Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya." (Ulangan 4:40)
Mrk. 6:31 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat.
Et ait illis: “ Venite vos ipsi seorsum in desertum locum et requiescite pusillum ”. Erant enim, qui veniebant et redibant, multi, et nec manducandi spatium habebant.
Syalom aleikhem. Secara kronologis (urutan peristiwa), kalimat “sebab memang” lebih dulu terjadi. Banyak sekali orang datang kepada Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya, dan Tuhan serta para murid-Nya melayani orang-orang itu. Akibatnya, Tuhan dan para murid-Nya tak sempat istirahat dan makan. Karena keadaan itu, Tuhan mengajak para murid-Nya menyepi sejenak.
Mrk. 6:32 Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi.
Et abierunt in navi in desertum locum seorsum.
Tuhan dan para murid-Nya memisahkan diri dari kumpulan orang banyak yang terus berdatangan tanpa henti, lalu pergi ke tempat yang sunyi. Frasa “dengan perahu” menyiratkan mereka melintasi danau (lagi); mereka pergi ke seberang danau. Nas tak menyebut jelas tempat manakah yang mereka tuju.
Mrk. 6:33 Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka.
Et viderunt eos abeuntes et cognoverunt multi; et pedestre de omnibus civitatibus concurrerunt illuc et praevenerunt eos.
Sewaktu Tuhan dan para murid-Nya berangkat dengan perahu, orang banyak tahu. Terjemahan mengatakan “mengetahui tujuan mereka”. Sebenarnya, frasa “tujuan mereka” tak ada dalam nas Yunani, bandingkan dengan nas Latin yang menulis “cognoverunt” tanpa objek atau keterangan. Secara harafiah, nas berbunyi “orang banyak mengetahui”. Apa yang mereka ketahui? Kurang jelas.
Ada dua kemungkinan. Pertama, orang banyak mengetahui bahwa orang-orang yang berlayar adalah Tuhan dan para murid-Nya. Kedua, orang banyak mengetahui tempat tujuan Tuhan dan para murid-Nya. Persoalan lain, apakah orang banyak pada ayat ini sama dengan orang banyak pada ayat 31? Tak terlalu jelas juga.
Apapun tafsiran perihal itu, ada hal yang jelas: Tuhan bagai magnet bagi orang banyak. Terbukti, orang banyak datang lebih dulu ke tempat Tuhan datang. Orang banyak menebak kira-kira ke mana Tuhan pergi. Dengan berjalan kaki di sekitar danau – sementara Tuhan dan para murid-Nya lewat danau – orang banyak tiba lebih dulu. Ketika Tuhan dan para murid-Nya mendarat, sudah ada orang banyak menanti di tempat pendaratan. Cilukba!
Itu menunjukkan pengaruh Tuhan Yesus begitu besar dan luas dalam masyarakat di tempat Beliau melayani.
Kamis, 06 Februari 2020
Peringatan Wajib St. Paulus Miki, Imam dan Kawan-kawan Martir
Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau
kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau
bahaya, atau pedang? Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada
orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. (Rm
8:35,37)
Antifon Pembuka (Mzm 119:10-11)
Para kudus bergembira di surga, sebab mengikuti jejak Kristus. Mereka
menumpahkan darahnya demi Dia, sehingga kini bersukaria selamanya.
Doa Pembuka
Allah Bapa kami kekuatan para kudus, Santo Paulus Miki dan
teman-temannya Kaupanggil melalui salib kepada kehidupan. Dengarkanlah
doa permohonan mereka, agar iman yang kami akui dan kami hayati, juga
kami pegang teguh sampai mati. Dengan pengantaraan Yesus Kristus,
Putra-Mu, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan
berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Pertama Raja-Raja (2:1-4.10-12)
"Aku akan mengakhiri perjalananku yang fana ini. Kuatkanlah hatimu, dan berlakulah kesatria."
Saat
kematian Daud sudah mendekat. Pada suatu hari ia berpesan kepada
Salomo, anaknya: “Aku ini akan mengakhiri perjalananku yang fana. Maka
kuatkanlah hatimu dan berlakulah ksatria. Lakukanlah kewajibanmu dengan
setia terhadap Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang
ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah,
peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa.
Semoga dengan demikian engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan
dalam segala yang kautuju, dan semoga Tuhan menepati janji yang
diucapkan-Nya tentang aku, yakni: Jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup
di hadapan-Ku dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap
jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel .”
Kemudian Daud mendapat istirahat bersama-sama nenek moyangnya, dan ia
dikuburkan di kota Daud. Jadi Daud memerintah orang Israel selama empat
puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun dan di Yerusalem tiga
puluh tiga tahun. Kemudian Salomo duduk di atas takhta Daud, ayahnya dan
menjadi kokohlah kerajaannya. Demikianlah sabda Tuhan. U. Syukur kepada Allah. Kidung Tanggapan Ref. Ya Tuhan, Engkau menguasai segala-galanya. Ayat. (1Tawarikh 29:10.11ab.11d-12a.12bcd; R:12b) 1. Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allahnya bapa kami Israel , dari sediakala sampai selama-lamanya.
2. Ya Tuhan, milik-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan,
kemasyhuran dan keagungan, ya segala-galanya yang ada di langit dan di
bumi. 3. Ya Tuhan,
milik-Mulah kerajaan. Engkaulah yang tertinggi melebihi segala-galanya.
Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu.
4. Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya. Dalam tangan-Mulah
kekuatan dan kejayaan, dalam tangan-Mulah kuasa untuk memperluas dan
memperkokoh kerajaan.
Bait Pengantar Injil Ref. Alleluya Ayat. Kerajaan Allah sudah dekat. Percayalah kepada Injil. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (6:7-13)
"Yesus mengutus murid-murid-Nya."
Sekali peristiwa, Yesus memanggil kedua belas murid itu dan mengutus
mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan
berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan
mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam
ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan
memakai dua baju. Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: "Kalau di suatu
tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai
kamu berangkat dari tempat itu. Dan kalau ada suatu tempat yang
tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu,
keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai
peringatan bagi mereka." Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa
orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles
banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.
Inilah Injil Tuhan kita! U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan! Renungan
Mengapa kita harus merasul? Itu 'kan tugasnya para pastor, bruder, dan suster. Kita ini sudah hidup susah, kerjaan tak menentu, masih disuruh merasul lagi. Mending kalau ada honor, ini .... sarana saja tidak disediakan, siapa mau? Yah..... merasul dianggap tugasnya kaum berjubah saja.
Yesus mengutus kedua belas murid-Nya pergi berdua-dua dengan pesan:
"Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan....". Yesus ingin agar mereka
sepenuhnya mengandalkan Allah. Mereka hanya boleh membawa yang minimal,
tongkat dan alas kaki, untuk bergerak cepat. Mereka boleh menerima
uluran tangan dari orang yang menawarkan tumpangan, tetapi tak boleh
pilih-pilih tumpangan yang enak. Jika ditolak pun mereka harus menerima
dengan lapang dada, lalu pergi dan kebaskan debu sebagai peringatan.
Pengebasan debu adalah kebiasaan orang-orang Yahudi yang terpaksa harus
melewati daerah orang-orang kafir. Dengan pengebasan itu mereka membuang
segala kotoran dari daerah itu yang menajiskan dan mendatangkan hukuman
Allah. Maka sehubungan dengan pengutusan para murid, pengebasan debu
merujuk pada peringatan agar orang merenungkan sikapnya dalam menanggapi
pemberitaan Injil. Menolak pemberitaan itu berarti menolak tawaran
penyelamatan Allah. Untuk itulah Yesus mengutus para murid pergi
berdua-dua. Berdua-dua penting demi terjaminnya kebenaran sebuah
kesaksian (bdk Ul 17:6; Bil 35:50). Berdua-dua dapat meringankan
beban pekerjaan dan derita kegagalan. Berdua-dua menjauhkan diri dari
kesombongan pribadi atas kesuksesan. Warta yang sama dari dua orang pun
lebih meyakinkan.
Yesus mengutus para murid pergi merasul berdua-dua, dan tidak
melakukannya seorang diri saja. Karena itu, mari kita bekerja sama, baik
yang berjubah maupun yang tidak berjubah dalam memberitakan Injil.
Merasul bukan melulu pekerjaan kaum berjubah saja, melainkan menjadi
pekerjaan semua murid Kristus dengan lebih mengandalkan bantuan Allah
daripada kemampuan sendiri dan kelengkapan sarana. (SS/INSPIRASI BATIN 2010)
Antifon Komuni (Yoh 15:13)
Tiada cinta kasih yang lebih besar daripada cinta kasih orang yang menyerahkan nyawa demi sahabatnya.
Doa Malam Tuhan Yesus, kami bersykur
atas anugerah kesehatan yang baik serta peristiwa hidup yang boleh kami
alami hari ini. Sertailah kami dalam tidur malam ini agar esok dapat
bangun dengan segar kembali. Amin.
Dibangun dalam Yesus Kristus berarti menanggapi panggilan Allah secara
positif, mengandalkan Ia dan melaksanakan perkataan-Nya. (Paus
Benediktus XVI, Pesan untuk WYD 26)
Antifon Pembuka
Inilah perawan yang budiman, yang keluar menyongsong Kristus dengan pelita bernyala.
Doa Pembuka
Ya Tuhan, Santa Agata, perawan dan martir, senantiasa menyenangkan
hati-Mu karena berani mempertahankan kemurnian dan rela mati demi iman.
Kami mohon, berikanlah belas kasih-Mu kepada kami berkat doa-doanya.
Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama
dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah,
sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Kedua Samuel (24:2.9-17)
"Akulah yang berdosa karena menghitung rakyat. Tetapi domba-domba ini, apakah yang mereka lakukan."
Sekali peristiwa, Raja Daud berkata kepada Yoab dan para panglima
tentara yang bersama-sama dengan dia, katanya, "Jelajahilah segenap suku
Israel dari Dan sampai Bersyeba; adakanlah pendaftaran di antara
rakyat, supaaya aku tahu jumlah mereka." Lalu Yoab memberitakan kepada
raja hasil pendaftaran rakyat. Orang Israel ada delapan ratus ribu pria
yang dapat memegang pedang; dan orang Yehuda ada lima ratus ribu. Tetapi
berdebar-debarlah hati Daud, setelah ia menghitung rakyat. Maka
berkatalah Daud kepada Tuhan, "Aku telah sangat berdosa karena melakukan
hal ini! Maka sekarang, Tuhan, jauhkanlah kiranya kesalahan hamba-mu,
sebab perbuatanku itu sangat bodoh." Setelah Daud bangun pada waktu
pagi, datanglah sabda Tuhan kepada Nabi Gad, pelihat Daud, demikian,
"Pergilah, katakanlah kepada Daud: Beginilah sabda Tuhan: Tiga perkara
Kuhadapkan kepadamu; pilihlah salah satu daripadanya, maka Aku akan
menimpakan kepadamu." Kemudian datanglah Gad kepada Daud, memberitahukan
kepadanya dengan berkata, "Pilihlah dari ketiga bencana ini: Akan
terjadi tiga tahun kelaparan di negerimu? Atau engkau melarikan diri
tiga bulan lamanya dari lawanmu, sementara mereka itu mengejar engkau?
Atau, akan terjadi tiga hari penyakit samapr di negerimu? Sekarang,
pikirkanlah dan pertimbangkanlah, jawab apa yang harus kusampaikan
kepada Yang Mengutus aku." Lalu berkatalah Daud kepada Gad, "Sangat
susah hatiku! Biarlah kiranya kita jatuh ke dalam tangan Tuhan, sebab
besar kasih sayang-Nya; tetapi janganlah aku jatuh ke dalam tangan
manusia." Jadi Tuhan mendatangkan penyakit sampar kepada orang Israel
dari pagi hari sampai waktu yang ditetapkan. Maka matilah dari antara
bangsa itu, dari Dan sampai Bersyeba, tujuh puluh ribu orang. Ketika
malaikat mengacungkan tangannya ke Yerusalem untuk memusnahkannya,
menyesallah Tuhan karena malapetaka itu, lalu Ia bersabda kepada
malaikat yang mendatangkan kemusnahan kepada bangsa itu, "Cukup!
Turunkanlah sekarang tanganmu itu." Waktu itu malaikat Tuhan itu ada
dekat tempat pengirikan Arauna, orang Yebus. Ketika melihat malaikat
yang tengah memusnahkan bangsa itu, berkatalah Daud kepada Tuhan,
"Sungguh, aku telah berdosa, dan telah membuat kesalahan! Tetapi
domba-domba ini, apakah yang mereka lakukan? Biarlah kiranya tangan-Mu
menimpa aku dan kaum keluargaku."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Ya Tuhan, ampunilah semua dosa kesalahanku.
Ayat. (Mzm 32:1-2.5-7)
1. Berbahagialah orang yang pelanggarannya diampuni dan dosa-dosanya
ditutupi! Berbahagialah orang yang kesalahannya tidak diperhitungkan
Tuhan, dan tidak berjiwa penipu!
2. Akhirnya dosa-dosaku kuungkapkan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah
kusembunyikan; aku berkata, "Aku akan menghadap Tuhan." Maka Engkau
sudah mengampuni kesalahanku.
3. Sebab itu hendaklah setiap orang saleh berdoa kepada-Mu, selagi
ditimpa kesesakan; kendati banjir besar terjadi ia tidak akan terlanda.
4. Engkaulah persembunyian bagiku, ya Tuhan! Engkau menjagaku terhadap
kesesakan. Engkau melindungi aku, sehingga aku luput dan bersorak.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Domba-domba-Ku mendengar suara-Ku, sabda Tuhan. Aku mengenal mereka, dan mereka mengikuti Aku.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (6:1-6)
"Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri."
Pada suatu ketika, Yesus tiba kembali di tempat asal-Nya, sedang
murid-murid-Nya mengikuti Dia. Pada hari Sabat Yesus mengajar di rumah
ibadat, dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia. Mereka
berkata, "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang
diberikan kepada-Nya? Dan mukjizat-mukjizat yang demikian, bagaimanakah
dapat diadakan oleh tangan-Nya? Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria?
Bukankah Ia saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah
saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa
dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka, "Seorang nabi
dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum
keluarganya dan di rumahnya." Maka Yesus tidak mengadakan satu mukjizat
pun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan
meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia merasa heran atas ketidakpercayaan
mereka. Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan Agata lahir di Kantania, pulau Sisilia, pada
pertengahan abad ketiga. Riwayatnya dan kisah kesengsaraannya karena
iman akan Kristus tidak diketahui secara pasti. Semuanya baru muncul
bertahun-tahun sepeninggal perawan suci ini.
Tradisi lama menurunkan satu-dua riwayat seperti
berikut: Agata adalah puteri seorang bangsawan kaya yang berkuasa di
Palermo atau Kantania, Sisilia. Penderitaannya sebagai seorang Martir
berawal pada masa pemerintahan kaisar Decius (249 - 251). Penderitaan
itu berawal dari peristiwa penolakannya terhadap lamaran Quintianus,
seorang pegawai tinggi kerjaan Romawi. Ia menolak lamaran itu karena ia
telah berjanji untuk tetap hidup suci di hadapan Tuhan.
Akibatnya ia di tangkap dan dipenjarakan dengan
maksud untuk mencemari kesuciannya. Semua usaha picik itu sia-sia
belaka. Dengan bantuan rahmat Tuhan, Agata tetap menunjukkan dirinya
sebagai mempelai Kristus yang teguh dan suci murni.
Quintianus semakin berang dan terus menyiksa Agata
hingga mati. Agata menghadapi ajalnya dengan perkasa dan menerima
mahkota keperawanan dan kemartirannya pada tahun 250.
Karena dipercaya bahwa Agata mempunyai kekuatan
untuk mencegah dan mengendalikan letusan-letusan gunung api Etna di
Sisilia, ia dimuliakan dan dihormati sebagai pelindung manusia dari
ancaman-ancaman api. (imankatolik.or.id)
Syalom aleikhem. Tanpa menghitung Antifon Pembuka yang secara liturgis “semestinya” didaraskan oleh schola alias kor atau paduan suara, kata-kata pertama yang diucapkan dalam setiap Perayaan Ekaristi adalah “dalam nama”, lengkapnya “dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”. Imam mengucapkannya, umat menjawab “amin”.
Perhatikan, tak dikatakan “nama-nama” (jamak), melainkan “nama” (tunggal). Bandingkan Inggrisnya: “in the name” yang singular; juga Latinnya “in nomine” yang tunggal pula. Dasar alkitabiahnya ada di Mat. 28:19, Tuhan Yesus bersabda mengenai pembaptisan yang harus dilakukan “dalam nama”. Kurban Misa pun “dalam nama”.
Pertama, “dalam nama” menggarisbawahi Credo: “aku percaya akan satu Allah”. Kalimat pertama dalam Misa adalah kalimat yang menyatakan keesaan Allah: “nama”, bukan “nama-nama”.
Kedua, keesaan Allah selalu dipahami dalam ketritunggalan-Nya. Lihat bahwa setelah “dalam nama” ada “Bapa dan Putra dan Roh Kudus”. Ketiganya adalah satu. Bapa dan Putra dan Roh Kudus adalah Allah yang esa yang mewahyukan diri dalam ketritunggalan.
Bapa adalah Allah, Putra adalah Firman Allah, Roh Kudus adalah Roh Allah. Tak mungkin Allah dan Firman-Nya dan Roh-Nya berpisah sedetik juga, esa dalam ketritunggalan. Itu mengapa Allah yang esa (unitas) dalam iman Kristen selalu Allah yang tritunggal (trinitas). Demikian isi ringkas padat kalimat pertama dalam Misa.
“Ketika engkau menerima-Nya, katakan kepada-Nya: Tuhan, aku berharap kepada-Mu, aku menyembah-Mu, aku mencintai-Mu, tambahkanlah imanku. Jadilah penopang dari kelemahanku: Engkau, yang tinggal tak berdaya dalam Ekaristi biarlah menjadi obat bagi kelemahan ciptaan-Mu.” — St. Josemaria Escriva
Antifon Pembuka (Ibr 12:1)
Marilah kita tanggalkan semua beban dosa, perintang kita dan berlomba dengan tekun sebagaimana diwajibkan.
Doa Pembuka
Allah Bapa yang Maharahim, Putra-Mu telah memberikan teladan untuk mengampuni dan mendoakan mereka yang telah menyalibkan-Nya. Semoga Yesus Kristus, Putra-Mu membebaskan kami pula dari segala bentuk kebencian dan hasrat untuk balas dendam sehingga kami mampu menjadi pembawa damai. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus,
hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin.
“Ketika engkau menerima-Nya, katakan kepada-Nya: Tuhan, aku berharap kepada-Mu, aku menyembah-Mu, aku mencintai-Mu, tambahkanlah imanku. Jadilah penopang dari kelemahanku: Engkau, yang tinggal tak berdaya dalam Ekaristi biarlah menjadi obat bagi kelemahan ciptaan-Mu.” — St. Josemaria Escriva
Bacaan dari Kitab Kedua Samuel (18:9-10.14b.24-25a.30-19:3)
"Daud meratapi kematian Absalom."
Waktu
melarikan diri, Absalom bertemu dengan anak buah Daud. Saat itu Absalom
sedang memacu bagalnya. Ketika bagal itu lewat di bawah jalinan
dahan-dahan pohon tarbantin yang besar, tersangkutlah rambut kepala
Absalom pada pohon tarbantin itu, sehingga ia tergantung antara langit
dan bumi, sedang bagal yang ditungganginya berlari terus. Seseorang
melihatnya, lalu memberitahu Yoab, katanya, "Aku melihat Absalom
tergantung pada pohon tarbantin." Lalu Yoab mengambil tiga lembing dalam
tangannya, dan ditikamnya ke dada Absalom! Waktu itu Daud sedang duduk
di antara kedua pintu gerbang sementara penjaga naik ke sotoh pintu
gerbang itu, di atas tembok. Ketika ia melayangkan pandangnya,
dilihatnyalah orang datang berlari, seorang diri saja. Berserulah
penjaga memberitahu raja. Lalu raja berkata kepada Ahimaas, "Pergilah ke
samping, berdirilah di situ." Ahimaas pergi ke samping dan berdiri di
situ. Kemudian tibalah orang Etiopia itu. Kata orang Etiopia itu,
"Tuanku Raja mendapat kabar yang baik, sebab Tuhan telah memberi
keadilan kepadamu pada hari ini! Tuhan melepaskan Tuanku dari tangan
semua orang yang bangkit menentang Tuanku." Tetapi bertanyalah Raja Daud
kepada orang Etiopia itu, "Selamatkanlah Absalom, orang muda itu?"
Jawab orang Etiopia itu, "Biarlah seperti orang muda itu musuh Tuanku
Raja dan semua orang yang bangkit menentang Tuanku untuk berbuat jahat."
Maka terkejutlah raja! Dengan sedih ia naik ke anjung pintu gerbang
lalu menangis. Dan beginilah perkataannya sambil berjalan, "Anakku
Absalom, anakku! Ah, anakku Absalom, sekiranya aku boleh mati
menggantikan engkau! Absalom, Absalom, anakku!" Lalu diberitahukan
oranglah kepada Yoab, "Ketahuilah, raja menangis dan berkabung karena
Absalom." Pada hari itulah kemenangan menjadi perkabungan bagi seluruh
tentara, sebab pada hari itu tentara mendengar orang berkata, "Raja
bersusah hati karena anaknya." Maka pada hari itu tentara Israel masuk
kota dengan diam-diam, seperti tentara yang kena malu karena melarikan
diri dari pertempuran. Demikianlah sabda Tuhan U. Syukur kepada Allah. Mazmur Tanggapan Ref. Sendengkanlah telinga-Mu, ya Tuhan, dan jawablah aku. Ayat. (Mzm 86:1-2.3-4.5-6) 1.
Sendengkanlah telinga-Mu, ya Tuhan dan jawablah aku, sebab sengsara dan
miskinlah aku. Peliharalah nyawaku, sebab aku ini orang yang Kaukasihi,
selamatkanlah hamba-Mu yang percaya kepada-Mu. 2. Engkau adalah
Allahku, kasihanilah aku, sebab kepada-Mulah aku berseru sepanjang hari.
Buatlah jiwa hamba-Mu bersukacita, sebab kepada-Mulah, ya Tuhan,
kuangkat jiwaku. 3. Tuhan, Engkau sungguh baik dan suka mengampuni,
kasih setia-Mu berlimpah bagi semua yang berseru kepada-Mu. Pasanglah
telinga kepada doaku, ya Tuhan, dan perhatikanlah suara permohonanku.
Yesus memikul kelemahan kita, dan menanggung penyakit kita. Orang
sakit merasa diri sangat tidak berdaya. Ia menggantungkan diri kepada
belas kasih orang lain. Ia percaya dengan sepenuh hati bahwa orang lain
akan menolongnya. Orang beriman menyerahkan diri sepenuhnya kepada kuasa
Tuhan. Ia yakin bahwa Tuhan mampu mengubah hidupnya menjadi lebih baik.
Keselamatan memang menuntut iman dan penyerahan yang besar.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (5:21-43)
"Hai anak, Aku berkata kepadamu: Bangunlah!
Sekali
peristiwa, sesudah Yesus menyeberang lagi dengan perahu, orang banyak
berbondong-bondong datang lalu mengerumuni Dia. Sedang Ia berada di tepi
danau, datanglah seorang kepala rumah ibadat yang bernama Yairus.
Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan memohon
dengan sangat kepada-Nya: "Anakku perempuan sedang sakit, hampir mati,
datanglah kiranya dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, supaya ia selamat
dan tetap hidup." Lalu pergilah Yesus dengan orang itu. Orang banyak
berbondong-bondong mengikuti Dia dan berdesak-desakan di dekat-Nya.
Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya
menderita pendarahan. Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai
tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama
sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk.
Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah
orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah
jubah-Nya. Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan
sembuh."Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa
badannya sudah sembuh dari penyakitnya. Pada ketika itu juga Yesus
mengetahui, bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu Ia
berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah
jubah-Ku?" Murid-murid-Nya menjawab: "Engkau melihat bagaimana
orang-orang ini berdesak-desakan dekat-Mu, dan Engkau bertanya: Siapa
yang menjamah Aku?" Lalu Ia memandang sekeliling-Nya untuk melihat siapa
yang telah melakukan hal itu. Perempuan itu, yang menjadi takut dan
gemetar ketika mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil
dan tersungkur di depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala
sesuatu kepada-Nya. Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku,
imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah
dari penyakitmu!" Ketika Yesus masih berbicara datanglah orang dari
keluarga kepala rumah ibadat itu dan berkata: "Anakmu sudah mati, apa
perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?" Tetapi Yesus tidak
menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat:
"Jangan takut, percaya saja!" Lalu Yesus tidak memperbolehkan
seorangpun ikut serta, kecuali Petrus, Yakobus dan Yohanes, saudara
Yakobus. Mereka tiba di rumah kepala rumah ibadat, dan di sana
dilihat-Nya orang-orang ribut, menangis dan meratap dengan suara
nyaring. Sesudah Ia masuk Ia berkata kepada orang-orang itu: "Mengapa
kamu ribut dan menangis? Anak ini tidak mati, tetapi tidur!" Tetapi
mereka menertawakan Dia. Maka diusir-Nya semua orang itu, lalu
dibawa-Nya ayah dan ibu anak itu dan mereka yang bersama-sama dengan Dia
masuk ke kamar anak itu. Lalu dipegang-Nya tangan anak itu, kata-Nya:
"Talita kum," yang berarti: "Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!"
Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan, sebab umurnya
sudah dua belas tahun. Semua orang yang hadir sangat takjub. Dengan
sangat Ia berpesan kepada mereka, supaya jangan seorangpun mengetahui
hal itu, lalu Ia menyuruh mereka memberi anak itu makan. Inilah Injil Tuhan kita! U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan! Renungan
Iman
itu menyelamatkan! Wanita yang sakit pendarahan dan iman Yairus,
seorang kepala rumah ibadat telah membuktikan hal itu. Bahkan, Yesus
menandaskan bahwa jika kita memiliki iman sebesar biji sesawi, kita akan
mampu melakukan hal-hal yang besar. Daya iman itu sungguh mengagumkan.
Iman mampu melahirkan hal-hal yang seakan tak mungkin menurut
perhitungan manusiawi kita. Apakah kita sudah memiliki totalitas iman
yang sekualitas itu? Antifon Komuni (Ibr 12:2)
Yesuslah yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman itu menuju kesempurnaan.
Doa Malam
Tuhan, dengan
berbagai macam cara Engkau ingin meringankan beban penderitaan umat-Mu.
Ajarilah kami, ya Tuhan, untuk senantiasa membantu sesama kami yang
membutuhkan bantuan kami, tanpa memandang muka serta mempertimbangkan
untung rugi. Amin.
"Dalam rencana kita untuk dialog antaragama, kita dapat menghadapi beberapa risiko. Hanya ada satu kebenaran yang harus dicari, dicapai, dan diberitakan: itu adalah Yesus Kristus." - Kardinal Robert Sarah
Seri Katekismus PURGATORIUM: PENYUCIAN AKHIR Bagian I
Syalom aleikhem. Surga dan neraka sama-sama kekal. Di surga, manusia bahagia selama-lamanya, sebaliknya di neraka sengsara selama-lamanya. Bagaimana dengan purgatorium alias (api) penyucian? Siapa masuk ke sana?
Ketika seseorang meninggal dunia, ia langsung diadili dan tahu ke mana arahnya: surga atau neraka. Masuk neraka itu langsung, plung! Masuk surga dua “jenis”: ada yang langsung dan ada yang perlu penyucian lebih dulu. Masuk surga “jenis kedua” inilah yang disebut purgatorium.
Katekismus menulis, orang “yang mati dalam rahmat dan dalam persahabatan dengan Allah, namun belum disucikan sepenuhnya” sudah jelas masuk surga. Orang itu mati dalam kesetiaan pada kehendak Allah; kalaupun melakukan dosa besar, dosa itu sudah disesali dan ia sudah mohon ampun kepada Allah melalui Sakramen Pendamaian. Orang yang demikian boleh jadi juga punya dosa kecil. Orang macam ini masuk surga melalui purgatorium.
Paham mengenai purgatorium bertitik tolak dari dan terkait erat dengan paham mengenai surga. Simpelnya: ada dua “jenis” masuk surga: (1) langsung, (2) bertahap. Masuk surga secara bertahap disebut purgatorium. Orang yang masuk purgatorium masih harus menjalankan penyucian untuk memperoleh kekudusan yang perlu agar dapat sempurna masuk surga kekal.
Mengapa masih harus penyucian? Sebab, tiada dosa sekecil apapun diperkenankan ada di surga. Allah itu mahakudus, sumber segala kekudusan. Karena itu, dosa, meski kecil sekali, tak dapat ditoleransi ada di surga yang kudus. Dosa-dosa kecil dibersihkan (diampuni) di purgatorium yang disebut juga “penyucian akhir”.
Bukankah pengampunan dosa hanya berlaku ketika manusia hidup di dunia? Betul, untuk dosa-dosa besar memang demikian; salah satu yang terbesar adalah “menentang Roh Kudus” (Mat. 12:32). Namun, ada dosa-dosa (kecil) yang dapat diampuni pada “dunia yang akan datang”, yaitu dunia setelah kematian.
Alkitab menyatakan hal tersebut dengan jelas. Ada dosa yang dapat diampuni di dunia ini, ada pula dosa yang dapat di ampuni di dunia kelak, sesudah kematian. Berikut kutipannya (Mat. 12:32): “jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.”
Jelasnya pernyataan Alkitab disempurnakan oleh Tradisi Suci, salah satunya yang disampaikan oleh Santo Gregorius Agung: “Kita harus percaya bahwa sebelum pengadilan masih ada api penyucian untuk dosa-dosa ringan tertentu.”
Terakhir, apa di purgatorium itu sengsara? Katekismus menyatakan purgatorium jelas berbeda dengan neraka. Kalaupun kata sengsara mau dikenakan, “sengsara” – dalam tanda petik – di purgatorium amat berbeda dengan sengsara di neraka. Gambarkan, “sengsara” di purgatorium sengsaranya orang rindu kekasih dan ingin jumpa tapi belum bisa karena belum tiba saatnya; sudah jelas akan bertemu, tapi masih menunggu waktu.
** Ikhtisar atas Katekismus Gereja Katolik (KGK) No. 1030-1031
Senin, 03 Februari 2020
Hari Biasa Pekan IV
Peringatan Fakultatif St. Blasius, Uskup dan Martir
“Siapa yang mempunyai talenta khusus harus mempergunakannya demi
keuntungan orang lain yang membutuhkannya” (Katekismus Gereja Katolik,
1937)
Antifon Pembuka (Mzm 3:4)
Ya Tuhan, Engkaulah perisai yang melindungi aku. Engkaulah kemuliaanku, yang mengangkat kepalaku.
Doa Pembuka
Allah Bapa Maharahim, semoga kami Kaukasihi dan semoga Roh-Mu membuka
hati kami, agar kami dapat mengimani Engkau dan Utusan-Mu yang
mendatangi kami, ialah Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama
dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah,
sepanjang segala masa. Amin. Raja
Daud mengerti dengan tepat, apa artinya bertobat! Pertobatan
membutuhkan silih. Dia membiarkan Simei bin Gera, orang Benyamin yang
tinggal di Behurim itu, mengutuki dirinya. Bahkan, sebenarnya Raja Daud
rela memberikan takhtanya kepada Absalom, si anak yang memberontak.
Bacaan dari Kitab Kedua Samuel (15:13-14.30; 16:5-13a)
"Daud melarikan diri dari Absalom, dan Simei mengutuk dia sesuai dengan perintah Tuhan."
Waktu itu Absalom, putera Daud memberontak. Maka datanglah seseorang
kepada Daud, katanya: “Hati orang Israel telah condong kepada Absalom.”
Kemudian berbicaralah Daud kepada semua pegawainya yang ada bersama-sama
dengan dia di Yerusalem, “Bersiaplah, marilah kita melarikan diri,
jangan sampai kita tidak dapat luput dari tangan Absalom. Pergilah
dengan segera, supaya ia tidak dapat lekas menyusul kita, dan
mendatangkan celaka atas kita serta memukul kota ini dengan mata
pedang!” Maka Daud mendaki bukit zaitun sambil menangis. Ia mengenakan
selubung kepala, dan mereka mendaki sambil menangis. Ketika Raja Daud
sampai ke Bahurim, keluarlah dari sana seorang dari kaum keluarga Saul;
ia bernama Simei bin Gera. Sambil mendekati raja, ia terus menerus
mengutuk. Daud dan semua pegawainya ia lempari dengan batu, walaupun
segenap tentara dan semua pahlawan berjalan di kiri kanannya. Beginilah
perkataan Simei pada waktu itu mengutuk, “Enyahlah, enyahlah, engkau
penumpah darah, orang dursila! Tuhan telah membalas kepadamu segala
darah keluarga Saul, yang engkau gantikan menjadi raja. Tuhan kini
menyerahkan kedudukan raja kepada anakmu Absalom. Sungguh, engkau
sekarang dirundung malang, karena engkau seorang penumpah darah.” Lalu
berkatalah Abisai, anak Zeruya, kepada raja, “Mengapa bangkai anjing ini
mengutuki Tuanku Raja?” Izinkanlah aku menyeberang dan memenggal
kepalanya.” Tetapi kata raja, “Tak usahlah campur tangan, hai anak
Zeruya! Biarlah ia mengutuk! Sebab apabila Tuhan bersabda kepadanya:
Kutukilah Daud, siapakah yang akan bertanya: mengapa engkau berbuat
demikian?” Kata Daud pula kepada Abisai dan kepada semua pegawainya,
“Sedangkan anak kandungku saja ingin mencabut nyawaku, apalagi si orang
Benyamin ini! Biarkanlah dia, dan biarlah ia mengutuk, sebab Tuhanlah
yang telah bersabda kepadanya demikian. Mungkin Tuhan akan memperhatikan
kesengsaraanku ini, dan Tuhan membalasku dengan sesuatu yang baik
sebagai ganti kutuk orang itu pada hari ini.” Demikianlah Daud
melanjutkan perjalanan bersama orang-orangnya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Bangkitlah, ya Tuhan, selamatkanlah aku.
Ayat. (Mzm 3:2-3.4-5.6-7)
1. Ya Tuhan, betapa banyak lawanku! Betapa banyak orang yang bangkit
menyerang aku; banyak orang berkata tentang aku, “Baginya tidak ada
pertolongan dari Allah.”
2. Tetapi, Tuhan, Engkaulah perisai yang melindungi aku, Engkaulah
kemuliaanku, Engkaulah yang mengangkat kepalaku! Dengan nyaring aku
berseru kepada Tuhan, dan Ia menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus.
3. Maka, aku dapat membaringkan diri dan tertidur; dan kemudian bangun
lagi, sebab Tuhan menopang aku! Aku tidak takut kepada puluhan ribu
orang yang mengepung aku dari segala penjuru. Bangkitlah, ya Tuhan!
Tolonglah aku, ya Allahku!
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Seorang nabi besar telah muncul di tengah kita, dan Allah mengunjungi umat-Nya.
Babi tak lebih berharga dariapda manusia, seburuk apa pun keadaannya. Di
pekuburan Gerasa, Yesus mengusir legion (pasukan) roh jahat dan
mengizinkannya pindah ke dalam sekumpulan babi. Keputusan Yesus tepat,
walau Dia harus menanggung akibatnya: Yesus diusir keluar dari daerah
itu.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (5:1-20)
"Hai roh jahat, keluarlah dari orang ini!"
Sekali peristiwa, sampailah Yesus dan murid-murid-Nya di seberang Danau
Galilea, di daerah orang Gerasa. Baru saja Yesus turun dari perahu,
datanglah kepada-Nya seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan.
Orang itu diam di sana dan tidak ada lagi yang sanggup mengikatnya,
dengan rantai sekalipun! Sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi
rantai itu diputuskannya dan belenggu itu dimusnahkannya, sehingga
tidak ada seorang pun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. Siang malam
ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak
dan memukuli diri dengan batu. Ketika melihat Yesus dari jauh,
berlarilah ia mendapatkan-Nya. Ia lalu menyembah-Nya, dan dengan keras
ia berteriak, “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah yang
Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!” Karena sebelumnya Yesus
mengatakan kepadanya, “Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!”
Kemudian Yesus bertanya kepada orang itu, “Siapa namamu?” Jawabnya,
“Namaku Legion, karena kami banyak.” Ia memohon dengan sangat supaya
Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu. Adalah di
sana, di lereng bukit, sekawanan babi sedang mencari makan. Lalu roh-roh
itu meminta kepada Yesus, katanya, “Suruhlah kami pindah ke dalam
babi-babi itu, dan biarkanlah kami memasukinya!” Yesus mengabulkan
permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu, dan memasuki
babi-babi itu. Maka kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu
terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya. Maka
larilah penjaga-penjaga babi itu! Mereka menceritakan hal itu di kota
dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu keluarlah orang untuk melihat
apa yang telah terjadi. Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang
yang kerasukan itu duduk; orang yang tadinya kerasukan legion itu, kini
berpakaian dan sudah waras. Maka takutlah mereka. Orang-orang yang telah
melihat sendiri hal itu menceritakan apa yang telah terjadi atas orang
yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu. Lalu mereka
mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka. Pada waktu Yesus
naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu
meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Yesus. Tetapi Yesus tidak
memperkenankannya. Yesus berkata kepada orang itu, “Pulanglah ke
rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada
mereka segala yang telah diperbuat Tuhan atasmu, dan ceritakan bagaimana
Ia telah mengasihani engkau!” Orang itu pun pergi, dan mulai
memberitakan di daerah Dekapolis segala yang telah diperbuat Yesus atas
dirinya, dan mereka semua menjadi heran.
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
Renungan
Yesus menyembuhkan seorang yang kerasukan roh jahat. Setelah
disembuhkan, ia ingin mengikuti Yesus. Tetapi Yesus tidak
memperkenankannya, malah mengutusnya untuk pergi ke tengah kaum
keluarganya, dan kepada orang-orang sekampungnya. Ia diminta untuk
mewartakan karya kebaikan dan cinta Tuhan yang telah dialaminya. Kita
juga diutus untuk ambil bagian dalam hidup dan karya Yesus, dengan
menyampaikan kasih dan kebaikan Tuhan yang telah kita alami kepada siapa
saja yang kita jumpai dalam kehidupan kita.
Blasius adalah seorang Uskup Sebaste, Armenia (Turki). Ketika ia
memberkati umat seorang ibu bergegas datang kepadanya. Ia memohon Uskup
Blasius agar menyelamatkan anaknya yang hampir meninggal karena duri
ikan yang tertelan di tenggorokannya. Ia segera mendoakan anak itu dan
memberkatinya. Mukjizat pun terjadi. Nyawa anak itu dapat diselamatkan.
Pada hari ini kita dapat menerima "Berkat Santo Blasius". Caranya: Umat
menghampiri imam seperti pada acara komuni. Sambil memegang dua batang
lilin yang disilangkan pada leher umat. Kemudian imam berkata: "Semoga
dengan berkat doa Santo Blasius, Uskup dan Martir, Allah membebaskan
Saudara dari penyakit tenggorokan dan penyakit-penyakit lain. Dalam nama
Bapa (+) dan Putra dan Roh Kduus. Amin." Uskup Blasius dibunuh pada
tahun 316. Peringatannya dirayakan secara fakultatif pada 3 Februari.
Doa Malam
Allah Bapa yang Mahabaik, hari telah mulai malam. Tinggallah dalam
hatiku agar kegelapan malam ini tidak menggelapkan hatiku. Buatlah agar
hatiku senantiasa terang sehingga karya-Mu senantiasa dapat kuwartakan
lewat kata dan perbuatanku. Amin.
terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati