| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 07 Juni 2015 Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Minggu, 07 Juni 2015
Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Saya mempertimbangkan dalam tugas saya untuk mengadakan seruan yang kuat, agar norma-norma liturgi tentang perayaan Ekaristi diperhatikan dengan sangat setia. Norma-norma ini adalah ungkapan konkret dari kodrat gerejani otentik mengenai Ekaristi; inilah maknanya yang terdalam. Liturgi tak pernah menjadi milik privat perseorangan, baik dari selebran maupun komunitas, tempat merayakan misteri-misteri. Rasul Paulus telah mengamanatkan kata-kata keras kepada umat di Korintus, justru karena kekurangan besar dalam perayaan Ekaristi sampai mengakibatkan perpecahan, skisma, dan menimbulkan pengelompokan, haireseis (lih. 1Kor 11:17-34) (Paus Yohanes Paulus II, Surat Ensiklik Ecclesia de Eucharistia, Ekaristi dan Hubungannya dengan Gereja, No. 52)


Antifon Pembuka (Bdk. Mzm 81:17)

Ia telah memberi mereka gandum yang terbaik. Ia telah mengenyangkan mereka dengan madu dari gunung batu.

He fed them with the finest wheat and satisfied them with honey from the rock.

atau
Antifon: Cibavit eos ex adipe frumenti, alleluia: et de petra, melle saturavit eos, alleluia, alleluia, alleluia.
Ayat Mazmur.
1. Exsultate Deo adiutori nostro: iubilate Deo Iacob. (Antifon)
2. Sumite psalmum, et date tympanum: psalterium iucundum cum cithara. (Antifon)
3. Ego enim sum Dominus Deus tuus, qui eduxi te de terra ægypti: dilata os tuum, et implebo illud. (Antifon)

Doa Pagi

Allah Bapa kami yang maha pengasih dan penyayang, Engkau tak henti-hentinya memperkuat Gereja dengan santapan tubuh dan darah Putra-Mu. Semoga kami selalu memperoleh kekuatan baru setiap kali kami menyambut Tubuh dan Darah Putra-Mu Yesus Kristus, Tuhan kami yang hidup dan bertakhta bersama Bapa dalam persatuan Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Keluaran (24:3-8)
   
 
"Inilah darah perjanjian yang diikat Allah dengan kamu."
   
Ketika Musa turun Gunung Sinai, dan memberitahukan kepada bangsa Israel segala firman dan peraturan Tuhan, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak, “Segala firman yang telah diucapkan Tuhan itu, akan kami laksanakan!” Musa lalu menuliskan segala firman Tuhan itu. Keesokan harinya, pagi-pagi, didirikannya mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel. Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel mempersembahkan kurban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai kurban keselamatan kepada Tuhan. Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu; sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu. Lalu diambilnya kitab perjanjian itu dan dibacakannya, dan bangsa itu mendengarkan. Lalu mereka berkata, “Segala firman Tuhan akan kami laksanakan dan kami taati!” Kemudian Musa mengambil darah itu dan memercikkannya kepada bangsa itu seraya berkata, “Inilah darah perjanjian yang diikat Tuhan dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = g, 2/4, 3/4, PS 856
Ref. Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagimu, Inilah Darah-Ku yang ditumpahkan bagimu. Lakukanlah ini akan peringatan kepada-Ku.
Ayat. (Mzm 116:12-13.15.16b-18; Ul: lh. 1Kor 10: lh.16)
1. Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan, segala kebaikan-Nya kepadaku? Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan.
2. Sungguh berhargalah di mata Tuhan, kematian semua orang yang dikasihi-Nya, Ya Tuhan, aku hamba-Mu, aku hamba-Mu, anak sahaya-Mu, Engkau telah melepaskan belengguku.
3. Aku akan mempersembahkan kurban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama Tuhan. Aku akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umat-Nya.

Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (9:11-15)
   
"Darah Kristus akan menyucikan hati nurani kita."
     
Saudara-saudara terkasih, Kristus telah datang sebagai Imam Agung demi kesejahteraan masa yang akan datang; Ia telah melintasi kemah yang lebih besar dan lebih sempurna, yang bukan buatan tangan manusia, artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat pelunasan yang kekal. Sebab, jika darah domba dan lembu jantan dan percikan abu lembu muda mampu menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya darah Kristus, yang atas dorongan Roh Abadi telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tidak bercacat; betapa darah ini akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. Karena itu Kristus adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

Madah Ekaristi, sol = es, m.7, PS 556 (fakultatif)
Syair: Lauda Sion, ayat 1-4.5-8 Thomas dari Aquino 1263/64, terj. Komlit KWI 1992
Lagu: Prancis abad ke-12, Graduale Romanum 1974
1. Sion, puji Penyelamat, Sang Pemimpin dan Gembala dalam kidung pujian.
2. Pujilah sekuat hati, kar'na Dia melampaui puji yang kaulambungkan.
3. Hari ini yang tersaji: Roti Hidup yang dipuji, sumber hidup yang kekal.
4. Itulah yang dihidangkan bagi para rasul Tuhan: Tak perlu diragukan.
5. Lihat Roti malaikat, jadi boga peziarah: sungguh itu roti putra, anjing jangan diberi.
6. Inilah yang dilambangkan waktu Ishak dikurbankan: Domba Paskah disajikan, dan manna dihujankan.
7. Yesus, Roti yang sejati, Kau Gembala murah hati, s'lalu lindungilah kami, dan tunjukkan pada kami bahagia yang kekal.
8. Dikau Allah mahakuasa, bimbing kami, insan fana, undang kami dalam pesta, dan jadikan kami warga umat kudus bahagia. Amin. Alleluya.

Bait Pengantar Injil, do = d, 2/2, PS 953
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (lih. Yoh 6:51) 2/4
Akulah roti hidup yang turun dari surga; siapa yang makan roti ini akan hidup selama-lamanya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (14:12-16.22-26)
   
"Inilah Tubuh-Ku, inilah Darah-Ku."
    
Pada hari pertama Hari Raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid berkata kepada Yesus, “Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?” Lalu Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan, “Pergilah ke kota! Di sana kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia, dan katakanlah kepada pemilik rumah yang dimasukinya: Guru berpesan, ‘Di manakah ruangan yang disediakan bagi-Ku untuk makan Paskah bersama dengan murid-murid-Ku? Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan yang besar, yang sudah lengkap dan tersedia. Di situlah kamu harus mempersiapkan perjamuan Paskah untuk kita!’” Maka berangkatlah kedua murid itu. Setibanya di kota, mereka dapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, membagi-bagi roti itu lalu memberikannya kepada para murid, seraya berkata “Ambillah, inilah Tubuh-Ku!” Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur, lalu memberikannya kepada para murid, dan mereka semua minum dari cawan itu. Dan Yesus berkata kepada mereka, “Inilah Darah-Ku, darah perjanjian yang ditumpahkan bagi banyak orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak lagi akan minum hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya yang baru, yaitu dalam Kerajaan Allah.” Sesudah menyanyikan lagu pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan

Seringkali, kalau saya mengikuti sebuah acara, si pembawa acara berkata, “Akhirnya, tibalah bagi kita saat yang ditunggu-tunggu, yaitu makan.” Atau, “Sampailah kita pada acara puncak, yaitu makan!” Saya tidak tahu apakah ungkapan tersebut hanyalah guyonan atau serius; yang jelas setelah selesai makan (tanpa harus ditutup oleh pembawa acara) sudah banyak orang langsung pulang. Itu sebabnya acara makan benar-benar menjadi acara puncak.

Demikian pula dengan perjamuan makan yang diadakan oleh Yesus dan murid-murid-Nya. Acara perjamuan makan itu benar-benar menjadi acara puncak kebersamaan Yesus dan para murid-Nya. Setelah itu Yesus harus menderita dan akhirnya wafat di salib, sedangkan para murid lari meninggalkan-Nya dan tercerai-berai.

Perjamuan makan yang diadakan oeh Yesus bersama dengan para murid-Nya bukanlah perjamuan makan biasa. Perjamuan tersebut menjadi kesempatan bagi Yesus untuk menggenapi seluruh karya-Nya di dunia, yaitu menyerahkan diri-Nya secara total untuk manusia. “Inilah Tubuh-Ku” dan “Inilah Darah-Ku” menjadi ungkapan puncak dari kasih Yesus kepada para murid-Nya dan manusia. Seakan Yesus mau menggenapi apa yang pernah disabdakan-Nya, “Tak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang sahabat yang rela menyerahkan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.”

Apa pemberian tertinggi dari manusia selain nyawanya? Selain tubuh dan darahnya? Tidak ada pemberian tertinggi dari manusia selain memberikan hidupnya sendiri. Itulah yang dilakukan Yesus kepada kita semua: Ia memberikan Tubuh dan Darah-Nya bagi kita sebagai makanan dan minuman. Dengan memberikan Tubuh dan Darah-Nya bagi kita, Yesus tidak ingin manusia “kelaparan”. Dia ingin manusia tetap hidup, kuat dan semangat.

Hingga saat ini, Yesus masih terus menyerahkan Tubuh dan Darah-Nya bagi kita, yang senantiasa kita terima dalam perayaan Ekaristi. Tubuh dan Darah Yesus yang boleh kita santap telah menjadi makanan dan minuman rohani kita, sehingga kita tidak lagi merasa lapar. Dengan menyantap Tubuh dan Darah Yesus, kita bersatu dengan-Nya, sehingga kita tidak akan tercerai-berai.

Tampaknya, Gereja mencoba untuk menyadarkan kembali umat beriman akan besarnya cinta kasih Tuhan kepada umat-Nya dengan merayakan hari raya Tubuh dan Darah Kristus. Hari raya ini rutin dirayakan setiap tahun dan selalu ditempatkan setelah Masa Paskah supaya penghayatan umat akan sengsara dan wafat Yesus semakin diteguhkan dan diyakinkan bahwa pengorbanan diri Yesus bagi manusia benar-benar telah dilakukan-Nya dan nyata.

Mungkin yang bisa kita refleksikan untuk kita saat ini adalah semangat pengorbanan. Dunia kita saat ini kurang mengajarkan semangat pengorbanan, terutama berkorban untuk sesama. Jangankan berkorban nyawa atau hidup, berkorban untuk menyisihkan penghasilannya untuk sesama yang miskin saja, sulit sekali. Itulah sebabnya dunia kita saat ini tidak mengenal kasih, sehingga ungkapan “Inilah Tubuhku dan Darahku” jarang kita dengar. Yang ada ialah “Inilah milikku dan bukan milikmu!” [Petrus Harsa/RUAH]

Antifon Komuni (Yoh 6:56)

Siapa yang makan Daging-Ku dan minum Darah-Ku, tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, sabda Tuhan.

Whoever east my flesh and drinks my blood remains in me and I in him, says the Lord.

Qui manducat carnem meam, et bibit sanguinem meum, in me manet, et ego in eo, dicit Dominus.

"Hati-hatilah terhadap ahli-ahli Taurat"

Sabtu, 06 Juni 2015
Hari Biasa Pekan IX


Tob. 12: 1,5-15,20; MT Tb. 13:2,6,7,8; Mrk. 12:38-44.
  
"Hati-hatilah terhadap ahli-ahli Taurat"
 
Para ahli Taurat merupakan salah satu kelompok yang membenci Yesus. Dengan berbagai cara, mereka berusaha menjerat dan menjebak-Nya agar dapat mempersalahkan-Nya dan akhirnya menjatuhi hukuman. Namun, konsisten dengan ajaran cinta kasih-Nya, Yesus tidak membalas kebencian mereka dengan kebencian. "Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu" (Mat 5,44), begitulah Ia mengajarkan. Bahkan, kepada murid-murid-Nya, Yesus tidak meminta agar mereka menghindari dan menjauhi para ahli Taurat tetapi hanya meminta mereka untuk berhati-hati, waspada dan bijaksana. Permintaan Yesus ini, kiranya juga untuk kita. Kalau di masyarakat kita ada orang atau sekelompok orang yang mempunyai perilaku dan kebiasaan kurang baik, kita juga tidak perlu menghindari dan menjauhinya. Kita sebaiknya tetap menyapa dan bergaul dengan mereka, tetapi dengan penuh kehati-hatian, kewaspadaan dan kebijaksanaan agar jangan sampai kita ketulatan perilaku buruk mereka tetapi sebaliknya kita berusaha agar perilaku baik kitalah yang menulari mereka.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kami mampu bersikap hati-hati, waspada dan bijaksana dalam bergaul dan hidup bersama. Amin. -agawpr-

Sabtu, 06 Juni 2015 Hari Biasa Pekan IX

Sabtu, 06 Juni 2015
Hari Biasa Pekan IX

“Jika kamu ingin tahu, jalan mana yang harus kamu ikuti, pilihlah Kristus, karena Dia itu jalan” (St. Tomas dari Aquino)

Antifon Pembuka (Tob 13:7)

Pujilah Tuhan yang adil dan agungkanlah Raja yang kekal! Pandanglah apa yang dikerjakan-Nya bagimu, muliakanlah Dia dengan segenap mulut.

Doa Pagi

Allah Bapa Sumber Kebahagiaan, kebahagiaan manusia dan dunia Kauletakkan di tangan kami. Kami mohon semoga hati kami selalu tabah, agar dapat beramal baik sekuat kuasa kami untuk membangun kebahagiaan sesama. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang segala masa. Amin.
 
Rahmat Allah diturunkan secara cuma-cuma. Walaupun demikian, penerima anugerah diharapkan mewartakan kebaikan Allah ini kepada orang lain dan mewartakannya sebagai bentuk kesaksian bahwa Allah masih senantiasa menyertai mereka yang menjaga kesetiaan iman kepada-Nya.
 

Bacaan dari Kitab Tobit (12:1.5-15.20)
    
 
"Aku naik kepada Dia yang mengutus aku. Tetapi kalian, pujilah Tuhan."
    
Setelah perayaan nikah Tobia dan Sara selesai, Tobit memanggil anaknya Tobia dan berkata, “Anakku, jangan lupa memberikan upah kepada orang yang mengantar engkau. Dan ingatlah untuk menambah upahnya!” Maka Tobit berkata kepada Rafael, “Ambillah sebagai upahmu separuh dari segala sesuatu yang kaubawa waktu datang, lalu engkau boleh pergi dengan selamat.” Tetapi Rafael memanggil Tobit dan Tobia sendiri-sendiri, lalu berkata kepada mereka, “Pujilah Allah dan muliakanlah Dia di hadapan semua orang yang hidup karena segala anugerah yang telah diberikan-Nya kepadamu. Pujilah nama-Nya, dan bernyanyi-nyanyilah kepada-Nya. Wartakanlah kepada semua orang perbuatan-perbuatan Allah sebagaimana layaknya. Jangan berayal memuliakan Dia. Memang rahasia raja patut disembunyikan, tetapi perbuatan Allah pantaslah disingkapkan dan dimuliakan. Lakukanlah yang baik, niscaya malapetaka tidak akan menimpa kalian. Lebih baiklah doa yang benar dan sedekah yang jujur daripada kekayaan orang yang lalim. Sungguh, sedekah melepaskan dari maut dan menghapus setiap dosa. Orang yang memberi sedekah akan mencapai umur panjang. Sebaliknya, orang yang melakukan dosa dan kejahatan, merugikan diri sendiri. Segenap kebenaran hendak kuwartakan kepadamu dan tidak satu pun kusembunyikan terhadap kalian. Sudah kutandaskan kepadamu: Rahasia raja patut disembunyikan tetapi perbuatan Allah pantaslah disingkapkan. Maka ketahuilah, ketika engkau dan Sara berdoa, akulah yang menyampaikan ingatan akan doamu itu ke hadapan kemuliaan Tuhan. Demikian pula waktu engkau menguburkan orang-orang mati! Ketika engkau serta merta bangkit dan meninggalkan makananmu untuk pergi mengapani jenazah itu, akulah yang diutus untuk mencobai engkau. Lagi pula, aku jugalah yang diutus oleh Allah untuk menyembuhkan baik engkau sendiri maupun Sara, menantumu. Aku ini Rafael, satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan Allah yang mulia. Oleh sebab itu pujilah Tuhan di atas bumi dan muliakanlah Allah! Camkanlah! Aku naik kepada Dia yang telah mengutus aku. Tuliskanlah segala sesuatu yang telah terjadi atas dirimu.” Lalu Rafael naik dan tidak dapat mereka lihat.
Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah.

Kidung Tanggapan
Ref. Terpujilah Allah yang hidup selama-lamanya.
Ayat. (MT Tb 13:2.6.7.8)
1. Terpujilah Allah yang hidup selama-lamanya, kerajaan-Nya tetap sepanjang sekalian abad. Memang Ia menyiksa, tetapi juga mengasihani, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati, tetapi menaikkan juga dari sana; tidak seorang pun luput dari tangan-Nya.
2. Jika dengan segenap hati kamu berbalik kepada-Nya, dan dengan segenap jiwa berlaku benar di hadapan-Nya, niscaya Ia pun berbalik kepada kamu, dan wajah-Nya pun tidak disembunyikan-Nya terhadap kamu.
3. Pandanglah apa yang dikerjakan-Nya bagi kamu, muliakanlah Dia dengan segenap mulut. Pujilah Tuhan yang adil dan agungkanlah Raja yang kekal.
4. Aku memuliakan Dia di tanah pembuanganku, kunyatakan kekuasaan dan kebesaran-Nya kepada kaum berdosa. Bertobatlah, hai orang-orang berdosa, lakukanlah apa yang benar di hadapan-Nya. Siapa tahu Ia berkenan akan kamu dan menjalankan belas kasihan kepadamu.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mat 5:3)
Berbahagialah yang bersemangat miskin, sebab bagi merekalah Kerajaan Allah.
 
Latihan rohani bukan didasarkan pada pujian orang lain atas latihan-latihan yang kita kerjakan, namun didasarkan pada ketulusan kita dalam membangun relasi yang semakin dekat dengan Allah. Ketulusan ini akan memudahkan kita untuk bersikap rendah hati di hadapan Tuhan dan hormat terhadap sesama, terutama mereka yang kecil dan rendah.
 
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (12:38-44)
   
"Janda miskin itu telah memberi lebih banyak daripada semua orang lain."
     
Pada suatu hari Yesus dalam pengajaran-Nya berkata, “Waspadalah terhadap ahli-ahli Taurat. Mereka suka berjalan-jalan dengan pakaian panjang dan suka menerima penghormatan di pasar. Mereka suka menduduki tempat-tempat terdepan dalam rumah ibadat dan tempat terhormat dalam perjamuan. Mereka mencaplok rumah janda-janda sambil mengelabui orang dengan doa panjang-panjang. Mereka ini pasti akan menerima hukuman yang lebih berat. Pada kali lain sambil duduk berhadapan dengan peti persembahan Yesus memperhatikan bagaimana orang banyak memasukkan uang ke dalam peti itu. Banyak orang kaya memberi jumlah yang besar. Lalu datanglah seorang janda miskin. Ia memasukkan dua peser, yaitu satu duit. Maka Yesus memanggil para murid-Nya dan berkata kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin itu memberi lebih banyak daripada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan. Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda itu memberi dari kekurangannya: semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya.”
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.
 
Renungan
 
Yesus mengingatkan kita semua agar waspada terhadap ahli Kitab yang berdoa panjang dank keras supaya dilihat dan dihormati orang sebagai orang suci. Sementara pada saat yang sama, mereka melakukan pekerjaan-pekerjaan tercela seperti “menelan” rumah janda-janda. Kemunafikan seperti ini tak pernah boleh ditolerir. Janganlah kita juga berlaku munafik.

Antifon Komuni (Mrk 12:44)

Janda ini memberi derma dari kekurangannya. Ia memberikan seluruh nafkah yang ada padanya.

Doa Malam

Allah Bapa Mahakuasa, meski segalanya telah kami persembahkan kepada-Mu, kami masih tetap hamba yang tak berguna. Ajarilah kami menjadi abdi satu sama lain dan salib melayani dalam kedamaian dan sukacita, dalam penderitaan dan keprihatinan, agar dunia menjadi lebih baik. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

RUAH

Paus Fransiskus ingin kepala liturgi Vatikan untuk melanjutkan pekerjaan dari Paus Benediktus XVI

Vatican City, Jun 3, 2015 / 13:33 (CNA / EWTN News) .- Kardinal Robert Sarah, pimpinan Kongregasi untuk Ibadat Ilahi, terungkap dalam surat yang dikirim ke sebuah konferensi liturgi minggu ini bahwa ketika ia ditunjuk sesuai dengan posisinya, Paus Fransiskus menunjukkan keinginan untuk melanjutkan pekerjaan liturgi yang dahulu dilakukan oleh pendahulunya sebagai Uskup Roma.

"Ketika Bapa Suci, Paus Fransiskus, meminta saya untuk menerima pelayanan dari Pimpinan Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Disiplin Sakramen, saya bertanya: 'Bapa Suci, bagaimana Anda ingin aku melakukan pelayanan ini? Apa yang ingin Bapa Suci lakukan pada saya sebagai Pimpinan Kongregasi ini? 'Bapa Suci menjawab dengan jelas. "Saya ingin anda terus melaksanakan pembaruan liturgi Konsili Vatikan II," katanya, "dan saya ingin Anda untuk terus bekerja dengan baik dalam liturgi dimulai oleh Paus Benediktus XVI, '" Kardinal Sarah menulis dalam suratnya kepada Konferensi Liturgi Suci, yang dipublikasikan tanggal 2 Juni.

"Sahabat-sahabatku ," kardinal menulis, "Saya ingin Anda untuk membantu saya dalam tugas ini."

Konferensi Liturgi Suci diadakan setiap tahun, dan membahas pentingnya pembentukan liturgi dalam Gereja. Ini adalah penyokong dari evangelisasi /pewartaan Injil yang baru, dan mendukung katekese/pengajaran liturgi yang setia.

Kardinal Sarah, yang diangkat sebagai kepala CDW pada bulan November 2014, meminta agar Liturgi Suci "terus bekerja untuk mencapai tujuan liturgi Konsili Vatikan II dan bekerja untuk melanjutkan pembaruan liturgi dipromosikan oleh Paus Benediktus XVI."

Ia mencontohkan khususnya himbauan Bapa Paus emeritus nasihat apostolik tentang Sacramentum Caritatis, dalam Ekaristi, dan motu proprio nya Summorum Pontificum, yang membuatnya lebih mudah pada semua imam untuk merayakan liturgi seperti yang telah dilakukan sebelum Konsili Vatikan II.

"Agar meminta Anda untuk menjadi bijaksana, seperti pemilik rumah dalam Injil Matius, yang tahu kapan untuk membawa keluar harta benda baik yang baru dan yang lama, sehingga Liturgi Suci seperti yang dirayakan dan hidup hingga hari ini, tidak menghilangkan apapun dari kekayaan tradisi liturgi Gereja yang patut dihargai, sementara selalu bersikap terbuka terhadap perkembangan yang sah. "
  
Kardinal telah mencatat sebelumnya dalam suratnya bahwa "kita harus melakukan segala hal yang kita bisa untuk menempatkan Liturgi Suci kembali ke jalur hubungan antara Allah dan manusia," menyebut liturgi "merupakan bentuk istimewa dan unik di mana kita ... berjumpa dengan Allah di dalam perkejaan/aktifitas kita di dunia "

Kardinal Sarah menyatakan bahwa konferensi Sacra Liturgia, yang berlangsung dari tanggal 1-4 Juni, memiliki cukup waktu untuk mempertimbangkan bagaimana kedua-duanya mempertahankan tradisi dan terbuka untuk perkembangan yang sah, dan kemudian menyarankan "dua pendapat kritis di mana pembaruan liturgi yang otentik dalam abad dua puluh satu dapat ditindaklanjuti ": dengan memperjelas bahwa liturgi adalah penyembahan pada Allah, dan dengan mempromosikan" bentuk/formasi liturgi yang mesti disuarakan ".

Dia mendesak bahwa kita "tidak pernah meremehkan" pentingnya liturgi sebagai penyembahan Allah, menambahkan bahwa "liturgi bukanlah suatu acara sosial atau semacam pertemuan biasa ... dimana yang penting adalah bahwa kita mengungkapkan identitas kita. Tidak seperti itu: Tapi Tuhanlah yang utama ".

Mengingat bahwa liturgi "diberikan kepada kita dalam tradisi," ia menambahkan bahwa "hal ini bukan untuk kita untuk membuat beberapa ritual yang kita rayakan atau mengubah tradisi yang sesuai dengan diri kita sendiri ... di luar pilihan yang sah yang diijinkan oleh gereja."

"Itulah sebabnya kita harus merayakan Liturgi Suci dengan setia, dengan perasaan hormat dan kekaguman seperti yang saya katakan sebelumnya."
   
Beralih ke pentingnya bentuk liturgi yang mesti disuarakan, Kardinal Sarah menyebutkan teks Sacrosanctum Concilium, Konstitusi Vatikan II tentang liturgi, dan mengatakan bahwa "kita tidak bisa benar-benar berpartisipasi dalam Liturgi Suci, kita tidak bisa minum dengan secara mendalam dari sumber kehidupan Kristen, jika kita belum dibentuk dalam semangat dan kekuatan liturgi ... Saya berharap dan saya berdoa bahwa inisiatif yang berbeda dari Liturgia suci dapat berbuat banyak untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan penting ini. "

Selain membuat empat referensi pada tulisan dari Sacrosanctum Concilium, surat Kardinal Sarah juga menyebutkan dua kali tentang tulisan-tulisan sebelum menjadi Paus dari Paus Benediktus XVI, mengutip dari kumpulan pekerjaannya : The Theology of the Liturgy and The Spirit of the Liturgy (Teologi Liturgi dan Semangat Liturgi).

Konferensi Liturgi Suci diluncurkan di Roma pada tahun 2013, dan memiliki tempat yang berbeda setiap tahun - 2016 konferensi akan diselenggarakan di London. Konferensi ini meliputi presentasi makalah akademis seperti perayaan Misa dan Misa malam hari, baik bentuk biasa dan luar biasa dari ritus Romawi.

2015 konferensi mencakup pidato pembukaan oleh Kardinal Raymond Burke, dan presentasi tentang pentingnya keindahan dalam liturgi. Pembicara lain termasuk Uskup Agung Salvatore Cordileone, Dr. Lauren Pristas, Dr. Jennifer Donelson, Fr. Alcuin Reid, dan Fr. Phillip Anderson, OSB.
 
 
diterjemahkan oleh: AG / Renungan Pagi
 
Sumber berita: 

Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.

Jumat, 05 Juni 2015
Peringatan Wajib St. Bonifasius, Uskup dan Martir (Jumat Pertama Dalam Bulan)

Tob 11: 5-17; Mzm 146:2abc.7.8-9a.9bc-10; Mrk 12:35-37

Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.

Tidak semua ajaran yang disampaikan oleh Yesus mudah dimengerti oleh para pengikut-Nya, bahkan juga tidak oleh para rasul yang dipilih dan dididiknya secara khusus. Hari ini, Markus menampilkan salah sati kesulitan itu: di satu sisi, Mesias adalah anak (keturunan) Daud, namun di sisi lain, Daud menyebut-Nya sebagai tuan. Bagaimana mungkin? Yohanes juga mengisahkan bahwa saking sulitnya mengerti dan menerima ajaran Yesus, "banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia" (Yoh 6,66). Hal yang sama seringkali juga kita alami. Betapa tidak mudahnya kita mengerti sabda Tuhan yang tertulis dalam Kitab Suci. Namun, tidak seharusnya kita mengundurkan diri. Sebaliknya, kita justru harus merasa tertantang untuk semakin penuh minat membaca, mendengarkan dan merenungkan sabda-Nya seperti orang banyak yang dikisahkan oleh Markus dalam Injil hari ini. Atau seperti Petrus yang ketika ditanya oleh Yesus, "Apakah kamu tidak mau pergi juga?" (Yoh 6,67) menjawab dengan lantang, "Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal" (Yoh 6,68). Atau seperti Nabi Yeremia yang berkata, "Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya Tuhan, Allah semesta alam" (Yer 15,16).

Doa: Tuhan, bantulah kami dengan rahmat-Mu agar kami membaca, merenungkan dan mendengarkan sabda-Mu dengan penuh minat. Amin. -agawpr-

Jumat, 05 Juni 2015 Peringatan Wajib St. Bonifasius, Uskup dan Martir

Jumat, 05 Juni 2015
Peringatan Wajib St. Bonifasius, Uskup dan Martir (Jumat Pertama Dalam Bulan)

“Dalam sejarah umat Allah,telah ada pencobaan ini: menyurutkan iman sebagian, pencobaan menjadi sedikit ‘seperti yang dilakukan semua orang’, yaitu ‘tidak menjadi sangat, sangat tegar”. Tetapi saat kita mulai menyurutkan iman, mulai mengkompromi iman, sedikit menjualnya kepada penawar tertinggi, maka kita memulai jalan kemurtadan, yaitu jalan ketidaksetiaan kepada Tuhan”. (Paus Fransiskus)


Antifon Pembuka

Merekalah orang suci, sahabat Allah, yang mulia karena mewartakan kebenaran ilahi.

Pengantar


Bonifasius lahir di Krediton, Britania raya, Inggris, pada tahun 672. Ia ditahbiskan sebagai imam pada usia 30 tahun. Tahun 723, ia diangkat sebagai Uskup. Sejak itulah namanya berubah menjadi Bonifasius. Ia meninggal sebagai seorang martir ketika sedang menjalankan misinya, yakni memberantas kekafiran di Frisia, Jerman, pada tahun 754. Saat peristiwa itu terjadi, Bonifasius bersama sejumlah pengikutnya sedang berkemah di lembah Sungai Borne sembari menunggu orang-orang yang hendak menerima Sakramen datang. Namun, ternyata yang datang justru para penjahat yang berniat untuk membunuh Bonifasius beserta seluruh pengikutnya. Peristiwa sadis itu terjadi pada 5 Juni 754. Bonifasius dikenal sebagai seorang Rasul Jerman meski dia bukanlah misionaris pertama yang mewartakan Injil di sana. Peringatannya dirayakan setiap 5 Juni.

Doa Pagi

Allah Bapa, keteguhan para martir, hari ini kami memperingati Santo Bonifasius, uskup dan martir-Mu, yang telah memeteraikan dengan darah iman yang diajarkannya dengan lidah. Semoga berkat doa restunya kami selalu memegang teguh iman itu, serta menghayatinya dengan setia. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan-bacaan dan Mazmur Tanggapan dari hari biasa, atau dari Rumus Umum Para Martir atau Gembala Umat (Misionaris), misalnya: Kis 26:19-23; Mzm 117:1.2; Ul: Mrk 16:15; Yoh 10:11-16.


Bacaan dari Kitab Tobit (11:5-17)
  
"Aku telah disiksa oleh Tuhan, tetapi kini aku dikasihi-Nya, dan aku melihat kembali anakku, Tobia."
       
Pada waktu itu duduklah Hana mengamati jalan yang bakal ditempuh Tobia, anaknya. Ia telah mendapat firasat bahwa anaknya tengah datang. Berkatalah Hana kepada ayah Tobia, "Sungguh, anakmu telah datang, dan juga orang yang menyertainya." Sebelum Tobia mendekati ayahnya berkatalah Rafael kepadanya, "Aku yakin bahwa mata ayahmu akan dibuka. Oleskanlah empedu ikan itu pada matanya. Obat itu akan meresap dahulu, lalu akan terkelupaslah bintik-bintik putih itu dari matanya. Maka ayahmu akan melihat lagi dan memandang cahaya." Adapun Hana bergegas-gegas mendekap anaknya lalu berkatalah ia, "Setelah engkau kulihat, Anakku, sekarang aku dapat mati!" Dan ia pun menangis. Tobit pun berdiri, dan meskipun kakinya tersandung-sandung, ia keluar dari pintu pelataran rumah. Tobia menghampiri ayahnya dengan membawa empedu ikan itu. Lalu ditiupinya mata Tobit, ditopangnya ayahnya dan kemudian berkatalah ia kepadanya, "Tabahkan hatimu, Ayah!" Kemudian obat itu dioleskannya pada mata Tobit dan dibiarkannya sebentar. Lalu dengan kedua belah tangan dikelupaskannya sesuatu dari ujung-ujung matanya. Maka Tobit mendekap Tobia sambil menangis. Katanya, "Aku melihat engkau, Anakku, cahaya mataku!" Ia menyambung pula, "Terpujilah Allah! Terpujilah nama-Nya yang besar! Terpujilah para malaikat-Nya yang kudus! Hendaklah nama Tuhan yang besar berada di atas kita dan terpujilah segala malaikat untuk selama-lamanya. Sungguh, aku telah disiksa oleh Tuhan, tetapi aku melihat kembali anakku Tobia."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Pujilah Tuhan, hai jiwaku.
Ayat. (Mzm 146:2abc,7,8-9a,9bc-10)
1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Aku hendak memuliakan Tuhan selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.
2. Tuhan tetap setia untuk selama-lamanya, Dialah yang menegakkan keadilan bagi orang yang diperas, dan memberi roti kepada orang-orang yang lapar. Tuhan membebaskan orang-orang yang terkurung.
3. Tuhan membuka mata orang buta, Tuhan menegakkan orang yang tertunduk. Tuhan mengasihi orang-orang benar, Tuhan menjaga orang-orang asing.
4. Anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya. Tuhan itu Raja untuk selama-lamanya, Allahmu, ya Sion, turun-menurun!

Bait Pengantar Injil, do = f, gregorian, PS 959
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 14:23)
Ayat. Barangsiapa mengasihi Aku, akan mentaati sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.
 
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (12:35-37)
   
"Bagaimana mungkin Mesias itu anak Daud?"
    
Pada suatu hari Yesus mengajar di Bait Allah, kata-Nya, "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud? Daud sendiri berkata dengan ilham Roh Kudus, "Tuhan telah bersabda kepada Tuanku: Duduklah di sisi kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Jadi Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia sekaligus anaknya?" Orang yang besar jumlahnya mendengarkan Yesus dengan penuh minat.
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
 
Renungan
 
Yesus mengajar orang banyak dan mereka mendengarkan-Nya dengan penuh minat (Mrk 12:37). Dalam pengajaran itu, Yesus mengatakan siapa diri-Nya yang sebenarnya.

Hari ini Yesus juga menyatakan diri-Nya kepada kita. Dia adalah Tuhan yang hadir di dalam hidup kita, sehingga sama seperti orang banyak yang mendengarkan Yesus dengan penuh minat, demikian jugalah mestinya kita.

Setiap sabda Allah dibacakan atau diperdengarkan kepada kita, saat itu Yesus sendiri yang bersabda kepada kita. Para Bapa Konsili Vatikan II menegaskan hal ini, “Kristus hadir dalam sabda-Nya sebab ia sendiri bersabda apabila Kitab Suci dibacakan dalam Gereja” (Konstitusi tentang Liturgi Suci, 7). Yesus adalah Tuhan dan Guru (lih. Yoh 13:13-14). Dia melebihi semua raja dan melebihi semua orang penting yang ada di dunia ini. Bahkan, dari pada-Nya orang beroleh hidup dan memperolehnya dalam segala kelimpahan (lih. Yoh 10:10a).

Hari ini kita diundang untuk menyadari bahwa sebenarnya kita sering tidak mendengarkan firman Tuhan dengan penuh minat. Lebih parah lagi, kita tidak berminat untuk membaca sendiri firman Tuhan atau mendengarkan firman-Nya. Betapa kerap terjadi, saat Yesus bersabda kepada kita lewat sabda yang dibacakan atau lewat homili, kita tidak mendengarkannya dengan baik, penuh minat dan perhatian. Malahan, kita sering sibuk dengan pikiran dan rencana kita sendiri. Ada pula yang sibuk dengan ber-BBM atau SMS atau games. Oleh karena itu, kita perlu senantiasa belajar menjadi pendengar yang baik agar sabda Tuhan yang kita dengarkan sungguh meresap dalam hati kita dan menjadi pegangan hidup kita sehari-hari. (Bdk. Yak 1:19-27).

St. Bonifasius, seorang uskup dan martir yang dirayakan peringatannya hari ini adalah salah satu contohnya. Begitu besar minatnya untuk mendengarkan suara Tuhan dan ajaran-Nya sampai ia rela mati agar suara Kristus bergema di kawasan Jerman. Ia dibunuh namun tetap berbangga karena darahnya menyuburkan semangat iman orang Kristiani di Jerman. Dia dikenal sebagai perintis pewartaan Injil di Jerman.

Dengan keberaniannya, St. Bonifasius telah memperkenalkan Kristus Sang Gembala Agung dengan turut menjadi gembala ang berkorban bagi domba-dombanya. (Yesaya/Cafe Rohani)

Antifon Komuni (Yoh 8:12)

Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Kamis, 04 Juni 2015
Hari Biasa Pekan IX
 


Tob. 6:10-11; 7:1,6,8-13; 8:1,5-9a; Mzm. 128:1-2,3,4-5; Mrk. 12:28b-34.

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Kita diingatkan kembali dengan hukum utama, yakni hukum kasih. Kali ini, saya akan mengaitkan hukum kasih ini dengan tanda salib. Dengan tanda salib, kita memasukkan hidup dan segala aktivitas yang kita lakukan dalam kuasa dan perlindungan Allah Tritunggal. Oleh karena itu, kita mengucapkan "Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus" bukan "Atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus". Sambil mengucapkan nama Allah Tritunggal, kita menyentuh dahi, dada dan kedua bahu kanan-kiri. Sentuhan di dahi mengungkapkan kesediaan kita untuk mengasihi Tuhan dengan segenap akal budi kita. Sentuhan di dada menungkapkan kesediaan kita untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa. Sentuhan di bahu kanan dan kiri menyatakan kesediaan kita untuk mengasihi Tuhan dengan segenap kekuatan kita. Dengan demikian, tanda salib, yang dalam sehari kita membuatnya dalam kali, bukan sekedar tanda yang kosong, tetapi merupakan ungkapan kesediaan kita untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan. Oleh karena itu, setiap pekerjaan dan tindakan yang kita awali dengan tanda salib (=doa) hendaknya sungguh-sungguh merupakan perwujudan cinta kita kepada Tuhan secara total. Demikian pula, hendaknya kita selalu mengawali dan mengakiri setiap pekerjaan dan tindakan dengan tanda salib (=doa) agar dengannya kita mampu untuk secara sungguh-sungguh mewujudkan cinta kita kepada Tuhan secara total.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kami mampu mengungkapkan dan mewujudkan cinta kami kepada-Mu dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan. Amin. -agawpr-

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy