| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selasa, 04 Oktober 2011 Pesta St. Fransiskus dari Assisi

Selasa, 04 Oktober 2011
Pesta St. Fransiskus dari Assisi

"Bila terjadi perselisihan, jadikanlah aku pembawa kerukunan." (St Fransiskus dari Assisi)

Antifon Pembuka

Santo Fransiskus, utusan Allah, meninggalkan rumah ayahnya, melepaskan harta warisannya, dan menjadi miskin dan hina dina. Tetapi Tuhan mempermuliakannya.

Doa Renungan

Allah Bapa umat manusia, yang kecil dan lemah Kaubela, dan kepada kami Kauajarkan arti keadilan dan perdamaian. Bukalah hati kami terhadap sesama di sekitar kami. Buatlah kami saling memerhatikan satu sama lain, sanggup dipercaya dalam pelayanan kecil maupun besar. Semoga kami mengikuti langkah Santo Fransiskus dari Assisi yang menjadi miskin dan berkat bantuan kekuatan-Mu kami ingin bersama-sama berkembang menjadi tubuh Kristus yang dewasa. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Allah selalu menginginkan semua orang hidup dengan baik dan benar. Kalau orang jatuh dalam dosa, Allah berusaha menyadarkannya agar bertobat dan berbalik kembali kepada-Nya. Yunus diutus-Nya untuk mentobatkan orang-orang Niniwe dari dosanya. Sikap sesal dan tobat yang tulus akan meredakan murka Allah. Keselamatan menjadi jaminan orang yang bertobat.

Bacaan dari Nubuat Yunus (3:1-10)


"Penduduk Niniwe berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan Tuhan menaruh belas kasih."

Untuk kedua kalinya Tuhan bersabda kepada Yunus, "Bangunlah dan berangkatlah ke Niniwe, kota besar itu. Sampaikanlah kepadanya seruan yang Kusabdakan kepadamu." Maka bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan sabda Tuhan. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya. Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru, "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan." Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa; baik dewasa maupun anak-anak mengenakan kain kabung. Setelah kabar itu sampai kepada raja kota Niniwe, turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkannya jubahnya; diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di atas abu. Lalu atas perintah raja dan para pembesarnya orang memaklumkan dan mengatakan di Niniwe demikian, "Manusia dan ternak, lembu sapi dan kambing domba tidak boleh makan apa-apa, tidak boleh makan rumput dan tidak boleh minum air. Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah; dan haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, dan dari kekerasan yang dilakukannya. Siapa tahu, mungkin Allah akan berbalik dan menyesal, serta berpaling dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, sehingga kita tidak binasa." Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah atas malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka; dan Ia pun tidak jadi melakukannya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Jika Engkau mengingat-ingat kesalahan, ya Tuhan, siapakah yang dapat tahan?
Ayat. (Mzm 130:1-2.3-4ab.7-8)
1. Dari jurang yang dalam aku berseru kepada-Mu, ya Tuhan! Tuhan, dengarkanlah seruanku! Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian kepada suara permohonanku.
2. Jika Engkau mengingat-ingat kesalahan, ya Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang.
3. Berharaplah kepada Tuhan, hai Israel! Sebab pada Tuhan ada kasih setia, dan Ia banyak kali mengadakan pembebasan. Dialah yang akan membebaskan Israel dari segala kesalahannya.

atau

Rasul Paulus mengajarkan pentingnya makna penderitaan Kristus yang tersalib, sebab tanpa itu tidak ada kebangkitan; sebab Minggu Paskah hanya terjadi karena adanya Jumat Agung. Sebab Kristus yang disalibkan itulah yang bangkit dari mati untuk memberikan kepada kita hidup yang kekal. Yesus mati untuk kita di kayu salib. Maka Salib Kristus merupakan instrumen penebusan dan telah menjadi salah satu pokok yang hakiki kalau kita berbicara tentang keselamatan kita. Salib adalah suatu tantangan dan sebuah jalan menuju kemuliaan, pertama-tama bagi Kristus, kemudian bagi semua orang Kristiani.

Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Galatia (6:14-18)

"Pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus."

Saudara-saudara, aku sekali-kali tidak mau bermegah selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Bagi semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, dan bagi semua orang yang menjadi milik Allah, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat. Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Saudara-saudara, Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai rohmu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = bes, 2/4, PS 831
Ref. Bersyukurlah kepada Tuhan, kar'na baiklah Dia!
Ayat. (Mzm 92:2-3.13-14.15-16; Ul:2a)
1. Sungguh baik menyanyikan syukur kepada Tuhan, dan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, Yang Mahatinggi, memberitakan kasih setia-Mu di waktu pagi, memberitakan kesetiaan-Mu di waktu malam.
2. Orang benar akan bertunas seperti pohon kurma akan tumbuh subur seperti pohon ara di Libanon mereka yang ditanam di bait Tuhan akan bertunas di pelatarn Allah kita.
3. Pada masa tua pun mereka masih berbuah menjadi gemuk dan segar untuk memberitakan bahwa Tuhan itu benar bahwa Ia Gunung Batuku, dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Bait Pengantar Injil, do = bes, 2/2, PS 957
Ref. Alleluya
Ayat. Berbahagialah yang mendengarkan sabda Tuhan dan melaksanakannya.

Ora et labora. Berdoa dan bekerja, kontemplatif dan aktif. Dua aktivitas orang beriman yang hidupnya harmonis. Berdoa saja tidak cukup. Bekerja saja tanpa doa juga tidak akan menghasilkan buah. Doa hendaknya menjadi dasar yang kuat bagi tiap karya pelayanan. Di dalam kerja pun hendaknya selalu melibatkan kekuatan Tuhan. Itulah keseimbangan hidup Kristen.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (10:38-42)


"Marta menerima Yesus di rumahnya, ia telah memilih bagian yang paling baik."

Dalam perjalanan ke Yerusalem Yesus dan murid-murid-Nya tiba di sebuah kampung. Seorang wanita bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Wanita itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria itu duduk di dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan sabda-Nya. Tetapi Marta sangat sibuk melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata, "Tuhan, tidakkah Tuhan peduli, bahwa saudariku membiarkan daku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." Tetapi Yesus menjawabnya, "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, padahal hanya satu saja yang perlu. Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

Renungan


Fransiskus dari Assisi, pernah sangat sibuk dengan urusan dunia. Sebagai anak saudagar kaya, maka perhatiannya ke kekayaan, kesenangan, kenikmatan hidup, pertemanan eksklusif. Sampai suatu saat, perkara dunia ini menjadi tak berarti, sesudah sebuah perjumpaan dengan Tuhan sendiri, yang secara ajaib memanggilnya 'memperbaiki Gereja-Nya'. Fransiskus berpikir Gereja itu bangunan fisik gereja; ternyata Gereja adalah keluarga Allah; ternyata Gereja yang dimaksud adalah dirinya sendiri juga.

Seperti Marta, Fransiskus pernah sibuk dengan perkara dunia. Kemudian dia beralih ke perkara gerejani, perkara Kerajaan Allah. Ia memberi waktu, hidup dan seluruh dirinya, duduk di kaki Yesus, yang dikenalnya sebagai 'Ia yang disalibkan dan yang miskin'. Ia menyibukkan diri dengan menghantar dunia kepada Kristus. Ia menjadi sahabat penuh damai dari Tuhan, dari sesamanya, dari alam semesta dari segala ciptaan.

Apa yang memenuhi hatiku saat ini? Perkara apa yang menjadi kepedulianku untuk mana kubaktikan seluruh tenaga, waktu dan kemampuanku? Apakah perkara itu menghantarku lebih dekat kepada Tuhan dan sesama, atau menjauhkanku? Jangan sampai kita salah memilih dan kehilangan sesuatu yang paling berharga.

Tuhan Yesus, terima kasih untuk waktu doa dan kesempatan kerja yang Kauberikan. Seperti Bunda Maria, kuingin diam dan merenungkan dalam hati apa saja yang Kau firmankan. Amin.

Renungan Harian Mutiara Iman, sangsabda.wordpress.com, RUAH

Berbagi Senyuman :: Sharing Pelayanan Pastor Felix Supranto, SS.CC


“Betapa indahnya sebuah senyuman di dunia ini ?” kataku pada diriku sendiri. Senyuman sudah menjadi barang langka di dunia yang banyak beban. Banyak orang pelit tersenyum, padahal tersenyum itu tidak mengeluarkan biaya. Sudah gratis, senyuman menyehatkan jiwa. Senyuman membuat wajah enak dipandang dan yang memandangnya pun ringan bebannya.

Di malam yang sunyi aku berburu senyuman. Pada malam itu, aku tidak mempunyai kesempatan untuk memejamkan mataku walaupun hanya sekejap. Ketika kebanyakan orang sedang menikmati mimpi malam, aku harus menyusuri Jakarta-Pusat untuk memberikan Sakramen Perminyakan Suci kepada seorang pemuda lajang yang sakit keras. Dalam perjalanan pulang, seorang anggota Persekutuan Doa Karismatik menghubungi aku lewat handphone-ku agar aku mengurapi dengan minyak suci kepada seorang bapak yang sedang menghadapi akhir hayatnya di sebuah rumah sakit di Serpong. Prinsipku adalah handphone-ku ada agar umat bisa menghubungi aku kapan saja, khususnya untuk pelayanan orang-orang sakit. Kebahagiaan spiritual memenuhi diriku karena bisa melaksanakan tugas imamatku untuk menghadirkan Kristus kepada orang-orang sakit di tengah malam. Tidak lama kemudian kebahagiaan itu berubah menjadi kesedihan. Aku mendapatkan kabar duka cita bahwa kedua orang yang baru saja aku urapi dengan minyak suci sudah menghadap Tuhan. Senyumku tiba-tiba hilang ditelan duka. Perasaanku tenggelam dalam duka orang-orang yang baru saja ditinggalkan oleh anggota keluarganya. Aku juga mulai takut disebut “imam pencabut nyawa”.

Esok harinya seseorang menginformasikan kepadaku bahwa seorang nenek memintaku untuk mendoakannya karena keadaannya sudah gawat. Iblis ‘keraguan’ mulai menggodaku: “Jangan-jangan, nenek itu akan meninggal dunia seperti dua orang sebelumnya ketika aku mengunjunginya”. Ketika masuk ke kamarnya, aku kaget ternyata nenek itu tidak terbaring lemah dengan nafas satu dua yang keluar dari hidungnya. Nenek itu duduk di tempat tidurnya sedang mendaraskan doa rosario. Nenek itu enam bulan sebelumnya menjalani operasi jantung. Biasanya orang yang mengalami sakit seperti ini sering gelisah dan banyak keluh-kesah. Nenek ini tampil beda. Ia tidak menampilkan rasa sakitnya. Ia selalu menebarkan senyuman manisnya. Setelah menerima komuni suci, senyumannya semakin menawan: “Romo, aku hari ini bahagia sekali. Tuhan datang kepadaku. Kebahagiaanku akan menambah umurku walaupun sakit jantung mengiringi hidupku”. Nenek ini sudah lama tidak mendapatkan kunjungan imam. Kunjungan imam dengan Hosti merupakan kerinduannya sebagai seorang aktivis gerejani di masanya yang sehat. Sejak itu ia selalu mengucapkan “selamat malam’ kepadaku melalui sms. Itulah yang mengharukan dan meneguhkan pelayananku. Yang teringat selalu dibenakku adalah wajahnya yang memancarkan sinar sukacita.

Aku harus tersenyum setiap saat. Tersenyum merupakan ungkapan pengharapan. Orang berpengharapan senantiasa tersenyum untuk melupakan masalahnya. Masalahnya telah dilupakannya karena yakin bahwa Tuhan akan mengangkatnya. Orang yang pesimis lupa tersenyum karena mengikatkan diri pada masalahnya. Mukanya menjadi jutek dan bibirnya manyun yang bisa membuat orang muak melihatnya. Wajah tersenyum menarik hati banyak orang seperti gula mengundang datangnya semut-semut. Senyuman akan mengubah dunia. Kebahagiaan dunia tergantung pada senyuman. Dunia bagaikan sebuah cermin dihadapan Anda. Tersenyumlah di hadapannya, dan ia akan membalas senyuman Anda. Tersenyum mengubah kekurangan menjadi keindahan. Senyuman membuat nasi bungkus terasa lezat. Senyuman akan melenyapkan penyakit yang menggerogoti raga: “Hati yang bergembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang” (Amsal 17:22). Tersenyumlah senantiasa, maka Tuhan Yesus yang diwartakan akan didatangi banyak orang. Tanpa senyuman, pewartaan akan sia-sia karena akan diabaikan oleh mereka. Ingatlah, tersenyum tidak merugikan, tetapi mendatangkan berkat ! Tuhan memberkati.

Bacaan Harian 03 - 09 Oktober 2011


Senin, 03 Oktober: Hari Biasa Pekan XXVII (H).
Yun 1:1-7 – 2:10; MT Yun 2:2-5.8; Luk 10:25-37.

Allah adalah murah hati. Seluruh hidup kita dengan segala aspeknya adalah karena kemurahan hati-Nya. Ia juga menghendaki kita hidup dalam kemurahan hati yang telah Ia wariskan itu. Maka, tengoklah sekeliling, mungkin di sana ada orang-orang yang membutuhkan kemurahan hati kita.

Selasa, 04 Oktober : Pesta St. Fransiskus dari Assisi (P).
Yun 3:1-10 atau Gal 6:14-18; Mzm 130:1-4ab.78; Luk 10:38-42.

Ada banyak cara melayani Tuhan sesuai dengan talenta dan anugerah yang kita miliki. Yang terpenting adalah melakukannya dengan sepenuh hati. Jadi, tidak perlu memaksa diri untuk melakukan berbagai pelayanan seperti orang lain; tidak perlu juga menuntut orang lain untuk melakukan seperti yang kita lakukan.

Rabu, 05 Oktober : Hari Biasa Pekan XXVII (H).
Yun 4:1-11; Mzm 86:3-6.9-10; Luk 11:1-4.

Doa Bapa Kami adalah doa yang begitu indah. Daraskan doa itu dengan perlahan dan penuh penghayatan. Lakukan berulang-ulang, maka kita akan mengalami rahmat yang mengubah ’hidup’ kita. Satu hal pasti, ada sukacita yang penuh. Cobalah!

Kamis, 06 Oktober : Hari Biasa Pekan XXVII (H).
Mal 3:13 – 4:2a; Mzm 1:1-4.6; Luk 11:5-13.

Berdoalah dengan tak jemu-jemu. Ia pasti mengulurkan tangan untuk orang yang menyerahkan hidup pada-Nya dan hanya mengandalkan Dia. Tapi sadarilah: Ia hanya akan mengabulkan doa-doa permohonan yang memang akan baik bagi kita! Ia tidak akan memberikan batu atau kalajengking yang mencelakakan.

Jumat, 07 Oktober : Jumat Pertama - Peringatan Wajib Sta. Perawan Maria Ratu Rosario (P).
Yl 1:13-15 – 2:1-2; Mzm 9:2-3.16.8-9; Luk 11:15-26.

Bila kita menyediakan tempat dalam hidup kita untuk bercokolnya iblis, maka iblis akan mengajak teman-temannya untuk pesta di dalam diri kita dan mereka akan semakin menguasai kita. Maka, sekecil apa pun tawaran iblis, harus kita tolak. Sekali terjerumus, bersiaplah untuk tenggelam.

Sabtu, 08 Oktober: Hari Biasa Pekan XXVII (H).
Yl 3:12-21; Mzm 97:1-2.5-6.11-12; Luk 11:27-28.

Orang yang hanya digerakkan oleh keinginan-keinginan pribadinya adalah orang yang sedang merintis jalan menuju hutan belantara penuh kegelapan. Jangan biarkan diri kita tersesat! Pegang kompas Firman Allah dan ikuti, maka kita pasti akan sampai pada tempat yang terang, damai dan sukacita.

Minggu, 09 Oktober : Hari Minggu Biasa Pekan XXVIII (H).
Yes 25:6-10a; Mzm 23:1-6; Flp 4:12-14.19-20; Mat 22:1-14 (Mat 22:1-10).

Perjamuan meriah akan diadakan. Hidangan sudah disediakan. Kita semua diundang. Kalau kita rindu perjamuan itu, baiklah kita bersiap diri untuk hadir di sana. Jangan sampai kita terlalu sibuk dengan segala keduniaan, sehingga lupa mempersiapkan diri. Layakkanlah diri kita untuk hadir dalam perjamuan kehidupan itu!

Surat Kepada Keluarga bulan Oktober 2011

IBU KEHIDUPAN SEJATI


Keberadaanmu sebagai Ibu menunjukkan kehadiran

Dalam keheninganmu engkau menghidupkan

Dalam keibuanmu, engkau mengajar

Dan membiarkan Sang Putera bertumbuh sebagaimana ada-Nya

Seorang isteri mengenal suami dan anak-anaknya

Memanggil dengan hati sambil menggerakkannya

Keluarga pun menjadi kudus sebagaimana kehendak Allah

Menjadi matang dalam perjuangan karena bekerjasama

Doakanlah kami keluarga-keluarga kristiani, ya Bunda Maria.

Keluarga Keluarga yang terkasih,


Oktober selalu menjadi bulan menyenangkan, ketika kita dapat merayakan kemesraan bersama sang Bunda dalam doa bersama. Bunda yang kita hormati mengajak kita pertama-tama untuk meneladan cara hidupnya, dan selanjutnya memperkenalkan kita pada cara memastikan keselamatan terjadi, yaitu dengan iman yang utuh dan tak tergoyahkan.

Melihat kehidupan keluarga-keluarga katolik yang setia dan beriman amat meneguhkan, seolah olah Allah dihadirkan dalam kebahagiaan dan kedalaman hidup mereka. Sebaliknya, melihat begitu banyaknya tragedi di antara keluarga; isteri dan suami, ibu dengan anak, ayah dengan anak, atau antar saudara di rumah. Semua membawa keraguan, seolah Allah “tidur” dan enggan hadir di sana.

Seperti Maria yang telah bekerjasama dengan Bapa tidak hanya menuntut-Nya hadir dalam keluarganya yang penuh dengan pertanyaan. Ia bekerjasama mewujudkan kehadiran Allah dalam kebersamaannya dengan Yesus dan Yosef, suaminya. Maria adalah simbol ibu, perempuan, kewibawaan, pendamping iman, dan pendoa yang ideal, yang memungkinkan keluarga kudusnya menjadi demikian hebat. Allah hadir bukan dengan kuasa ajaib saja, tetapi dalam kerjasama untuk “mengurus” keluarga sebagaimana menjadi tanggung jawabnya.

Ketika keluarga-keluarga bermasalah, apa yang kita lakukan? Apakah kita suka melarikan diri dalam kemarahan pada anggota keluarga lain? Membela diri dengan memukul? Menyembunyikan diri dengan memilih perempuan atau laki-laki lain? Atau kita menghadapinya sampai titik darah penghabisan, dalam tangisan yang tidak cengeng, menampilkan ketangguhan yang percaya bahwa Allah menyertai kita dalam situasi apapun?

Mungkin ada begitu banyak permasalahan dalam keluarga kita, sampai kapanpun. Maria telah menghadapinya dan terbukti beriman dan setia. Jawaban “Fiat Voluntas Tua” yang amat terkenal itu tidak pernah diingkarinya sendiri. Kita punya banyak kesempatan untuk mengubah hidup keluarga kita dengan gaya hidup ini. Menerima situasi kita dan berjuang untuk sesuatu yang makin mengarahkan keluarga kita pada Allah, dengan kerja keras kita.

Ketika kita berdoa kepada Maria, kita tidak semata-mata meminta banyak rahmat, tetapi terutama kita mau bersekolah bersama sang ibu kehidupan, yang mengajar melalui perbuatannya itu. Berdoalah dengan tekun sambil tidak lupa belajar dari Sang Bunda bagaimana mengatasi hidup dengan ketangguhan dan iman yang hidup seperti dimilikinya.

Masalah pernikahan beda agama, perceraian, anak-anak yang mengalami kesulitan belajar, ketidaksetiaan, kemalasan rohani, kemiskinan, kesibukananggota keluarga, komunikasi, dan lain-lain akan selalu ada. Tetapi kalau rumah kita menjadi tempat pendidikan nilai yang berhasil, niscaya hambatan yang mungkin terjadi dapat lebih baik diatasi dalam terang iman.

Keluarga-keluarga katolik terkasih, Allah tidak hanya menghadapkan kita pada kesulitan dan persoalan dalam hidup ini. Sejak semula,Ia juga memberi kita kemampuan belajar, mengubah cara hidup, menyelesaikan persoalan dan bekerjasama dengan Dia. Kesempatan untuk berjuang itu diberikan selama hidup yang hanya sekali ini. Seperti siang dan malam, Tuhan setia hadir setiap hari, dari tempat-Nya yang tersembunyi. Jangan takut, bersama Ibu Kehidupan, kita belajar menjadi umat dan anak-anak Allah yang pantas dibanggakan.

Semoga setiap keluarga meneladan Sang Bunda dan mendapat mahkota kehidupan dalam terang iman, pimpinan Roh Kudus, dan kesejahteraan yang tak lekang dimakan kegelisahan dunia ini.

Tuhan memberkati!


Rm. Alexander Erwin Santoso MSF

Senin, 03 Oktober 2011 Hari Biasa Pekan XXVII

Senin, 03 Oktober 2011
Hari Biasa Pekan XXVII

“Selama suami-istri menepati kewajiban mereka dalam perkawinan dan keluarga, mereka diresapi oleh semangat Kristus.” (Gaudium et Spes 48)

Antifon Pembuka

Kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hati dan segenap jiwamu, dengan segenap kekuatan dan segenap akal budimu. Dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Doa Pagi

Tuhan, pengalaman Nabi Yunus yang kurang berkenan di hati-Mu dapat menyulitkan orang lain. Akan tetapi, di lain pihak juga menyadarkan akan kebesaran-Mu. Maka bimbinglah aku untuk melaksanakan kehendak-Mu dalam diriku sehingga nama-Mu semakin dimuliakan. Amin.

Kehendak Allah itu sangat kuat dan luar biasa. Walau merasa kurang mampu, bila Allah sudah berkenan, maka orang tidak mampu menolak tugas dari-Nya. Karya keselamatan Allah harus tetap terlaksana. Yunus pun berusaha lari karena menolak tugas dari Allah. Melalui peristiwa angin ribut dan seekor ikan, Allah menunjukkan karya-Nya bagi keselamatan manusia.

Bacaan dari Nubuat Yunus (1:1-17; 2:10)

"Yunus siap melarikan diri dari hadapan Tuhan."


Datanglah sabda Tuhan kepada Yunus bin Amitai demikian, “Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, dan berserulah terhadap mereka, sebab kejahatannya telah sampai kepada-Ku.” Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan Tuhan. Ia pergi ke Yafo, dan di sana mendapat sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan Tuhan. Tetapi Tuhan menurunkan angin ribut ke laut; lalu terjadilah badai besar sehingga kapal itu hampir-hampir terpukul hancur. Awak kapal menjadi takut; masing-masing berteriak kepada allahnya, dan mereka membuang segala muatan ke dalam laut untuk meringankan kapal. Tetapi Yunus telah turun ke dalam ruang kapal yang paling bawah, dan berbaring di situ, lalu tertidur dengan nyenyak. Datanglah nahkoda mendapatkannya sambil berkata, “Bagaimana mungkin engkau tidur begitu nyenyak? Bangunlah, berserulah kepada Allahmu, barangkali Allahmu itu akan mengindahkan kita, sehingga kita tidak binasa.” Lalu berkatalah mereka satu sama lain, “Marilah kita buang undi, supaya kita tahu, karena siapa kita ditimpa malapetaka ini.” Mereka lalu membuang undi, dan Yunuslah yang kena. Maka berkatalah mereka kepadanya, “Beritahu kami, karena siapa kita ditimpa malapetaka ini. Apa pekerjaanmu dan dari mana engkau datang? Manakah negerimu dan dari bangsa manakah engkau?” Sahut Yunus kepada mereka, “Aku ini seorang Ibrani. Aku takwa pada Tuhan, Allah yang menguasai langit, yang telah menjadikan laut dan daratan.” Orang-orang itu menjadi sangat takut, lalu berkata kepadanya, “Apa yang telah kauperbuat?” Sebab orang-orang itu tahu, bahwa ia telah melarikan diri, jauh dari hadapan Tuhan. Hal itu telah diberitahukannya kepada mereka. Bertanyalah mereka, “Akan kami apakan dikau, supaya laut menjadi reda dan tidak menyerang kami lagi? Sebab laut semakin bergelora.” Sahut Yunus kepada mereka, “Angkatlah aku dan campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak menyerang kalian lagi. Sebab aku tahu, karena akulah badai besar ini menyerang kalian.” Lalu berdayunglah orang-orang itu dengan sekuat tenaga untuk membawa kapal itu kembali ke darat, tetapi mereka tidak sanggup, sebab laut semakin bergelora menyerang mereka. Lalu berserulah mereka kepada Tuhan, katanya, “Ya Tuhan, janganlah kiranya Engkau biarkan kami binasa karena nyawa orang ini, dan janganlah Engkau tanggungkan kepada kami darah orang yang tidak bersalah, sebab Engkau, Tuhan, telah berbuat seperti yang Kaukehendaki.” Kemudian mereka mengangkat Yunus dan mencampakkannya ke dalam laut. Maka laut berhenti mengamuk. Orang-orang itu menjadi sangat takut kepada Tuhan, lalu mempersembahkan kurban sembelihan kepada Tuhan serta mengikrarkan nazar. Maka atas penentuan Tuhan datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus. Dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya. Lalu bersabdalah Tuhan kepada ikan itu, dan ikan itu pun memuntahkan Yunus ke darat.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Engkau mengangkat nyawaku dari dalam liang kubur.
Ayat. (Mzm 2:2,3,4,5,8)

1. Dalam kesusahanku aku berseru kepada Tuhan, dan Ia menjawab aku. Dari tengah-tengah alam maut aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku.
2. Engkau telah melemparkan daku ke tempat yang dalam, ke pusat lautan, lalu aku terangkum oleh arus air; segala gelora dan gelombang-Mu melingkupi aku.
3. Aku berkata, “Telah terusir aku dari hadapan mata-Mu. Mungkinkah aku memandang lagi bait-Mu yang kudus?”
4. Ketika jiwaku letih lesu dalam diriku, teringatlah aku kepada Tuhan, maka sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Yoh 13:34)
Perintah baru Kuberikan kepadamu, sabda Tuhan; yaitu supaya kamu saling mengasihi, sama seperti Aku telah mengasihi kamu.

Pada dasarnya, tiap orang tidak mau repot. Ia sibuk mengurus diri sendiri dan tidak peduli dengan keadaan orang lain. Sikap cuek ini menjadi akar segala permasalahan di dalam hidup bersama. Sikap orang Samaria yang peduli dan mau ‘repot’ telah mempermalukan orang-orang beragama yang sok suci. Ia memberikan diri sepenuhnya untuk menyelamatkan sesamanya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (10:25-37)

"Siapakah sesamaku?"


Pada suatu ketika, seorang ahli Kitab berdiri hendak mencobai Yesus, “Guru, apakah yang harus kulakukan untuk memperoleh hidup yang kekal?” Jawab Yesus kepadanya, “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?” Jawab orang itu, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu. Dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Kata Yesus kepadanya, “Benar jawabmu itu. Perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup.” Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata lagi, “Dan siapakah sesamaku manusia?” Jawab Yesus, “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho. Ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi juga memukulnya, dan sesudah itu meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu. Ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu. Ketika melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datanglah ke tempat itu seorang Samaria yang sedang dalam perjalanan. Ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasih. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya, ‘Rawatlah dia, dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya waktu aku kembali’. Menurut pendapatmu siapakah di antara ketiga orang ini adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?” Jawab orang itu, “Orang yang telah menunjukkan belas kasih kepadanya.” Yesus berkata kepadanya, “Pergilah, dan lakukan demikian.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan


Cinta adalah jalan menuju kehidupan kekal. Cinta pertama-tama bukan soal perasaan atau afektif semata, bukan soal romantis saja, melainkan sungguh efektif dalam kehidupan. Cinta itu berkaitan langsung dengan sebuah tindakan nyata bagaimana saya berbuat sesuatu bagi sesama. Kisah orang Samaria yang baik hati menjadi contoh yang sungguh mengharukan. Kendati orang yang jatuh ke penyamun-penyamun adalah musuhnya, tetapi terdorong oleh kasih yang mendalam, kasih yang efektif, ia membuang segala penghalang dan berbuat sesuatu baginya. Yesus meminta kita untuk pergi dan berbuat demikian,

Doa Malam


Allah yang berbelas kasih, terangilah jalan hidupku untuk mengasihi-Mu dengan segenap hati, jiwa, kekuatan dan akal budiku. Buatlah aku peka akan penderitaan sesama di sekitarku sehingga terwujudlah cinta kasih kepada-Mu dan sesama. Demi Kristus, Tuhan dan Penyelamatku. Amin.


RUAH

Hati dan Pikiran

Renungan

Bagi Santo Paulus, yang sungguh berharga yang harus disimpan dalam hati dan dalam pikiran adalah: hidaup dalam damai sejahtera dalam Allah. Untuk memelihara damai sejahtera itu orang harus memelihara kekayaan utama, yaitukebenaran, kemuliaan, keadilan, kesucian, kemanisan, dan segala yang sedap didengar serta kebajikan dan yang patut dipuji itulah yang layak untuk direnungkan dan dipikirkan.

Oleh Tuhan Yesus semua nilai itu disebut dengan istilah yang merangkum yaitu semangat untuk “menghasilkan buah pada waktunya”. Kerajaan Allah yaitu Sabda yang telah menjelma menjadi manusia, telah menanamkan firman Allah di dalam hati manusia yaitu Sabda Iman untuk menghasilkan buah keselamatan. Kita manusia diumpamakan penggarap yang harus menghasilkan buah pada waktunya.

Maka kita menurut Santo Paulus, untuk menghasilkan buah keselamatan atau juga disebut dengan damai sejahtera. Kita harus bekerja dengan benar dan dalam kebenaran Tuhan, yang berarti juga mengikuti peraturan dan tata-cara yang berlaku supaya menghasilkan buah. Yaitu bahwa tanaman itu harus dijaga dan dirawat, supaya semua kemungkinan untuk menghasilkan buah itu menjadi kenyataan, tidak mati kekeringan, atau dimakan binatang, atau kena penyakit yang mengakibatkan gagal panen.

Penyakit yang merasuk dalam hati dan pikiran penggarap adalah salah satunya keinginan untuk memiliki baik kebun maupun seluruh hasil, membuat pemilik kebun anggur tidak mendapatkan apa yang diharapkan yaitu hasil yang baik pada waktunya. Karena penggarapnya kena virus yang mematikan yaitu keinginan untuk membinasakan baik penggarap lain maupun ahli waris dari pemilik. Walaupun para penggarap yaituumat israel dan kita menolak ahli waris pemilik, yaitu Tuhan Yesus yang adalah batu penjuru yang dibuang tetapi oleh Allah dijadikan batu penjuru dasar keselamatan itu sendiri.

Dalam kepercayaan kepada Tuhan Yesus sebagai batu penjuru mendorong kita juga untuk secara konsekwen menjaga nilai-nilai kebenaran, keadilan, kemuliaan, kesucian dan suasana hidup yang manis, serta segala kebajikan dan semua yang sedap untuk didengar, itulah yang harus dipelihara dan dikembangkan untuk menghasilkan buah pada waktunya.Kapan waktunya, yaitu pada saat anak Bapa Tuan pemilik kebun anggur itu datang untuk mengambil hasil panenannya.

Kalau nilai-nilai itu kita jadikan rambu-rambu dalam menapaki hidup kita yang kita sadari sebagai penggarap, yang harus membagi hasilnya kepada Allah dalam kesejahteraan bagi sesama. Maka kita juga akan terjaga dari sikap angkuh, sikap arogan, sikap tinggi hati dan serakah, sehingga kita akan siap kapan saja untuk berbagi hasil dengan pemilik kebun anggur dan kepada para konsumen yang mengharapkan panenan dari pemilik kebun anggur tersebut.

Oleh karena itu kita tidak boleh terjebak oleh pikiran kita sendiri dan keinginan kita sendiri yang kemudian sembrono dalam mengelola usaha majikan dan dalam mengerjakan pekerjaan untuk menghasilkan buah keselamatan secara maksimal. Karena kalau kita tidak bertanggung jawab kita sendiripun akan kehilangan rejeki kita, karena kita tidak panen sebagaimana mestinya. Sehingga panenannya justru orang lain lagi yang akanmemetik buahnya dan menikmatinya.

Selamat merenungkan,

Pastor Antonius Sumardi, SCJ


Minggu, 02 Oktober 2011 Hari Minggu Biasa XXVII

Minggu, 02 Oktober 2011
Hari Minggu Biasa XXVII

Ya Tuhan, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat. (Mzm 80:20)


Antifon Pembuka (Est 3:9.10-11)

Semesta alam takluk kepada kehendak-Mu, ya Tuhan, dan tiada suatu pun yang dapat menentangnya. Sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu, langit dan bumi, serta seluruh isinya. Engkaulah Tuhan atas seluruh dunia.

Doa Renungan


Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, kemurahan hati-Mu melimpah jauh melampaui jasa ataupun permohonan kami. Limpahkanlah belas kasih-Mu kepada kami sepenuhnya; ampunilah dosa-dosa kami yang menggelisahkan hati dan anugerahilah kami segala sesuatu yang kami tak mampu menyebutnya. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Yesaya (5:1-7)

"Kebun anggur Tuhan semesta alam ialah kaum Israel."

Aku hendak menyanyikan lagu tentang kekasihku, lagu kekasihku tentang kebun anggurnya: Kekasihmu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur. Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lubang tempat memeras anggur, lalu dinantinya supaya kebuh itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang masam. Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem dan orang Yehuda, adililah Aku dan kebun anggur-Ku itu. Apakah yang masih harus Kuperbuat untuk kebun anggur-Ku itu yang belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya ia menghasilkan buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam? Masa sekarang, Aku mau memberitahukan kepadamu apa yang hendak Kulakukan kepada kebun anggur-Ku itu: Aku akan menebang pagar durinya, sehingga kebun itu dimakan habis. Aku akan melanda temboknya, sehingga kebun itu diinjak-injak; Aku akan membuatnya ditumbuhi semak-semak, tidak dirantingi dan tidak disiangi, sehingga tumbuhlah putri malu dan rumput; Aku akan memerintakan awan-awan supaya jangan menurunkan hujan di atasnya. Kebun anggur Tuhan semesta alam itu ialah kaum Israel, dan orang Yehuda ialah tanam-tanaman kegemaran-Nya; dinantikan-Nya keadilan, tetapi hanya ada kelaliman; dinantikan-Nya kebenaran, tetapi hanya ada keonaran.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = d, 3/4, PS 851
Ref. Ya Tuhan, lindungi kami di dalam kesesakan.

Ayat. (Mzm 80:9+12.13-14.15-16.19-20; Ul: Yes 5:7)
1. Telah Kauambil pohon anggur dari Mesir; Kauhalau bangsa-bangsa, lalu Kautanam pohon itu. Dijulurkannya ranting-rantingnya sampai ke laut, dan pucuk-pucuknya sampai ke Sungai Efrat.

2. Mengapa Engkau menggempur temboknya, sehingga ia dipetik oleh setiap orang yang lewat? Babi hutan menggerogotinya dan binatang-binatang di padang memakannya.
3. Ya Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu!
4. Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu; biarlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu. Ya Tuhan, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka selamatlah kami.

Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Filipi (4:6-9)

"Lakukanlah semua yang telah kamu lihat padaku, maka Allah, sumber damai sejahtera, akan menyertai kamu."

Saudara-saudara, janganlah kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Maka damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. Jadi, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, itulah yang harus kamu pikirkan. Dan apa yang telah kamu pelajari, apa yang telah kamu terima, apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu! Maka Allah, sumber damai sejahtera, akan menyertai kamu.
Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


Bait Pengantar Injil, do = a, 4/4, PS 962
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 15:16)
Aku telah memilih kamu dari dunia, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah, dan buahmu itu tetap, sabda Tuhan.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (21:33-43)

"Kebun anggur itu akan ia sewakan kepada penggarap-penggarap lain."

Sekali peristiwa berkatalah Yesus kepada imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi, "Dengarkanlah perumpamaan ini. Adalah seorang tuan tanah membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lubang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga di dalam kebun itu. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain. Ketika hampir tiba musim petik, ia menyuruh hamba-hambanya kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima hasil yang menjadi bagiannya. Tetapi penggarap-penggarap itu menangkap hamba-hambanya itu: yang seorang mereka pukuli, yang lain mereka bunuh, dan yang lain lagi mereka lempari dengan batu. Kemudian tuan itu menyuruh pula hamba-hamba yang lain, lebih banyak dari pada yang pertama. Tetapi mereka pun diperlakukan sama seperti kawan-kawan mereka. Akhirnya tuan itu menyuruh anaknya kepada mereka, pikirnya, 'Anakku akan mereka segani.' Tetapi, ketika para penggarap itu melihat anak itu, mereka berkata seorang kepada yang lain: 'Ia adalah ahli waris! Mari kita bunuh dia, supaya warisannya menjadi milik kita.' Maka mereka menangkap dia, dan melemparkannya ke luar kebun anggur itu, lalu membunuhnya. Maka apabila tuan kebun anggur itu datang, apakah yang akan dilakukannya dengan penggarap-penggarap itu?" Kata imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi kepada Yesus, "Ia akan membinasakan orang-orang jahat itu dan kebun anggurnya akan ia sewakan kepada penggarap-penggarap lain, yang akan menyerahkan hasil kepadanya pada waktunya." Kata Yesus kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru? Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita. Sebab itu Aku berkata kepadamu, 'Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.'
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.


Renungan


Rekan-rekan yang baik!
Pada hari Minggu Biasa XXVII tahun A ini dibacakan Mat 21:33-43. Yesus kembali mengutarakan perumpamaan yang berhubungan dengan kebun anggur. Tapi kali ini yang disoroti ialah para penggarap kebun anggur yang ingin merebut lahan yang dipercayakan kepada mereka oleh si empunya yang sedang berada di negeri lain. Di kebun itu juga ada tempat penggarapan anggur yang dibangun oleh si pemilik.

Para hamba yang diutus untuk memungut hasilnya diperlakukan dengan buruk oleh para pekerja. Orang-orang suruhan yang pertama dipukuli, dibunuh, dan dirajam. Yang kedua, meski jumlahnya lebih banyak, mendapat perlakuan serupa. Akhirnya sang pemilik mengutus anaknya sendiri dengan perhitungan bahwa para pekerja akan menerimanya. Tetapi mereka malah membunuhnya dengan harapan kebun anggur itu nanti jatuh ke tangan mereka karena sang ahli waris telah mati. Yesus kemudian bertanya kepada imam-imam kepala dan orang Farisi (mereka baru saja mempertanyakan dari manakah kuasa Yesus berasal; lihat Mat 21:23), apa yang bakal diperbuat pemilik kebun anggur tadi terhadap penggarap-penggarap tadi. Spontan jawab mereka, tentunya ia akan menghabisi orang-orang tadi dan menyerahkan kebun itu kepada penggarap-penggarap lain. Apa maksud Yesus dengan perumpamaan itu? Dan apa pula artinya bagi kita sekarang?

KEBUN ANGGUR

Bagian pertama perumpamaan ini mengingatkan pembaca akan Yes 5:1-7. Di situ sang nabi mengutarakan keluh kesah seorang pemilik kebun anggur yang merasa tidak berhasil membuat kebunnya menghasilkan buah yang baik meskipun tanahnya subur dan segala upaya telah dilakukannya. Ia juga telah mendirikan tempat pengelolaan bagi hasil kebun yang tak kunjung datang itu. Dalam perumpamaan yang diucapkan Yesus, pemilik kebun juga tidak mendapat hasilnya sekalipun ia telah mendirikan tempat penggarapan. Lebih buruk lagi, hasil yang tak kunjung datang ini akibat ulah para penggarap sendiri, bukan karena pohon anggurnya buruk. Dalam teks Yesaya, pohon anggur yang tak memberi hasil memuaskan itu melambangkan umat yang hidupnya tidak mengusahakan yang adil dan benar, mereka malah menjalankan kelaliman dan keonaran. Dalam perumpamaan yang diceritakan Yesus, diutarakan bahwa para penggarap yang jahat itulah yang membuat sang pemilik tidak mendapatkan hasil dari tanah miliknya. Mereka malah berusaha merebut hak milik sang empunya. Perkaranya berkembang dari tak ada hasil yang memuaskan menjadi hak milik yang direbut dengan kekerasan.

Menurut alam pikiran Perjanjian Lama, hak atas tanah yang sah tak boleh diganggu gugat. Merebut kebun anggur Nabot mendatangkan celaka bagi Ahab dan Izebel, istrinya (1 Raj 21:1-29). Bagi orang seperti Nabot, kebun anggur miliknya itu pusaka turun temurun yang tak boleh diganggu gugat. Milik ini diberikan kepadanya secara sah. Tak dapat diperjualbelikan dengan imbalan apa saja, apalagi direbut. Masalah utama dalam kisah kebun anggur Nabot itu ialah kekerasan atau tindakan rudapaksa raja merebut hak milik, bukan pertama-tama soal keadilan sosial atau penindasan kaum kuat terhadap si lemah. Kekerasan terhadap hak milik ditampilkan sebagai kejahatan yang melebihi batas apa pun. Demikian dalam perumpamaan kali ini, hak sang empunya lahan dirudapaksa oleh para penggarap. (Ia bukan pihak yang lemah. Tapi pembedaan kuat-lemah tak dapat dipakai untuk menafsirkan perumpamaan ini.) Para penggarap itu akhirnya membunuh ahliwarisnya. Ini pelanggaran yang paling keras terhadap hak milik.

Ada dua hal yang bakal terpikir oleh para pendengar perumpamaan tadi Pertama, pemilik dengan penuh perhatian membangun tempat pengelolaan kebun anggurnya. Karena itulah ia amat mengharapkan hasilnya. Tetapi ia dikecewakan dan malah direbut miliknya. Kedua, merebut hak milik kebun anggur ini ditampilkan sebagai kejahatan yang melampaui batas.

SEBUAH ALEGORI

Perumpamaan ini sudah sejak awalnya dibaca sebagai alegori atau kisah yang diterapkan pada orang atau keadaan tertentu. Dalam tafsiran alegori, kebun anggur akan dipandang mewakili umat. Hanya Tuhan Allah-lah yang memiliki umatNya. Ia memang mempercayakan pemeliharaannya kepada para pemimpin umat (Perjanjian Lama), yang dalam kisah ini tampil sebagai para penggarap yang ingin menguasai milik tuan tadi. Para hamba ialah para nabi yang mendapat perlakuan buruk dari para pemimpin. Kemudian anak empunya kebun tadi ialah Yesus sendiri. Para penggarap tadi merencanakan akan membunuhnya. Dan memang dalam perumpamaan tadi rencana itu dijalankan.

Rupa-rupanya para imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi langsung memahami perumpamaan tadi sebagai alegori seperti di atas. Dalam Mat 21:45 disebutkan bahwa mereka (bersama orang-orang Farisi) mendengar perumpamaan-perumpamaan Yesus dan mengerti bahwa merekalah yang dimaksud oleh Yesus. Mereka merasa diancam bakal mendapat hukuman dari Allah sendiri. Oleh karena itu mereka semakin bersikap memusuhi Yesus.

Apakah Yesus sendiri bermaksud menggambarkan sikap para pemimpin tadi sebagai para penggarap yang jahat dan bakal ditindak sang pemilik? Rasa-rasanya memang demikian. Para pemimpin itu baru saja mempertanyakan sah tidaknya kuasa Yesus yang dilihat banyak orang dan diakui orang sebagai berasal dari Allah (Mat 21:23 dst.). Mereka tidak berani dan boleh jadi tidak mampu melihat siapa sebenarnya Yesus itu. Mereka lebih merisaukan konsekuensi politik di tanah Yudea dan khususnya bagi kelestarian Bait Allah. Mereka waswas bila pengajar atau "nabi" hebat tapi liar ini tidak ditertibkan, para penguasa Romawi mengira ada gerakan untuk memberontak. Dan akan ada tindakan militer yang bakal semakin mengekang kebebasan yang sudah amat terbatas hingga kini. Jadi para pemimpin Yahudi tadi memang memikirkan kepentingan mereka dan tidak dapat lagi mengikuti apa yang sedang terjadi di masyarakat waktu itu.

Ada hal yang tidak dimengerti oleh para pemimpin tadi. Yakni bahwa semuanya ini belum terjadi seperti diutarakan dalam perumpamaan. Mereka belum diadili oleh pemilik kebun anggur. Bahkan mereka belum sungguh-sungguh menyingkirkan anak pemilik tadi. Jadi sebenarnya masih ada waktu bagi mereka untuk berubah. Sayang kesempatan itu tidak mereka lihat. Mereka sudah terbawa oleh rencana-rencana mereka sendiri dan tidak lagi memiliki kemerdekaan. Mereka tidak dapat memikirkan perumpamaan tadi sebagai perumpamaan yang juga memuat ajakan untuk berubah. Mereka hanya mengira ada rencana lawan dari pihak Yesus untuk balas menyingkirkan mereka.

BAGI ORANG SEKARANG


Tetapi kita tidak selalu perlu membaca perumpamaan Yesus kali ini sebagai alegori belaka dengan menerapkannya kepada tokoh dan keadaan zaman ini. Sebaiknya dihindari tafsiran alegori demi tujuan mengkritik para pemimpin dalam masyarakat sekarang atau dalam Gereja! Kisah itu perlu juga didalami sebagai perumpamaan, sebagai pembicaraan yang mengajak orang mengamati diri dan bertanya apa yang dapat diperbuat dalam keadaan itu.

Perumpamaan ini dapat amat berguna untuk memahami hidup rohani atau hidup batin kita. Seperti dalam kehidupan pada umumnya, dalam hidup batin ada unsur "rencana-rencana" dan ada pula unsur "kebetulan". Kerap rencana tidak terlaksana, sering yang terjadi ialah yang kebetulan yang bisa lebih baik daripada yang diperhitungkan. Hidup batin diberikan kepada kita sebagai peluang agar kita semakin menyadari sisi-sisi ilahi dalam hidup ini. Peluang agar kita membiarkan Tuhan memasuki kehidupan kita. Bisa ditelateni dan dikembangkan, tetapi tidak dapat diatur secara ketat menurut agenda sendiri. Hidup batin itu dipercayakan untuk digarap, bukan untuk dimiliki, diklaim sebagai milik.

Namun demikian, jelas ada kecenderungan untuk merebut wilayah tadi. Kita dengar ada macam-macam ulah batin yang tujuannya menghimpun kekuatan-kekuatan luar biasa untuk memanipulasinya. Bila terjadi, ibaratnya penggarap yang dipercaya mengolah hidup batin mau merebut kekuatan-kekuatan batin tadi dari Dia yang memilikinya.

Catatan.
Titik berat dalam perumpamaan ini bukanlah perlakuan buruk terhadap para utusan pemilik kebun. Yang disoroti sebagai kejahatan ialah upaya merebut kebun tadi. Jadi perumpamaan itu bukan untuk menuduh para penggarap, bukan pula untuk menuduh diri kita sendiri yang acapkali kurang peka akan isyarat ilahi. Perumpamaan itu dimaksud untuk memurnikan hidup rohani dari unsur-unsur yang menjauhkannya dari kehadiran ilahi sendiri.

Salam hangat,
A. Gianto

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy