| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selasa, 22 November 2011 Peringatan Wajib Sta. Sesilia, Perawan-Martir

Selasa, 22 November 2011
Peringatan Wajib Sta. Sesilia, Perawan-Martir

MEMAKAI NAMA YESUS

"Kata-kata tidak cukup untuk mengungkapkan apa yang dinyanyikan dalam hati." (St Agustinus)


Pengantar


Sesilia, Santa pelindung musik ini hidup pada masa awal Gereja. Sesilia adalah seorang gadis bangsawan Romawi yang telah mempersembahkan hatinya kepada Kristus. Dibawah gaun-gaunnya yang indah, seperti yang biasa dikenakan oleh para wanita bangsawan, Sesilia mengenakan sehelai baju kasar yang membuatnya menderita. Sesilia ingin mempersembahkan silihnya itu kepada Yesus, Pengantin yang telah dipilihnya. Tetapi, ayah Sesilia menikahkannya dengan seorang pemuda bangsawan kafir.

Dikisahkan bahwa pada saat perayaan pernikahan berlangsung, pengantin yang cantik itu duduk menyendiri. Di dalam hatinya, ia menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan serta berdoa memohon pertolongan-Nya. Ketika ia dan Valerianus, suaminya, tinggal sendiri, ia memberanikan diri berkata kepada suaminya: “Aku mempunyai suatu rahasia yang hendak kukatakan kepadamu. Ketahuilah bahwa aku mempunyai seorang malaikat Allah yang menjagaiku. Dan jika engkau memperkenankan aku memegang janjiku untuk menjadi pengantin Kristus saja, maka malaikatku akan mengasihimu seperti ia mengasihiku.” Valerianius amat terperanjat, ia berkata dengan lembut, “Tunjukkanlah kepadaku malaikatmu. Jika ia datang dari Tuhan, aku akan mengabulkan permintaanmu.” Kata Sesilia, “Jika engkau percaya akan Allah yang satu dan benar serta menerima air pembaptisan, maka engkau akan melihat malaikatku.” Kemudian Valerian pergi menemui Uskup Urban yang menerimanya dengan gembira. Setelah menyatakan pengakuan iman Kristiani, Valerianus dibaptis dan pulang kembali kepada St. Sesilia. Di sana, disamping isterinya, pemuda itu melihat malaikat yang menakjubkan.

Tiburtius, saudara Valerianus, belajar iman Kristiani dari Sesilia. St. Sesilia mengisahkan Yesus dengan begitu indahnya hingga tak lama kemudian Tiburtius pun dibaptis juga. Bersama-sama, kedua pemuda itu melakukan banyak perbuatan amal kasih. Ketika mereka ditangkap oleh karena menjadi murid Krsitus, dengan berani mereka memilih mati daripada mengingkari iman mereka kepada Yesus. Dengan kasih sayang St. Sesilia menguburkan jenasah mereka, sebelum akhirnya ia sendiri ditangkap. Sesilia mempertobatkan para petugas yang berusaha membujuknya untuk mempersembahkan korban bakaran kepada berhala. Ketika Sesilia dibakar dalam kobaran api, api tidak menyakitinya. Akhirnya, seorang ditugaskan untuk memenggal kepala Sesilia. Ia menebaskan pedangnya tiga kali ke leher Sesilia, Sesilia rebah tetapi tidak langsung tewas. Ia tergeletak di lantai rumahnya sendiri tak mampu bergerak. Meskipun begitu, dengan mengacungkan tiga jari dengan tangannya yang satu dan satu jari di tangannya yang lain, ia masih menyatakan imannya kepada Allah Tritunggal Mahakudus.

St. Agustinus: “Kata-kata tidak dapat mengungkapkan hal-hal yang dinyanyikan dalam hati … Dan jika karena luapan kebahagian sehingga kata-kata tidak lagi dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan, manusia tidak lagi mengindahkan kata-kata yang terbatas itu. Mereka meledak dalam pekik sukacita yang sederhana, pekik kegirangan.”

Antifon Pembuka

Inilah martir sejati yang bersedia menumpahkan darah untuk membela nama Kristus. Ia tidak takut menghadapi ancaman di pengadilan. Kerajaan Surga kini menjadi miliknya.

Doa Renungan


Ya Allah Bapa yang mahakuasa, Engkau telah menganugerahkan hidup yang baru bagi kami. Maka kami senantiasa memuji dan memuliakan nama-Mu. Pada hari ini, Putera-Mu Yesus Kristus memberikan tanda-tanda yang akan terjadi menjelang kehancuran Yerusalem. Semoga melalui firman-Mu ini, kami senantiasa berjaga-jaga dari hal-hal yang menjauhkan kami dari-Mu. Maka, teguhkanlah dan terangilah langkah kami dengan terang Roh Kudus-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Bacaan dari Nubuat Daniel (2:31-45)

"Allah akan mendirikan suatu kerajaan yang takkan binasa selama-lamanya dan akan meremukkan segala kerajaan."

Pada waktu itu Daniel berkata kepada Raja Nebukadnezar, "Ya Raja, Tuanku melihat suatu penglihatan, yakni sebuah patung yang besar! Patung itu tinggi, berkilau-kilauan luar biasa, berdiri tegak di hadapan Tuanku, dan tampak mendahsyatkan. Adapun patung itu kepalanya dari emas tua, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga, pahanya dari besi, sedang kaki serta jari-jarinya sebagian dari besi dan sebagian dari tanah liat. Sementara Tuanku melihatnya, sebuah batu terungkit lepas tanpa perbuatan tangan manusia. Batu itu menimpa patung itu tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat itu, sehingga remuk. Maka sekaligus diremukkan juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas itu. Semuanya menjadi seperti sekam yang dihembus angin, di tempat pengirikan pada musim panas sehingga tidak ada bekas-bekasnya lagi. Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi. Itulah mimpi Tuanku. Adapun maknanya akan kami jelaskan sekarang kepada Tuanku Raja. Ya Tuanku Raja, raja segala raja! Kepada Tuanku Allah semesta langit telah memberikan kerajaan, kekuasaan, kekuatan dan kemuliaan. Ke dalam tangan Tuanku telah diserahkan-Nya semua manusia, di mana pun mereka berada, juga binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara. Tuanku telah diberi-Nya kuasa atas semuanya itu. Maka Tuankulah kepala yang dari emas itu. Tetapi sesudah Tuanku akan muncul suatu kerajaan lain, yang kurang besar dari kerajaan Tuanku; kemudian suatu kerajaan lagi, yakni yang ketiga, dari tembaga, yang akan berkuasa atas seluruh bumi. Sesudah itu akan ada kerajaan yang keempat, yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu. Seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan itu akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya. Dan seperti Tuanku lihat kaki dan jari-jarinya sebagian dari tanah liat tukang periuk dan sebagian lagi dari besi, itu berarti, bahwa kerajaan itu terbagi. Memang kerajaan itu juga keras seperti besi, sesuai dengan yang Tuanku lihat, besi bercampur tanah liat. Sebagaimana kaki dan jari-jari kaki itu sebagian dari besi dan sebagian dari tanah liat, demikianlah kerajaan itu sebagian keras dan sebagian rapuh. Seperti Tuanku lihat besi bercampur dengan tanah liat, itu berarti: Mereka akan bercampur karena perkawinan, tetapi tidak akan merupakan satu kesatuan, seperti besi tidak dapat bercampur dengan tanah liat. Lalu pada zaman raja-raja itu, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang takkan binasa selama-lamanya. Kekuasaannya takkan beralih lagi kepada bangsa lain. Kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan melenyapkannya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya. Hal itu telah Tuanku lihat, yaitu tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak serta emas. Allah yang mahabesar telah memberitahukan kepada Tuanku Raja, apa yang akan terjadi di kemudian hari. Mimpi itu benar dan maknanya dapat dipercaya."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Pujilah dan luhurkanlah Dia selama-lamanya.
Ayat. (Dan 3:57.58.59.60.61)

1. Pujilah Tuhan, hai segala karya Tuhan.
2. Pujilah Tuhan, hai segala malaikat Tuhan.
3. Pujilah Tuhan, hai segenap langit.
4. Pujilah Tuhan, hai segala air di atas langit.
5. Pujilah Tuhan, segenap bala tentara Tuhan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Hendaklah engkau setia sampai mati, sabda Tuhan, dan Aku akan mengurniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (21:5-11)

"Tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain."

Ketika itu beberapa orang berbicara tentang bait Allah dan mengagumi bangunan yang dihiasi dengan batu indah, dan berbagai macam barang persembahan. Tetapi Yesus berkata kepada mereka, "Akan tiba harinya segala yang kalian lihat di situ diruntuhkan, dan tidak akan ada satu batu pun dibiarkan terletak di atas batu yang lain." Lalu murid-murid bertanya, "Guru, bilamanakah hal itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?" Jawab Yesus, "Waspadalah, jangan sampai kalian disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku, dan berkata, 'Akulah Dia' dan 'Saatnya sudah dekat.' Janganlah kalian mengikuti mereka. Dan bila kalian mendengar kabar tentang perang dan pemberontakan, janganlah kalian terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera." Kemudian Yesus berkata kepada mereka, "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi yang dahsyat, dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan. Dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit."
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan


Jawab Yesus : “Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata : Akulah Dia, dan : Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka”.
(Luk 21:8)

Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin


Saudara- saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus

Menjelang Yesus mengakhiri karya-Nya di dunia, Yesus secara khusus berbicara mengenai akhir zaman. Akhir zaman atau kiamat adalah saat di mana Yesus datang kedua kalinya ke dunia untuk mengadili manusia. Dalam doa syahadat atau doa aku percaya kita mengakui bahwa Yesus akan datang kembali untuk mengadili orang hidup dan orang mati. Namun tidak ada manusia yang tahu kapan akhir zaman. Yesus hanya minta agar kita waspadalah, supaya kita jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama Yesus. Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera." Yesus berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda dahsyat dari langit.

Saudara-saudari terkasih,

Berita akhir zaman bukan sesuatu yang menakutkan. Akhir zaman sesungguhnya sebuah berita gembira. Sebab Yesus sendiri yang datang menyelamatkan dan membebaskan manusia dari dosa dan penderitaan. Selama kita di dunia; kita akan terus menderita. Namun ketika kita kembali kepada Yesus dan hidup dalam Kerajaan Surga maka segala penderitaan, masalah, sakit dan penyakit akan musnah. Sebab kita akan memiliki tubuh yang baru tubuh yang tidak bisa binasa. Sebaliknya orang yang takut akan tibanya akhir zaman biasanya membayangkan sesuatu yang sangat mengerikan. Dan memang pada akhir zaman akan ada hal-hal yang dahsyat seperti gempa bumi, peperangan dan berbagai penyakit. Tetapi kita sudah terbiasa dengan gempa bumi, tsunami, peperangan dan berbagai penyakit. Yang perlu kita takutkan adalah jika kita tetap hidup dalam dosa. Dosa yang membuat manusia takut bertemu dengan Allah. Sama seperti Adam dan Hawa yang takut bertemu Allah karena mereka sudah memakan buah terlarang.

Saudara-saudari terkasih,

Tanda lain dari akhir zaman yang harus kita waspadai adalah munculnya orang-orang yang memakai nama Yesus dan bahkan mengakui dirinya Yesus. Orang-orang ini mau menyesatkan manusia. Sebab setan tentu akan berusaha dengan berbagai cara untuk menyesatkan dan menjauhkan manusia dari Allah. Dan Yesus tidak ingin kita tertipu oleh orang-orang yang datang justru menghancurkan kita. Yesus tidak menghendaki kita binasa. Karena itu Yesus sudah memberi kita peringatan lewat firman-Nya yang hari ini kita dengar. Dan kenyataannya sekarang ini memang sudah ada tanda-tanda munculnya penyesatan. Ada orang yang mendirikan agama baru atau ajaran baru dan mengajak kita untuk bergabung dengan mereka. Selain itu muncul dukun-dukun yang memakai kitab suci atau rosario sebagai sarana penyembuhan sehingga kita mudah percaya. Padahal kesembuihan itu belum tentu berasal dari Allah. Kesembuhan yang berasal dari Allah diberikan secara gratis serta mendatangkan sukacita dan damai. Sementara kesembuhan yang berasal dari setan diberikan dengan syarat dan tidak mendatangkan damai.

Saudara-saudari terkasih,

Kita orang Katolik dan Kristen bisa tertipu oleh kehadiran orang yang menggunakan nama Yesus guna mencari keuntungan seperti dialami ibu Erna. Ibu Erna (nama samaran) adalah umat dari sebuah paroki. Tiap hari ibu Erna ke ladang bersama suaminya. Walupun beragama Katolik ibu Erna jarang misa di Gereja. Pengetahuan iman ibu Erna juga kurang. Sampai suatu hari ibu Erna bertemu seorang pemuda yang mengakui dirinya utusan Yesus. Pemuda itu mengakui bahwa dia datang dari suatu daerah yang sangat jauh guna membantu ibu Erna dan keluarganya sehingga mereka bisa selamat. Sikap pemuda itu yang ramah, sopan dan baik membuat ibu Erna mudah percaya. Lama-kelamaan ibu Erna dan keluarganya menjadi dekat dan akrab dengan pemuda tersebut. Suatu hari pemuda itu datang dengan wajah sedih. Ketika ditanya pemuda itu menjawab bahwa dia mau pulang karena ibunya meninggal. Ibu Erna tidak tega sehingga memberikan uang yang cukup banyak kepada pemuda itu. Dua hari kemudian ibu Erna mendapat kabar bahwa pemuda itu ditangkap polisi karena telah menipu bayak orang.

REFLEKSI :


Apakah Aku dengan sadar atau tidak sadar telah menipu orang lain untuk mencari keuntungan diri sendiri?

MARILAH KITA BERDOA


Tuhan Yesus Kristus, kami terus menantikan kehadiran-Mu yang menyelamatkan dan membebaskan kami umat-Mu dari dosa dan penderitaan. Utuslah Roh Kudus-Mu untuk menerangi hati kami sehingga kami tidak mudah disesatkan oleh sesama kami yang datang mengatasnamakan diri-Mu. Doa ini kami persembahkan dalam nama Yesus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.



Renungan: LUMEN NO : 7048 -- Renungan Lumen Indonesia
Pengantar: Saint a Day, by Sr. Susan H. Wallace, FSP, Copyright © 1999, Daughters of St. Paul. Used by permission of Pauline Books & Media, 50 St. Paul's Avenue, Boston, MA 02130. All rights reserved. diterjemahkan indocell.net/yesaya

Kristus Raja Semesta Vs Black Magic

Setiap akhir tahun liturgi Gereja Katolik merayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam. Apa makna hari raya ini bagi penghayatan iman kita? Sungguhkah Kristus berkuasa atas alam semesta? Bisakah kuasa Kristus kita alami di zaman modern ini? Bagaimana seandainya ada umat Katolik yang terkena guna-guna, black magic, dll; bisakah kuasa Kristus mengalahkannya? Ataukah terpaksa kita mesti pergi kepada “orang-orang pintar”? Dan apa konsekuensinya manakala kita mengakui Kristus sebagai raja kita?

Kristus: Pribadi yang Penuh Kuasa
Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus Kristus junjungan kita adalah benar-benar pribadi yang mahakuasa. Dia berkuasa dan berwibawa dalam perkataan dan perbuatan (bdk. Mrk 1:27; Luk 4:32; Luk 24:19).

  • Dalam pengajaran-Nya, Yesus tidak mengutip pendapat para nabi dan rabbi-rabbi terkenal, tetapi berani berkata, “Tetapi Aku berkata kepadamu...” (lih Mat 5:17-48).
  • Sabda-Nya penuh daya kuasa, banyak mukjizat terjadi melalui Sabda-Nya. Dia menyembuhkan si lumpuh dengan sabda-Nya saja (Luk 5:24-25), begitu juga penyembuhan jarak jauh terhadap anak pegawai istana (Yoh 4:46-54).
  • Sentuhan-Nya juga berdaya kuasa, begitu dijamah, si kusta menjadi tahir (Luk 5:13) dan demam ibu mertua Petrus langsung lenyap (Mrk 1:31). Ludah Yesus yang diaduk dengan tanah dan dioleskan pada mata si buta bisa menyembuhkannya (Yoh 9:6). Begitu juga dari jumbai jubah Yesus, mengalir kuasa yang mampu menyembuhkan ibu yang sudah 12 tahun sakit pendarahan (Mrk 5:27-29; bdk. Mrk 6:56= semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh!).
  • Bukan hanya penyakit, roh-roh jahat pun tunduk kepada Yesus. Sekali diusir keluar dari seseorang, roh-roh jahat langsung takhluk (Mrk 5:6-10). Yesus melarang setan-setan berbicara sebab mereka mengenal Dia (Mrk 1:34). Kata-Nya, “Jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu” (Luk 11:20).
  • Bahkan kekuatan alam pun tunduk di hadapan Yesus! Yesus bisa berjalan di atas air dan meredakan angin ribut (Mat 14:22-33).
  • Yesus juga sanggup menghidupkan kembali anak perempuan Yairus (Mrk 5:35-43), pemuda dari Nain (Luk 7:11-17), dan Lazarus yang sudah tak bernyawa (Yoh 11:1-43).
  • Rasul Petrus pun sanggup menyembuhkan orang lumpuh sejak lahir dalam nama Yesus, “Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!” (Kis 3:5).
  • Lebih dari itu semua, dengan bangkit dari kematian-Nya, Yesus berhasil mengalahkan kuasa dosa dan kerajaan Maut (1 Kor 15:26).

Masihkah Kuasa Yesus Kita Alami Sekarang?

Pertanyaannya untuk kita sekarang, sungguhkah semua itu bisa kita alami saat ini? Masihkah kuasa Yesus menjadi nyata dalam zaman modern ini? Sungguhkah Kristus membebaskan kita dari belenggu berbagai ketakhayulan: hari baik-hari buruk, nasib dan karakter buruk yang konon dipengaruhi oleh shio/weton, ancaman “Bathara Kala” yang konon membutuhkan ruwatan, dsb. Bagaimana dengan fenomena “dunia yang tak kelihatan” yang sebenarnya juga kita akui dalam Syahadat yang panjang? Sungguhkah pengikut Kristus tidak mempan oleh berbagai guna-guna dan santet? Sungguhkah kuasa Kristus mengalahkan semua gangguan black magic itu? Ataukah kita mesti lari kepada “orang-orang pintar”?

Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam mau mengingatkan kita bahwa Kristus sungguh berkuasa dan sudah menaklukkan segala ketakhayulan, gangguan “dunia yang tak kelihatan”, dan ulah black magic.

Bagaimana hal itu terbukti dari pengalaman? Saya mau mensharingkan beberapa “kejadian aneh” yang dialami oleh tiga orang umat Katolik yang menunjukkan bahwa kuasa Kristus ternyata sungguh masih terjadi hingga saat ini dan di sini. Dan saya bersyukur saat bertugas di paroki itu boleh menjadi “saksi” atas peristiwa-peristiwa ini sehingga bisa mensharingkan dalam tulisan singkat ini.

Pertama, seorang gadis sempat menghilang tiga hari dari rumahnya sehingga membuat bingung keluarganya. Saat kembali ke rumah dia berkisah selama tiga hari itu merasa bingung dan ketakutan, dia merasa ada teman kerja yang mengguna-gunainya. Bahkan sampai di rumah pun dia masih terbayang-bayang wajah pria yang mengganggunya. Namun, setelah pengakuan dosa dan pemberkatan rumah, gangguan itu pun hilang.

Kedua, seorang ibu yang baru melahirkan merasa kesakitan setiap Maghrib dan jam 12 malam! Setelah pengakuan dosa, puasa ala Katolik selama tiga hari, dan rumahnya diberkati, gangguan itu pun hilang! Namun, gangguan dalam bentuk lain berpindah ke tempat kerjanya. Dia mengalami sakit migrain setiap kali berada di ruang kerjanya, tapi bila berada di luar ruangan, migrainnya sembuh. Namun, begitu balik ke ruang kerja lagi, migrainnya kambuh! Setelah konsultasi dengan romo, dia pun berangkat pagi-pagi lantas memerciki seluruh ruang kerjanya dengan air suci yang tersisa dari pemberkatan rumahnya. Aneh, sakit migrainnya pun sembuh dan tak pernah kambuh. Temannya yang satu ruangan malahan bertanya, “Kamu melu ngelmu apa?” [Kamu mengikuti atau mempunyai “ilmu spiritual” apa?]

Ketiga, seorang ibu lain lagi mengalamai bahwa ada benjolan-benjolan di sekujur tubuhnya. Dokter ahli kulit yang memeriksanya tak bisa mendiagnosa penyakitnya. Makin hari demam ibu ini makin tinggi sehingga tidak bisa bekerja. Bahkan, saat [maaf] ke belakang, ada tiga petasan kecil keluar dari tubuhnya! Selain dia, pembantu rumah tangganya menjadi saksi mata. Setelah rumahnya diberkati dan dia menerima sakramen pengurapan orang sakit, sekitar satu jam kemudian benjolan-benjolan pada tubuhnya itu pecah, dan keluar darah dan nanah! Ibu itu pun menjadi sembuh.

Melalui Sakramen + Sakramentali

Apa yang menarik dari ketiga kejadian aneh tadi?

Pertama, sampai saat ini kuasa Kristus sungguh masih nyata! Kuasa Kristus mampu mematahkan gangguan black magic yang berasal dari kuasa kegelapan. Jadi, kita tak perlu merasa ragu-ragu lagi akan kuasa dan perlindungan Tuhan Yesus. Dan Tuhan Yesus telah mengajarkan, “Jenis ini tidak dapat diusair kecuali dengan berdoa (Mark 9:29) [dan berpuasa (Mat 17:21)].”

Kedua, cara yang dipakai adalah melalui sakramen (sakramen pengakuan dosa, sakramen pengurapan orang sakit) dan sakramentali (pemberkatan rumah, air suci). Hal ini meneguhkan apa yang diajarkan oleh Gereja bahwa Sakramen dan Sakramentali merupakan cara yang lazim dan biasa dipakai oleh Tuhan untuk mencurahkan rahmat-Nya (bdk. KGK 1257: Tuhan telah mengikatkan keselamatan pada Sakramen Pembaptisan, tetapi Ia sendiri tidak terikat pada Sakramen-Sakramen-Nya). Kalau sudah tahu ada cara yang lazim dan biasa, tak perlu kita mencari-cari alternatif “luar biasa”, apalagi bila hal itu bertentangan dengan iman.

Ketiga, dengan berbeda-bedanya sarana sakramen dan sakramentali yang digunakan dalam ketiga kasus di atas, justru memperjelas bagi kita bahwa yang utama adalah Kristus. Perkara sarana yang digunakan, tak perlu dimutlakkan. Memutlakkan salah satu sarana, justru akan membuat kita jatuh pada bahaya takhayul (missal anggapan bahwa: asalkan rumahku diberkati, pasti semua beres). Dengan memanfaatkan sarana sakramen-sakramentali, itu berarti manakala menghadapi kasus-kasus demikian kita bisa minta doa dan pelayanan dari setiap imam, juga pastor paroki Anda. Tak perlu kita mengkultuskan imam tertentu, apalagi yang kita anggap “semi dukun”. Semua imam, berkat rahmat tahbisan imamatnya, bisa menerimakan sakramen dan sakramentali kepada kita.

Dirajai oleh Kristus

Mari kita mengandalkan kuasa dan perlindungan Kristus. Bila kita tinggal dalam firman-Nya, hidup dalam kasih seperti yang diajarkan-Nya, niscaya kita menikmati perlindungan-Nya. Mari kita mempersilakan Tuhan Yesus Kristus merajai hati kita, memimpin hidup kita, dan menguasai seluruh budi dan kehendak kita. Niscaya kita akan menikmati kuasa dan perlindungan-Nya. Semoga.


Sumber: F.X. Didik Bagiyowinadi Pr, Di Tengah Berbagai Angin Pengajaran (Malang: Dioma, 2005) hlm. 144-149.

Sumber http://www.imankatolik.or.id/kristus_raja_semesta_alam.html

Senin, 21 November 2011 Peringatan Wajib Sta. Perawan Maria Dipersembahkan Kepada Allah

Senin, 21 November 2011
Peringatan Wajib Sta. Perawan Maria Dipersembahkan Kepada Allah

Maria itu bagian dari Gereja! Ia adalah anggota Gereja yang suci; ia adalah sang anggota suci --- St Agustinus

Antifon Pembuka

Diberkatilah engkau, Perawan Maria, oleh Allah yang mahatinggi, melebihi semua wanita. Namamu diharumkan oleh Tuhan dan dimasyhurkan orang senantiasa.

Doa Pagi


Ya Allah yang hidup, bersama dengan datangnya mentari pagi, kami mengawali hari baru ini dengan ucapan syukur dan pujian bagi-Mu. Bersama dengan Bunda Maria yang pada hari ini dipersembahkan kepada Allah, berkati dan tuntunlah setiap langkah laku kami, agar dalam terang sabda-Mu, kerinduan kami akan kehidupan baru pada masa yang Kautentukan menggerakkan kami untuk berlaku kudus dan setia selama hidup bersama dan di dalam Kristus Putera-Mu, kini dan sepanjang masa. Amin.

Bacaan hari ini menceritakan para pemuda, di bawah koordinasi Daniel, adalah orang-orang yang takut akan Allah. Ungkapan yang tepat pada zamannya adalah memilih menjadi vegetarian daripada berada dalam bahaya kenajisan karena makan dari hidangan raja Nebukadnezar. Pilihan sikap yang mereka ambil terbukti membuat mereka 10 kali lebih cerdas (memiliki kecerahan akal budi dan hikmat), begitu kesaksian nubuat Daniel. Memang, takut akan Allah adalah permulaan pengetahuan.

Bacaan dari Nubuat Daniel (1:1-6.8-20)


"Di antara mereka tidak didapati yang setara dengan Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya."


Pada tahun ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, ke Yerusalem, dan mengepung kota itu. Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan juga sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangan Raja Nebukadnezar. Nebukadnezar membawa semuanya itu ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya dan perkakas-perkakas itu dimasukkannya dalam perbendaharaan dewanya. Lalu Nebukadnezar bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang muda Israel, yang berasal dari keturunan raja atau dari kaum bangsawan. Pemuda-pemuda itu hendaknya tidak bercela, berperawakan baik, memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan luas, dan mempunyai pengertian tentang ilmu. Pendek kata hendaknya orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja. Hendaknya mereka diajar tulisan dan bahasa orang Kasim. Dan raja menetapkan bagi mereka jatah makanan setiap hari dari santapan raja, dan jatah minuman dari anggur yang biasa diminum raja. Mereka harus dididik selama tiga tahun, dan sesudah itu mereka harus bekerja pada raja. Di antara mereka itu ada juga beberapa orang Yehuda, yakni Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya. Tetapi Daniel bertekad untuk tidak menajiskan diri dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja. Maka ia minta kepada pemimpin pegawai istana itu supaya ia tak usah menajiskan diri. Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu, namun katanya, "Makanan dan minuman telah ditetapkan oleh raja sendiri. Aku takut, kalau-kalau tuanku raja berpendapat bahwa kalian kelihatan kurang sehat dibandingkan dengan pemuda-pemuda lain yang sebaya dengan kalian. Nanti akulah yang dipersalahkan oleh raja, oleh karena kalian. Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang, yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya, 'Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari, dan biarlah kami diberi sayur sebagai makanan dan air sebagai minuman. Sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan pemuda-pemuda yang makan dari santapan raja. Kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu." Permintaan Daniel itu dikabulkannya. Maka diadakannya percobaan dengan mereka selama sepuluh hari. Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik, dan mereka kelihatan lebih gemuk daripada semua pemuda lain yang telah makan dari santapan raja. Maka selanjutnya penjenang itu selalu menyisihkan makanan dan minuman yang disediakan bagi mereka dan memberikan sayur kepada mereka. Kepada keempat pemuda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi. Setelah lewat waktu yang ditetapkan raja, mereka sekalian harus dibawa menghadap Raja Nebukadnezar. Raja bercakap-cakap dengan mereka semua. Di antara mereka tidak didapati yang setara dengan Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya. Maka bekerjalah mereka itu pada raja. Dalam tiap-tiap masalah yang menuntut kebijaksanaan dan pengertian dan yang ditanyakan raja kepada mereka, ternyata mereka sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan Daniel 3:52.53.54.55.56

* Terpujilah Engkau, Tuhan, Allah leluhur kami.
U:Kepada-Mulah pujian selama segala abad.
* Terpujilah nama-Mu yang mulia dan kudus.
U:Kepada-Mulah pujian selama segala abad.
* Terpujilah Engkau dalam bait-Mu yang mulia dan kudus
U:Kepada-Mulah pujian selama segala abad.
* Terpujilah Engkau di atas takhta kerajaan-Mu.
U:Kepada-Mulah pujian selama segala abad.
* Terpujilah Engkau yang mendugai samudera raya.
U:Kepada-Mulah pujian selama segala abad.
* Terpujilah Engkau di bentangan langit.
U:Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Berjaga-jaga dan bersiap-siaplah, sebab Anak Manusia datang pada saat yang tidak kalian duga.

Janda miskin ini memberikan seluruh miliknya yang terakhir. Inilah hakikat suatu persembahan. Dengan kata 'lebih banyak', sama sekali Yesus tidak berbicara tentang kuantitas atau besarnya persembahan. Ukuran persembahan adalah kualitas, yakni persepuluhan menurut Taurat. Persembahan janda miskin melampaui 'persepuluhan', karena dia memberikan 100%. Inilah yang disebut totalitas!


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (21:1-4)

"Yesus melihat seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti derma."


Di bait Allah, tatkala mengangkat muka, Yesus melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Maka Yesus berkata, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak daripada semua orang itu. Sebab mereka semua memberikan persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberikan dari kekurangannya, bahkan ia memberikan seluruh nafkahnya."
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami.

Renungan


Besar-kecilnya sumbangan dana tidak dengan sendirinya menunjukkan kedermawanan seseorang. Hanya dari hati yang baik dan tulus ikhlas, kedermawanan seseorang itu dilihat. Dari hati yang baik dan tulus, orang mau berkorban dan memberi yang terbaik bagi Tuhan dan sesamanya.

Doa Malam


Ya Allah yang mahabaik, Engkau berkenan menerima persembahan yang diberikan janda yang berasal dari kekurangannya. Maka, kami pun dengan berani datang kepada-Mu dan mempersembahkan harta kami yang paling berharga, yakni hidup kami. Sudilah Engkau menerima pekerjaan dan niat-niat baik kami pada hari ini dan perbaikilah segala kesalahan yang telah kami perbuat. Berilah ketenangan dalam hati dan pikiran kami agar dapat beristirahat dalam damai. Amin.

RUAH

Bacaan Harian 21 - 27 November 2011

Bacaan Harian 21 - 27 November 2011

Senin, 21 November: Peringatan Wajib Sta. Perawan Maria Dipersembahkan Kepada Allah (P).
Dan 1:1-6.8-20; MT Dan 3:52-56; Luk 21:1-4.

Dengan cara pandang tertentu Yesus melihat bahwa persembahan janda miskin sebagai persembahan yang paling banyak. Kita pun membutuhkan cara dan sudut pandang Allah untuk menemukan kebenaran-kebenaran Allah dalam hidup ini. Pemberian tidaklah ditentukan oleh besar dan kecil jumlahnya, tapi ditentukan oleh niat dan ketulusan hati yang mempersembahkannya. Namun di dunia ini yang terjadi adalah sebaliknya. Seorang yang merasa telah memberi banyak merasa begitu berjasa demikian pula ia akan mendapatkan kehormatan yang lebih besar. Bagaimana dengan aku?

Selasa, 22 November: Peringatan Wajib Sta. Sesilia, Perawan-Martir (M).
Dan 2:31-45; MT Dan 3:57-61; Luk 21:5-11.

Tuhan mencari keindahan manusia dari dalam. Itulah yang menentukan keselamatan manusia daripada keindahan dan kemegahan bangunan yang megah. Mari kita senantiasa mengingat bahwa kitalah sesungguhnya bangunan Gereja. Kita menjadi batu-batu yang hidup bila kita tetap menjadikan Yesus sebagai sendi utama dalam hidup kita.

Rabu, 23 November: Hari Biasa Pekan XXXIV (H).
Dan 5:1-6.13-14.16-17.23-28; MT Dan 3:62-67; Luk 21:12-19.

Ketika badai melanda hidup orang-orang percaya, Tuhan tidak akan tinggal diam. Ia akan turun tangan membantu mereka, menguatkan dan memberikan kata-kata hikmat-Nya. Sayang sekali terkadang kita menutup diri di saat badai itu datang, sehingga akhirnya kita terseret arusnya.

Kamis, 24 November: Peringatan Wajib St. Andreas Dung Lac, Imam dan kawan-kawan Martir-Vietnam (M).
Dan 6:12-28; MT Dan 3:68-74; Luk 21:20-28.

Yesus menangisi Yerusalem karena telah melewatkan saat rahmat, kunjungan Allah kepada umat-Nya. Demikian yang akhirnya terjadi dalam sejarah pada kurang lebih tahun 70. Bagai kehancuran Yerusalem, demikian pulalah yang terjadi jiwa manusia yang menutup diri dan menolak Tuhan. Orang yang kehilangan Tuhan, jiwanya akan dijungkirbalikkan, dan betapa hebatlah kerusakannya.

Jumat, 25 November: Hari Biasa Pekan XXXIV(H).
Dan 7:2-14; MT Dan 3:75-81; Luk 21:29-33.

Segala yang ada di muka bumi tidaklah abadi. Ada saat mereka datang dan ada saat mereka harus pergi. Ada saatnya mereka ada, ada saatnya mereka menghilang. Hanya satu yang abadi yaitu Sabda-Nya. Dan hanya dengan bersatu dengan-Nya kita akan masuk ke dalam keabadian.

Sabtu, 26 November: Hari Biasa Pekan XXXIV (H).
Dan 7:15-27; MT Dan 3:82-87; Luk 21:34-36.

Berjaga-jaga dan berdoa adalah dua hal yang harus dilakukan, apapun keadaannya. Meski kondisi aman-aman saja, berjaga-jaga dan berdoa tetap harus dilakukan. Ini semua karena kita tidak tahu bagaimana dan kapan Anak Manusia akan datang menyelamatkan kita. Apabila kita siap sedia ketika Ia datang, kita akan dapat menyambut-Nya dengan sukacita besar.

Masa Adven
Seri Bacaan: Mingguan Tahun B – Harian Tahun II

Minggu, 27 November: Hari Minggu Adven I (U).
Yes 63:16b-17 – 64:1.3b-8; Mzm 80:2ac.3b.15-16.18-19; 1Kor 1:3-9; Mrk 13:33-37.

Adven, masa yang khusus buat pribadi kita masing-masing, suatu masa dalam beberapa minggu untuk menciptakan dalam batin kita kerinduan akan kehadiran Allah dalam hidup kita, sekaligus saat siap membaharui diri dan dibentuk. Lewat bantuan para tokoh suci yang ditampilkan dalam setiap Minggu selama masa Adven ini dan lewat simbol lilin advent, semoga mampu menerangi sisi-sisi gelap hidup kita, dan jalan hidup kitapun semakin terang. Selamat memasuki masa Adven dan biarkan Allah dalam Yesus membuat kita berani mengakui kesalahan dan siap menyongsong Dia yang akan membentuk kita seindah seperti yang Dia inginkan.

Minggu, 20 November 2011 Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Minggu, 20 November 2011
Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. --- Matius 25:40

Antifon Pembuka (Why 5:12; 1:6)

Anak Domba yang telah dikorbankan patut menerima kekuatan dan keallahan, kebijaksanaan, keperkasaan, dan kehormatan. Bagi-Nya kemuliaan dan kekuasaan sepanjang segala masa.

Doa Renungan

Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, Engkau memperbarui segalanya dalam Kristus. Dialah Putra-Mu terkasih dan Raja semesta alam baru. Bebaskanlah kami dari segala kejahatan yang memperbudak kami, agar seluruh alam raya mengimani Engkau sebagai Tuhan, dan serentak memuji keagungan-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Bacaan dari Nubuat Yehezkiel (34:11-12.15-17)

"Wahai domba-domba-Ku, aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba."

Beginilah firman Tuhan Allah, "Dengar, Aku sendirilah yang akan memperhatikan domba-domba-Ku dan mencari mereka. Seperti seorang gembala mencari dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanannya, begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku, dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat, ke mana mereka diserakkan pada hari berkabut dan hari kegelapan. Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku, dan aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan Allah. Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, sedang yang gemuk dan kuat akan Kulindungi. Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya." "Wahai kamu domba-domba-Ku," beginilah firman Tuhan Allah, "Sungguh, Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba, dan di antara domba jantan dan kambing jantan."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.


Mazmur Tanggapan, do = d, 3/2, 2/4, PS 849

Ref. Tuhanlah gembalaku, takkan kekurangan aku.
Ayat. (Mzm 23:1-3a.3b-4.5.6, Ul: lih. 1)
1. Tuhan adalah gembalaku, aku tidak kekurangan: 'ku dibaringkan-Nya di rumput yang hijau, di dekat air yang tenang. 'Ku dituntun-Nya di jalan yang lurus demi nama-Nya yang kudus.
2. Sekalipun aku harus berjalan berjalan di lembah yang kelam, aku tidak takut akan bahaya, sebab Engkau besertaku; sungguh tongkat penggembalaan-Mu, itulah yang menghibur aku.
3. Kau siapkan hidangan bagiku dihadapan lawanku, Kauurapi kepalaku dengan minyak, dan pialaku melimpah.
4. Kerelaan yang dari Tuhan dan kemurahan ilahi, mengiringi langkahku selalu, sepanjang umur hidupku, aku akan diam di rumah Tuhan, sekarang dan senantiasa.

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (1Kor 15:20-26a.28)

"Ia menyerahkan Kerajaan kepada Bapa supaya Allah menjadi semua di dalam semua."

Saudara-saudara, Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. Kemudian tibalah kesudahan, yaitu bilamana Kristus menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan. Karena Kristus harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya. Musuh terakhir yang dibinasakan ialah maut. Dan kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah Kristus, maka Kristus sendiri sebagai Anak akan menaklukan diri-Nya di bawah Dia yang telah menaklukkan segala sesuatu, supaya Allah menjadi semua di dalam semua.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

Bait Pengantar Injil, do = d, 2/2, PS 953
Ref. Alleluya, alleluya.
Ayat. (Mrk 11:10; 2/4)
Terpujilah yang datang dalam nama Tuhan. Terpujilah kerajaan yang telah tiba, kerajaan Bapa kita Daud

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (25:31-46)


"Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya dan akan memisahkan mereka seorang dari seorang."


Sekali peristiwa, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya, dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing; Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya, dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum, ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. Maka orang-orang benar itu akan bertanya kepada-Nya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makanan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? Maka Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. Lalu Raja itu akan berkata juga kepada mereka di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal, yang telah disediakan untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. Lalu mereka pun akan bertanya kepada-Nya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara, dan kami tidak melayani Engkau? Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. Dan mereka itu akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar masuk ke dalam hidup yang kekal.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Antifon Komuni

Tuhan bertakhta di surga, bersemayam sebagai raja selama-lamanya. Tuhan memberikan kekuatan kepada umat, umat diberkati-Nya dengan damai sejahtera.

Renungan

Rekan-rekan yang budiman!

Digambarkan dalam Mat 25:31-46 bagaimana pada akhir zaman nanti Anak Manusia datang sebagai raja untuk menghakimi semua bangsa. Pahala diberikan kepada mereka yang berbuat baik kepadanya ketika ia lapar, haus, tak ada kenalan, telanjang, sakit, bahkan dipenjara. Mereka yang tak punya kepedulian akan tersingkir. Mereka tidak menyadari bahwa perlakuan kepada salah satu dari saudaranya yang paling hina sama dengan perbuatan terhadapnya sendiri. Bagaimana memahami ajaran Injil yang dibacakan pada hari raya Kristus Raja Semesta Alam tahun ini? Beberapa hal saya bicarakan dengan Matt sendiri. Karena akan berguna bagi rekan-rekan, berikut ini saya kutipkan balasannya. Ia juga ada pesan khusus pada akhir suratnya. Selamat membaca!

A. Gianto

[...] Gus, pengajaran Yesus ini kutemukan dalam sumber yang tidak dikenal Mark maupun Luc. Juga Oom Hans tidak menyebutnya. Bahan itu kemudian kutaruh bersama dengan beberapa pembicaraan lain mengenai akhir zaman dalam bab 24-25 dengan penyesuaian di sana sini. Kusisipkan perumpamaan Anak Manusia memisahkan bangsa-bangsa seperti "gembala memisahkan domba dari kambing" (Mat 25:32). Maksudnya, penghakiman itu bukan semena-mena. Ia mengenal mereka sebagai gembala mengenal kawanannya satu per satu. Ia tahu siapa yang membiarkan diri diberkati. Seperti domba-domba, mereka ini akan diberinya tempat aman di sebelah kanannya. Tetapi yang menyukai kekerasan - seperti kambing - akan dijauhkannya.

APABILA ANAK MANUSIA DATANG DALAM KEMULIAANNYA...


Apakah ini sebuah ramalan? Sama sekali bukan bila yang dimaksud ialah "pengetahuan gaib tentang masa depan". Yang hendak disoroti ialah keadaan yang sedang berlangsung kini. Begini, kita biasa memahami masa sekarang sebagai kelanjutan dan akibat peristiwa-peristiwa masa lampau. Nah, dalam petikan ini semuanya digeser ke depan dan dengan demikian dapat menjadi pengarahan dan harapan. Jadi keadaan sekarang ini ialah "masa lampaunya" kejadian "kelak" yang digambarkan dalam petikan ini. Namun pengertian kami mengenai jalannya sejarah tidak seperti mesin, bila begini pasti begitu. Kami justru melihat adanya unsur yang tidak termasuk hukum-hukum perjalanan waktu, yakni kehadiran Yang Ilahi. KehadiranNya bisa memberi arah baru pada sejarah kemanusiaan dengan cara-cara yang tidak kita duga sama sekali. Baru kita sadari setelah terjadi. Dan yang kalian dengarkan hari ini ada dalam arah itu. Kehadiran Yang Ilahi itu dibicarakan dengan memakai gagasan tampilnya "Anak Manusia" dalam kemuliaannya tapi yang tidak langsung dikenali. Orang bertanya "Kapan kami melihatmu...?

"Anak Manusia" di sini berhubungan erat dengan Dan 7:13. Di situ Daniel melihat ada sosok yang "seperti anak manusia" datang mengarah kepada Yang Mahakuasa untuk menerima kuasa atas bumi dan langit. Lihat, kuasa ini diberikan bukan kepada malaikat, atau makhluk ilahi, melainkan kepada tokoh yang memiliki ciri-ciri sebagai manusia itu. Dan tentangnya dikatakan "mengarah" ke Yang Mahakuasa. Inilah kemanusiaan yang terbuka bagi keilahian, tidak menutup diri atau malah mau menyainginya. Semua ini ikut disampaikan dalam pengajaran Yesus dalam petikan Injil hari ini. Anak Manusia tampil sebagai yang kini menduduki tahta kemuliaannya tetapi tetap mengarahkan diri kepada Yang Mahakuasa. Dalam ay. 34 ia malah terang-terangan menyebut-Nya sebagai Bapa yang telah menyiapkan tempat bagi mereka yang diberkati.

Dalam bahasa yang dipakai Yesus, bahasa Aram, ungkapan "anak manusia" itu artinya sama dengan "manusia", tapi dengan penekanan pada sifatnya sebagai makhluk di hadapan Pencipta. Dalam alam pikiran kami, seluruh umat manusia itu makhluknya Yang Maha Kuasa. Yesus beberapa kali merujuk pada dirinya sendiri sebagai "Anak Manusia". Hendak dikatakannya, ia tahu tempatnya sebagai manusia di hadapan Pencipta. Hidupnya berasal dari Dia. Karena itu Yesus mengajarkan bahwa Sang Pencipta dapat dipanggil sebagai Bapa. Coba ucapkan doa Bapa Kami - di situ terpeta siapa Dia yang dapat dipanggil Bapa tadi.

Ingat kisah pengakuan Petrus bahwa Yesus itu Mesias - Yang Terurapi - Anak Allah yang hidup (Mat 16:16)? Tetapi kemudian Yesus melarang murid-muridnya memberitahukan kepada siapa pun bahwa ia Mesias (16:20). Ia malah berbicara mengenai penderitaannya bakal ditolak, dibunuh, tetapi akan dibangkitkan pada hari ketiga (16:21). Kata "ia" yang kupakai di situ menjelaskan makna ungkapan aslinya, yakni "Anak Manusia", yang ada dalam tulisan Mark yang menjadi sumberku (Mrk 8:31). Luc malah eksplisit menampilkannya dalam ujud kutipan langsung (Luk 9:22). Yesus ingin agar murid-muridnya mengerti terlebih dahulu bahwa kemesiasannya itu hanya berarti bila disertai pengakuan diri sebagai makhluk di hadapan Pencipta. Juga baru dengan demikian ia dapat tampil sebagai Mesias yang senasib sepenanggungan dengan manusia.

SEMUA BANGSA AKAN DIKUMPULKANNYA

Kau bertanya apakah "semua bangsa" dalam Mat 25:32 merujuk kepada seluruh umat manusia, seperti kerap ditafsirkan. Terus terang bukan itulah yang kupikirkan. Kau tahu kan, istilah ini berasal dari tradisi Perjanjian Lama. Di situ "bangsa-bangsa" ialah mereka yang tidak termasuk "umat Allah", yakni yang bukan orang Yahudi. (Bdk. Mat 24:14, juga 28:19 yang kaubicarakan bagi Hari Raya Kenaikan Tuhan 5 Mei 2005.) Tetapi di kalangan kami timbul pertanyaan yang mengusik batin. Dapatkah "bangsa-bangsa" itu ikut masuk hidup abadi? Atau mereka tak masuk hitungan? Memang kami beruntung karena jadi bangsa terpilih, tapi kami kan tak boleh melupakan orang lain. Lalu bagaimana?

Menurut Yesus, keselamatan "bangsa-bangsa" itu bergantung pada perlakuan mereka kepada sang raja ketika ia lapar, haus, tak ada tumpangan, telanjang, sakit, dipenjara. Tapi ketika mereka bertanya kapan mereka ada kesempatan berbuat demikian terhadap dia, sang raja menjawab, yang kalian perbuat terhadap "salah seorang (saudaraku) yang paling hina ini" (ay. 39 dan 45) sama dengan yang kauperbuat terhadapku. Maksudnya orang yang termasuk kaumnya sang raja, termasuk bangsa terpilih. Yesus tidak menghapus tradisi mengenai bangsa terpilih, tetapi malah mengembangkannya. Jawaban ini genial. Mereka yang di luar lingkungan bangsa terpilih dapat ikut menikmati keselamatan bila mereka menghargai yang paling kecil dari bangsa terpilih tadi.

Penting kalian ketahui, pembicaraan tadi ditujukan terutama kepada kami, pengikut Yesus yang berasal dari lingkungan Yahudi, yang merasa lebih beruntung daripada "bangsa-bangsa". Mereka sendiri bukanlah pendengar yang dimaksud. Karena itu jangan petikan ini ditafsirkan sebagai imbauan kepada mereka agar berbuat baik kepada orang seperti kami, berikut janji pahala dan ancaman hukuman. Yesus bukan guru yang naif. Sapaannya diarahkan langsung kepada kami yang merasa sudah mengikuti dia. Ia mau berkata, mereka akan ikut selamat bila kalian membiarkan diri menjadi jalan bagi mereka. Hiduplah menurut kehendak Bapa, jadilah "saudaraku" yang sungguh, sehingga orang luar - "bangsa-bangsa" itu - melihat integritas kalian dan memperlakukan kalian dengan baik.

Tampak betapa manusiawinya ajaran Yesus itu tapi juga betapa luhurnya Anak Manusia yang mengajarkan semua ini. Tak heran ia disebut Raja semesta alam! Inilah corak universal ajarannya. Seperti dikisahkan teman kita Luc, komunitas pengikut Yesus diperkaya dengan ikut sertanya "bangsa-bangsa", yakni orang-orang seperti Kornelius dan orang-orang yang mendengarkan pewartaan Paul di mana-mana.

SARAN DAN PESAN

Bukan maksudku mengajak kalian memandangi zaman dulu saja. Aku tahu kalian memahami diri sebagai umat Allah yang baru. Begitu kan teologi Gereja kalian? Konsekuensinya, kalian diharapkan berani menjadi "saudara"-nya Yesus, sekecil apapun. Bisakah kalian menerima kenyataan Sabda Bahagia? Kalau ya, teruskan, dan kalian akan menjadi jembatan emas bagi "bangsa-bangsa" di zaman kalian. Terus terang aku sampai hari ini masih gelisah memikirkan apa nanti akan ada yang terpaksa perlu ditempatkan di sebelah kiri dan disuruh enyah. Bila ya, artinya kami gagal membuat pihak-pihak lain melihat bahwa kepercayaan yang kami hayati itu patut mereka tanggapi baik-baik. Kami juga akan merasa kurang mampu menunjukkan diri betul-betul saudara raja tadi. Gus, mintakan pertolongan rekan-rekan, tutuplah kekurangan kami di masa lampau dengan yang bisa kalian buat sekarang. Dan kami akan lebih tenang. Kalian itu sambungan hidup kami!

Ini juga penghabisan kalinya Injil Matius kalian bacakan pada hari Minggu. Gus, terima kasih sudah berusaha menguraikan kisah-kisahku tentang Yesus bagi orang zaman ini. Tidak perlu kita selalu sekata mengenai semua hal. Bila begitu nanti khazanah Injil malah tidak tertimba. Bila dua ahli Kitab saling mengulang, apa yang bisa dituai pendengar? Itu itu juga! Kami dididik berani memasuki liku-liku teks agar semakin diperkaya di dalam interaksi dengan teks. Dan teksnya sendiri akan mekar jadi indah. Bila begitu peneliti teks boleh berkata, dalam bahasa Yunani, "matheteutheis" (Mat 13:52), artinya, "telah memperoleh hikmat pengajaran". Ah, tak usah menduga-duga apa bunyi kata itu mau mengingatkan nama resmiku, "Maththaios".

Mulai Minggu depan kalian akan lebih sering mendengarkan Mark. Juga Oom Hans akan kerap datang. Mark itu hemat kata. Ia mengikhtisarkan ceramah-cermah Petrus di Roma bagi pendengar yang semakin ingin tahu siapa Yesus Kristus itu. Luc dan aku sendiri berhutang banyak kepada Mark. Dan juga Oom Hans, meski beliau baru menerbitkan bukunya setelah kami semua selesai menulis! Kalian pasti akan belajar banyak dari mereka. Dan engkau sendiri masih akan menulis tentang rekan-rekan kita itu kan?

Sampaikan salam kepada rekan-rekan di Internos dan para peminat lain!
Matt

Panduan Adven 2011: Pertemuan I: Mendamba Allah, Sang Penolong - Keuskupan Agung Semarang

Pertemuan Pertama: Mendamba Allah, Sang Penolong
Tujuan: Umat menyadari bahwa setiap manusia mempunyai kerinduan akan pertolongan Allah.

1. Lagu Pembuka
(dipilih sesuai dengan tema pertemuan, misalnya PS 651)

2. Doa Pembuka

doa dapat dikembangkan oleh pemandu dengan pokok-pokok sebagai berikut:
  • mengucap syukur atas pertemuan Adven pertama dan atas iman yang sudah dihidupi di dalam pengalaman sehari-hari
  • Mohon terang Roh Kudus agar pertemuan dapat berjalan dengan baik, lancar dan mampu menajamkan mata hati untuk melihat karya pertolongan dan penyertaan Allah dalam hidup.

3. Pengantar


Masa Adven menjadi saat yang penting untuk menyadari bahwa hidup adalah arena pergumulan dengan Allah yang kita imani. Allah yang kita imani itu tak lain adalah Bapa yang menganugerahkan Putra-Nya yang Tunggal untuk membangun kehidupan baru di tengah sejarah hidup manusia. Oleh karena kehadiran Putra-Nya itu, kita jadi mengerti bahwa hidup kita tidak melulu soal hubungan-hubungan sosial kita dengan orang lain. Kita juga semakin memahami bahwa hidup ini bukan sekedar sejarah manusia namun sejarah Tuhan, atau lebih tepatnya sejarah penyelamatan Tuhan. Maka, baik bahwa dalam masa Adven ini, kita menyadari bahwa di tengah semrawutnya kehidupan ini, ada kekuatan yang sedang bekerja di tengah-tengah kita yakni kekuatan Kristus, kekuatan cinta kasih. Kekuatan itu sedang membangun kehidupan baru di tengah-tengah kita.

Seperti apa kekuatan yang bekerja di tengah pengalaman hidup kita? Hari-hari ini, kita semakin menyadari betapa pengalaman hidup kita saat ini tidak semakin menunjukkan adanya bangunan kehidupan baru yang dikerjakan Allah. Mata hati kita mungkin sudah banyak ditutupi oleh berbagai situasi kehidupan bersama yang semakin carut-marut. Kita melihat banyak peristiwa-peristiwa yang melukai hidup bersama: kekerasan, bencana alam, korupsi, penyalahgunaan hukum, dan sebagainya. Di tengah situasi yang demikian itu, kita diajak untuk semakin membangun keyakinan akan pertolongan Allah yang tak berkesudahan.

Pada pertemuan Adven pertama, kita hendak mengumpulkan sekaligus mendalami pengalaman-pengalaman yang melukai hidup bersama kita. Bukan pertama-tama, kita ingin mengungkit-ungkit pengalaman lukanya, namun lebih-lebih kesadaran untuk mengerti bahwa kita memang benar-benar membutuhkan pertolongan Allah yang akan memperbaharui seluruh hidup kita. Itu telah terjadi di masa lalu ketika Ia mengutus Putra-Nya ke dunia dan kini masih terus berrlangsung di tengah kehidupan kita, hingga saat ini dan di akhir zaman nanti.

4. Ritus Penyalaan Lilin Korona Adven

P. Tuhan terangilah umat-Mu dengan cahaya kasih-Mu.
U. Agar kami semua dapat menjadi cahaya bagi sesama
P. Ya Bapa, berbelaskasihlah kepada kami, hamba-Mu yang merindukan Putra-Mu, cahaya kehidupan kami. Nyalakanlah harapan kami yang gelap ini akan kehadiran Putra-Mu yang menjadi penerang bagi hidup dan karya kami. (lilin dinyalakan)
Bagai nyala lilin yang semakin terang, demikianlah kami mohon agar hidup kami semakin diterangi oleh kehadiran Kristus dalam kehidupan kami.
Semoga dalam terang-Nya, kami dapat mengembangkan iman yang solider, mendalam dan tangguh, sehingga mampu mewujudkan iman di tengah-tengah masyarakat. Doa ini kami sampaikan dengan pengantaraan Kristus, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.

U. Amin.

5. Inspirasi dan Permenungan

Bacaan dari Kitab Yesaya (63:16b-17; 64:1.3b-8)

"Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun."

Ya Tuhan, Engkau sendirilah Bapa kami. Sejak dahulu kala nama-Mu ialah "Penebus kami". Ya Tuhan, mengapa Engkau biarkan kami sesat dari jalan-Mu? Mengapa Engkau tegarkan hati kami, sehingga kami tidak takut kepada-Mu? Kembalilah oleh karena hamba-hamba-Mu, dan oleh karena suku-suku milik pusaka-Mu. Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun, sehingga gunung-gunung goyang di hadapan-Mu. Karena sejak dahulu kala orang tidak pernah mendengar, dan juga tidak ada telinga yang mendengarl tidak ada mata yang melihat Allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan Dia. Hanya Engkau yang berbuat demikian. Engkau menyongsong mereka yang melakukan kebenaran, dan yang mengindahkan jalan yang Kautunjukkan! Sesungguhnya, Engkau ini murka sebab kami berdosa. Terhadap Engkau kami memberontak sejak dahulu kala. Demikianlah kami semua seperti orang najis, dan segala kesalehan kami seperti kain kotor. Kami semua menjadi layu seperti daun, dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin. Tidak ada yang memanggil nama-Mu atau yang bangkit untuk berpegang kepada-Mu, sebab Engkau menyembunyikan wajah-Mu terhadap kami. Engkau menyerahkan kami ke dalam kekuasaan dosa kami. Tetapi sekarang, ya Tuhan, Engkaulah Bapa kami! Kami ini tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami semua adalah buatan tangan-Mu.
P. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bacaan yang dikutip dari nubuat Yesaya ini di dalam kitab suci diberi judul doa pengakuan dan permohonan Israel. Doa ini menyiratkan kesadaran bahwa kemanusiaan kita di hadapan Allah sungguh-sungguh rapuh. Kejahatan dan dosa menyebabkan telah membuat sejarah manusia menjadi sejarah rentetan penderitaan-penderitaan. Manusia selalu mengalami kerinduan akan hidup yang baru namun berhenti [Jawa: mentok) karena rendahnya kesadaran mereka atas keikutsertaan Tuhan dalam sejarah hidup-Nya. Kerinduan itu mungkin dapat digambarkan sebagai cerita seorang pengungsi erupsi Merapi setahun yang lalu dalam buku "Dahsyatnya Merapi tak sedahsyat cinta-Mu".

Mari kita simak bagaimana kejahatan, dosa dan kerinduan manusia akan pertolongan Allah itu dalam cerita berikut.
Pada hari pertama gunung meletus 26 Oktober 2010, di dusun kami memang belum ada gerakan mengungsi. Namun, pada sore harinya, pukul 17.30, telah diumumkan lewat informasi dusun bahwa semua warga harus mengungsi. Selang beberapa menit setelah pengumuman itu, langsung ada hujan abu. Semua warga bingung, karena pada saat itu memang mobil evakuasi belum disediakan pemerintah -hanya ada 2 turuk dan 2 colt- padahal jalan-jalan sudah sangat ramai. Kami pun sempat bingung karena makin lama hujan abu semakin deras, sampai-sampai orang tidak berani keluar. Kebingungan kami bertambah ketika warga belum terevakuasi semua, terutama lansia, ibu-ibu, dan anak-anak. Untunglah kira-kira pukul 20.00 semua warga sudah dapat terevakuasi.

Sekitar 10 hari kami tinggal bersama dengan warga dusun kami dalam barak pengungsian. Masalah utama kami adalah minimnya pendanaan. Tak jarang kami harus patungan untuk membeli gas dan kebutuhan operasional lainnya. Warga dusun kami terpisah menjadi dua: yang satu di pos induk, yang lain di Sekolah Dasar.

Suatu kali, saya ditunjuk untuk menjadi koordinator oleh teman-teman untuk diajak pertemuan bersama komite Sekolah Dasar. Komite sekolah itu berkata bahwa sekolahan boleh untuk mengungsi tetapi dengan beberapa syarat. Pertama, dibuatkan WC permanen; kedua, berhubung sekolah belum dipasangi eternit, mereka meminta kami memasang eternit di plafon. Kami pun tidak bisa menjanjikan karena kami sedang mengungsi. Setelah itu kami berkoordinasi ke Kantor Desa. Kantor Desa pun tidak mau ambil pusing. Sekitar jam 17.00 kami dipindah ke pondok suatu pondok pesantren. Setelah kami sampai, rupanya tempat pindah pun belum dipersiapkan 100 persen. Beruntung, antusiasme warga setempat sangat besar. Beberapa waktu kemudian, kami dipindah lagi ke sebuah sekolah SMP terdekat. Tentu ini situasi yang tidak mudah, apalagi siang harinya kami semua belum makan siang karena para relawan tidak bisa mengirim makan dan minum kepada pengungsi desa kami sebab stok makan dari kelurahan hanya cukup untuk makan pagi.

Pada pergantian hari antara tanggal 4 dan 5 November 2010, saat kami belum sempat memejamkan mata, suara gemuruh terdengar kencang sekali. Kaca-kaca bergetar. Saat itu, kami langsung keluar. Para pengungsi juga sudah lari berantakan. Suara gemuruh makin lama makin deras. Lampu mati. Tidak lama setelahnya hujan abu disertai kerikil dan air lengket berbau belerang turun. Pada pagi harinya, semua pengungsi bingung dan bertanya pada kami, "Mas, ini mau dipindah kemana?" Kami pun tambah bingung karena pemerintah desa saja malam itu sudah pada kabur menyelamatkan diri sendiri. Sungguh kami membutuhkan pertolongan saat itu.
Kisah ini membuat kita semakin mengerti bahwa hidup kita memang suatu pergumulan. Kita sering mengalami bagaimana hidup kita bersama-sama orang lain tiba-tiba menjadi sepi. Kita mengalami saat-saat dimana kita hidup serba mengbingungkan dan sekaligus mengalami kerinduan hadirnya pertolongan.

Nabi Yesaya -dan kita semua umat beirman- menyadari dan meyakini bahwa di tengah tantangan dan acaknya situasi hidup kita, ada kerinduan dan dambaan yang besar akan adanya pertolongan dari Tuhan.

6. Refleksi dan Sharing Pengalaman

Pemandu mengajak umat untuk mendalami, berbagi pengalaman iman dan memberikan berbagai peneguhan.

Dalam kehidupan, kita mengalami bahwa menjalani hidup itu kadang-kadang tidaklah mudah. Ada tantangan, persoalan, bahkan musibah yang sering datang tak terduga. Kadang keadaan itu sering membuat kita putus asa, tidak berdaya, dan mengalami krisis iman. Kita bisa membagikan atau mensharingkan pengalaman kita masing-masing.
a. Pernahkah anda memiliki pengalaman berat, yang menjadikan anda putus asa, hilang harapan dan mengalami krisis iman? Bisakah anda sharingkan?
b. Apa saja hal-hal yang sering membuat kita merasa rapuh/lemah dalam menjalani hidup ini?
c. Apakah yang anda rindukan dalam situasi semacam itu? Apakah anda merasakan pertolongan dan penyertaan Tuhan?

(pemandu dapat memberikan alternatif uraian peneguhan serta berbagi pengalaman atau sharing dengan beberapa rumusan alternatif sebagai berikut.


Kita mengakui bahwa persoalan-persoalan yang kita hadapi seringkali menjadikan kita rapuh dan tidak berdaya. Bangsa Israel pun demikian. Saat mereka berada dalam peperangan, kemudian dibuang, mereka mengalami krisis hidup. Mereka pernah putus asa. Namun mereka tidak mengalami krisis iman. Mereka percaya bahwa Allah tidak meninggalkan mereka. Maka satu hal yang menjadi kekuatan mereka dan pengharapan mereka adalah keyakinan bahwa akan ada pertolongan dari Tuhan. Kerapuhan mereka menjadi kesempatan menumbuhkan keyakinan iman.

Saat ini kita diajak mengembangkan keyakinan seperti orang Israel tersebut. Adven menjadi kesempatan kita untuk merindukan kehadiran Tuhan yang menyelamatkan. Allah senantiasa hadir dalam setiap derai kehidupan, terutama peristiwa-peristiwa yang kita alami dalam masyarakat kita ini, walaupun di dalam peristiwa-peristiwa berat sekalipun.

7. Doa Umat dan Doa Penutup

Pemandu mengajak umat berdoa permohonan (doa umat) yang ditutup dengan doa Bapa Kami, lalu dilanjutkan dengan doa penutup.

Doa dapat ditutup oleh pemandu dengan pokok-pokok sebagai berikut:


  • mengucap syukur karena pertemuan dapat berjalan lancar dan memberikan buah-buah iman atau kesadaran baru.
  • mohon penyertaan rahmat Allah supaya mampu meresapkan dalam hati segala nilai-nilai imani yang telah ditemukan, yaitu menantikan kedatangan Kristus Sang Juru Selamat dunia dalam hidup sehari-hari.

8. Lagu Penutup

(dipilih sesuai dengan tema pertemuan misalnya PS 684, 697, 698)

Panduan Adven 2011: Beriman Katolik dalam Masyarakat - Keuskupan Agung Semarang


PETUNJUK UMUM

1. Dalam Pedoman Lingkaran Natal yang diterbitkan oleh Komisi Liturgi Regio Jawa tahun 2006, disebutkan bahwa masa Adven merupakan masa penantian penuh harapan dan sukacita akan kedatangan Tuhan dan masa mempersiapkan Natal dengan sikap pertobatan. Masa ini memiliki dua tujuan yaitu, pertama, masa Adven mempersiapkan Hari Raya Natal yaitu perayaan kedatangan Tuhan yang pertama di antara manusia. Kedua, masa Adven mengarahkan hati, supaya umat dengan penuh harapan menantikan Tuhan pada akhir zaman.

2. Secara teologis, Adven mengingatkan dimensi historis-sakramental keselamatan Allah. Tuhan yang dinantikan adalah Tuhan yang hadir secara kongkret dalam sejarah hidup manusia. Dengan Adven, Gereja diingatkan untuk senantiasa berjaga-jaga menyongsong kehadiran Tuhan dengan suasana penuh harapan dan kegembiraan.

3. Selama masa Adven, Gereja mengajak umat beriman untuk menghayati keutamaan-keutamaan kristiani. Semangat dasar yang dihayati selama masa Adven adalah pengharapan, takwa dalam iman, sikap tobat, dan berpaling kepada Allah, berjaga-jaga, kemurnian hati, dan pengharapan atas martabat orang lain. Semangat dasar itu ditampilkan antara lain oleh tokoh-tokoh Kitab Suci seperti Yesaya, Yohanes Pembaptis, Maria, dan Yusuf.

4. Masa Adven terdiri dari empat minggu, yakni Minggu Adven I sampai Minggu Adven IV. Empat Minggu Adven itu dibagi dalam dua bagian yaitu bagian pertama dari Minggu Adven I sampai tanggal 16 Desember sebagai Adven eskatologis. Bagian kedua dari tanggal 17 Desember sampai 24 Desember sebagai Adven natalis.

5. Secara khusus tema-tema pokok dalam masa Adven dapat diurai demikian:
  • Minggu Adven I menjelaskan pewartaan tentang kedatangan Tuhan kembali dan ajakan untuk berjaga-jaga.
  • Minggu Adven II menjelaskan pewartaan tentang kotbah Yohanes Pembaptis mengenai ajakan untuk bertobat.
  • Minggu Adven III menampilkan kembali tokoh Yohanes Pembaptis sebagai perintis atau pembuka jalan bagi kedatangan Yesus. Minggu Adven ketiga ini disebut Minggu Gaudette, yaitu minggu yang memiliki suasana kegembiraan.
  • Minggu Adven IV mengisahkan peristiwa-peristiwa menjelang kelahiran Yesus. Tampil di dalam tokoh-tokoh seperti Maria, Yusuf, Elisabeth.

6. Suasana yang hendaknya tercipta dalam masa Adven adalah suasana pertobatan dan pengharapan. Suasana itu sengaja didukung dan ditampakkan dalam beberapa hal:
  • Busana dan warna liturgi yang berwarna ungu (ungu cerah)
  • Musik dan nyanyian yang bertemakan pengharapan eskatologis, kerinduan akan kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Selama masa Adven, Gloria tidak dinyanyikan, sedangkan Alleluya tetap dinyanyikan.
  • Dekorasi selama masa Adven hendaknya sederhana, misalnya dengan menggunakan daun-daun dan ranting.

7. Perlengkapan khas yang digunakan sepanjang masa Adven adalah korona Adven yang dirangkai daun-daun hijau. Korona Adven ini mengungkapkan lingkaran Adven. Lilin dinyalakan bertambah dari minggu demi minggu. Hal ini untuk menggambarkan permenungan atas aneka tahap sejarah keselamatan yang mendahului kedatatangan Kristus dan simbol-simbol cahaya nubuat yang makin hari makin cerah menerangi malam panjang yang mendahului terbitnya Surya Keadilan (Luk 1:78).

8. Sepanjang masa Adven, dapat dilaksanakan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat pewartaan-peribadatan maupun sosial. Kegiatan pewartaan dan peribadatan diantaranya pertemuan Adven dengan penyalaan lilin korona dan ibadat tobat, dapat juga berziarah kepada Gua Maria untuk memohon doa agar bisa menerima kehendak Tuhan dengan hati terbuka dan belajar menjadi perpanjangan kasih Tuhan untuk banyak orang. Sedangkan kegiatan sosial bisa dilakukan dengan membuat aksi untuk mewujudkan perhatian kepada mereka yang lemah, miskin, kecil, tersingkir, dan difabel.

PETUNJUK KHUSUS

9. Untuk mendukung kegiatan masa Adven, Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang menyusun bahan pertemuan Adven untuk umum, anak, dan remaja, kaum muda, dan mahasiswa serta untuk anak-anak sekolah dari TK sampai SMA (kerjasama dengan Majelis Pendidikan Katolik dan Badan Kerjasama Sekolah). Tema yang diangkat dalam Adven tahun ini adalah Beriman Katolik di Tengah Masyarakat (untuk pertemuan umum), Beriman Katolik di Gereja dan Keluarga (untukanak-anak), Beriman Katolik di Sekolah (untuk pertemuan sekolah), Beriman Katolik di Simpang Lima (untuk kaum muda dan mahasiswa).

10. Pemilihan tema tersebut didasari oleh dua hal. Pertama Ardas KAS 2011-2015. Dalam Ardas disebutkan bahwa salah satu prioritas pastoral adalah beriman mendalam dan tangguh. Komisi Kateketik berharap agar pertemuan-pertemuan Adven bisa membantu umat Katolik baik anak-anak, remaja, kaum muda, pelajar dan mahasiswa serta umat pada umumnya untuk semakin mendalam dalam menghayati imannya dan semakin tangguh imannya di tengah pergulatan dan tantangan hidup. Kedua, konteks hidup. Kita rasakan bersama bahwa tantangan dan persoalan hidup terus terjadi. Semua menghadapi tantangan dan pergulatan hidup sesuai dengan konteksnya masing-masing. Namun secara umum merasakan bahwa hidup ini semakin sulit, penuh perjuangan, tantangan dan godaan. Tantangan dan godaan itu kerap kali bersinggungan dengan kehidupan beriman. Tidak jarang kita lihat bahwa tantangan dan godaan membuat iman banyak orang luntur dan ditinggalkan.

11. Dengan pertemuan-pertemuan Adven ini Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang berharap agar umat dapat merefleksikan imannya di tengah realitas hidupnya. Dalam pertemuan pertama, didalami tentang konteks hidup. Tantangan apa yang sering dihadapkan dalam perjalanan hidup ini? Kita sadari bahwa kita kadang rapuh, lemah dan tidak berdaya menghadapi tantangan tersebut sehingga kita membutuhkan Sang Penolong. Pertemuan kedua menegaskan bahwa Tuhan yang menjadi penolong hadir dan akan membantu setiap orang dalam segala kesulitannya. Allah kita adalah Allah yang peduli, solider dan merindukan keselamatan bagi seluruh umatnya. Pertemuan ketiga menegaskan ajakan untuk memperdalam dan mempertangguh iman kita. Akhirnya dalam pertemuan keempat, umat diajak untuk tampil di tengah masyarakat yang penuh tantangan dan tawaran sebagai orang beriman Katolik yang mendalam dan tangguh imannya.

12. Akhirnya melalui pertemuan Adven ini, capaian yang diharapkan adalah:
  • Umat dapat memahami rencana dan tindakan Allah dalam sejarah hidup manusia.
  • Umat menyadari kehadiran Kristus dalam sejarah dan perjalanan hidupnya sendiri yang penuh tantangan dan pergulatan.
  • Umat mengalami peneguhan dan pengharapan hidup oleh karena pertolongan Tuhan.
  • Umat dapat memaknai kehadirannya di tengah masyarakat sebagai agen perubahan dengan mengembangkan solidaritas dan kesetiakawanan sebagaimana Allah telah bertindak demikian.

13. Kami berharap pertemuan Adven yang dilaksanakan dapat mendorong umat untuk mewujudkan kehadiran Gereja yang semakin signifikan dan relevan di tengah Gereja dan Masyarakat.

14. Selamat mengadakan pertemuan Adven. Semoga semakin memantapkan diri untuk menyongsong kehadiran Tuhan yang meneguhkan kehidupan.

Semarang, 26 September 2011
Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang

Rm. FX Sugiyana, Pr.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy