Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya." (Ulangan 4:40)
Mrk. 5:40 Tetapi mereka menertawakan Dia. Maka diusir-Nya semua orang itu, lalu dibawa-Nya ayah dan ibu anak itu dan mereka yang bersama-sama dengan Dia masuk ke kamar anak itu.
Et irridebant eum. Ipse vero, eiectis omnibus, assumit patrem puellae et matrem et, qui secum erant, et ingreditur, ubi erat puella;
Syalom aleikhem. Persis sebelumnya, Tuhan mengatakan anak Yairus tak mati, tapi tidur. Orang-orang di sana yang disebut “mereka” pada awal ayat ini tentu tertawa. Mereka mengejek Tuhan. Jelas anak itu telah mati, pikir mereka, bagaimana mungkin orang ini bilang si anak tak mati. Secara faktual, orang-orang itu benar sebab anak Yairus sudah mati. Namun, Sang Kristus pun benar sebab dari sudut pandang-Nya, kematian tak punya arti apa-apa.
Kata “diusir” dalam teks Yunani biasa dikenakan untuk tindakan mengusir roh jahat. Bukan berarti Tuhan memakai kekerasan ketika mengusir orang-orang yang menertawakan-Nya. Tuhan meminta mereka keluar, itu saja. Injil menggunakan kata “mengusir” untuk menggambarkan secara rohani ketakpercayaan harus diusir dari diri orang. Kita melihat, orang-orang itu tidak/belum percaya akan kuasa Tuhan. Itu yang perlu diusir, sikap tidak/kurang beriman.
Kata “dibawa” artinya ‘diajak masuk’. Dengan demikian, di ruangan kini ada tujuh orang: si anak, Tuhan, Yairus dan istrinya, serta ketiga murid: Petrus, Yakobus, Yohanes. Kejadian berikut melibatkan hanya ketujuh orang.
Mrk 5:41 Lalu dipegang-Nya tangan anak itu, kata-Nya: “Talita kum,” yang berarti: “Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!”
et tenens manum puellae ait illi: “ Talitha, qum! ” — quod est interpretatum: “ Puella, tibi dico: Surge! ” - .
Ayat ini cukup jelas mengisahkan perbuatan dan perkataan Tuhan. Kata-kata bahasa Aram itu (talita kum) bukan mantera, itu kata-kata biasa. Zaman itu, orang Israel pada umumnya bicara dalam Aram. Injil mengingatkan kita akan “bahasa asli” yang digunakan Tuhan.
Mrk. 5:42 Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan, sebab umurnya sudah dua belas tahun. Semua orang yang hadir sangat takjub.
Et confestim surrexit puella et ambulabat; erat enim annorum duodecim. Et obstupuerunt continuo stupore magno.
Dampak perbuatan dan perkataan Tuhan dijelaskan: si anak bangun, orang-orang takjub. Kata “takjub” ini sama dengan yang dipakai di 2:12. Frasa “semua orang” artinya semua yang hadir, tak hanya Yairus dan istrinya serta ketiga murid, melainkan termasuk orang-orang yang tadinya menertawakan Tuhan.
Mrk. 5:43 Dengan sangat Ia berpesan kepada mereka, supaya jangan seorang pun mengetahui hal itu, lalu Ia menyuruh mereka memberi anak itu makan.
Et praecepit illis vehementer, ut nemo id sciret, et dixit dari illi manducare.
Ada dua perintah: pertama, peristiwa ini jangan sampai diketahui orang; kedua, si anak diberi makan. Larangan ini sama dengan yang ada pada 1:34.44 dan 3:12.
Kamis, 03 Oktober 2019
Hari Biasa Pekan XXVI “Ketika
kamu lelah berdoa, dan tidak menerimanya, pertimbangkanlah seberapa
sering kamu mendengar seorang miskin memanggilmu, dan kamu tidak
mendengarkannya, dan dia tidak marah atau menghinamu.” — St. Yohanes
Krisostomus
Antifon Pembuka (Za 8:8)
Aku akan menyelamatkan umat-Ku dan membawa mereka pulang. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku menjadi Allah mereka.
Doa Pembuka
Allah Bapa yang Mahakuasa dan kekal, berkali-kali Engkau bersabda
melalui para nabi. Tetapi pada pribadi Yesus Kami imani Dialah Sabda-Mu
yang menjelma, warta gembira bagi sekalian orang segala zaman. Kami
mohon agar selalu siap sedia mendengarkan sabda-Mu dengan iman dan penuh
perhatian, serta mewartakan-Nya kepada siapa saja. Dengan pengantaraan
Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dan
Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa. Amin. Ezra,
ahli kitab, membacakan beberapa bagian dari Kitab Taurat kepada
orang-orang Israel. Mereka memahami bahwa hari itu adalah hari yang suci
bagi Tuhan dan kesempatan bagi mereka untuk bersukacita. Tuhan
senantiasa menyertai dan melindungi mereka.
Bacaan dari Kitab Nehemia (8:1-5a.6-7.8b-13)
"Ezra membuka Kitab dan memuji Tuhan. Maka seluruh umat menjawab, "Amin! Amin!"
Sesudah kembali dari pembuangan, orang-orang Israel telah menetap
kembali di kota-kota mereka. Lalu pada bulan ketujuh berkumpullah
seluruh rakyat di lapangan di muka Gerbang Air di Yerusalem. Mereka
meminta kepada Ezra, ahli kitab, supaya membawa Kitab Taurat Musa, yakni
kitab hukum yang diberikan Tuhan kepada Israel. Dan pada hari pertama
bulan ketujuh itu Imam Ezra membawa Kitab Taurat itu ke depan jemaat,
pria, wanita dan semua yang dapat mendengar dan mengerti. Ia membacakan
beberapa bagian dari kitab itu di halaman di depan Gerbang Air dari pagi
sampai tengah hari di depan pria, wanita dan semua orang yang dapat
mengerti. Dengan penuh perhatian seluruh umat mendengarkan pembacaan
Kitab Taurat itu. Adapun Ezra, ahli kitab, berdiri di atas mimbar kayu
yang dibuat khusus untuk peristiwa itu. Ia membuka kitab itu di depan
mata seluruh umat, karena ia berdiri lebih tinggi dari semua orang. Pada
waktu ia membuka kitab semua orang bangkit berdiri. Lalu Ezra memuji
Tuhan, Allah yang mahaagung, dan semua orang menjawab, “Amin! Amin,”
sambil mengangkat tangan. Kemudian mereka berlutut, dan sujud menyembah
Tuhan dengan muka sampai ke tanah. Para Lewi menjelaskan hukum itu
kepada jemaat, sementara rakyat berdiri di tempatnya. Bagian-bagian
Kitab Taurat Allah dibacakan dengan jelas, dengan diberi
keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti. Lalu Nehemia,
kepala daerah, dan Imam Ezra, ahli kitab, serta orang-orang Lewi yang
mengajar jemaat, berkata kepada seluruh hadirin, “Hari ini adalah kudus
bagi Tuhan Allahmu. Kalian jangan berdukacita dan menangis!” Karena
semua orang itu menangis, ketika mendengar kalimat-kalimat Taurat. Lalu
berkatalah Nehemia kepada mereka, “Pergilah, makanlah sedap-sedapan dan
minumlah minuman manis; dan berikanlah sebagian kepada mereka yang tidak
sedia apa-apa! Sebab hari ini kudus bagi Tuhan kita. Janganlah bersusah
hati, tetapi bersukacitalah karena Tuhan, sebab sukacita karena
Tuhanlah perlndunganmu.” Juga orang-orang Lewi menyuruh semua orang itu
diam dengan kata-kata, “Tenanglah! Hari ini hari kudus. Jangan bersusah
hati!” Maka pergilah semua orang untuk makan dan minum, untuk
membagi-bagi makanan dan berpesta ria, karena mereka mengerti segala
sabda yang diberitahukan kepada mereka.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = f, 2/4, PS 853
Ref. Sabda-Mu ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan.
Ayat. (Mzm 19:8-11; Ul: Yoh 6:63)
1. Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh memberikan hikmat kepada orang bersahaja.
2. Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata ceria.
3. Takut akan Tuhan itu suci, tetap untuk selama-lamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil selalu.
4. Lebih indah daripada emas, bahkan daripada emas tua; dan lebih manis
daripada madu, bahkan daripada madu tetesan dari sarang lebah. Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mrk 1:15)
Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (10:1-12)
"Semoga damaimu menyertai dia."
Pada waktu itu Tuhan menunjuk tujuh puluh dua murid. Ia mengutus mereka
berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak
dikunjungi-Nya. Berkatalah Ia kepada mereka, “Tuaian banyak, tetapi
pekerjanya sedikit! Sebab itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian,
agar ia mengirimkan pekerja-pekerja ke tuaian itu. Pergilah! Camkanlah,
Aku mengutus kalian seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.
Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah
memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan. Kalau memasuki
suatu rumah, katakanlah lebih dahulu, ‘Damai sejahtera bagi rumah ini’.
Dan jika di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka
salammu itu akan tinggal padanya. Tetapi jika tidak, maka salammu
kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa
yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat
upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Jika kalian masuk ke dalam
sebuah kota dan diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan
kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ. Dan
katakanlah kepada mereka, ‘Kerajaan Allah sudah dekat padamu’. Tetapi
jika kalian masuk ke dalam sebuah kota dan tidak diterima di situ,
pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah, ‘Juga debu kotamu
yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu. Tetapi ketahuilah
ini: Kerajaan Allah sudah dekat’. Aku berkata kepadamu, pada hari itu
Sodom akan lebih ringan tanggungannya daripada kota itu.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
Renungan Sepulang dan tanah
pembuangan di n egeri aging, orang Yahudi haus akan firman Tuhan dan
nndu akan siraman rohani melalui imam Ezra. Disamping membacakan, imam
menjelaskan pula makna firman itu. Mereka dalam keadaan yang serba
terbatas dan karenanya masih perlu bekerja keras untuk memulihkan
keadaan negeri yang luluh lantak akibat pendudukan asing. Kendati
demikian mereka harus bergembira karena hari itu adalah kudus; Allah
hadir di tengah umat-Nya melalui firman yang dibacakan itu (Neh 8:12).
Pesan serupa disampaikan juga kepada
murid-murid yang diutus Yesus untuk membawa kabar gembira kepada setiap
rumah yang mereka kunjungi, “Damai sejahtera bagi rumah ini" (Luk 10:5). Siapa yang menerima pemberita Injil itu, mengalami damai sejahtera dan sukacita karena, “Kerajaan Allah sudah dekat”
(Luk 10:9). Berita itu berasal bukan dari manusia melainkan dari Allah
sendiri. Yesus mengingatkan bahwa tugas perutusan itu tidak mudah,
sebaliknya penuh tantangan dan bahaya. “Aku mengutus kamu seperti anak
domba ke tengah-tengah serigala" (Luk 10:3). Maka mereka ta;perlu kuatir
akan keamanan dan keselamatan mereka dalam menjalankan tugas perutusan
itu. Segala yang mereka butuhkan ditanggung dan dijamin oleh Yesus yang
mengutus mereka “sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya” (Luk 10:7). (Mgr. Petrus B. Timang / Renungan Harian Mutiara Iman 2019) Antifon Komuni (Luk 10:3.5)
Pergilah! Aku mengutus kalian
seperti anak domba ke tengah serigala. Di rumah mana pun kalian masuk,
katakanlah: "Damai bagi rumah ini!"
Dalam bacaan-bacaan dari Alkitab, sabda Allah dihidangkan kepada umat
beriman, dan khazanah harta Alkitab dibuka bagi mereka. Maka, kaidah
penataan bacaan Alkitab hendaknya dipatuhi, agar tampak jelas kesatuan
Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dengan sejarah keselamatan. Tidak
diizinkan mengganti bacaan dan mazmur tanggapan, yang berisi Sabda
Allah, dengan teks-teks lain yang bukan dari Alkitab --- Pedoman Umum
Misale Romawi, No. 57
Rabu, 02 Oktober 2019
Peringatan Wajib. Para Malaikat Pelindung
Dalam segala pekerjaan baik, para malaikat bekerja sama dengan kita --- St. Thomas Aquinas
Antifon Pembuka (Dan 3:38)
Pujilah Tuhan, hai segala malaikat-Nya. Bermadahlah, luhurkanlah Dia selama-lamanya.
Doa Pembuka Allah Bapa, Pelindung dan Pembela kami, Engkau telah mengutus
para malaikat-Mu untuk menjagai kami. Semoga mereka selalu melindungi
dan membela kami sehingga kami berbahagia bersama mereka selamanya.
Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama
Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang
masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Keluaran (23:20-23a)
"Malaikat-Ku akan berjalan di depanmu."
Inilah firman Tuhan, “Sungguh, Aku mengutus seorang malaikat berjalan di
depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke
tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dan
dengarkanlah perkataannya; janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab
pelanggaranmu tidak akan diampuni olehnya, sebab nama-Ku ada di dalam
dia. Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan
melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan menggempur musuhmu, dan
menang atas lawanmu. Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan,
Ref. Malaikat-malaikat akan diperintahkan-Nya untuk menjaga engkau di segala jalanmu.
Ayat. (Mzm 91:1-2.3-4.5-6.10-11)
1. Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam
naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada Tuhan, “Tuhanlah tempat
perlindungan dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”
2. Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap
burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan
menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung,
kesetiaan-Nya adalah perisai dan pagar tembok.
3. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang
terbang di waktu siang; terhadap penyakit sampar yang menjalar di dalam
gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.
4. Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat
kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat akan diperintahkan-Nya untuk
menjaga engkau di segala jalanmu.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mzm 95:8ab) Pujilah Tuhan, hai segala tentara-Nya, muliakanlah Dia, hai para hamba yang melakukan kehendak-Nya.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (18:1-5.10)
"Malaikat mereka di surga selalu memandang wajah Bapa-Ku di surga."
Sekali peristiwa datanglah murid-murid kepada Yesus dan bertanya,
“Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?” Maka Yesus memanggil
seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu
berkata, “Aku berkata kepadamu: Sungguh, jika kamu tidak bertobat dan
menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajan
Surga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak
kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Barangsiapa
menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.
Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini.
Karena Aku berkata kepadamu: Malaikat mereka ada di surga, dan selalu
memandang wajah Bapa-Ku yang di surga.”
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami.
Renungan
"Setiap negara terus mengembangkan sistem keamanan dan perlengkapan
perangnya. Tujuannya, agar keamanan semakin terjamin. Perusahaan pakai
satpam, rumah pakai tembok tinggi, kebun pakai kawat duri, manusia
berlatih bela diri; semua itu bertujuan agar hidup lebih aman dan
nyaman. Tidak salah, kalau kita bertanya kepada diri sendiri, "Apakah
kehidupan sekarang ini semakin tidak nyaman karena keberadaan orang
lain?" Atau, "Kehidupan sekitar kita yang tidak nyaman apakah karena
keberadaan kita?"
Menjaga diri adalah suatu keharusan. Itu adalah satu pertanda bahwa kita
menghargai diri kita dan pertanda adanya kesadaran bahwa kita begitu
berharga. Jika manusia memahami apa artinya menghargai dan sadar bahwa
setiap pribadi itu berharga, adakah orang yang berniat merusak dirinya
yang berharga itu? Tentu tidak! Tetapi, mengapa semakin banyak kasus
memilukan dan mengenaskan dalam kehidupan ini? Ada banyak perampasan dan
perampokan. Ada banyak penganiayaan dan pemerkosaan. Ada banyak
kekayaan yang mencolok dan kemiskinan yang demikian parah. Apa penyebab
semua ini? Mungkinkah orang yang sadar dirinya berharga dan tahu
menghargai sebagai pelakunya?
Para penjaga jiwa yang terkasih, Injil hari ini menunjukkan kepada kita
salah satu sisi sebab kesenjangan dan sikap minusnya rasa hormat kepada
sesama. Dan Yesus memberikan jawaban yang sangat tepat, cara menjadi
yang terbesar dan menjadi pribadi yang luar biasa di antara sesama.
Seseorang tidak menjadi hebat dan luar biasa ketika dia berada di atas
yang lain, menjadi lebih kaya atau lebih hebat. Tetapi, seseorang itu
pasti akan menjadi orang yang berjiwa besar, hebat dan luar biasa ketika
ia bisa menjadi bagian dari semua orang. Caranya, dengan melayani,
mengangkat yang lemah, menyadarkan yang kehilangan harapan dan
meyakinkan semua bahwa kita ini adalah makhluk berharga yang pantas
hidup dan merasakan bahagia.
Di mata Tuhan kita itu sangat berharga (Yes 43:4a). Oleh karena itu, Ia
menjaga dan melindungi jiwa-raga kita dengan mengutus para
malaikat-Nya. Sadarkah, bahwa hidup kita yang begitu berharga ini
senantiasa dijaga oleh malaikat pelindung? (CAFE ROHANI)
Antifon Komuni (Mzm 138 (137): 1) Di hadapanpara malaikatmemuji-muji Engkau,Allahku. In the presence of the Angels I will praise you, my God. Tanya & Jawab:
Siapa para malaikat itu? Malaikat-Malaikat
adalah makhluk murni spiritual, bukan makhluk bertubuh, tak kelihatan,
tak dapat mati, dan berpribadi, dianugerahi akal dan kehendak. Mereka
mengontemplasikan dan bertatap muka dengan Allah terus-menerus, dan
mereka memuliakan-Nya. Mereka mengabdi-Nya dan menjadi pembawa pesan
dalam melaksanakan misi penyelamatan-Nya bagi semua. Dengan cara bagaimana para malaikat hadir dalam kehidupan Gereja? Gereja
bergabung dengan para malaikat dalam menyembah Allah, meminta
pertolongan mereka dan memperingati mereka dalam liturgi. (Kompendium
Katekismus Gereja Katolik, 60-61)
KATKIT (Katekese Sedikit) No. 279 Seri Katekismus MENGENAL KAUM RELIGIUS
Syalom aleikhem. Kaum religius dalam Gereja Katolik tak termasuk hierarki, juga tak termasuk awam. Kaum religius adalah biarawan-biarawati, mengikrarkan kaul (janji) sesuai nasihat injili. Tiga Kaul Yang dimaksud ikrar tersebut adalah kaul kemurnian, kemiskinan, ketaatan. Kemurnian artinya pantang menikah demi Kerajaan Allah. Kemiskinan adalah niat hidup sederhana, hidup “seadanya”. Ketaatan berarti kesediaan diutus ke mana saja sesuai perintah Allah yang terwujud dalam perintah pemimpin. Pengucapan kaul-kaul disebut juga “hidup bakti”, artinya hidup mereka dibaktikan kepada Allah melalui bakti kepada Gereja dan dunia.
Sejak awal mula Gereja, sudah ada orang-orang yang secara khusus mengamalkan kaul-kaul yang disebut nasihat-nasihat injili tersebut. Mereka bermaksud mengikuti Kristus dengan lebih bebas. Bebas artinya terlepas dari ikatan-ikatan duniawi berupa ikatan kehangatan keluarga yang ditandai dengan tidak menikah, maupun ikatan harta duniawi yang ditunjukkan dengan hidup sederhana, dan ikatan egoisme yang diwujudkan dengan taat kepada perintah pemimpin.
Umumnya, ikrar religius diumumkan secara publik. Contoh, seorang suster biarawati mengucapkan kaul di depan uskup dan pemimpin ordonya serta umat yang hadir dalam acara ikrar kaul. Demikian juga seorang bruder biarawan. Itulah yang disebut berkaul secara publik, artinya orang banyak mengetahuinya dan Gereja “mencatatnya”. Para Pertapa
Di samping para religius yang berkaul secara publik, ada pula para pertapa yang tak mengucapkan kaul secara publik. Para pertapa menarik diri dari dunia ramai menuju ke kesunyian lahir-batin untuk mempersembahkan hidupnya kepada Allah. Orang-orang semacam itu disebut eremit. Mereka hidup di tempat terpencil, biasanya di padang gurun, dengan pola hidup yang sangat sederhana.
Para eremit mendoakan dunia sebab hidup mereka terus-menerus dipenuhi doa dan laku tobat. Mereka juga menjadi saksi-saksi nyata mengenai hidup yang akrab dengan Sang Kristus. Konkretnya, ketika banyak orang Katolik tunggang-langgang dalam kehidupan hingga melalaikan doa, para eremit tak pernah meninggalkan doa “sedetik pun”. Bukankah seperti itu di dalam Kerajaan Surga, di mana ada doa tanpa putus berkumandang dari para malaikat dan para kudus. Para Perawan Bentuk lain hidup religius adalah para perawan yang membaktikan diri demi Kerajaan Surga. Sejak awal Gereja, kaum perawan sudah ada. Lalu dalam sejarah, beberapa perawan membentuk kelompok yang akhirnya menjadi ordo-ordo dalam Gereja Katolik. Itulah ordo para suster biarawati.
Demikian juga para eremit tadi. Beberapa eremit membentuk kelompok supaya dapat menghayati hidup pertapa secara bersama-sama. Itulah yang kini kita kenal sebagai ordo-ordo pertapa.
Dalam Gereja Katolik, ada banyak ordo suster, ordo bruder, ordo pertapa lelaki (rahib), ordo pertapa perempuan (rubiah).
** Ringkasan atas Katekismus Gereja Katolik (KGK) No. 914-945
Selasa, 01 Oktober 2019
Pesta St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus, Perawan-Pujangga Gereja, Pelindung Karya Misi
“Kegembiraan kita temukan tidak dalam hal-hal yang mengelilingi kita, melainkan dalam pusat jiwa.” (St. Teresia dari Lisieux)
Antifon Pembuka (bdk. Ul 32:10-12)
Tuhan membimbing dan mengajar Teresia, menjaganya laksana biji mata.
Tuhan membentangkan sayap sebagai rajawali dan membawanya serta dengan
aman sentosa. Hanya Tuhanlah pemimpinnya.
The Lord led her and taught her, and kept her as the apple of his eye.
Like an eagle spreading its wings he took her up and bore her on his
shoulders. The Lord alone was her guide.
Pada Misa hari ini ada Kemuliaan/Gloria
Doa Pembuka
Allah, Bapa kami, Engkau membuka Kerajaan-Mu bagi orang kecil dan rendah
hati. Semoga dengan tabah kami menempuh jalan kecil Santa Teresia, dan
semoga berkat doanya kemuliaan-Mu yang abadi Kaunyatakan kepada kami.
Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau,
dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
Amin.
Bacaan dari Kitab Yesaya (66:10-14c)
"Aku mengalirkan kepadanya keselamatan dari sungai."
Bersukacitalah
bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-sorailah karenanya, hai semua
orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama-sama dia
segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya! Hendaknya
kamu minum susu yang menyegarkan dan menjadi kenyang, hendaknya kamu
menghirup dan menikmati susu yang bernas. Sebab beginilah firman Tuhan:
Sungguh, Aku mengalirkan kepadanya keselamatan seperti sungai, dan
kekayaan bangsa-bangsa seperti batang air yang membanjir. Kamu akan
menyusu, akan digendong, dan akan dibelai-belai di pangkuan. Seperti
seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah kamu akan Kuhibur; kamu akan
dihibur di Yerusalem. Apabila kamu melihatnya, hatimu akan girang, dan
kamu akan seperti rumput muda yang tumbuh lebat. Demikianlah sabda Tuhan U. Syukur kepada Allah.
atau
Kasih mengarahkan kita kepada Tuhan, sedangkan iman dan pengharapan mengarahkan kepada kesempurnaan diri kita. Iman memberikan kita kesempunaan akal budi (iman adalah kegiatan akal budi) dan pengharapan menyempurnakan keinginan kita (harapan adalah kegiatan keinginan) akan kehidupan kekal di surga. Atau dengan kata lain, Kasih adalah tujuan akhir, namun iman dan pengharapan merupakan cara. Sama seperti cara melayani tujuan akhir, maka iman dan pengharapan melayani kasih. Harapan tanpa kasih kepada Tuhan adalah sia-sia (1 Kor 13:3). Kasih kita kepada Tuhanlah yang menyebabkan kita terus berharap akan persatuan dengan Tuhan di tengah-tengah setiap penderitaan dan kesulitan yang kita alami. Harapan yang mati hanya berharap demi kesenangan pribadi, namun harapan yang dilandasi kasih membuat kita bersedia berkurban untuk orang yang kita kasihi, demi kasih kita kepada Tuhan. Dan ini yang menyebabkan kita turut bersukacita dalam setiap penderitaan dan kesulitan karena kita berpartisipasi dalam penderitaan Kristus.
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (12:31-13:13)
"Sekarang tinggal iman, harapan, dan kasih, namun yang paling besar diantaranya adalah kasih."
Saudara-saudara, berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang
paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.
Sekalipun aku dapat berbicara dalam semua bahasa manusia dan malaikat,
tetapi jika tidak mempunyai kasih, aku seperti gong yang berkumandang
dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia bernubuat
dan mengetahui segala rahasia serta memiliki seluruh pengetahuan;
sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung,
tetapi jika tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.
Sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan
menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai
kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku. Kasih itu sabar, kasih
itu murah hati dan tidak cemburu. Kasih tidak memegahkan diri, tidak
sombong dan tidak bertindak kurang sopan. Kasih tidak mencari keuntungan
diri sendiri, tidak cepat marah dan tidak menyimpan kesalahan orang
lain. Kasih tidak bersukacita atas ketidakadilan, tetapi atas apa yang
benar. Kasih menutupi segala sesuatu, percaya akan segala sesuatu,
mengharapkan segala sesuatu, dan sabar menanggung segala sesuatu. Kasih
tidak berkesudahan. Nubuat akan berakhir, bahasa roh akan berhenti, dan
pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap, dan
nubuat kita tidak sempurna. Tetapi bila yang sempurna tiba, hilanglah
yang tidak sempurna. Ketika masih kanak-kanak, aku berbicara seperti
kanak-kanak, merasa seperti kanak-kanak, dan berpikir seperti
kanak-kanak pula. Tetapi sekarang setelah menjadi dewasa, aku
meninggalkan sifat kanak-kanak itu. Sekarang kita melihat gambar yang
samar-samar seperti dalam cermin, tetapi nanti dari muka ke muka.
Sekarang aku mengenal secara tidak sempurna, tetapi nanti aku akan
mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal. Demikianlah
tinggal ketiga hal ini: iman, pengharapan dan kasih. Namun yang paling
besar di antaranya adalah kasih.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Sinarilah hamba-Mu, ya Tuhan, dengan wajah-Mu.
Ayat. (Mzm 119:66.71.75.91.125.130)
1. Ajarkanlah kepadaku kebijaksanaan dan pengetahuan yang baik, sebab aku percaya pada perintah-perintah-Mu.
2. Memang baik bahwa aku tertindas, supaya aku belajar memahami ketetapan-ketetapan-Mu.
3. Aku tahu, ya Tuhan, bahwa hukum-hukum-Mu adil; dan memang tepat bahwa Engkau telah menyiksa aku.
4. Menurut hukum-hukum-Mu sekarang semuanya itu ada, sebab segala sesuatu melayani Engkau.
5. Hamba-Mulah aku ini, buatlah aku mengerti, supaya aku paham akan peringatan-peringatan-Mu.
6. Bila tersingkap, firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh. Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Mat 11:25)
Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, sebab misteri Kerajaan-Mu Kaunyatakan kepada orang kecil.
Anak kecil tidak bisa hidup tanpa orangtuanya. Ia tergantung sepenuhnya pada belas kasih orangtuanya. Demikian juga manusia yang memiliki sikap tobat. Dia akan menggantungkan seluruh hidupnya pada belas kasih Allah. Ia tergantung sepenuhnya pada Allah. Dengan rendah hati ia mengakui segala kelemahan dan dosanya dan senantiasa mengharapkan belas kasih dan kerahiman Allah. Ia pasrah kepada Allah.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (18:1-5)
"Jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga."
Sekali peristiwa datanglah murid-murid kepada Yesus dan bertanya,
“Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?” maka Yesus memanggil
seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka, lalu
berkata, “Aku berkata kepadamu: Sungguh, jika kamu tidak bertobat dan
menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan
Surga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak
kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Barangsiapa
menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan! Renungan Maria Francoise Therese Martin lahir di Alencon, Prancis pada tanggal 2 Januari 1873. Theresia adalah puteri bungsu dari keluarga saleh Louis Martin dan Azelie Guerin. Ayahnya seorang pembuat arloji di kota Alencon. Sepeninggal isterinya, ia bersama anak-anaknya pindah ke Lisieux. Kematian ibunya menimbulkan shock besar pada Theresia sebagai puteri bungsu. Terpaksa kakaknya, Pauline, menggantikan kedudukan ibunya untuk merawat dan memperhatikan perkembangannya.
Theresia sangat dikasihi ayahnya. Ia diberi macam-macam julukan: 'Theresia Kecil', 'Bungsu Kecil' dan 'Ratu Kecil'. Pada tahun 1881 sampai 1885, ia belajar di sekolah Suster-suster Benediktin. Ia sangat perasa dan cepat menangis sehingga teman-temannya tidak akrab dengannya. Ia semakin menjadi perasa sewaktu kakaknya Pauline masuk biara Karmelit di Lisieux pada bulan Oktober 1882. Theresia jatuh sakit karena keberangkatan Pauline itu. Theresia disembuhkan secara ajaib. Sementra kakak-kakaknya berlutut disamping tempat tidurnya untuk berdoa bagi kesembuhannya, patung Bunda Maria yang berada di depannya tiba-tiba tersenyum padanya. Penyakit itu hilang seketika meskipun sifat perasa masih tetap ada. Sifat itu baru mulai hilang karena nasehat ayahnya ketika mereka menghadiri upacara malam Natal tahun 1886. Semenjak itu, ia mulai semakin sadar akan keburukan dari sifatnya yang manja dan lekas tersinggung itu. Ia sadar bahwa ia sudah mulai remaja dan lebih dari itu bahwa sifat kekanak-kanakan itu tidak cocok bagi seorang wanita yang bercita-cita menjadi suster. Saat kesadarannya ini - kemudian dalam autobiografinya - disebutnya sebagai saat ber-rahmat yang mengawali kehidupannya yang baru. Katanya dalam buku itu: "Yesuslah yang merubah diriku."
Semenjak itu ia mulai sadar bahwa dirinya dipenuhi karunia Roh Kudus. Ia sadar pula bahwa dia harus mengabdikan seluruh-hidupnya kepada Tuhan. Kerinduannya untuk bersatu dengan Kanak-kanak Yesus sangatlah besar, dan karena itu di kemudian hari setelah ia digelari 'kudus', ia dinamai 'Theresia dari Kanak-kanak Yesus' dan Theresia dari Lisieux'. Kepada Yesus ia berjanji tidak akan pernah segan melakukan apa saja yang dikehendaki Tuhan dari padanya.
Kerinduannya itu terungkap dalam salah satu doanya berikut ini: "Yesus, tentu Engkau senang mempunyai mainan. Biarlah saya menjadi mainanMu! Anggap saja saya ini mainanMu. Bila akan Kauangkat, betapa senang hatiku. Jika hendak Kausepak kian kemari, silakan!' Dan kalau hendak Kautinggalkan di pojok kamar lantaran bosan, boleh saja. Saya akan menunggu dengan sabar dan setia. Tetapi kalau hendak Kautusuk bola-Mu. . .O, Yesus, tentu itu sakit sekali, namun terjadilah kehendakMu!" Inilah doa Theresia Martin kepada Kanak-kanak Yesus yang sangat dirindukannya tetapi belum bisa disambutnya karena umurnya baru 7 tahun.
Orangtua Theresia baik sekali terhadapnya bersama saudara-saudaranya yang lain. Mereka semua - ada lima orang - menjadi suster. Betapa bahagia hati Theresia, ketika pada umur 12 tahun boleh menyambut Tubuh Yesus untuk pertama kalinya. Di hadapan sebuah salib, ia berjanji: "Yesus di kayu salib yang haus, saya akan 'memberikan air kepadaMu. Saya bersedia menderita sedapat mungkin, agar banyak orang berdosa bertobat." Pendosa pertama yang bertobat berkat doa Theresia ialah seorang penjahat kakap yang dijatuhi hukuman mati tanpa menyesal, namun akhirnya ia bertobat juga di hadapan sebuah salib sesaat sebelum menjalani hukuman.
Kerinduan Theresia yang begitu besar pada Yesus mendesak dia untuk menjalani kehidupan khusus sebagai seorang biarawati, mengikuti teladan 4 orang saudaranya yang sudah lebih dahulu menjadi suster. Tetapi ia belum bisa diterima karena umurnya baru 14 tahun. Ia tidak putus asa. Ia. berziarah ke Roma bersama orangtuanya. Dalam audiensi umum dengan Bapa Suci, ia dengan berani meminta izin khusus dari Bapa Suci untuk menjadi suster. Permintaannya itu dikabulkan dan dia boleh masuk biara pada umur 15 tahun. Ia diterima dalam biara Suster-suster Karmelit di Lisieux, Prancis. Kedua kakaknya sudah lebih dahulu di biara itu. Sembilan tahun lamanya, ia hidup sebagai suster biasa. Sebagaimana suster muda lainnya, ia melaksanakan tugas dan doa harian, harus mengatasi perasaan tersinggung, marah, rasa iri hati dan memerangi kebosanan serta bermacam ragam godaan lahir maupun batin. Untuk mencapai kesempurnaan hidup, ia memilih 'jalan sederhana' berdasarkan ajaran Kitab Suci: hidup selaku seorang anak kecil, penuh cinta dan iman kepercayaan akan Allah dan penyerahan diri yang total dengan perasaan gembira. Demi cita-cita itu, ia melakukan hal-hal kecil dan kewajiban-kewajiban sehari-hari dengan penuh tanggungjawab karena cinta kasihnya yang besar kepada Allah Bapa di surga.
Ia sedih sekali melihat banyak orang menyakiti hati Yesus dengan berbuat dosa dan tidak mau bertobat. Untuk mempertobatkan orangorang berdosa itu, ia mempersembahkan dirinya sebagai korban penyilih dosa-dosa. Ia rajin berdoa dan melakukan tapa bagi semua orang berdosa. Ia juga berdoa bagi para misionaris dan kemajuan Kerajaan Allah di seluruh dunia.
Theresia akhirnya menderita sakit paru-paru yang parah. Selama dua tahun lamanya ia menanggung beban penderitaan itu dengan gembira. Penyakit ini kemudian merengut nyawanya pada tanggal 30 September 1897 di biara Lisieux. Sebelum menghembuskan nafasnya, ia berjanji untuk menurunkan hujan mawar ke dunia. Janji ini benar terpenuhi karena banyak karunia Allah diberikan kepada semua orang yang berdoa dengan perantaraannya.
Theresia meninggal dunia dalam usia yang sangat muda, 24 tahun. Ia mewariskan catatan riwayat pribadinya yang ditulis atas permintaan ibu biara: "Kisah suatu Jiwa." Di dalamnya ia menunjukkan bahwa kesucian hidup dapat dicapai oleh siapa saja, betapa pun rendah, hina dan biasa orang itu. Caranya ialah melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kecil dan tugas sehari-hari dengan penuh cintakasih yang murni kepada Tuhan. Theresia adalah seorang Suster Karmelit yang terkenal di Prancis pada abad 20. Pada tahun 1925, ia digelari sebagai 'santa' oleh Paus Pius XI (1922-1939) dan diangkat sebagai 'Pelindung Karya Misi Gereja'. Kemudian oleh Paus Pius XII (1939-1958), Theresia diangkat sebagai 'Pelindung Prancis'.(imankatolik.or.id)
Antifon Komuni (lih. Mat 18:3)
Tuhan bersabda, "Sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi
seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga."
Thus says the Lord: Unless you turn and become like children, you will not enter the Kingdom of Heaven.
Senin, 30 September 2019 Peringatan Wajib St. Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja
“Setan bukanlah mereka yang menyalibkan-Nya, melainkan engkau, yang
bersama mereka menyalibkan-Nya dan masih tetap menyalibkan-Nya, dengan
berpuas diri dalam perbuatan jahat dan dalam dosa” (St. Fransiskus dari
Assisi).
Antifon Pembuka (Yos 1:8)
Kitab suci hendaknya kau baca senantiasa dan kaurenungkan siang malam.
Perliharalah dan laksanakanlah segala sesuatu yang tertulis di dalamnya.
Maka jalan hidupmu akan lurus dan sabda Tuhan akan kaupahami.
atau (Bdk. Mzm 1:2-3)
Diberkatilah dia yang merenungkan Taurat Tuhan siang dan malam. Ia akan menghasilkan buahnya pada musimnya.
Blessed indeed is he who ponders the law of the Lord day and night: he will yield his fruit in due season.
Doa Pembuka
Allah Bapa, sumber pengetahuan dan kebenaran, dalam hati Santo
Hieronimus, imam-Mu, telah Kautanamkan cinta mesra terhadap Kitab Suci.
Semoga umat-Mu semakin banyak menimba kekuatan dari sabda-Mu dan
menemukan sumber kehidupan di dalamnya. Dengan pengantaraan Yesus
Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau, dalam
persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, kini dan
sepanjang masa. Amin.
Bacaan dari Nubuat Zakharia (8:1-8)
"Aku akan menyelamatkan umat-Ku dari timur sampai barat."
Datanglah sabda Tuhan semesta alam, bunyinya: Beginilah sabda Tuhan
semesta alam, “Aku berusaha untuk Sion dengan kegiatan besar dan dengan
kehangatan amarah yang besar.” Beginilah sabda Tuhan semesta alam, “Aku
akan kembali ke Sion dan akan tinggal di tengah-tengah Yerusalem.
Yerusalem akan disebut Kota Setia, dan gunung Tuhan semesta alam akan
disebut Gunung Kudus.” Beginilah sabda Tuhan semesta alam, “Akan ada
lagi kakek-kakek dan nenek-nenek yang duduk di jalan-jalan Yerusalem,
masing-masing memegang tongkat karena lanjut usianya. Dan jalan-jalan
kota itu akan penuh dengan anak-anak laki-laki dan perempuan yang
bermain-main di situ.” Beginilah sabda Tuhan semesta alam, “Kalau pada
waktu itu sisa-sisa bangsa ini menganggap hal itu ajaib, apakah Aku akan
menganggapnya ajaib?” demikianlah sabda Tuhan semesta alam. Beginilah
sabda Tuhan semesta alam, “Sesungguhnya Aku akan menyelamatkan umat-Ku
dari timur sampai ke barat, dan Aku akan membawa mereka pulang, supaya
mereka tinggal di tengah-tengah Yerusalem. Maka mereka akan menjadi
umat-Ku dan Aku menjadi Allah mereka dalam kesetiaan dan kebenaran.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah. Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan sudah membangun Sion dan menampakkan diri dalam kemuliaan-Nya.
Ayat. (Mzm 102:16-18.19-21.29.22-23)
1. Maka bangsa-bangsa menjadi takut akan nama Tuhan, dan semua raja bumi
menyegani kemuliaan-Mu, bila Engkau sudah membangun Sion, dan
menampakkan diri dalam kemuliaan-Mu; bila Engkau mendengarkan doa
orang-orang papa, dan tidak memandang hina doa mereka.
2. Biarlah hal ini dituliskan bagi angkatan yang kemudian, dan bangsa
yang diciptakan nanti akan memuji-muji Tuhan, sebab Ia telah memandang
dari tempat-Nya yang kudus, Tuhan memandang dari surga ke bumi, untuk
mendengarkan keluhan orang tahanan, dan membebaskan orang-orang yang
ditentukan harus mati.
3. Anak hamba-hamba-Mu akan diam dengan tenteram dan anak cucu mereka
akan tetap ada di hadapan-Mu, supaya nama Tuhan diceritakan di Sion, dan
Dia dipuji-puji di Yerusalem apabila para bangsa berkumpul bersama-sama
dan kerajaan-kerajaan berhimpun untuk beribadah kepada Tuhan. Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mrk 10:45)
Anak Manusia datang untuk melayani dan menyerahkan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi semua orang.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (9:46-50)
"Yang terkecil di antara kalian, dialah yang terbesar."
Sekali peristiwa timbullah pertengkaran di antara para murid Yesus
tentang siapakah yang terbesar di antara mereka. Tetapi Yesus mengetahui
pikiran mereka. Karena itu, Ia mengambil seorang anak kecil dan
menempatkannya di samping-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka,
“Barangsiapa menerima anak ini demi nama-Ku, dia menerima Aku. Dan
barangsiapa menerima Aku, menerima Dia yang mengutus Aku. Sebab yang
terkecil di antara kalian, dialah yang terbesar.” Pada kesempatan lain
Yohanes berkata, “Guru, kami melihat seseorang mengusir setan demi
nama-Mu, dan kami telah mencegahnya, karena ia bukan pengikut kita.”
Tetapi Yesus menjawab, “Jangan kalian cegah, sebab barangsiapa tidak
melawan kalian, dia memihak kalian.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan Eusebius Hieronimus Sophronius lahir di Stridon, Dalmatia pada tahun 342. Ayahnya, Eusebius, adalah seorang beriman Kristen yang saleh hidupnya dan dikenal luas sebagai tuan tanah yang kaya raya. Ia mendidik Hieronimus sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan hidup Kristiani dan kebiasaan kerja keras. Ketika Hieronimus berusia 12 tahun, ia mengirimnya ke Roma untuk belajar ilmu hukum dan filsafat. Studinya berjalan lancar, hanya cara hidupnya tidak tertib karena pengaruh kehidupan moral orang Roma yang tidak terpuji pada masa itu. Untunglah bahwa ia lekas sadar dan bertobat dari cara hidupnya yang tidak tertib itu. Pada saat itulah ia meminta dipermandikan oleh Paus Liberius. Rahmat permandian yang diterimanya terus dihayatinya dengan banyak berdoa dan berziarah ke makam para martir dan para Rasul bersama kawan-kawannya. Kehidupan rohaninya terus meningkat, demikian pula cintanya kepada Tuhan dan sesama.
Pada tahun 370, ia berangkat ke kota Aquileia dan tinggal di sana: beberapa lama untuk mendapat bimbingan dari Valerianus, seorang Uskup yang saleh. Dari sana ia pindah ke kota Antiokia, dan menjalani hidup bertapa di padang gurun Chalcis, di luar kota Antiokia. Empat tahun lamanya ia hidup di dalam kesunyian padang gurun untuk belajar dan meningkatkan hidup rohaninya dengan doa dan puasa. Di bawah bimbingan seorang rabbi, ia belajar bahasa Yunani dan Ibrani.
Berkat kemajuan hidup rohaninya yang besar, ia dianggap layak untuk ditahbiskan menjadi imam. Peristiwa itu terjadi di Antiokia pada tahun 379. Setelah menjadi imam, Hieronimus pergi ke Konstantinopel karena tertarik pada cara hidup Santo Gregorius dari Nazianza. Ia memperoleh banyak pengalaman dari Gregorius bagi peningkatan hidupnya. Hieronimus kemudian berangkat ke Roma dan di sana ia menjadi sekretaris pribadi Sri Paus Damasus (366-384). Karena pengetahuannya yang luas dan mendalam tentang Kitab Suci dan kecakapannya dalam bahasa Latin, Yunani dan Ibrani, Hieronimus ditugaskan oleh Paus Damasus untuk membuat terjemahan baru atas seluruh isi Alkitab dari bahasa Yunani dan Ibrani ke dalam bahasa Latin. Untuk menunaikan tugas suci itu, ia pindah ke Betlehem, tempat kelahiran Yesus. Ia tinggal di sana selama 30 tahun untuk bekerja, belajar dan bersemadi. Perjanjian Lama diterjemahkannya dari bahasa Ibrani dan Aramik ke dalam bahasa Latin, sedangkan Perjanjian Baru diterjemahkannya dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Latin. Hasil terjemahannya sangat baik dan disukai banyak orang. Oleh karena itu terjemahannya disebut Vulgata, yang berarti Populer, dan sampai kini masih dianggap sebagai terjemahan yang resmi dan sah oleh Gereja.
Selain terkenal luas karena hasil terjemahannya, Hieronimus juga dikenal luas sebagai seorang pembela iman dari berbagai aliran bidaah dan pembimbing rohani. Dari segala penjuru datanglah banyak orang untuk mendapatkan bimbingannya dalam berbagai masalah ketuhanan dan Kitab Suci. Di Betlehem, Hieronimus mendirikan dua buah biara dan memimpinnya selama berada di Betlehem. Satu dari dua biara itu diperuntukkan bagi para biarawati di bawah pimpinan Santa Paula dan kelak oleh Santa Eustachia. Dua biara itu kemudian dibakar oleh para pengikut bidaah Pelagianisme. Kendati pun tertimpa kesedihan besar, Hieronimus terus giat menulis dan mengajar hingga wafatnya pada tahun 420. la dinyatakan oleh Gereja sebagai Orang Kudus sekaligus sebagai seorang Pujangga Gereja yang besar. (imankatolik.or.id) Antifon Komuni (Bdk. Yer 15:16)
Tuhan Allah, perkataanmu ditemukan dan aku menikmatinya. Firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku.
Lord God, your words were found and I consumed them; your word became the joy and the happiness of my heart.
Mrk. 5:36 Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: “Jangan takut, percaya saja!”
Iesus autem, verbo, quod dicebatur, audito, ait archisynagogo: “ Noli timere; tantummodo crede! ”.
Syalom aleikhem. Kata “mereka” memberi kita petunjuk, pembawa warta tak hanya satu orang, melainkan beberapa orang serombongan. Tuhan Yesus mengabaikan, tak menganggap, warta yang mereka bawa bahwa anak Yairus telah meninggal. Beliau memberikan peneguhan kepada Yairus. Frasa “jangan takut” bermakna ‘jangan ragu-ragu’. Tuhan masih menambahkan “percaya saja” yang bermakna ‘tetaplah yakin’. Ketika menemui Tuhan, Yairus sudah punya keyakinan kuat bahwa Tuhan sanggup melakukan mujizat atas anaknya yang sakit. Kini Yairus diminta tetap punya keyakinan yang sama seperti ketika ia datang meski ada kabar anaknya telah tiada.
Mrk. 5:37 Lalu Yesus tidak memperbolehkan seorang pun ikut serta, kecuali Petrus, Yakobus dan Yohanes, saudara Yakobus.
Et non admisit quemquam sequi se nisi Petrum et Iacobum et Ioannem fratrem Iacobi.
Baru saja, perjalanan Tuhan sempat terhenti. Kini Tuhan melanjutkan perjalanan menuju rumah Yairus. Ayat ini menyiratkan perjalanan selanjutnya tak melibatkan orang banyak dan murid-murid-Nya, kecuali tiga murid terpilih; tentu saja Yairus ikut. Secara tersirat, perjalanan berikutnya dilakukan hanya oleh Tuhan, Petrus, Yakobus, Yohanes, dan Yairus.
Mrk. 5:38 Mereka tiba di rumah kepala rumah ibadat, dan di sana dilihat-Nya orang-orang ribut, menangis dan meratap dengan suara nyaring.
Et veniunt ad domum archisynagogi; et videt tumultum et flentes et eiulantes multum,
Kelima orang itu tiba di rumah Yairus. Di depan rumah (luar rumah), mereka melihat ada banyak orang di sana yang menangis dan meratap. Frasa “menangis dan meratap” dalam bahasa asli berbentuk tiga kata benda “kegaduhan dan tangisan dan ratapan” (Latin: tumultum et flentes et eiulantes). Sudah gaduh, tambah ada tangis dan ratap. Gaduh karena banyak orang berkumpul terkait kematian itu, tangis tentu karena sesenggukan akibat bersedih, dan ratap lebih “meramaikan” lagi. Kesedihan mendalam mencekam rumah Yairus.
Mrk. 5:39 Sesudah Ia masuk Ia berkata kepada orang-orang itu: “Mengapa kamu ribut dan menangis? Anak ini tidak mati, tetapi tidur!”
et ingressus ait eis: “ Quid turbamini et ploratis? Puella non est mortua, sed dormit ”.
Pertanyaan Tuhan adalah pertanyaan retoris yang bermakna ‘tak usah menangis’. Menurut Tuhan, anak itu tidur, bukan mati. Kalimat ini adalah pengajaran dari Tuhan. Bagi Tuhan, mati adalah tidur belaka. Tuhan mengajar orang banyak (juga kita) bahwa kematian tak dapat menghalangi kuasa Tuhan, dan – lebih dalam lagi – Tuhan Yesus punya kuasa atas kematian. Ini semacam “ajaran pengantar” mengenai kebangkitan-Nya ketika Beliau benar-benar menunjukkan bahwa kematian tak punya kuasa apa-apa atas Tuhan.
terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati