Hari Raya Pentakosta
"Ke-50 hari (Masa Paskah) ditutup dengan Minggu Pentakosta, hari perayaan kedatangan Roh Kudus pada para Rasul, asal-usul Gereja dan awal perutusannya kepada manusia segala bahasa, rakyat dan bangsa. Dianjurkan untuk memperpanjang Misa petang sebelumnya menjadi tirakatan; tetapi tidak diarahkan kepada baptis, seperti pada malam Paskah, melainkan lebih pada doa tak kunjung henti, menurut teladan para Rasul, dan murid, yang 'rukun bertekun dalam doa bersama Maria, Ibu Yesus' dan menantikan Roh Kudus" (Kongregasi Ibadat Ilahi, Perayaan Paskah dan Persiapannya, 1 Januari 1988, No. 107)
Antifon Pembuka (lih. Keb 1:7)
Roh Tuhan memenuhi seluruh dunia. Dialah yang menyatukan segala sesuatu dan memahami setiap tutur bahasa. Alleluya.
The Spirit of the Lord has filled the whole world and that which contains all things understands what is said, alleluia.
atau
Spiritus Domini replevit orbem terrarum, alleluia: et hoc quod continet omnia, scientiam habet vocis, alleluia, alleluia, alleluia.
Mzm. Exsurgat Deus, et dissipentur inimici eius: et fugiant, qui oderunt eum, a facie eius.
Doa Pagi
Allah Bapa kami yang mahaagung dan kekal, berkat misteri Pentakosta Engkau menguduskan Gereja-Mu di antara para bangsa dengan segala bahasa. Sebarluaskanlah anugerah Roh Kudus ke seluruh dunia. Ulangilah mukjizat Pentakosta: sentuhlah dengan Roh-Mu hati umat beriman, seperti yang Kaulakukan pada awal pewartaan Injil. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kisah Para Rasul (2:1-11)
Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = bes, 4/4, PS 828
Ref. Utuslah Roh-Mu ya Tuhan dan jadi baru seluruh bumi.
Ayat. (Mzm 104:1.24.29-30.31.34; Ul: 30, Pola Lagu PS 801)
1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku!
Tuhan Allahku, Engkau sungguh besar!
Betapa banyak karya-Mu, ya Tuhan,
semuanya Kau buat dengan kebijaksanaan.
2. Apabila Engkau mengambil roh mereka,
matilah mereka dan kembali menjadi debu.
Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka pun tercipta kembali
dan Engkau membaharui muka bumi.
3. Biarlah kemuliaan Tuhan tetap untuk selama-lamanya,
biarlah Tuhan bersukacita atas semua yang diciptakan-Nya.
Biarlah renunganku berkenan kepada-Nya!
Aku hendak bersukacita karena Tuhan.
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (12:3b-7.12-13)
Saudara-saudara, tiada seorang pun dapat mengaku, “Yesus adalah Tuhan,” selain oleh Roh Kudus. Ada rupa-rupa karunia, tetapi hanya ada satu Roh. Ada rupa-rupa pelayanan, tetapi hanya ada satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu; Dialah yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. Karena sama seperti Tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab kita semua, baik Yahudi maupun Yunani, baik budak maupun orang merdeka, telah dibaptis dalam satu Roh menjadi satu tubuh, dan kita semua diberi minum dari satu Roh.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
(Veni Sancte Spiritus)
2. Veni, pater pauperum, veni, dator munerum, veni, lumen cordium.
3. Consolator optime, dulcis hospes animae, dulce refrigerium.
4. In labore requies, in aestu temperies, in fletu solatium.
5. O lux beatissima, reple cordis intima tuorum fidelium.
6. Sine tuo numine, nihil est in homine, nihil est innoxium.
7. Lava quod est sordidum, riga quod est aridum, sana quod est saucium.
8. Flecte quod est rigidum, fove quod est frigidum, rege quod est devium.
9. Da tuis fidelibus, in te confidentibus, sacrum septenarium.
10. Da virtutis meritum, da salutis exitum, da perenne gaudium. Amen. Alleluya.
atau
1. Ya Roh Kudus, datanglah dari surga sinarkan pancaran cahaya-Mu.
2. Suluh hati, datanglah, Bapa kaum yang lemah, pemberi anugerah.
3. Kau penghibur ulungku, 'Kau sahabat jiwaku, penyejukku yang lembut.
4. Kausegarkan yang lelah, Kautenangkan yang resah; Kau melipur yang sendu.
5. O Cahaya yang cerah, datang dan penuhilah hati kaum beriman.
6. Tanpa kekuasaan-Mu, hampa daya umat-Mu; hanya noda adanya.
7. Yang cemar bersihkanlah, yang kersang siramilah, yang terluka pulihkanlah.
8. Yang keras lunakkanlah, yang beku cairkanlah, yang sesat arahkanlah.
9. Limpahilah umat-Mu yang percaya pada-Mu: sapta karunia-Mu.
10. Dan curahilah anugrah: akhir hidup bahagia, sukacita tak henti. Amin. Alleluya.
Bait Pengantar Injil, do = bes, gregorian, PS 964
Ref. Alleluya
Ayat. Datanglah, hai Roh Kudus, penuhilah hati kaum beriman dan nyalakanlah api cinta-Mu di dalam hati mereka.
Inilah Injil Suci menurut Yohanes (14:15-16.23b-26)
Pada perjamuan malam terakhir Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. Jika seorang mengasihi Aku, Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya, dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”
Renungan
Sebuah desahan dapat digambarkan sebagai napas besar yang dalam. Untuk mendesah, napas dalam-dalam dihirup dan napas terdengar dihembuskan. Jadi dapat dikatakan bahwa tidak ada yang namanya desahan diam.
Dengan kata “menghela nafas”, asumsinya adalah bahwa itu adalah respons terhadap situasi yang tidak berdaya atau putus asa, atau indikasi menyerah, atau kurangnya motivasi atau inspirasi, atau tanda pesimisme atau kritik halus.
Kata “menghela nafas” itu sering muncul dalam pesan teks kita ketika kita tidak tahu bagaimana membalas keluhan atau ketika kita tidak tahu bagaimana menanggapi situasi yang sulit.
Tapi desahan sebenarnya memiliki beberapa nuansa makna. Selain helaan napas ketidakberdayaan, ada juga helaan napas lega, terutama ketika sesuatu yang membosankan atau memberatkan selesai, atau ketika kecemasan atau kekhawatiran telah usai, kita menghela napas lega.
Jadi desahan setidaknya memiliki dua arti atau bahkan lebih. Kita tahu apa artinya saat kita mendesah, dan orang lain akan tahu apa artinya, saat kita mendesah.
Secara umum, mendesah adalah menghirup udara dalam-dalam diikuti dengan embusan napas cepat, dan bukan pelepasan lambat.
Tapi apa yang akan kita sebut menghirup cepat dan tidak menghembuskan napas. Itu akan seperti menahan nafas.
Dalam Injil, ketika para murid berada di dalam ruangan, dengan pintu tertutup karena takut kepada orang-orang Yahudi, Yesus datang dan berdiri di antara mereka.
Para murid, dalam keadaan terkejut dan syok, mungkin menarik napas cepat dan menahannya di sana. Tetapi mereka tidak perlu menahannya selama Yesus berkata kepada mereka, “Damai sejahtera bagi kamu.”
Dan setelah mengatakan itu, Yesus menghembusi mereka dan berkata, “Terimalah Roh Kudus.” Ini adalah tindakan Yesus yang agak unik, di mana nafas digunakan untuk melambangkan kehadiran dan karunia Roh Kudus.
Tetapi tindakan bernafas pada para murid ini membawa kita kembali ke kitab Kejadian 2:7, dimana dalam penciptaan manusia, Tuhan membentuk manusia dari debu tanah dan kemudian Dia menghembuskan nafas ke dalam lubang hidung manusia dan manusia menjadi hidup.
Jadi nafas Allah adalah nafas hidup, karunia Roh Kudus, yang adalah Tuhan dan Pemberi hidup yang keluar dari Bapa dan Putra, seperti yang kita akui dalam Syahadat.
Jadi di dalam Injil, Yesus yang Bangkit sedang menciptakan kembali adegan dari kitab Kejadian saat Dia menghembuskan Roh Kudus ke dalam hati murid-murid-Nya.
Dia menghembuskan nafas kehidupan baru kepada murid-murid-Nya, nafas pengampunan, nafas penyembuhan, nafas kasih, nafas Roh Kudus.
Dan kita melihat pengaruh Roh Kudus dalam diri para murid dalam bacaan pertama ketika mereka maju untuk memberitakan keajaiban Allah dalam bahasa yang berbeda ketika Roh memberi mereka karunia berbicara.
Hari ini ketika Gereja merayakan hari raya Pentakosta, Tuhan Yesus mengembuskan kepada kita karunia Roh Kudus.
Tetapi mau tak mau kita bertanya-tanya apakah Yesus sedang mengembuskan kepada kita karunia Roh Kudus, atau apakah Dia menghembusi pada kita dengan belas kasihan dan belas kasihan.
Seperti yang dikatakan, kita memulai hidup dengan ratapan dan mengakhiri hidup dengan desahan; nafas terakhir kita seperti desahan.
Tidak hanya nafas terakhir kita seperti desahan, seluruh hidup kita tampak seperti desahan besar.
Kita menghela nafas dengan frustrasi, kekecewaan, sakit hati, ketidakberdayaan, ketakutan dan kecemasan. Kita mengeluh dengan beban dosa dan tidak mau mengampuni.
Mendesah telah dikaitkan dengan pesimisme, keputusasaan, dan keputusasaan.
Tapi hari ini kami ingin menghela nafas, tapi menghela nafas lega. Seperti para murid dalam Injil, kita ingin menghela nafas lega karena Tuhan Yesus menawarkan damai dan pengampunan kepada kita.
Kita ingin menghirup nafas Tuhan dan menghembuskan semua yang bukan berasal dari Tuhan.
Kita ingin bernapas dalam damai dan pengampunan, dan menghembuskan ketakutan dan kecemasan kita.
Marilah kita memohon kepada Tuhan Yesus untuk menghilangkan sumbatan sehingga kita dapat menghirup karunia Roh Kudus, dan dengan nafas Roh Kudus kita ingin maju untuk mewartakan Kabar Baik tentang keajaiban-keajaiban Tuhan.
Mari kita ubah keluh kesah kita menjadi kelegaan karena Yesus telah mengampuni dan menyelamatkan kita.
Marilah kita menghirup karunia Roh Kudus dan dengan nafas Roh Kudus, marilah kita maju mewartakan Kabar Baik tentang keselamatan. .[RENUNGAN PAGI]
Antifon Komuni (lih. Kis 2:4.11)
Mereka semua dipenuhi Roh Kudus, dan memaklumkan karya agung Allah. Alleluya.
They were all filled with the Holy Spirit and spoke of the marvels of God, alleluia.
atau
Factus est repente de cælo sonus advenientis spiritus vehementis, ubi erant sedentes, alleluia: et repleti sunt omnes Spiritu Sancto, loquentes magnalia Dei, alleluia, alleluia. (Kis 2:2-4)