Staf CNA, 10 Okt 2020 / 10:15 MT (CNA) .-
Beatifikasi Carlo Acutis berlangsung 10 Oktober setelah mukjizat dikaitkan dengan doanya dan anugerah Tuhan. Di Brazil, seorang anak laki-laki bernama Mattheus disembuhkan dari cacat lahir serius yang disebut pankreas annular setelah dia dan ibunya meminta Acutis untuk berdoa untuk kesembuhannya.
Mattheus lahir pada tahun 2009 dengan kondisi serius yang menyebabkan dia kesulitan makan dan sakit perut yang parah. Dia tidak bisa menyimpan makanan di perutnya, dan terus-menerus muntah.
Pada saat Mattheus hampir berusia empat tahun, beratnya hanya 20 pon, dan hidup dengan minuman vitamin dan protein, salah satu dari sedikit hal yang dapat ditoleransi oleh tubuhnya. Dia tidak diharapkan untuk hidup lama.
Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya." (Ulangan 4:40)
| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |
CARI RENUNGAN
Keajaiban dikaitkan dengan doa-doa Carlo Acutis
Beatifikasi Carlo Acutis: Milenial pertama yang dinyatakan Diberkati
Gambar Carlo Acutis diresmikan pada Misa beatifikasinya di Assisi, Italia 10 Oktober 2020. Kredit: Daniel Ibanez / CNA. |
Oleh Courtney Mares
Assisi, Italia, 10 Okt 2020/09.46 MT (CNA) .-
Dengan beatifikasi Carlo Acutis di Assisi pada hari Sabtu, Gereja Katolik sekarang memiliki "Beato" pertama yang mencintai Super Mario dan Pokémon, tetapi tidak sebanyak dia mencintai Kehadiran Nyata Yesus dalam Ekaristi.
“Untuk selalu bersatu dengan Yesus, inilah program hidup saya,” tulis Carlo Acutis pada usia tujuh tahun.
Ahli komputer muda Italia, yang meninggal karena leukemia pada usia 15 tahun mempersembahkan penderitaannya untuk paus dan Gereja, dibeatifikasi pada 10 Oktober dalam Misa di Basilika Santo Fransiskus dari Assisi.
Lahir pada tahun 1991, Acutis adalah milenial pertama yang dibeatifikasi oleh Gereja Katolik. Remaja yang memiliki bakat untuk pemrograman komputer sekarang selangkah lagi dari kanonisasi.
Minggu, 11 Oktober 2020 Hari Minggu Biasa XXVIII
Hari Minggu Biasa XXVIII
Sekali orang telah menerima damai Kristus, ia akan mudah menyelamatkan jiwanya dan mengusahakan keutamaan. (St. Sirilus dari Aleksandria)
Antifon Pembuka (Mzm 130:3-4)
Jika Engkau menghitung-hitung kesalahan, ya Tuhan, siapakah dapat bertahan? Tetapi, Engkau suka mengampuni, ya Allah Israel.
Si iniquitates observaveris Domine, Domine quis sustinebit? quia apud te propitiatio est, Deus Israel.
Doa Pembuka
Ya Allah, Engkau telah mengundang kami untuk ikut serta dalam perjamuan kudus-Mu, baik yang di dunia ini maupun kelak di surga. Semoga kami menanggapi undangan-Mu itu dengan gembira seraya mempersiapkan diri agar pantas menerima anugerah-Mu yang agung itu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
Bacaan dari Kitab Yesaya (25:6-10a)
Di Gunung Sion Tuhan semesta alam akan menghidangkan bagi segala bangsa suatu jamuan dengan masakan mewah, suatu jamuan dengan anggur yang tua benar, suatu jamuan dengan lemak dan sumsum dan dengan anggur tua yang disaring endapannya. Di atas gunung ini Tuhan akan mengoyakkan kain kabung yang diselubungkan kepada segala suku dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa. Tuhan Allah akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan ia akan menghapus air mata dari wajah semua orang. Aib umat-Nya akan Ia jauhkan dari seluruh bumi, sebab Tuhan telah mengatakannya. Pada waktu itu orang akan berkata, "Sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan supaya menyelamatkan kita. Inilah Tuhan yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorai dan bersukacita karena keselamatan yang diadakan-Nya!" Sebab tangan Tuhan akan melindungi gunung ini.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Ref. Berbahagialah yang mendiami rumah Tuhan
Ayat. (Mzm 23:1-3a.3b-4.5.6; Ul:lh.6cd)
1. Tuhanlah gembalaku aku takkan berkekurangan. Ia membaringkan daku di padang rumput yang hijau. Ia membimbing aku ke air yang tenang, dan menyegarkan daku.
2. Ia menuntun aku di jalan yang lurus, demi nama-Nya yang kudus. Sekalipun berjalan dalam lembah yang kelam, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku. Tongkat gembalaan-Mu itulah yang menghibur daku.
3. Engkau menyediakan hidangan bagiku di hadapan segala lawanku. Engkau menguapi kepalaku dengan minyak, pialaku penuh berlimpah.
4. Kerelaan dan kemurahan-Mu mengiringi aku di sepanjang umur hidupku. Aku akan berdiam di dalam rumah Tuhan sepanjang segala masa.
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi (4:12-14.19-20)
Saudara-saudara, aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku. Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. Dimuliakanlah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Ef 1:17-18)
Semoga Bapa Tuhan kita Yesus Kristus menerangi mata hati kita supaya kita memahami pengharapan yang terkandung dalam panggilan kita.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (22:1-14)
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
Renungan
Rekan-rekan yang budiman!
Dalam Mat 22:1-14 yang dibacakan sebagai Injil Minggu Biasa ke 28 tahun A ini disampaikan perumpamaan mengenai siapa yang akhirnya masuk ke dalam Kerajaan Surga dan bagaimana mereka bisa sampai ke sana. Beginilah ceritanya. Ada orang-orang yang sebenarnya sejak awal sudah beruntung karena "diundang ke perjamuan" tapi mereka malah meremehkan ajakan ini. Karena itu keberuntungan yang sebenarnya dapat mereka nikmati jadi beralih kepada orang-orang lain yang tadinya tidak masuk hitungan. Apa artinya semua ini bagi kehidupan kini?
VERSI MATIUS DAN LUKAS
Selain dalam Mat 22:1-14, perumpamaan tentang undangan yang menolak datang itu didapati juga dalam Luk 14:15-24. (Untuk penjelasan versi Lukas, lihat _Langkahnya...Langkahku!_ [Kanisius, Yogyakarta 2005], hlm. 155-156.) Namun ada tiga hal yang khas pada versi Matius yang tidak dijumpai dalam versi Lukas.
1. Dalam Injil Matius, undangannya ialah ke perjamuan makan siang (Yunani "ariston", Latin "prandium") bagi pesta nikah seorang anak raja. Lukas menyebutnya perjamuan makan malam (Yunani "deipnon", Latin "coena") yang besar yang sudah disanggupi para undangan. Seperti kebiasaan kita, pada zaman itu perhelatan meriah memang biasanya diadakan pada malam hari. Lebih relaks, lebih membangun suasana. Kesempatan seperti itu tidak diadakan siang hari kecuali peristiwanya amat penting dan resmi seperti halnya pesta nikah. Inilah yang lebih ditonjolkan Matius. Perjamuan dalam pesta nikah lebih resmi daripada perjamuan untuk membangun keakraban. Hadirin diajak ikut menjadi saksi peristiwa itu. Apalagi pesta nikah anak raja.
2. Dalam perumpamaan Matius, sang raja sampai dua kali mengundang. Yang kedua kalinya bahkan ada nada memohon. Tetapi orang-orang yang diundang tetap tidak mau datang. Begitulah digarisbawahi dalam Injil Matius penolakan yang makin keras. Ada yang tak peduli, ada yang meremehkan undangan, malah menyiksa dan membunuh suruhan raja. Ini sama dengan memutuskan hubungan. Lukas lain. Ia lebih menekankan dalih para undangan yang sudah bersedia datang ketika diundang tapi kini ingkar.
3. Matius dan Lukas sama-sama mengatakan bahwa akhirnya orang-orang lain yang tadinya tidak diundang kini didatangkan ke perjamuan. Tetapi Matius masih menceritakan bahwa sang raja mendapati orang yang datang tanpa pakaian pesta. Orang itu kemudian tidak diperbolehkan ikut pesta dan dikeluarkan. Lukas tidak menyinggung adanya orang yang tak pantas ikut perjamuan malam. Tetapi ia meneruskan perumpamaan itu dengan menyampaikan pengajaran Yesus mengenai perlunya komitmen utuh dalam mengikutinya.
Matius berbicara kepada umat yang berasal dari lingkungan Yahudi. Bagi mereka "perjamuan nikah" dan datang dengan "pakaian pesta" memiliki arti yang khusus yang tidak segera ditangkap oleh orang dari kalangan lebih luas seperti halnya umat Lukas. Marilah kita lihat dari dekat kedua gambaran yang dipakai Matius.
PERJAMUAN NIKAH
Disebutkan "Kerajaan Surga seumpama seorang raja yang mengadakan perjamuan nikah untuk anaknya". Bagi pembaca Matius, "perjamuan nikah" membangkitkan gagasan yang lebih dari pada sekedar hadir dalam resepsi, melainkan mengikuti upacara religius dan berbagi hikmatnya. Dalam kesempatan seperti itu dulu kerap didendangkan lagu-lagu kasih antara mempelai lelaki dan mempelai perempuan. Lagu-lagu itu sering bernada erotik, tapi sekaligus juga amat religius. Salah satu bentuk yang paling dikenal dan sudah menjadi bagian Kitab Suci ialah Kidung Agung. Kedua mempelai saling memuji keelokan masing-masing (Kid 1:9:2:7), saling mengungkapkan rasa rindu terhadap satu sama lain (Kid 3:1-5; 5:2-8), saling mengungkapkan nikmatnya ada berduaan (Kid 7:6-8:4). Di dalam kidung-kidung itu kasih antara kedua mempelai tampil sebagai tempat kehadiran yang ilahi tanpa perlu mengatakannya. KehadiranNya memanusia dalam ujud yang paling bisa dirasakan. Bagi orang Yahudi, ikut serta dalam upacara dan perjamuan nikah dalam arti ini dapat mendekatkan orang pada kemanusiaan dan keilahian sekaligus. Karena itu juga penolakan ikut serta perjamuan lebih daripada sekedar tidak menghadiri pesta.
Menolak ajakan untuk menyaksikan pesta nikah juga membuat pesta menjadi sepi dan hambar. Panggilan pertama tidak dipenuhi. Raja yang sebetulnya penuh wibawa kemudian bersikap menghimbau. Ia merendah. Satu kali tidak digubris, ia berusaha lagi. Malah seakan-akan memohon belas kasihan para undangan: jangan biarkan pesta jadi rusak, hidangan sudah siap, lembu dan ternak piaraan sendiri telah dipotong. Tetapi yang diundang semakin meninggikan diri, dan menjadi takabur, dan akhirnya malah membunuh pesuruh sang raja. Mereka tidak mau diganggu lagi. Mereka memutus hubungan. Terlihat betapa kerasnya penolakan terhadap ajakan untuk ikut serta dalam kesempatan yang sebenarnya bakal membuat siapa saja yang ikut semakin utuh hidupnya, semakin memasuki Kerajaan Surga!
Mereka yang menolak kehilangan dua hal. Pertama rusaklah hubungan dengan raja yang bisa melindungi mereka. Kedua mereka kehilangan kesempatan ikut pesta nikah yang meriah yang memiliki arti khusus tadi. Jadi mereka semakin menjauhkan diri dari kesempatan yang bakal membuat hidup mereka berarti. Mereka menjauh dari Kerajaan Surga. Inilah yang hendak ditunjukkan dalam perumpamaan ini.
ORANG-ORANG DI PERSIMPANGAN JALAN
Karena perjamuan nikah telah tersedia tapi yang diundang tak layak datang, maka raja menyuruh hamba-hambanya ke persimpangan jalan, membawa orang-orang yang mereka temui di sana, siapa saja, ke perjamuan nikah tadi. Tak pilih bulu siapa saja didatangkan. Dan pesta itu diselamatkan oleh kehadiran mereka-mereka ini.
Yang dimaksud dengan persimpangan jalan ialah lapangan tempat orang biasanya berkumpul dengan macam-macam maksud: istirahat, menunggu kesempatan kerja, melewatkan waktu, berjualan, membeli. Apa saja. Kegiatan sehari-hari yang bermacam-ragam. Orang-orang yang di situ dengan macam-macam keadaan itulah yang diminta datang ke perjamuan nikah. Di persimpangan jalan...hidup itulah disampaikan ajakannya.
Bagaimana membacanya dengan cara yang lebih cocok bagi zaman ini? Perumpamaan tadi mulai dengan "Kerajaan Surga seumpama.." Jadi dimaksud membantu agar orang menyadari bagaimana cara Yang Mahakuasa mengajak siapa saja ikut masuk ke dalam kehidupan-Nya, ke dalam keakraban dengan-Nya. Dengan mengajak orang ikut serta dalam kegembiraan pesta nikah anaknya, sang raja tadi ingin berbagi kegembiraan. Bahkan boleh dikatakan, kegembiraannya itu baru menjadi nyata bila ikut dirasakan orang lain. Ia berusaha mendatangkan orang-orang untuk ikut. Bahkan ia memohon agar mereka datang. Tetapi permohonan ini dihadapi dengan sikap keras hati dan penolakan. Tidak mau mengambil bagian dalam kehidupan yang sebenarnya tidak dapat sebarangan dibagikan. Penolakan ini makin memisahkan dan menjauhkan mereka satu sama lain. Juga membuat sang raja putus asa dan merasa pestanya bakal rusak. Tetapi ia tidak menyerah. Pestanya itu kemudian dibuka bagi siapa saja yang tadinya tidak termasuk hitungan.
Kerap dijelaskan bahwa para undangan yang menolak datang itu ialah orang Yahudi dan mereka yang didatangkan dari jalanan itu ialah pengikut Yesus. Yang pertama kehilangan Kerajaan Surga, yang kedua memperolehnya. Para hamba yang disuruh mengundang ialah nabi-nabi dan kemudian yang diperlakukan dengan buruk ialah para rasul. Tafsir alegori ini memang sudah ada sejak lama. Dan bahkan sudah mulai pada zaman Injil sendiri ditulis. Namun demikian masih ada keleluasaan untuk memahami perumpamaan ini sebagai perumpamaan untuk membaca kehidupan orang zaman ini, untuk mengartikan pengalaman hidup.
PAKAIAN PESTA
Pesta nikah itu terlaksana justru karena hadirnya orang-orang jalanan tadi. Kerajaan Surga semakin menjadi kenyataan karena dimasuki, dihuni, dikembangkan. Kepada pembaca diberikan ajakan yang amat kuat. Ayo ikut membuat kehidupan yang nyata ini semakin menjadi ujud dari Kerajaan Surga. Bisakah dibalik sehingga dikatakan agar Kerajaan Surga menjadi bagian dari kehidupan nyata? Orang tergoda mengatakan ya, tapi kiranya tidak pas bila begitu. Seolah-olah kerajaan itu sudah ada dan jadi dan tinggal dimasuki, seperti menaiki kereta yang akan jalan. Yang lebih cocok, tiap orang diminta menemukan wujud Kerajaan Surga baginya. Bahan mentahnya: kehidupan sehari-harinya, kehidupannya di persimpangan jalan. Tapi untuk ke sana orang perlu memakai pakaian pesta.
Dalam alam pikiran Semit, pakaian memberi bentuk kepada orang yang memakainya sehingga dapat dikenali. Tidak mengenakan pakaian pesta berarti datang tanpa sungguh mau mengikuti pesta. Orang baru dapat dikatakan datang ikut perjamuan pesta bila memang mau menghadiri pesta itu, bukan untuk urusan lain. Datang tanpa pakaian yang cocok berarti tidak membiarkan diri dikenal sebagai yang datang untuk itu. Komitmen setengah-setengah ini kurang dapat menjadikan hidup orang menjadi bagian dari hidup dalam Kerajaan Surga. Kebalikannya, datang dengan mengenakan pakaian pesta berarti datang tanpa maksud atau tujuan lain. Yang bersangkutan akan dikenali sebagai orang yang hidupnya sedang berubah dari yang ada di persimpangan jalan menjadi dia yang hidup dalam perjamuan yang makin memanusiakan dan makin mendekatkan ke keilahian.
Salam hangat,
A. Gianto
Antifon Komuni (bdk. Mzm 34:11)
Orang-orang kaya akan kekurangan dan kelaparan, tetapi mereka yang mencari Tuhan takkan kekurangan sesuatu pun.
The rich suffer want and go hungry, but those who seek the Lord lack no blessing.
atau (1Yoh 3:2)
Apabila Kristus dinyatakan, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
When the Lord appears, we shall be like him, for we shall see him as he is.
Sabtu, 10 Oktober 2020 Hari Biasa Pekan XXVII
Hari Biasa Pekan XXVII
“Berhati-hatilah dalam banyak berbicara, sebab banyak bicara mengenyahkan dari jiwa pemikiran-pemikiran kudus dan persatuan dengan Allah." (St. Dorotheus)
Antifon Pembuka (Gal 3:26)
Kalian semua adalah putra dan putri Allah berkat iman dalam Kristus Yesus. Karena kalian yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenal Kristus.
Doa Pembuka
Allah Bapa kami di surga, Engkau memanggil kami menjadi putra dan putri-Mu seturut citra Putra-Mu terkasih. Baptislah kami dengan Roh-Mu dan ajarilah kami mengimani bahwa cinta kasihlah yang menjadi hukum tertinggi. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Galatia (3:22-29)
Saudara-saudara, menurut Kitab Suci segala sesuatu terkurung di bawah kekuasaan dosa, supaya berkat iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya. Sebelum iman itu datang, kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat dan dikurung sampai iman itu dinyatakan. Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang. Karena itu kita tidak lagi berada dibawah pengawasan penuntun. Sebab kalian adalah anak-anak Allah karena iman dalam Yesus Kristus. Sebab kalian semua yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada pria atau wanita, karena kalian semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. Jadi kalau kalian milik Kristus, maka kalian juga keturunan Abraham, dan berhak menerima janji Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan akan selalu ingat akan perjanjian-Nya.
Ayat. (Mzm 105:2-3.4-5.6-7)
1. Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib! Bermegahlah dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.
2. Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mukjizat dan ketetapan-ketetapan yang diucapkan-Nya.
3. Hai anak cucu Abraham hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya! Dialah Tuhan, Allah kita, ketetapan-Nya berlaku di seluruh bumi.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Luk 11:28)
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (11:27-28)
Pada suatu hari, ketika Yesus sedang berbicara kepada orang banyak, berserulah seorang wanita dari antara orang banyak itu, dan berkata kepada Yesus, "Berbahagialah ibu yang telah mengandung dan menyusui Engkau!" Tetapi Yesus bersabda, "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan sabda Allah dan memeliharanya."
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
Renungan
Dalam Misa maupun dalam devosi, selalu ada himne pujian. Himne ini dinyanyikan untuk memuji dan berterima kasih kepada Tuhan dan biasanya dinyanyikan dengan perasaan dan emosi. Juga himne yang dinamis dan emosional lebih disukai untuk menarik emosi orang-orang dan juga untuk mendapatkan tanggapan yang lebih kuat dari mereka. Tetapi di mana emosi dan perasaan memudar, di situlah tindakan nyata dimulai.
Nyanyian pujian kita juga harus diterjemahkan menjadi tindakan cinta untuk Tuhan dan sesama. Itulah sebabnya dalam menanggapi seruan pujian, Yesus menenangkan emosi untuk fokus melakukan kehendak Tuhan.
Saat kita mempersembahkan Misa ini untuk menghormati Bunda Maria, marilah kita mengingat bahwa dia mendengar Firman Tuhan, merenungkannya dan melakukan kehendak Tuhan dalam hidupnya. Semoga kita yang menghormatinya juga belajar darinya dan melakukan kehendak Tuhan dalam hidup kita.
Doa Malam
Yesus, Engkau bersabda, "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan Sabda Allah dan memeliharanya." Karena itu, kami mohon, tambahkanlah semangatku untuk bertekun dalam mendengarkan dan memelihara sabda-Mu agar aku menjadi orang yang berbahagia dalam mengikuti Engkau, Sang Sabda yang telah menjadi manusia, yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin.
Paus Fransiskus kepada Moneyval: 'Uang harus melayani, bukan mengatur'
Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus pada 12 Maret 2016. Kredit: Alexey Gotovsky / CNA |
Oleh Hannah Brockhaus
Kota Vatikan, 8 Okt 2020 / 09:00 MT (CNA) .- Dalam pidato Kamis kepada perwakilan Moneyval (Komite Pakar tentang Evaluasi Tindakan Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme) yang mengevaluasi Vatikan, Paus Fransiskus menekankan bahwa uang harus digunakan untuk melayani umat manusia, bukan sebaliknya.
“Begitu ekonomi kehilangan wajah manusianya, maka kita tidak lagi dilayani oleh uang, tetapi diri kita sendiri menjadi hamba uang,” katanya pada 8 Oktober. “Ini adalah bentuk penyembahan berhala yang kita dipanggil untuk bereaksi dengan menegakkan kembali rasional urutan hal-hal, yang menarik bagi kebaikan bersama, di mana 'uang harus berfungsi, bukan mengatur.' ”
Paus berbicara kepada Moneyval, pengawas anti-pencucian uang Dewan Eropa, sedikit lebih dari setengah jalan dalam pemeriksaan dua minggu di tempat Takhta Suci dan Kota Vatikan.
Tujuan dari tahap evaluasi ini adalah untuk menilai efektivitas peraturan dan prosedur dalam memerangi pencucian uang dan pendanaan terorisme. Untuk Moneyval, ini tergantung pada penuntutan dan pengadilan, menurut laporan 2017.
Paus Fransiskus menyambut baik kelompok tersebut dan evaluasinya, dengan mengatakan bahwa pekerjaannya untuk melawan pencucian uang dan pendanaan terorisme "sangat berarti bagi saya."
“Memang, ini terkait erat dengan perlindungan kehidupan, hidup berdampingan secara damai dari umat manusia di bumi, dan sistem keuangan yang tidak menindas mereka yang paling lemah dan sangat membutuhkan. Semuanya saling terkait, ”ujarnya.
Fransiskus menekankan hubungan antara keputusan ekonomi dan moralitas, mencatat bahwa “ajaran sosial Gereja telah menggarisbawahi kesalahan dogma neoliberal, yang berpendapat bahwa tatanan ekonomi dan moral sangat berbeda satu sama lain sehingga yang pertama sama sekali tidak bergantung pada yang terakhir."
Mengutip nasihat kerasulan 2013 Evangelii gaudium, dia berkata: “Mengingat keadaan saat ini, tampaknya 'penyembahan anak lembu emas kuno telah kembali dalam bentuk baru dan kejam dalam penyembahan berhala uang dan kediktatoran dari impersonal. ekonomi yang tidak memiliki tujuan yang benar-benar manusiawi. '"
Mengutip dari ensiklik sosial barunya, "Fratelli tutti", ia menambahkan: "Memang, 'spekulasi keuangan yang pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan cepat terus mendatangkan malapetaka."
Fransiskus menunjuk pada undang-undang tanggal 1 Juni tentang pemberian kontrak publik, dengan mengatakan bahwa undang-undang itu dikeluarkan "untuk pengelolaan sumber daya yang lebih efektif dan untuk mempromosikan transparansi, pengawasan, dan persaingan."
Dia juga merujuk pada peraturan 19 Agustus dari Kegubernuran Kota Vatikan yang mewajibkan "organisasi sukarelawan dan badan hukum Negara Kota Vatikan untuk melaporkan kegiatan yang mencurigakan kepada Otoritas Informasi Keuangan (AIF)."
"Kebijakan terhadap pencucian uang dan terorisme adalah cara untuk memantau pergerakan uang," katanya, "dan untuk melakukan intervensi dalam kasus-kasus di mana kegiatan yang tidak teratur atau bahkan kriminal terdeteksi."
Berbicara tentang bagaimana Yesus mengusir pedagang dari kuil, dia berterima kasih lagi kepada Moneyval atas jasanya.
“Tindakan yang Anda evaluasi dimaksudkan untuk mempromosikan 'keuangan bersih', di mana 'pedagang' dilarang berspekulasi di 'tempat' suci yang, sesuai dengan rencana cinta Sang Pencipta, adalah kemanusiaan,” katanya .
Carmelo Barbagallo, presiden AIF, juga berbicara kepada para ahli Moneyval, mencatat bahwa langkah selanjutnya dari evaluasi mereka adalah pertemuan pleno di Strasbourg, Prancis, pada 2021.
“Kami berharap pada akhir proses evaluasi ini, kami telah menunjukkan upaya ekstensif kami untuk mencegah dan melawan pencucian uang dan pendanaan terorisme,” kata Barbagallo. “Banyak upaya ini memang bukti terbaik dari komitmen kuat yurisdiksi ini.”
“Tentunya, kami siap untuk segera memperbaiki protokol di setiap area kelemahan yang mungkin perlu ditangani,” pungkasnya.
Sumber: Catholic News Agency
Jumat, 09 Oktober 2020 Hari Biasa Pekan XXVII
"Di dalam segala sesuatu yang kamu lakukan, berusahalah agar Allah adalah saksimu.” (St. Agustinus)
Antifon Pembuka (Luk 11:24)
Barangsiapa tidak bersama Aku, ia melawan Daku, dan barangsiapa tidak berhimpun bersama Aku, ia menceraiberaikan.
Doa Pembuka
Allah Bapa kami, sumber kebahagiaan, Engkau menghendaki semua orang berbahagia karena mengenal Yesus Kristus. Kami mohon, semoga dunia ini Kaubimbing menuju kedamaian dan kerukunan sejati, yang telah dibuka oleh Yesus Kristus, Putra-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan selalu ingat akan perjanjian-Nya.
Ayat. (Mzm 111:1-2.3-4.5-6)
1. Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat. Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
2. Agung dan semaraklah pekerjaan-Nya, keadilan-Nya tetap untuk selama-lamanya. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang.
3. Kepada orang takwa diberikan-Nya rezeki, selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Yoh 12:32)
Sekarang penguasa dunia ini dibuang ke luar, sabda Tuhan; dan bila Aku telah ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.
Sekali peristiwa, setelah Yesus mengusir setan, ada beberapa orang yang berkata, "Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, kepala setan." Ada pula yang mencobai Dia dan meminta tanda dari surga. Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata, "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah, pasti binasa. Dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh. Jika Iblis juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimana mungkin kerajaannya dapat bertahan? Sebab kalian berkata, bahwa Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul. Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusir setan? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu. Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Apabila seorang yang kuat dan bersenjata lengkap menjaga rumahnya, amanlah segala miliknya. Tetapi jika seorang yang lebih kuat daripadanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya. Barangsiapa tidak bersama Aku, ia melawan Daku, dan barangsiapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan. Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia mengembara di tempat-tempat yang tandus mencari perhentian; dan karena tidak mendapatnya, ia berkata, 'Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.' Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat daripadanya, dan mereka masuk dan tinggal di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk daripada keadaannya semula."
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.
Renungan
Bila kita menyediakan tempat dalam hidup kita untuk bercokolnya iblis, maka iblis akan mengajak teman-temannya untuk pesta di dalam diri kita dan mereka akan semakin menguasai kita. Maka, sekecil apa pun tawaran iblis, harus kita tolak. Sekali terjerumus, bersiaplah untuk tenggelam
“Bebaskanlah kami dari si jahat!” Demikian sebenarnya kita terus memohon pada setiap akhir doa Bapa Kami. Si jahat itu sungguh ada. Namun, Yesus memiliki kuasa yang jauh lebih kuat. Langkah penting dalam menghadapi si jahat adalah dengan mengatakan bahwa yang jahat memang jahat.
Doa Malam
Paus Fransiskus menyerukan perombakan perawatan kesehatan setelah pandemi
Paus Fransiskus mengunjungi Akademi Ilmu Pengetahuan Kepausan di Vatikan, 27 Mei 2019. credit: Vatican Media / CNA. |
Kota Vatikan, 7 Oktober 2020 / 09:30 MT (CNA) .- Layanan kesehatan harus dibuat lebih mudah diakses oleh orang miskin setelah krisis virus corona, kata Paus Fransiskus, Rabu.
Paus mengusulkan pada 7 Oktober bahwa ketika vaksin COVID-19 dikembangkan, vaksin itu harus diberikan kepada orang-orang tanpa memandang pendapatan.
“Sistem perawatan kesehatan ... perlu menjadi jauh lebih inklusif dan dapat diakses oleh yang kurang beruntung dan mereka yang tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah,” tulisnya, dalam pesan kepada anggota Akademi Ilmu Kepausan yang menghadiri rapat pleno tiga hari di Vatikan.
“Jika ada yang harus diberi preferensi, biarlah itu yang paling membutuhkan dan paling rentan di antara kita. Demikian pula, ketika vaksin tersedia, akses yang adil ke mereka harus dijamin terlepas dari pendapatan, selalu dimulai dengan yang paling sedikit. ”
Dia menambahkan bahwa badan-badan internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) harus "dihormati dan didukung" karena mereka bekerja untuk "demi kebaikan umum universal."
Dalam pesannya, Paus menggarisbawahi apresiasinya terhadap akademi kepausan, yang berakar dari Akademi Lincean, salah satu akademi ilmiah eksklusif pertama di dunia, yang didirikan di Roma pada 1603.
“Pada hari-hari ini, minat saya pada pekerjaan Anda bahkan lebih tajam,” tulisnya, “karena Anda telah mengabdikan sesi paripurna ini untuk topik yang benar-benar menjadi perhatian yang mendalam bagi seluruh umat manusia. Anda berfokus pada gagasan sains untuk melayani manusia demi kelangsungan hidup umat manusia sehubungan dengan pandemi SARS-CoV-2 / COVID-19 dan masalah global lainnya. ”
Dia mengatakan bahwa, dengan mengumpulkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu untuk merefleksikan krisis, akademi kepausan menunjukkan "bagaimana tantangan krisis COVID-19 harus diatasi melalui upaya terkoordinasi dalam melayani seluruh keluarga manusia."
Paus mengamati bahwa pandemi tidak hanya memengaruhi kesehatan, tetapi juga pekerjaan, pendidikan, dan kegiatan spiritual.
"Singkatnya, tidak dapat melihat wajah seseorang dan menganggap orang lain sebagai calon pembawa virus adalah metafora mengerikan dari krisis sosial global yang harus menjadi perhatian semua orang yang memiliki hati masa depan umat manusia," tulisnya.
Dia menambahkan bahwa pandemi, dikombinasikan dengan pemanasan global dan hilangnya keanekaragaman hayati, harus mendorong umat manusia "untuk memikirkan kembali jalannya, untuk bertobat dan melakukan konversi ekologis."
Dia mencatat bahwa anggota akademi kepausan, yang termasuk beberapa ilmuwan terkemuka dunia, akan mendiskusikan skenario di mana kelangsungan hidup populasi dunia terancam.
“Bolehkah kita tetap diam dalam menghadapi prospek seperti itu?” Dia bertanya. “Sebesar apa pun tanggung jawab politisi, itu tidak membebaskan para ilmuwan dari mengakui tanggung jawab etis mereka sendiri dalam upaya menghentikan tidak hanya pembuatan, kepemilikan dan penggunaan senjata nuklir, tetapi juga pengembangan senjata biologis, dengan potensi mereka. untuk menghancurkan warga sipil yang tidak bersalah dan tentu saja, seluruh rakyat. "
Sumber: Catholic News Agency
terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati