| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Jumat, 02 September 2022 Hari Biasa Pekan XXII

Jumat, 02 September 2022
Hari Biasa Pekan XXII - Jumat Pertama Dalam Bulan
    
Tetapi iman Kristen bukanlah satu “agama buku”. Agama Kristen adalah agama “Sabda” Allah, “bukan sabda yang ditulis dan bisu, melainkan Sabda yang menjadi manusia dan hidup” (Bernard, hom. miss. 4,11). Kristus, Sabda abadi dari Allah yang hidup, harus membuka pikiran kita dengan penerangan Roh Kudus, “untuk mengerti maksud Alkitab” (Luk 24:45), supaya ia tidak tinggal huruf mati. (Katekismus Gereja Katolik, 108)
    
Antifon Pembuka (Mzm 37:4-5)
 
Carilah kebahagiaanmu dalam Tuhan, Ia akan meluluskan keinginan hatimu. Serahkanlah nasibmu kepada Tuhan, percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak.

Doa Pagi
 
Allah Bapa yang kekal dan kuasa, manusia Kauberi tugas menjaga misteri-misteri-Mu. Semoga kami selalu menghormati sabda-Mu dan ajarilah kami memahami nama-Mu.  Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.  
  
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (1Kor 4:1-5)
     
"Tuhan akan memperlihatkan apa yang direncanakan dalam hati."
    
Saudara-saudara, hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai. Bagiku sedikit sekali artinya entahkah aku dihakimi oleh kamu atau oleh suatu pengadilan manusia. Malahan diriku sendiripun tidak kuhakimi. Sebab memang aku tidak sadar akan sesuatu, tetapi bukan karena itulah aku dibenarkan. Dia, yang menghakimi aku, ialah Tuhan. Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  
Mazmur Tanggapan
Ref. Orang-orang benar akan diselamatkan oleh Tuhan.
Ayat. (Mzm 37:3-4.5-6.27-28.39-40)
1. Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, dan bergembiralah karena Tuhan; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.
2. Serahkanlah hidupmu kepada Tuhandan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.
3. Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, maka engkau akan tetap tinggal untuk selama-lamanya; sebab Tuhan mencintai hukum, dan Ia tidak meninggalkan orang-orang yang dikasihi-Nya. Sampai selama-lamanya mereka akan terpelihara, tetapi anak cucu orang-orang fasik akan dilenyapkan.
4. Orang-orang benar diselamatkan oleh Tuhan; Ia adalah tempat perlindungan mereka pada waktu kesesakan; Tuhan menolong mereka dan meluputkan mereka, Ia meluputkan mereka dari tangan orang-orang fasik dan menyelamatkan mereka, sebab mereka berlindung pada-Nya.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 8:12) 
Aku ini cahaya dunia, sabda Tuhan. Yang mengikuti Aku, hidup dalam cahaya.   
  
Inilah Injil Suci menurut Lukas (5:33-39)
  
"Apabila mempelai diambil, barulah sahabat-sahabat mempelai akan berpuasa."
    
Sekali peristiwa orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat berkata kepada Yesus, "Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang. Demikian pula murid-murid orang Farisi. Tetapi murid-murid-Mu makan dan minum." Yesus menjawab, "Dapatkah sahabat mempelai disuruh berpuasa, selagi mempelai itu bersama mereka? Tetapi akan datang waktunya mempelai diambil dari mereka; pada waktu itulah mereka akan berpuasa." Yesus mengatakan juga suatu perumpamaan kepada mereka, "Tiada seorang pun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk ditambalkan pada baju yang tua. Sebab jika demikian, yang baru itu pun akan koyak. Apalagi kain penambal yang dikoyakkan dari baju baru tidak akan cocok pada baju yang tua. Demikian juga tiada seorang pun mengisikan anggur baru ke dalam kantong kulit yang tua. Sebab jika demikian, anggur baru itu akan mengoyakkan kantong tua itu, lalu anggur akan terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur baru harus disimpan dalam kantong yang baru pula. Dan tiada seorang pun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru, sebab ia akan berkata, 'Anggur yang tua lebih baik'."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
  
Renungan
   
Public Domain   
   Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini ketika kita merenungkan bacaan-bacaan Kitab Suci, kita diingatkan sebagai orang beriman untuk memiliki transformasi menyeluruh dalam hidup, dalam cara kita menjalani hidup kita dan dalam bagaimana kita masing-masing menghabiskan setiap saat, fokus kepada Tuhan setiap saat, mengikuti kehendak-Nya dan menaati hukum-hukum-Nya, serta mengasihi Dia dengan segenap hati kita, dengan segenap kekuatan dan daya kita.

Sebagai orang Katolik, pertama dan terutama, kita perlu mengubah cara pandang kita dalam hidup dan bagaimana kita menjalani hidup yang kita miliki ini dengan iman, sehingga jika dulu kita egois, kurang iman, ternoda dosa dan dengan rusaknya keinginan dan pencobaan, maka sekarang kita dipanggil ke dalam kehidupan dan keberadaan baru yang tidak lagi mengingatkan kita pada kehidupan lama yang pernah kita miliki, kehidupan lama ketidaktaatan, kejahatan dan dosa.

Dalam bacaan pertama kita hari ini, kita mendengar Rasul Paulus mengingatkan kita melalui Suratnya kepada Jemaat di Korintus, tentang perlunya kita semua untuk melihat diri kita sendiri dalam melaksanakan apa pun yang Dia lakukan telah menugaskan kita untuk melakukannya. Kita juga tidak boleh menghakimi satu sama lain, melainkan bersiaplah dengan bagaimana kita semua akan diadili oleh Tuhan, sebagai satu-satunya hakim yang benar, untuk setiap tindakan dan perbuatan kita, setiap dosa dan kebajikan kita pada saat penghakiman.
 
Dalam perumpamaan dalam Injil hari ini, kita mendengar bagaimana kantong kulit harus dicocokkan dengan baik dengan anggur yang akan disimpan di dalamnya, bahwa anggur yang lama harus disimpan di dalam kantong yang lama, sedangkan anggur yang baru harus disimpan di dalam kantong yang baru. Sebaliknya, kain baru yang sobek harus ditambal dengan kain baru juga, bukan dengan kain bekas. Apa makna-makna di balik kedua perumpamaan ini? Ini adalah pengingat bahwa kita perlu memiliki sikap dan kehidupan yang sesuai dengan iman kita, kepercayaan kita kepada Tuhan.

Kecuali jika kita benar-benar menjalankan iman kita dengan cara yang kita percayai, dan mengisi hidup kita dengan tindakan yang sesuai dengan jalan Tuhan, dan tidak lagi hidup menurut cara dosa kita yang lama, seperti anggur baru yang cocok dengannya. kulit anggur yang baru, kita akan berakhir dihancurkan jika kita menggunakan cara hidup 'lama' dan dosa-dosa masa lalu kita untuk menghidupi iman baru kita kepada Tuhan. Itulah sebabnya Tuhan menggunakan perumpamaan itu untuk menunjukkan, bagaimana menjadi murid-Nya berarti kita semua perlu mendengarkan Dia, mengikuti Dia dan melakukan apa yang Dia perintahkan untuk kita lakukan.

Apakah kita mau dan mampu melakukannya? Tidak mudah bagi kita untuk mengubah cara kita menjalani hidup kita karena kecenderungannya adalah bahwa kita lebih memilih kenyamanan hidup daripada kesulitan, untuk memuaskan diri sendiri dan keinginan kita daripada memperhatikan kebutuhan orang lain. Tetapi kita tidak perlu takut, karena jika kita setia dan tetap teguh dalam iman kita, maka Tuhan akan menilai kita layak untuk kerajaan dan kemuliaan-Nya yang kekal, dan Dia akan mengumpulkan kita semua, sementara mereka yang menolak Dia, akan dengan keputusan mereka sendiri, diusir ke dalam kegelapan dan penderitaan abadi. Pilihan ada di tangan kita, untuk memilih apakah kita ingin mengikuti Tuhan dengan setia, atau apakah kita ingin terus berjalan di jalan kegelapan dan dosa.

Semoga Tuhan membantu kita dalam perjalanan kita, menguatkan kita dalam tekad kita dan memberdayakan kita semua untuk hidup dengan setia di hadirat-Nya setiap saat. Semoga Dia memberkati usaha dan pekerjaan baik kita, dan semoga Dia selalu bersama kita, terutama melalui saat-saat tersulit dalam hidup kita. Semoga Tuhan memberkati kita, sekarang dan selamanya. Amin.
(Renungan Pagi)
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
Antifon Komuni (Luk 5:38)

Anggur baru harus disimpan dalam kantong baru. 
    
Doa Malam

Yesus, pokok anggur yang sejati, jadikanlah kami ranting-ranting-Mu yang berguna, tidak menuntut sesama sesuai keinginan hati kami serta bersikap terbuka dan memahami orang lain dengan penuh kasih. Dengan demikian, kehadiran kami mampu membawa kegembiraan bagi sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

**************************************
3 bulan lagi Natal segera tiba, kini telah hadir Edisi revisi Cantate, dengan tatasuara baru. Tatasuara yang baru tentu bisa menciptakan suasana dan nuansa baru juga.
Segera PRE ORDER buku Ordinarium Misa berbahasa Latin CANTATE edisi REVISI 2022. Saksikan pesan Romo Harry Singkoh, MSC di video youtube ini 
 
 
(Advetorial)

 
CONTOH ORDINARIUM GLORIA - MISA SANTA MARIA (Advetorial)



 Informasi Pasang Iklan di RenunganPagi klik tautan ini



Apakah kata "Ekaristi" ada di dalam Alkitab?

 Seringkali umat Katolik berbicara tentang “Ekaristi,” tetapi apakah kata itu bahkan ada di dalam Alkitab?

Meskipun Alkitab dalam bahasa Indonesia tidak mengandung kata “ekaristi”, kata itu ditampilkan dalam Perjanjian Baru versi Yunani asli.

Dalam Injil versi Yunani asli, Yesus mencatat versi kata saat merayakan Perjamuan Terakhir.

     ”Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu.Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, [εὐχαριστήσας – echaristēsas] memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka...."
    Lihat Lukas 22:17-19

Pada dasarnya, kata "Ekaristi" berarti "mengucap syukur," tetapi dalam konteks Kristen perdana, kata itu dengan cepat dikaitkan dengan perayaan Ekaristi, yang lebih dikenal sebagai Misa.

Bahkan ada dokumen kuno yang disebut Didakhe yang kemungkinan berasal dari zaman para rasul dan menggunakan kata ini dalam konteks ini, “Tetapi setiap hari Tuhan…. berkumpullah kamu bersama dan pecahkanlah roti, dan mengucap syukurlah setelah mengakukan dosa-dosamu, supaya kurbanmu menjadi murni. Tetapi jangan ada seorang yang berselisih dengan sesama saudara yang datang bersama denganmu, sebelum mereka berdamai, supaya kurbanmu tidak menjadi profan.” (Didakhe, 14)

Sementara kata "ekaristi"  tidak ada dalam Alkitab bahasa Indonesia, kata itu ditemukan dalam versi Yunani asli dari Perjanjian Baru. Katekismus Gereja Katolik memberikan definisi singkat tentang kata itu, dengan mencatat bahwa kekayaan Sakramen Ekaristi yang tiada habisnya dimanifestasikan melalui berbagai nama yang diberikan padanya, masing-masing membangkitkan beberapa aspeknya. Pada intinya, kata “Ekaristi” berarti “ucapan syukur”, tetapi dalam konteks yang secara khusus ditujukan untuk mengucap syukur kepada Tuhan. 

  Kata Ekaristi pada dasarnya membangkitkan banyak dimensi ucapan syukur kepada Allah yang menyelamatkan kita dengan memberikan diri-Nya, dalam kurban penebusan, sebagai makanan kehidupan.

 

Baca juga: Paus Fransiskus: Ekaristi bukanlah simbol, Ekaristi adalah Yesus memberikan diri-Nya sepenuhnya

 

Credit: wideonet/istock.com

Kamis, 01 September 2022 Hari Biasa Pekan XXII

Kamis, 01 September 2022
Hari Biasa Pekan XXII

“Kerajaan Surga akan diberikan kepada mereka, yang dipuji karena kerendahan hatinya, bukan karena kekurangan harta dunia.” (St. Leo Agung)
  
Antifon Pembuka (1Kor 3:23)
   
Segala-galanya itu milikmu. Tetapi kalian sendiri milik Kristus dan Kristus milik Allah.
      
Doa Pembuka
 
Allah Bapa sumber kebersamaan dan kerukunan, Engkau memanggil orang untuk menyuarakan sabda-Mu dan memasyhurkan nama-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami membangun kerukunan dan kedamaian dalam nama-Mu berkat Roh Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
          
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (1Kor 3:18-23)
  
"Semuanya itu milik kamu, tetapi kamu milik Kristus, dan Kristus milik Allah."
     
Saudara-saudara, janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri.Jika di antara kalian ada yang menyangka dirinya berhikmat menurut penilaian dunia ini, hendaknya ia menjadi bodoh untuk menjadi berhikmat. Sebab hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis, “Allah menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya sendiri.” Dan di tempat lain “Tuhan tahu rancangan-rancangan orang berhikmat; sungguh, semuanya sia-sia belaka!” Karena itu janganlah ada orang yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu adalah milikmu: baik Paulus, Apolos, maupun Kefas, baik dunia, hidup, maupun mati, baik waktu sekarang, maupun yang akan datang. Semua itu milik kalian, tetapi kalian milik Kristus, dan Kristus milik Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
Mazmur Tanggapan
Ref. Milik Tuhanlah bumi dan segala isinya.
Ayat. (Mzm 24:1-2.3-4ab.5-6)
1. Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkannya di atas lautan dan menegakkannya di atas sungai-sungai.
2. "Siapakah yang boleh naik ke atas gunung Tuhan? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?" "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.
3. Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia. Itulah angkatan orang-orang yang menanyakan Dia, yang mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub."

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. Mari, ikutlah Aku, sabda Tuhan, dan kalian akan Kujadikan penjala manusia.        
 
Inilah Injil Suci menurut Lukas (5:1-11)
 
"Mereka meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Yesus."
     
Pada suatu ketika Yesus berdiri di pantai Danau Genesaret. Orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan sabda Allah. Yesus melihat dua buah perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya. Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahu itu sedikit jauh dari pantai. Lalu Yesus duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Selesai berbicara Ia berkata kepada Simon, “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” Simon menjawab, “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa. Tetapi atas perintah-Mu aku akan menebarkan jala juga.” Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap ikan dalam jumlah besar, sehingga jala mereka mulai koyak. Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain, supaya mereka datang membantu. Maka mereka itu datang, lalu mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam. Melihat hal itu Simon tersungkur di depan Yesus dan berkata, “Tuhan, tinggalkanlah aku, karena aku ini orang berdosa.” Sebab Simon dan teman-temannya takjub karena banyaknya ikan yang mereka tangkap. Demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedus, yang menjadi teman Simon. Yesus lalu berkata kepada Simon, “Jangan takut. Mulai sekarang engkau akan menjala manusia.” Dan sesudah menghela perahu-perahunya ke darat, mereka lalu meninggalkan segala sesuatu, dan mengikuti Yesus.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus) 
    
Renungan
 
  Kita telah mendengar kata-kata seperti biasa dan luar biasa dan kita tahu apa arti kedua kata itu dalam bahasa sehari-hari. Mungkin kata-kata dengan arti yang paling dekat dengan itu akan menjadi biasa dan tidak biasa. Entah luar biasa atau tidak biasa, kita tidak mungkin mengaitkan arti kedua kata itu dengan aneh. Karena aneh berarti aneh atau lucu atau menyebalkan atau bodoh. Tetapi jalan-jalan Tuhan bisa dikatakan tidak biasa atau luar biasa dalam arti sopan, dan juga bisa dikatakan aneh dalam arti kasar atau dalam arti yang lebih spiritual, misterius.

  Beberapa contoh dalam Alkitab adalah Abraham dan Sarah memiliki anak di usia tua; jatuhnya Yerikho di mana orang Israel berbaris mengelilingi kota sambil meniup terompet sebelum tembok kota runtuh; keledai berbicara dengan nabi pagan Bileam, dll. Bacaan pertama mengatakan bahwa hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Tuhan. Oleh karena itu, dapat juga dikatakan bahwa jalan-jalan Tuhan tampak bodoh dan aneh.

 Dalam Injil,
kita mendengar Tuhan yang menunjukkan kepada para Rasul-Nya dan mengilhami mereka untuk menjadi penjala manusia. Melalui mukjizat ikan yang tertangkap di jaring, Tuhan menunjukkan kepada mereka apa yang akan mereka lakukan untuk membawa kemuliaan bagi Tuhan dan apa yang akan mereka lakukan untuk membawa banyak jiwa yang terhilang ke dalam kasih karunia dan hadirat Tuhan. Dan melalui semua ini, Tuhan ingin menunjukkan kepada kita apa yang dapat kita semua lakukan untuk menjadi bagian dari misi yang telah Dia berikan kepada kita semua juga.
  
  Teladan yang diperlihatkan dalam Injil hari ini menggambarkan dunia sebagaimana adanya, dan juga bahkan sekarang, seperti sekarang ini. Para Rasul yang memancing ikan mewakili para murid dan pengikut Tuhan, anggota Gereja-Nya, yang diwakili oleh perahu. Memang, Gereja Tuhan sering disamakan dengan perahu, bahtera, mirip dengan Bahtera Nuh zaman dahulu. Gereja adalah Tabut baru yang membawa semua umat manusia kepada keselamatan dari Allah, jauh dari semua badai dan masalah dunia kegelapan dan dosa.
 
  Ikan-ikan itu mengacu pada kita semua, besar dan kecil, dari berbagai jenis dan bentuk, kita semua umat manusia dengan segala keunikan dan kekhasan kita, dan dari berbagai asal dan latar belakang kita. Dan kita semua dikumpulkan bersama ke dalam jaring ke dalam perahu, yaitu Gereja Allah, oleh kerja keras para rasul dan murid-murid Kristus. Ini adalah misi yang diberikan Tuhan kepada mereka sebelum Dia kembali ke surga pada saat Kenaikan-Nya, dan misi ini masih berlanjut hingga hari ini.
 
  Saudara dan saudari dalam Kristus, hari ini kita semua harus menyadari betapa besar kasih dan pengabdian yang Tuhan Allah kita miliki bagi kita semua. Ketika para murid tidak bisa mendapatkan ikan sepanjang malam, mereka lelah dan lelah, dan mereka pasti ingin berhenti memancing sama sekali. Lagi pula, siapa yang waras, ingin mencoba lagi setelah berjam-jam berusaha tanpa hasil? 
  
    Tetapi Tuhan tidak menyerah pada umat manusia, karena Dia menyuruh para murid untuk bertolak ke tempat yang dalam, dalam bahasa Latin, 'Duc in Altum', yang berarti pergi ke tempat yang dalam, menempatkan jala lebih jauh dan lebih dalam ke dalam air. Jadi, alih-alih mundur atau menyerah, Tuhan terus mendorong lebih keras dan bekerja lebih keras lagi untuk keselamatan kita. Hanya dengan pergi lebih jauh dan dengan usaha yang lebih besar, banyak jiwa dapat diselamatkan.Semoga Allah Bapa kita mempersatukan kita semua dalam kasih karunia dan kasih-Nya, dan membawa kita semua ke dalam sukacita hidup yang kekal. Tuhan memberkati kita semua. Amin. 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
Doa Malam
         
Tuhan, Engkau telah mengajak para murid-Mu untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, yaitu dengan menaburkan jala ke tempat yang lebih dalam. Semoga aku dapat meneladani mereka, tidak cepat putus asa bila aku mengalami kesulitan dan senantiasa mengembangkan talenta yang telah Engkau berikan kepadaku. Amin.
   
      
RENUNGAN PAGI

 

Dapatkah orang percaya kepada Yesus dan menolak Salib?

 

Jeff Turner, Flickr / CC BY 2.0

 

 Kita harus membaca kisah pengakuan iman Petrus secara keseluruhan untuk menemukan jawabannya.

Mat 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: ”Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” 16 Maka jawab Simon Petrus: ”Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” 17 Kata Yesus kepadanya: ”Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

  Bagian dalam Injil Matius yang menggambarkan pengakuan iman Petrus harus selalu dibaca secara keseluruhan. Kita dapat tergoda untuk berhenti hanya pada karunia yang diberikan kepada rasul itu untuk menjawab dengan jawaban yang benar atas pertanyaan Kristus; Simon Petrus menjawab, "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup." Jawab Yesus kepadanya, ”Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Tetapi karunia luar biasa yang diberikan kepadanya tidak melindunginya dari pemikiran duniawi yang terus dia ikuti. Memang, yang harus dilakukan Yesus hanyalah mengangkat topik tentang salib untuk segera memicu reaksi penolakan Petrus dalam Mat 16:22:Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: ”Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau.

 Mat 16:21 Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. 22 Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: ”Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau.” 23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: ”Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”

  Dapatkah seseorang percaya kepada Yesus dan menolak salib? Melakukan hal itu sebenarnya berarti memiliki iman yang jahat: Mat 16:23 "Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: ”Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia. Diabolis secara harfiah berarti “terbagi.” Kecenderungan manusiawi kita: menginginkan yang serba enak dan nyaman serta menyangkal segala bentuk penderitaan. Penyangkalan diri nyata dalam berbagai bentuk pengendalian diri terhadap berbagai macam nafsu, kenikmatan, keserakahan dan kesenangan terhadap hal-hal duniawi. 

Apakah kita mau menyangkal diri kita sendiri dan memikul salib kita dan mengikuti Yesus? Hidup biasanya memberi kita berbagai salib. Beberapa dari mereka lebih sulit daripada yang lain. Namun, tidak pernah mudah untuk menerima salib, apakah itu penyakit, kekhawatiran keuangan, kesulitan keluarga, depresi, pengangguran, dll. Yang mungkin membantu atau merugikan kita adalah bagaimana kita memandang salib kita. Apakah kita menganggapnya sebagai hukuman dari Tuhan atau apakah kita percaya bahwa salib hanyalah bagian dari hidup kita, seperti halnya sukacita dan cinta adalah bagian dari kondisi manusiawi kita?

 Menerima salib bukan berarti mencintai penderitaan, tetapi membuat pilihan yang sesuai dengan keinginan besar kita. Kita sangat sering hidup dengan logika ini. Yesus mengasihi kita dan sebagai akibatnya menyerahkan diri-Nya sampai mati di kayu salib. Bagaimana kita bisa melarang Dia untuk memberikan hidup-Nya demi cinta kita? Bisakah kita mengatakan kepada orang yang mencintai, "Cinta, tapi tanpa komitmen?" Cinta seperti itu hanya akan menjadi kata yang hampa dan bukan fakta yang menyelamatkan kita. Masih ada jalan panjang yang harus dilalui oleh Petrus (dan kita).

 

Rabu, 31 Agustus 2022 Hari Biasa Pekan XXII

Rabu, 31 Agustus 2022
Hari Biasa Pekan XXII          
    
Jika Yesus rela dicambuki demi aku, aku juga rela dicambuki demi Dia. Aku melakukan apa yang Yesus perintahkan kepadaku dan aku tidak mau tidak taat kepada-Nya ---- St. Rosa dari Viterbo
        

Antifon Pembuka (Mzm 33:20-21)
  
Jiwa kita menanti-nantikan Tuhan. Dialah penolong dan perisai kita. Karena Dia, hati kita bersukacita, kepada nama-Nya kita percaya.
        
Doa Pagi
     
Allah Bapa yang Mahakudus, dunia Kaukehendaki bersatu dalam diri Yesus, Adam baru. Kami mohon diberi semangat-Nya, agar selalu menghormati dan mengakui nama-Mu yang kudus. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang masa. Amin.
       
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (1Kor 3:1-9) 
 
"Kami ini hanyalah kawan sekerja Allah; kalian adalah ladang Allah dan bangunan-Nya."
 
Saudara-saudara, dahulu aku tidak dapat berbicara dengan kalian sebagai manusia rohani, tetapi hanya kepada manusia duniawi yang belum dewasa dalam Kristus. Pada waktu itu aku memberikan susu kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kalian belum dapat menerimanya. Sekarang pun sebenarnya kalian belum dapat menerimanya, karena kalian masih manusia duniawi. Sebab jika di antara kalian ada iri hati dan perselisihan, bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kalian masih manusia duniawi dan hidup secara manusiawi? Karena jika seorang berkata, "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata, "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan bahwa kalian manusia duniawi dan bukan rohani? Sebenarnya, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang membawa kalian kepada iman, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya. Aku yang menanam, Apolos yang menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan. Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama. Dan masing-masing akan menerima upah sesuai dengan pekerjaannya. Sebab kami ini hanyalah kawan sekerja Allah; sedangkan kalian adalah ladang Allah dan bangunan-Nya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Berbahagialah bangsa yang dipilih Tuhan menjadi milik pusaka-Nya.
Ayat. (Mzm 33:12-13.14-15.20-21)
1. Berbahagialah bangsa yang Allahnya Tuhan, suku bangsa yang dipilih Allah menjadi pusaka-Nya! Tuhan memandang dari surga, dan melihat semua anak manusia.
2. Dari tempat kediaman-Nya Ia menilik semua penduduk bumi. Dialah yang membentuk hati mereka, dan memperhatikan segala pekerjaan mereka.
3. Jiwa kita menanti-nantikan Tuhan, Dialah penolong dan perisai kita. Ya, karena Dia hati kita bersukacita, sebab kepada nama-Nya yang kudus kita percaya.

Bait Pengantar Injil, do = f, 2/4, PS 956 (MTL 401)
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Luk 4:18-19)
Tuhan mengutus aku memaklumkan Injil kepada orang hina dina dan mewartakan pembebasan kepada para tawanan.


 
Inilah Injil Suci menurut Lukas (4:38-44)
 
 "Juga di kota-kota lain Aku harus mewartakan Injil, sebab untuk itulah Aku diutus."
  
Setelah meninggalkan rumah ibadat di Kapernaum, Yesus pergi ke rumah Simon. Adapun ibu mertua Simon sakit demam keras, dan mereka minta kepada Yesus supaya menolong dia. Maka Yesus berdiri di sisi wanita itu, lalu menghardik demamnya. Segera penyakit itu meninggalkan dia. Wanita itu segera bangun dan melayani mereka. Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kerabatnya yang sakit kepada Yesus. Ia meletakkan tangan atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka. Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak, “Engkaulah Anak Allah.” Tetapi dengan keras Yesus melarang mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia Mesias. Ketika hari siang Yesus berangkat ke suatu tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mencari Dia. Ketika menemukan-Nya, mereka berusaha menahan Dia, supaya jangan meninggalkan mereka. Tetapi Yesus berkata kepada mereka, “Juga di kota-kota lain Aku harus mewartakan Injil Allah sebab untuk itulah Aku diutus.” Dan Ia mewartakan Injil dalam rumah-rumah ibadat di Yudea.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan
 
Ada satu aspek mendalam dalam pelayanan Yesus yang tidak dapat kita lewatkan dan itu adalah sesuatu yang ingin kita lihat lebih sering terjadi.

Selain mengajar orang-orang tentang Kerajaan Allah, aspek mendalam lainnya dari pelayanan Yesus adalah penyembuhan.

Injil memberikan perhatian khusus pada pelayanan penyembuhan Yesus karena itu adalah ekspresi dari pewartaan Injil yang Dia datang untuk mewartakan.

Tetapi pelayanan penyembuhan hanyalah satu sisi mata uang; aspek lain yang sama pentingnya dari pelayanan Yesus adalah pengajaran dan pewartaan Injil tentang kerajaan Allah.

Dapat dikatakan, dan dengan tepat, bahwa dari pengajaran dan pewartaan Kabar Baik mengalir pelayanan penyembuhan.

Orang harus dibersihkan dan dibentuk oleh Injil sebelum penyembuhan apa pun dapat terjadi.

Dalam perikop Injil hari ini, kita mendengar tentang Yesus, setelah pelayanan penyembuhan-Nya, Dia pergi ke tempat yang sepi untuk berdoa. Penting bagi Dia untuk kembali kepada Allah agar dapat mengikuti pelayanan mengajar, mewartakan dan menyembuhkan.

Tanpa doa, maka kita akan menjadi seperti orang-orang Korintus yang dicaci oleh St. Paulus, karena hanya menjadi manusia yang sensual dan karena tidak rohani. Itulah sebabnya mereka memiliki slogan-slogan mereka dan terpecah di antara mereka sendiri.

Jadi marilah kita mengikuti Yesus dalam menemukan tempat yang sepi untuk berdoa. Mari kita berdoa bersama Yesus, mendengarkan Firman-Nya dan membawa kesembuhan bagi mereka yang membutuhkan..(RENUNGAN PAGI)
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini  

Orang Katolik tidak menyembah patung

 

 Credit: giveawayboy/flickr (CC-BY-ND-  2.0)

Saat Anda memasuki gereja Katolik, salah satu jenis karya seni yang paling khas adalah patung. Bagi sebagian orang, hal ini tampaknya bertentangan dengan Firman Allah, yang berkata, “Janganlah kamu berpaling kepada berhala-berhala dan janganlah kamu membuat bagimu dewa tuangan; Akulah TUHAN, Allahmu.” (Imamat 19:4).

Namun umat Katolik tetap mendekorasi gereja mereka dengan banyak patung dan lukisan. Mengapa demikian? Apakah itu bertentangan dengan semua yang Allah tetapkan dalam Alkitab?

Topik ini merupakan topik yang kontroversial di Gereja awal, membutuhkan konsili untuk menyelesaikan masalah ketika beberapa di Gereja berusaha untuk menghancurkan semua gambar (bukan hanya patung). Mereka percaya setiap gambar Tuhan bertentangan dengan hukum Tuhan dan bentuk penyembahan berhala.

Apakah Patung Berhala?

Akan tetapi, Katekismus Gereja Katolik menjelaskan, “Tetapi di dalam Perjanjian Lama, Allah sudah menyuruh dan mengizinkan pembuatan patung, yang sebagai lambang harus menunjuk kepada keselamatan dengan perantaraan Sabda yang menjadi manusia: sebagai contoh, ular tembaga Bdk. Bil 21:4-9; Keb 16:5-14; Yoh 3:14-15., tabut perjanjian, dan kerub Bdk. Kel 25:10-22; 1 Raj 6:23-28; 7:23-26.” (KGK 2130).

Berkenaan dengan misteri penjelmaan Sabda menjadi manusia, maka konsili ekumene ketujuh di Nikea tahun 787 membela penghormatan kepada ikon [gambar], yang menampilkan Kristus atau juga Bunda Allah, para malaikat dan para kudus, melawan kelompok ikonoklas. Dengan penjelmaan menjadi manusia, Putera Allah membuka satu "tata gambar" yang baru." (KGK 2131). Penghormatan Kristen terhadap gambar tidak bertentangan dengan perintah pertama, yang melarang patung berhala. Karena "penghormatan yang kita berikan kepada satu gambar menyangkut gambar asli di baliknya" (Basilius, Spir. 18,45), dan "siapa yang menghormati gambar, menghormati pribadi yang digambarkan di dalamnya" (Konsili Nikea 11: DS 601) Bdk.Konsili Trente: DS 1821-1825; SC 126; LG 67.. Penghormatan yang kita berikan kepada gambar-gambar adalah satu "penghormatan yang khidmat", bukan penyembahan; penyembahan hanya boleh diberikan kepada Allah.
"Penghormatan kepada Allah tidak diberikan kepada gambar sebagai benda, tetapi hanya sejauh mereka itu gambar-gambar, yang mengantar kepada Allah yang menjadi manusia. Gerakan yang mengarahkan ke gambar sebagai gambar, tidak tinggal di dalam ini, tetapi mengarah kepada Dia, yang dilukiskan di dalam gambar itu" (St. Tomas Aquinas., s.th. 2-2,81,3, ad 3). (KGK 2132).
 
Perbedaan utama antara orang kafir yang menyembah berhala dan orang Katolik yang menghormati patung terletak pada niat orang tersebut. Orang Katolik yang berdoa di depan patung melakukannya untuk menghormati Tuhan atau orang-orang kudus, berdoa kepada orang "di belakang" gambar daripada gambar itu sendiri. Seorang Katolik tidak terikat pada patung itu. Jika patung itu dihancurkan, iman seorang Katolik tidak goyah atau berhenti. Ini hanyalah representasi Tuhan (atau orang suci) dan merupakan objek material.

Seorang pagan, di sisi lain, terikat pada patung dan percaya bahwa Tuhan ada di dalam gambar tertentu. Mereka menyembah patung itu karena percaya bahwa patung itu memiliki kekuatan besar. Menghancurkan citra seperti itu dalam agama pagan adalah salah satu pelanggaran tertinggi yang mungkin terjadi.

Seperti yang ditunjukkan Katekismus, orang-orang Katolik tidak “menyembah” patung itu, tetapi “menghormatinya”; penyembahan hanya untuk Tuhan. Jika seseorang berdoa kepada patung itu sendiri atau menyembah patung itu, mereka akan melakukan penyembahan berhala, tetapi ini bukanlah apa yang Gereja Katolik perintahkan kepada para anggotanya. Gereja mengajarkan orang Katolik untuk menghormati patung, mengakui bahwa patung itu menunjuk pada realitas spiritual tersembunyi yang tidak terikat pada representasi.

Cara lain untuk mengatakannya adalah bahwa patung adalah pengingat suci dari berbagai orang kudus dan Tuhan. Mereka mengingatkan kita akan hal-hal surgawi dan mengarahkan jiwa kita kepada Tritunggal. Patung adalah instrumen, alat untuk digunakan dalam kehidupan spiritual dan tidak berakhir dengan sendirinya.

Jadi, meskipun kelihatannya umat Katolik menyembah patung, sebenarnya tidak. Mereka menggunakan patung, sebagaimana Tuhan izinkan, sebagai gambar yang menunjuk “secara simbolis menuju keselamatan oleh Sabda yang berinkarnasi.”
 

Selasa, 30 Agustus 2022 Hari Biasa Pekan XXII

 

Selasa, 30 Agustus 2022
Hari Biasa Pekan XXII

Perbuatan kita sebenarnya tidak ada yang baik, hanya jahat. Namun, Tuhan dalam belas kasihan-Nya tidak meninggalkan kita. (St. Agustinus)

      
Antifon Pembuka (Mzm 145:8-9)
   
Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
   

Doa Pagi


Ya Allah, Engkau telah mengutus Yesus Kristus, Putra-Mu untuk mengajar kami. Semoga berkat pengajaran-Nya yang penuh kuasa, kami semakin terbuka dan memusatkan perhatian pada Sabda yang akan membawa pengudusan bagi hidup kami. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.    
        
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (1Kor 2:10b-16)
  
"Manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah; manusia rohani menilai segala sesuatu."
    
Saudara-saudara, Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pula tiada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Dan karena kami menjelaskan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berbicara tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang diajarkan kepada kami bukan oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu adalah suatu kebodohan. Ia tidak dapat pula memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. Sebab manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. Sebab, “Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kita memiliki pikiran Kristus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  
Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan itu adil dalam segala tindakan-Nya.
Ayat. (Mzm 145:8-9.10-11.12-13ab.13cd-14)
1. Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
2. Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
3. Untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak kerajaan-Mu. Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan.
4. Tuhan setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya. Tuhan itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.
   
Bait Pengantar Injil, do = d, 2/2, PS 953
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Luk 7:16; 2/4)
Seorang nabi besar telah muncul di tengah kita, dan Allah mengunjungi umat-Nya.         
     
Inilah Injil Suci menurut Lukas (4:31-37)
  
"Aku tahu siapa Engkau: Engkau Yang Kudus dari Allah."
        
Sekali peristiwa Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea. Di situ Ia mengajar pada hari-hari Sabat. Orang-orang takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa. Di rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan. Ia berteriak dengan suara keras, “Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Engkaulah Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardik dia, kata-Nya, “Diam, keluarlah dari padanya!” Maka setan menghempaskan orang itu ke tengah orang-orang banyak, lalu keluar dari padanya, dan sama sekali tidak menyakitinya. Semua orang takjub, dan berkata satu sama lain, “Alangkah hebatnya perkataan ini! Dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat, dan mereka pun keluar.” Maka tersiarlah berita tentang Yesus ke mana-mana di daerah itu.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe  
(U. Terpujilah Kristus)

     
Renungan

     

Apa yang kita dengar dalam Injil mungkin terdengar begitu asing bagi kita, karena mungkin terlihat seperti adegan dari semacam film tentang roh jahat.

Bahkan mungkin terdengar seperti cerita fiktif hanya untuk menarik perhatian kita dan untuk membangkitkan imajinasi kita.

Apapun masalahnya, tidak dapat disangkal bahwa kehadiran roh-roh jahat itu nyata dan mereka dapat menindas bahkan merasuki manusia.

Jadi ini adalah masalah spiritual di atas aspek fisik dan material dan tentu saja tidak bisa dianggap enteng.

Yesus datang untuk mewartakan Kabar Baik dan untuk menyembuhkan penyakit dan untuk mengusir roh-roh jahat dari mereka yang menderita.

Bacaan pertama memberitahu kita bahwa Roh mencapai kedalaman segala sesuatu, bahkan kedalaman Tuhan. Roh juga mengajar kita tentang hal-hal rohani.

Tetapi manusia yang tidak rohani tidak menerima apa pun dari Roh Allah dan dia melihat semuanya sebagai omong kosong karena di luar pemahamannya. Tapi itu menciptakan celah untuk penindasan dan bahkan kerasukan oleh roh-roh jahat.

Tetapi manusia yang rohani mampu menilai nilai dari segala sesuatu dan dia akan dapat menerima Roh Allah ke dalam hidupnya dan ke dalam kedalaman keberadaannya.

Jadi marilah kita menerima Roh Tuhan ke dalam hidup kita dan marilah kita hidup dan bergerak dalam Roh Kudus dan membiarkan Roh Kudus menjadi aturan hidup kita. 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
Baca: Apologetika Katolik: Orang Katolik tidak menyembah patung  @renuganpagi.id
 
  
Doa Malam
 
Tuhan Yesus yang berkuasa atas segalanya di bumi ini, setan pun takluk kepada-Mu. Semoga kenyataan ini semakin mendekatkanku kepada-Mu melalui kesaksianku dengan iman, harapan dan kasihku kepada-Mu dalam keseharianku. Berkatilah istirahatku sepanjang malam ini ya Tuhan. Amin.
 
Credit:HuyNguyenSG /istock.com
 
RENUNGAN PAGI

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy