlah kamu mencobai TUHAN, Allahmu, seperti kamu mencobai Dia di Masa.
Ul 6:17 Haruslah kamu berpegang pada perintah, peringatan dan ketetapan TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu;
Ul 6:18 haruslah engkau melakukan apa yang benar dan baik di mata TUHAN, supaya baik keadaanmu dan engkau memasuki dan menduduki negeri yang baik, yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu,
Ul 6:19 dengan mengusir semua musuhmu dari hadapanmu, seperti yang difirmankan TUHAN.
Ul 6:20 Apabila di kemudian hari anakmu bertanya kepadamu: Apakah peringatan, ketetapan dan peraturan itu, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN Allah kita?
Ul 6:21 maka haruslah engkau menjawab anakmu itu: Kita dahulu adalah budak Firaun di Mesir, tetapi TUHAN membawa kita keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat.
Ul 6:22 TUHAN membuat tanda-tanda dan mujizat-mujizat, yang besar dan yang mencelakakan, terhadap Mesir, terhadap Firaun dan seisi rumahnya, di depan mata kita;
Ul 6:23 tetapi kita dibawa-Nya keluar dari sana, supaya kita dapat dibawa-Nya masuk untuk memberikan kepada kita negeri yang telah dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyang kita.
Ul 6:24 TUHAN, Allah kita, memerintahkan kepada kita untuk melakukan segala ketetapan itu dan untuk takut akan TUHAN, Allah kita, supaya senantiasa baik keadaan kita dan supaya Ia membiarkan kita hidup, seperti sekarang ini.
Ul 6:25 Dan kita akan menjadi benar, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita."

  • SUSUNAN TEKS

• Ay. 4-5 : Perintah untuk mengasihi Allah yang esa dengan melibatkan seluruh aspek diri manusia.
• Ay. 6-9: Menekankan sikap Israel yang harus selalu taat terhadap perintah itu di setiap saat dan dalam keadaan bagaimanapun juga.
• Ay. 10-12: Dasar ketaatan
. Allah yang telah membawa Israel keluar dari Mesir dan memberikan kota, rumah dan isinya, sumur, kebun anggur dan zaitun dengan cuma-cuma.


• Ay. 13-19: Menekankan kembali ketaatan dengan sikap takut akan Tuhan (ay.13), setia (tidak mengikuti Allah lain – ay.14-15), dan tidak mencobai Allah (selalu berpegang pada perintah-Nya, ay.16-19).
• Ay. 20-25: menyampaikan kepada anak-anak (keturunan) tentang kasih Allah yang telah membebaskan Israel dari Mesir (ay. 21-23) dan perlunya mereka melakukan perintah Allah dengan sikap takut akan Tuhan supaya keadaan senantiasa baik dan hidup seperti sekarang (ay.24) dan dengan setia supaya menjadi benar (ay.25)

  • PERTANYAAN PENDALAMAN


1. Manakah perintah yang terutama harus diajarkan?

2. Apa yang menjadi dasar perintah untuk mengasihi Allah dan tidak melupakan Allah?

3. Mengapa peristiwa Keluaran perlu diceritakan kepada anakanak Israel?

4. Siapa yang paling bertanggung jawab pada perkembangan iman anak? Berdasarkan pesan bacaan, bagaimana cara menumbuhkan iman anak itu?

  • MEMBANGUN NIAT
(Disediakan waktu hening)

• Apa yang harus aku lakukan secara konkret untuk mewujudkan tanggung jawabku ebagai orangtua (kakek-nenek/om-tante *) untuk menumbuhkan iman pada anak-anakku (cucu/keponakan *)?
* Untuk yang belum/tidak mempunyai anak; atau bisa juga untuk anak-anak beriman umumnya.

Sumber: BKSN KAJ

Bacaan Harian 06 - 12 September 2010

Bacaan Harian 06 - 12 September 2010

Senin, 06 September:
Hari Biasa Pekan XXIII (H).
1Kor 5:1-8; Mzm 5:5-7.12; Luk 6:6-11.
Kita lebih mudah menilai perbuatan-perbuatan orang lain dengan kriteria yang kita buat sendiri. Kalau sudah begitu, mata hati kita juga sulit untuk melihat maksud baik dari perbuatan orang lain. Mencari kesalahan lain memang jauh lebih mudah.

Selasa, 07 September:
Hari Biasa Pekan XXIII (H).
1Kor 6:1-11; Mzm 149:1-6a.9b; Luk 6:12-19.
Sebelum mengambil keputusan untuk memilih keduabelas murid-Nya, Yesus terlebih dahulu berdoa semalam-malaman. Kita perlu meneladani Yesus untuk menemukan kehendak Bapa dalam mengambil setiap keputusan dalam hidup kita, supaya yang kita wujudkan memang sesuai dengan Kerajaan Allah dan bukan hanya demi kepentingan kita saja.

Rabu, 08 September:
Pesta Kelahiran Sta. Perawan Maria (P).
Mi 5:1-4a atau Rm 8:28-30; Mzm 13:6abcd; Mat 1:1-16.18-23 (Mat 1:18-23).
Hari ini kita merayakan hari kelahiran Bunda Maria. Maria lahir dan bertumbuh dewasa dalam iman sampai akhirnya menerima kehendak Allah untuk menjadi ’tabernakel yang hidup’, mengandung Yesus Sang Juru Selamat. Kita dapat belajar dari Maria bahwa percaya dan mengikuti kehendak Allah adalah suatu hal yang mungkin dan dapat kita lakukan. Seperti Maria, kita pun dipanggil untuk ikut ambil bagian dalam rancangan keselamatan Allah.

Kamis, 09 September:
Hari Biasa Pekan XXIII (H).
1Kor 8:1b-7.11-13; Mzm 139:1-3.13-14ab.23-24 Luk 6:27-38.
Kasih yang diajarkan Yesus sungguh radikal. Kasih itu adalah mengasihi musuh, berbuat baik bagi orang yang membenci, memohon berkat untuk yang mengutuk, dan berdoa bagi orang yang mencaci. Mampukan kita mengikuti Yesus sepenuh hati dengan kasih seperti itu?

Jumat, 10 September:
Hari Biasa Pekan XXIII (H).
1Kor 9:16-19.22b-27; Mzm 84:3-6.12; Luk 6:39-42.
Kita lebih mudah melihat kesalahan orang lain daripada melihat ke dalam dan mawas diri. Padahal kita sama-sama orang ’buta’ yang membutuhkan rahmat dari Tuhan untuk memperoleh kepenuhan hidup. Maka, memupuk sikap rendah hati dan memohon pertolongan rahmatnya untuk hidup lebih baik jauh lebih berguna daripada mempersoalkan kesalahan orang lain.

Sabtu, 11 September:
Hari Biasa Pekan XXIII (H).
1Kor 10:14-22a; Mzm 116:12-13.17-18; Luk 6:43-49.
Yesus mengajarkan, untuk menghasilkan buah-buah yang baik, kita perlu memiliki hati yang baik. Bila kebaikan itu sudah tertanam di hati, maka kata dan perbuatan yang mengalir dari hati itu akan juga menjadi buah-buah yang baik. Mintalah rahmat Tuhan dan bukalah diri akan sabda Tuhan, supaya hati kita dipenuhi dengan kebaikan.

Minggu, 12 September: Hari Minggu Biasa XXIV (H).
Kel 32:7-11.13-14; Mzm 51:3-4.12-13.17.19; 1Tim 1:12-17; Luk 15:1-32 (Luk 15:1-10).
Allah selalu siap menerima siapa saja yang berdosa dan mau kembali kepada-Nya. Tetapi manusia sendiri seringkali bersikap seperti 'anak sulung' yang merasa diri baik (dan menuntut upah) sementara di sisi lain mencerca dan menghakimi orang lain yang dianggap berdosa, lalu mau membatasi kerahiman Allah terhadap orang lain. Baiklah kita mengurusi diri sendiri dan seperti 'anak bungsu', merasa diri sendiri berdosa dan berbalik kepada-Nya. Ia menantikan kita!

Bulan Kitab Suci Nasional 2010: MEMPERKENALKAN KITAB SUCI KEPADA ANAK-ANAK SEJAK DINI

Pada bulan September telah dikhususkan oleh Gereja Katolik Indonesia sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Di setiap keuskupan dilakukan berbagai kegiatan untuk mengisi bulan ini, mulai di lingkungan, wilayah, paroki, biara, maupun di kelompok-kelompok kategorial. Misalnya, lomba baca Kitab Suci, pendalaman Kitab Suci di lingkungan, pameran buku dan sebagainya. Terutama pada hari Minggu pertama bulan itu, kita merayakan hari Minggu Kitab Suci Nasional. Perayaan Ekaristi berlangsung secara meriah, diadakan perarakan khusus untuk Kitab Suci, dan Kitab Suci ditempatkan di tempat yang istimewa.

Sejak kapan tradisi Bulan Kitab Suci Nasional ini berawal? Untuk apa? Untuk mengetahui latar belakang diadakannya BKSN ini kita perlu melihat kembali Konsili Vatikan II. Salah satu dokumen yang dihasilkan oleh Konsili Vatikan II yang berbicara mengenai Kitab Suci adalah Dei Verbum (DV). Dalam Dei Verbum, para bapa Konsili menganjurkan agar jalan masuk menuju Kitab Suci dibuka lebar-lebar bagi kaum beriman (DV 22). Konsili juga mengajak seluruh umat beriman untuk tekun membaca Kitab Suci.

Bagaimana jalan masuk itu dibuka? Pertama-tama, dengan menerjemahkan Kitab Suci ke dalam bahasa setempat, dalam hal ini Bahasa Indonesia. Usaha ini sebenarnya telah dimulai sebelum Konsili Vatikan II dan Gereja Katolik telah selesai menerjemahkan seluruh Kitab Suci, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Namun, Konsili Vatikan II menganjurkan agar diusahakan terjemahan Kitab Suci ekumenis, yakni terjemahan bersama oleh Gereja Katolik dan Gereja Protestan. Mengikuti anjuran Konsili Vatikan II ini, Gereja Katolik Indonesia mulai “meninggalkan” terjemahan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang merupakan hasil kerja keras para ahli Katolik, dan memulai kerja sama dengan Lembaga Alkitab Indonesia.

Dengan demikian, mulailah pemakaian Kitab Suci terjemahan bersama, yang merupakan terjemahan resmi yang diakui baik oleh Gereja Katolik maupun Gereja-gereja Protestan di Indonesia. Yang membedakan hanyalah Kitab-kitab Deuterokanonika yang diakui termasuk dalam Kitab Suci oleh Gereja Katolik namun tidak diakui oleh Gereja-gereja Protestan.

Kitab Suci telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, namun umat Katolik Indonesia belum mengenalnya, dan belum mulai membacanya. Mengingat hal itu, Lembaga Biblika Indonesia (LBI), yang merupakan Lembaga dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) untuk kerasulan Kitab Suci, mengadakan sejumlah usaha untuk memperkenalkan Kitab Suci kepada umat dan sekaligus mengajak umat untuk mulai membaca Kitab Suci. Hal ini dilakukan antara lain dengan mengemukakan gagasan sekaligus mengambil prakarsa untuk mengadakan Hari Minggu Kitab Suci secara nasional. LBI mengusulkan dan mendorong agar keuskupan-keuskupan dan paroki-paroki seluruh Indonesia mengadakan ibadat khusus dan kegiatan-kegiatan sekitar Kitab Suci pada Hari Minggu tertentu.

LBI telah dua kali mencobanya. Pada tahun 1975 dalam rangka menyambut terbitnya Alkitab lengkap ekumenis, LBI menyarankan agar setiap paroki mengadakan Misa Syukur pada bulan Agustus. Bahan-bahan liturgi dan saran-saran kegiatan yang dapat dilakukan beberapa bulan sebelumnya dikirimkan ke keuskupan-keuskupan. Percobaan kedua dilakukan pada tahun 1976. Akhir Mei 1976 dikirimkan bahan-bahan langsung kepada pastor-pastor paroki untuk Hari Minggu Kitab Suci tanggal 24/25 Juli 1976, ditambah lampiran contoh pendalaman, leaflet, tawaran bahan diskusi, dan lain-lain.

Walaupun dua kali percobaan itu tidak menghasilkan buah melimpah seperti yang diharapkan, LBI toh meyakini bahwa Hari Minggu Kitab Suci harus diteruskan dan diusahakan, dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Untuk mendekatkan dan memperkenalkan umat dengan sabda Allah. Kitab Suci juga diperuntukkan bagi umat biasa, tidak hanya untuk kelompok tertentu dalam Gereja. Mereka dipersilahkan melihatnya dari dekat, mengenalnya lebih akrab sebagai sumber dari kehidupan iman mereka.
  2. Untuk mendorong agar umat memiliki dan menggunakannya. Melihat dan mengagumi saja belum cukup. Umat perlu didorong untuk memilikinya paling sedikit setiap keluarga mempunyai satu kitab suci di rumahnya. Dengan demikian, umat dapat membacanya sendiri untuk memperdalam iman kepercayaannya sendiri.

Dalam sidang MAWI (Majelis Agung Waligereja Indonesia; sekarang dikenal dengan KWI) tahun 1977, para uskup menetapkan agar satu hari Minggu tertentu dalam tahun gerejani ditetapkan sebagai Hari Minggu Kitab Suci Nasional. Hari Minggu yang dimaksudkan adalah Hari Minggu Pertama September. Dalam perkembangan selanjutnya keinginan umat untuk membaca dan mendalami Kitab Suci semakin berkembang. Satu Minggu dirasa tidak cukup lagi untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seputar Kitab Suci. Maka, kegiatan-kegiatan ini berlangsung sepanjang Bulan September dan bulan ke-9 ini sampai sekarang menjadi Bulan Kitab Suci Nasional.

Bulan Kitab Suci Nasional tahun 2010

Tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan Bulan Kitab Suci Nasional adalah agar umat semakin mengenal, mencintai Kitab Suci, dan akhirnya hidup mereka ada dalam tuntunan Sabda Tuhan.

Pada tahun 2010 ini, tema yang hendak kita gumuli bersama adalah: MEMPERKENALKAN KITAB SUCI KEPADA ANAK-ANAK SEJAK DINI. Tema ini mengajak kita (khususnya orang tua) untuk memperkenalkan Kitab Suci kepada anak-anaknya sejak mereka masih usia dini.

Tahun 2010 adalah tahun penyadaran dan pemotivasian untuk gerakan bersama peduli anak dalam bina iman sejak usia dini. Karena itu BKSN 2010 ini menjadi waktu yang tepat untuk menumbuhkan perhatian dan menyatukan tekad kita bersama untuk peduli pada pembinaan iman anak.

Kalaupun kita (orangtua) tak akrab dengan Kitab Suci, jarang membacanya, janganlah hal itu kita wariskan kepada anak-anak kita. Biarlah “kemalasan” atau “keengganan” itu berhenti pada generasi kita. Mari bersama umat Katolik se-Tanah Air kita berubah dan membekali anak-anak kita dengan Sabda Tuhan. Dengan memperkenalkan Kitab Suci kepada anak sejak dini, kita telah mewariskan harta yang tak akan habis dimakan ngengat kepada generasi penerus Gereja di masa yang akan datang.


Pokok-pokok dalam Pertemuan I – IV adalah:



1. Awal Perkenalan dengan Allah (Ul 6: 4-25)
Tujuan: Memperkenalkan Allah kepada anak-anak sejak anak-anak masih dalam usia dini supaya mereka mampu menangkap/merasakan kasih Allah kepada keluarganya dan dirinya sendiri, dan dengan demikian mereka dapat mengasihi Allah, mengikuti perintah-perintah-Nya, dan hidup takut akan Dia.

2. Kenal Alkitab Sejak Kecil (2 Tim 3: 10-17)
Tujuan: Memperkenalkan Firman Tuhan kepada anak-anak supaya mereka mengetahui, memahami, dan sudah terbiasa melakukan ajaranajaran Tuhan sejak mereka masih kecil. Bahan dari pertemuan ke II adalah dari Surat Rasul Paulus kepada Timotius , 2 Tim 3 : 10 – 17. Judul perikop adalah Iman bertumbuh dalam penganiayaan dan pembacaan Kitab Suci.

Timotius adalah rekan sekerja Paulus dalam pewartaannya di Asia, Yunani dan Roma. Dalam suratnya tersebut Paulus meneguhkan timotius dan juga kita yang membacanya, bahwa dengan membaca Kitab Suci sejak kecil, akan dapat memberikan pegangan dan kekuatan dalam menghadapi penderitaan dalam karya pelayanan dan pewartaan , dan Paulus mengingatkan bahwa Kitab Suci beguna untuk memperbaiki kelakuan dan mengajar dalam kebenaran (bdk 2 Tim 3:16)

3. Mendidik Anak Menjadi Taat (Ef 6: 1-4)
Tujuan: Mendidik anak-anak untuk taat kepada orangtua, pertama-tama bukan dengan cara-cara “kuasa” dan meremehkan anak-anak, tetapi dengan membangun kepribadian mereka, mengindahkan hak mereka, dan memberi teladan nyata kepada mereka. Dalam pertemuan ini kita diajak untuk menyadari bahwa taat kepada orangtua juga berarti taat kepada Kristus, Orangtua untuk selalu mengajarkan kepada anak-anaknya nasihat dan ajaran Tuhan ( dalam KS ). Seluruh dari Perikop ini mengutamakan Kasih sebagai suatu ikatan yang aktualisasinya adalah sikap saling menghormati, anak kepada orang tuanya, Bapak-bapak kepada anaknya, hamba kepada tuannya dan juga sebaliknya.

4. Sayang Anak seperti Yesus (Mrk 10: 13-16)
Tujuan: Perlunya menyayangi anak dengan tindakan nyata dan terusmenerus, sehingga anak-anak mengalami rasa aman, dihargai, diterima, dan dikasihi; anak-anak yang bertumbuh dalam lingkungan “kasih” akan menjadi anak-anak yang “mekar” di dalam “kasih” dan mampu mengasihi
Tuhan dan sesama. Berbicara tentang anak-anak kita akan memiliki beberapa pandangan, anak-anak adalah Pribadi yang sangat tergantung kepada orang lain, polos, jujur, rendah hati, taat, selalu nampak ceria dll. Sikap – sikap seperti anak-anak itulah yang dikehendaki Allah kepada kita.

Hal itu kalau kita baca dalam perikop-perikop selanjutnya akan sangat kontradiktif dengan sikap seorang dewasa yang terikat pada hartanya ( bdk Mrk 10:17-27), yang hitung-hitungan dalam melayani Tuhan ( bdk Mrk 10:28-31), yang dilanda kecemasan walau bersama Yesus (bdk Mrk 10 : 32-34), yang mau mendapatkan tempat utama setelah bersusah payah mengikuti Yesus (bdk Mrk 10 : 35-45).

Semoga kita semakin mendalami isi Kitab Suci dan tekun melaksanakannya.


* Untuk Keuskupan Agung Semarang tersedia tema: Pendalaman Kitab Mazmur (Mzm 8, 23, 51, 84)

Pendalaman Mazmur 23 TUHAN adalah gembalaku (Bulan Kitab Suci 2010 Keuskupan Agung Semarang)

Mazmur 23


Mzm 23:1
Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Mzm 23:2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
Mzm 23:3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Ayat 1-3
  • Tuhan diibaratkan seperti Gembala, yang membawa ke rumput hijau dan air yang tenang.
  • Itulah penyelenggaraan Tuhan: tidak kekurangan makan-minum dan keamanan hidup (dimensi jasmani-rohani)
  • Gembala yang baik tahu kemana menuntun domba-dombanya, agar selamat; begitulah Tuhan.

Mzm 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Ayat 4
  • Dengan perlambangan, mengungkapkan Tuhan Penyelamat, di kala peziarahan hidup terasa sulit. Tongkat untuk menuntun, Gada untuk melindungi.
  • Peziarahan hidup umat penuh dinamika: senang dan susah. Namun Tuhan senantiasa hadir.


Mzm 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

Ayat 5
  • Tuhan menghidangkan jamuan, di hadapan musuh-musuh. Mau menegaskan bahwa meski ada bahaya mengancam, Tuhan menawarkan kedamaian dan ketenangan.

Mzm 23:6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Ayat 6
  • Kebaikan Tuhan tidak pernah berhenti, kesetiaan-Nya tak berkesudahan. Itulah yang menjadikan pemazmur hendak diam di rumah Tuhan selamanya.
Nyanyian Mazmur 23 lihat PS 646, 849, 656
Sumber: Panduan Bulan Kitab Suci 2010 Keuskupan Agung Semarang.

Pendalaman Mazmur 8 Betapa agung nama-Mu, ya Tuhan (Bulan Kitab Suci 2010 Keuskupan Agung Semarang)

Mazmur 8

Mazmur Tanggapan do = d, 2/4, PS 832

Ref. Betapa megah nama-Mu, Tuhan, di seluruh bumi.
Ayat. (Mzm 8:4-5.6-7.8-9; R: 2a)
1. Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kaupasang. Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkan-nya?
2. Kauciptakan dia hampir setara dengan Allah, Kaumahkotai dengan kemuliaan dan semarak. Kauberi dia kuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kautundukkan di bawah kakinya.
3. Domba, sapi, dan ternak semuanya, hewan di padang dan margasatwa; burung di udara dan ikan di laut, dan semua yang melintasi arus lautan.

(lihat Mazmur Tanggapan Hari Raya Tritunggal Mahakudus)


Mzm 8:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur Daud. (8-2) Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan.

Ayat 2:
  • Tuhan > “Tuhan kami” (Tuhan yang satu dan sama, milik semua orang; dipuji dan dimuliakan di seluruh bumi; keagungan-Nya mengatasi langit.
  • Dengan memandang langit (kebesarannya, keluasannya, ketinggiannya), keagungan Tuhan tak terselami.
  • Kesadaran yang muncul: rasa KAGUM akan Allah dan karya-Nya, sekaligus kekecilan manusia.
Mzm 8:2 (8-3) Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

Ayat 3:
  1. Pemazmur mengagumi segala makhluk ciptaan di bumi, termasuk anak-anak dan bayi. Dalam diri mereka, Tuhan juga menaruh kekuatan dan kedasyatan-Nya. Cara Allah dipuji, dengan melihat kedasyarat alam, dan kelembutan anak-anak dan bayi, bagaimana ceria, damainya mereka.
  2. Bagi anak-anak, Tuhan sungguh luarrr biasa! Kerajaan Allah ada pada mereka (Mat 19:14; Mrk 10:14; Luk 18:16)
  3. Melalui mulut mereka, kekuatan Tuhan membungkam para musuh, yaitu mereka yang tidak mengakui keagungan Tuhan, bahwa alam bukan bukti Tuhan ada. Kekuatan Tuhan ditampakkan melalui kelembutan bayi dan anak-anak (2Kor 12:9; 1Kor 1:27-29) seperti ungkapan Paulus.


Mzm 8:3 (8-4) Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan:
Mzm 8:4 (8-5) apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
Mzm 8:5 (8-6) Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.


Ayat 4-6 :

  1. Pemazmur melihat ke angkasa lagi, dan sadar siapakah manusia, diantara ciptaan Tuhan yang lain. Mengapa perhatian Tuhan lebih untuk manusia: diciptakan hampir sama dengan Allah (Kej 1:26).
  2. Hampir sama dengan Allah: diberi kuasa untuk menciptakan, memelihara dan memperbaiki dengan akal budinya.
  3. Itulah mahkota kemuliaan yang diberikan Allah bagi manusia.


Mzm 8:6 (8-7) Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya:
Mzm 8:7 (8-8) kambing domba dan lembu sapi sekalian, juga binatang-binatang di padang;
Mzm 8:8 (8-9) burung-burung di udara dan ikan-ikan di laut, dan apa yang melintasi arus lautan.

Ayat 7-9
  1. Tuhan memberikan kuasa atas ciptaan Tuhan yang lain. Disebutkan dalam mazmur untuk “mewakili” semua ciptaan lain, yang menjadi tanggungjawab manusia.

Mzm 8:9 (8-10) Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi!

Ayat 10
  1. Pemazmur mengajak kembali untuk memuji Tuhan.

Sumber: Panduan Bulan Kitab Suci 2010 Keuskupan Agung Semarang.


Pengantar Singkat Bulan Kitab Suci Keuskupan Agung Semarang 2010)

DIMANA MAZMUR

- Mazmur termasuk kelompok kitab kebijaksanaan, sesudah ayub sebelum amsal
- Mazmur terdiri dari 150 syair keagamaan, mulanya dipakai dalam upacara keagamaan Yahudi.
- Mazmur, kaya ungkapan hati umat dalam situasinya.


NAMA MAZMUR

* Bahasa Ibrani: Mizmor, yaitu nyanyian yang diiringi musik berdawai.
* Dalam kitab suci Yahudi, kitab mazmur disebut Sefer Tehillim (kitab puji-pujian). Akar kata “hll” memuji.
* Bahasa Inggris: the book of Psalms (Yun: psalmos – puji-pujian).


Mazmur: Doa yang dinyanyikan.

PENGARANG MAZMUR

* Tradisi Yahudi dan Kristiani: pengarang adalah Daud. Padahal hanya 73 mazmur yang menyebut Daud pada judulnya; 13 mazmur mengkaitkan dengan peristiwa yang dialami Daud.
* Daud hanya salah satu pengarangnya saja. Masih ada yang lain: Asaf, bani Korah, Heman dan Etan. Misalnya, mzm 137 ditulis setelah Daud.

Kapan Mazmur ditulis?
* Tidak mudah menentukan saat tepatnya ditulis.
* Para ahli kitab suci cenderung membagi mazmur dalam periode sebelum dan sesudah pembuangan di Babilon.
* Yang jelas, sudah ditulis pada jaman Daud dan berakhir sesudah jaman pembuangan (300 sebelum Masehi)


Mazmur sebagai Buku Doa
Memiliki kekhasan:
- ada pemaparan situasi dan kondisi pemazmur yang sekaligus jadi alasannya berdoa.
- ditulis dalam bentuk puisi, mengikuti pola puisi bangsa Israel pada waktu itu: pola paralel, masing-masing ayat terdiri dua/lebih klausa yang berkaitan.
- keindahan itu, juga lewat kiasan, simbol, lambang seperti Tuhan digambarkan sebagai gembala, gunung batu dll
- sebagai doa, merupakan ungkapan iman: dalam situasi apapun Tuhan tetap hadir dan menolong.
- tema mazmur sangat variatif, yang dominan adalah permohonan, pujian dan kepercayaan.


Pembagian Mazmur


- Ada 5 kumpulan/ jilid: masing-masing jilid ditutup dengan semacam doksologi yaitu pujian kepada Allah (Mzm 41:13; 72:18-19; 89:52; 106:48; 150).
- Misalnya dalam Mzm 41:13 disebutkan: ”Terpujilah Tuhan, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya. Amin.”



JILID SATU

Mzm 3 – 41
Jilid pertama atau buku pertama kitab Mazmur hampir seluruhnya dikaitkan dengan Daud. Mayoritas dari mazmur-mazmur pada bagian pertama ini adalah mazmur-mazmur individual.

Mzm 1 – 2 adalah pendahuluan kitab mazmur.


JILID DUA

Mzm 42 – 72

Jilid kedua berisi mazmur-mazmur yang dihubungkan dengan bani Korah, yaitu kelompok pemusik dan penyanyi liturgi (bdk. 2Taw 20:19). Mazmur bani Korah ini terdapat juga pada mazmur 84-85; 87-88.

JILID TIGA


Mzm 73 – 89

- Jilid ketiga, sebagian besar merupakan keluhan dan ratapan. Sejumlah mazmur dikaitkan dengan ASAF (73-83).
- Asaf adalah pemusik dari suku Lewi yang ditugaskan Daud memimpin nyanyian ketika tabut dibawa masuk Yerusalem. (1Taw 6:39; 15:17-19; 16:4-6). Dan hadir juga saat peresmian kenisah buatan Salomo (2Taw 5:12)


JILID EMPAT


Mzm 90 – 106

Jilid keempat, sebagian besar bertema pujian kepada Yahwe atau Allah.

JILID LIMA


Mzm 107 – 150


- Mazmur Daud pada awal (108-110) dan menjelang akhir (138-145)
- Mazmur 119 khusus, karena disusun menurut abjad Ibrani, yang disebut mazmur akrostik.
- Mazmur 120-134, koleksi mazmur ziarah.
- Mazmur 140-143, rangkaian terakhir mazmur keluhan individual.
- Jilid lima ini diakhiri dengan lima rangkaian pujian kepada Allah dan haleluia

JENIS MAZMUR

Berdasar kesamaan suasana, sikap batin pemazmur, susunan, nada, pemilihan kata, perasaan, gagasan dan tema.

1. Mazmur Pujian
- Digunakan dalam liturgi.
- Isinya adalah pujian kepada Allah dan segala karya-Nya.
Misalnya: Mzm 8; 19; 29; 33; 65; 66:1-12; 100; 103; 104; 111; 113; 114; 117; 134; 135; 136; 145; 146; 147; 148; 149; 150.
Tuhan Allah Israel patut dipuji karena keagungan-Nya dan kehebatan karya-Nya.

2. Mazmur Sion/Ziarah
- Nyanyian Sion mengagungkan Allah karena pilihan dan perlindungan-Nya atas Sion (Yerusalem) – Kota Allah (Mzm 46:5; 48:2, 9; 87:3). ”kota Tuhan semesta alam” (Mzm 48:9; bdk 84:2), ”kota Raja Besar” (Mzm 48:3) dan ”kediaman Allah yang Mahatinggi” (Mzm 46:5).
- Kehadiran Allah di dalam kota Sion memberi jaminan perlindungan dari kesusahan, bencana alam, dan serangan musuh (Mzm 46; 48; 76). Ke sanalah semua suku Israel berziarah untuk menyanyikan pujian kepada Tuhan (Mzm 84:6-7; 122).


3. Mazmur Permohonan
- Sepertiga mazmur merupakan permohonan/ keluhan dan ratapan, meski bukanlah demikian sebetulnya.
- Latar belakangnya: PENDERITAAN.
- Ada dua jenis: permohonan INDIVIDUAL (Mzm 5, 6, 7, 13, 17, 22, 25, 26, 28, 31, 35, 38, 39, 42-43; 51; 55; 57; 59; 61; 63; 64; 70 (=40:14-18); 71; 86; 88; 102; 109; 120; 130; 140; 141; 142; 143) ; permohonan KOLEKTIF/jemaah (Mzm 12; 44; 58; 60; 74; 79; 80; 83; 85; 94; 123; 137).


4. Mazmur Kepercayaan
- Dibagi dua jenis: doa kepercayaan individual (Mzm 3; 4; 11; 16; 23; 62; 121; 131) dan doa kepercayaan kolektif (115; 125; 129).
- Doa kepercayaan adalah ungkapan iman akan Tuhan yang diwarnai dengan ketenangan hati, kedamaian jiwa, kegembiraan dan kekuatan, meskipun pemazmur pada waktu itu sedang menghadapi kesukaran, tantangan dan penderitaan hidup.
- Doa kepercayaan membawa kita ke nilai-nilai hidup batin yang tinggi, yang menggemakan pujian akan Tuhan di tengah pergulatan hidup manusia

5. Mazmur Ucapan Syukur
Ucapan syukur merupakan doa perseorangan/individual (Mzm. 30; 32; 40:2-12; 66:13-20; 92; 116; 138) dan kolektif (67; 107:1-32; 118; 124).
Pemazmur merasa bahwa doa-doanya telah dikabulkan oleh Tuhan sehingga dia layak bersyukur. Di dalam doa syukur kolektif, ada undangan untuk bersyukur dan memuji Tuhan dan alasan untuk memuji Tuhan.
Tempat doa syukur yaitu Bait Allah, doa syukur tidak pernah cuma dibatin tetapi ”di depan seluruh umat-Nya”.


6. Mazmur Raja
- Tersebar dalam kitab mazmur.
- Ketika kitab mazmur mengalami peredaksian akhir, Israel sudah tidak punya raja.
- Meski demikian, kitab mazmur rajawi tetap digunakan untuk menumbuhkan harapan akan “raja ideal”, yaitu “Mesias”.
- Mzm 2, 18, 20, 21, 45, 72, 89, 101, 110, 132, 144:1-11.
- RAJA adalah orang yang diurapi Tuhan untuk memimpin umat-Nya. Sebutan umum untuk raja “Yang diurapi Tuhan” bdk Mzm 132:17; 84:10; 89:39.52; 132;10; 2:2; 18:51; 20:7; 28:8.

7. Mazmur Kebijaksanaan
Ada sejumlah mazmur yang tema, gaya dan isinya seperti kebijaksanaan, berupa nasihat larangan dan perintah (bdk.37; 34:14-15; 49:17-18), sapaan “anak-anak” (Mzm 34:12; 49:2-5); seruan “dengarkanlah aku” (Mzm 34:12; 49:2-5); seruan atau salam yang mengandung ajakan (Mzm 1:1; 34:9; 112:1; 5; 119:1-2; 127:5; 128:1);
Di samping itu terdapat pula istilah-istilah khas kebijaksanaan seperti ”hikmat” (Mzm 49:4), ”amsal”, ”peribahasa” (Mzm 49:5) dan ”takut akan Tuhan” (Mzm 19:8-15; 34; 37; 112; 119; 127; 128).


8. Mazmur Sejarah
Menceritakan kembali sejarah keselamatan yang dilakukan oleh Tuhan bagi umat-Nya, mulai dengan panggilan para Bapa bangsa (Mzm 105), pengungsian ke Mesir (Mzm 105), tindakan Tuhan di tanah Mesir, perjalanan melalui padang gurun sampai ke tanah perjanjian (Mzm 78; 105; 106) dan bahkan sampai ke zaman para hakim (Mzm 78; 106) dan pemilihan Daud serta Sion (Mzm 18).
Tujuannya: untuk mengajar umat.


9. Mazmur Kenabian
- Memberitakan nubuat dan hukuman atas Israel oleh para nabi.
- Isinya kecaman : terhadap para penindas (Mzm 14:1-3 = 53:2-4; 52:3-6; 82:2); terhadap ibadat yang keliru (Mzm 50:7-13); kesalehan yang palsu (Mzm 50:16-21) dan kedegilan hati Israel untuk mendengarkan suara Tuhan (Mzm 81:12).
- Hukuman : (Mzm 14:5-6 = 53:6; 52:7-9; 75:9; 82:6-7) atau suatu seruan dan panggilan untuk mengubah sikap dan kembali kepada Tuhan (Mzm 50:14-15; 22; 75:5-8; 82:3-4).


10. Mazmur yang menggambarkan Liturgi Israel
- Mazmur 15 & 24, keduanya memuat unsur tanya jawab. Gambaran itu, hanya liturgi pembuka saja.
- Rupanya, ada semacam tanya jawab yang dilakukan oleh imam kepada umat Israel sebelum memasuki bait suci (bdk. Hag 2:10-15; Za 7:1-3)


11. Mazmur yang sulit dikelompokkan
- Kesulitan ini dapat disebabkan karena tidak jelasnya susunan dan hubungan unsur-unsurnya tidak jelas (Mzm 9-10), serta peralihan dan perjalinan bentuk, tema atau persoalannya yang mengandung berbagai unsur (Mzm 36:41; 68; 77; 90; 91; 108; 139).


MAZMUR SEBAGAI PUISI

Selain sebagai doa yang dinyanyikan, mazmur juga puisi doa.

A. Bentuk Paralelisme

- Puisi ibrani umumnya lebih dari satu klausa dan beberapa baris (bikolase/trikolase). Dalam alkitab, baris kedua sedikit dicetak lebih ke kanan.
- Itulah bentuk paralelisme, yang juga merupakan ciri khas puisi bangsa Semit.
- Ada empat paralelisme: paralelisme sinonim (2:3); paralelisme antitetis (20:9); paralelisme sintetis (2:6); paralelisme perbandingan (42:2).

B. Bahasa Perlambangan
- Untuk mengungkapan realitas yang kerapkali tidak mudah.
- Melalui penggambaran, membantu pembaca untuk menangkap realitas., juga merangsang untuk menafsirkan maksud penulis.

PENGALAMAN & PAHAM IMAN DALAM MAZMUR

- Pemazmur dalam doanya, berbicara kepada Allah dan berbicara tentang Allah.
Segala pergulatan hidupnya tidak lepas dari mata Allah. Allah tidak hanya tahu dan hadir, tetapi juga bertindak sebagai Penyelamat.
- Kehadiran Allah : karya penciptaan-Nya, karya penyelenggaraan-Nya, dan karya penyelamatan-Nya.

MENAFSIRKAN MAZMUR (1)


- Baca dengan teliti untuk menentukan jenis mazmur dan tema pokoknya.
- Bagaimana pemazmur menguraikan tema pokok tersebut dalam doa. Biasanya, doa mazmur terdiri tiga bagian: pembukaan, isi pokok, penutup. Dalam isi pokok terdapat alasan dan latar belakang dari doa.
- Tafsirkan ayat-ayat dan beberapa ungkapan yang digunakan pemazmur. Bagaimana situasi pemazmur & apa alasannya berdoa.

MENAFSIRKAN MAZMUR (2)

- Temukan gambaran Tuhan dan manusia dalam mazmur tersebut.
- Temukan pesan iman yang hendak disampaikan.
- Relevansinya untuk pembaca sekarang.





terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy