|
Photographer
AGI / Unknown photographer for Anefo CC0.01 |
Minggu ini, 4 September, Paus Fransiskus dan ribuan umat beriman akan berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk beatifikasi Paus Yohanes Paulus I. Dia akan menjadi paus abad ke-20 yang keempat yang dibeatifikasi dalam belasan tahun terakhir. Para pendahulunya, Paulus VI dan Yohanes XXIII, dan penggantinya, Yohanes Paulus II, semuanya juga telah dinyatakan sebagai orang-orang kudus dalam dekade terakhir; banyak tinta telah tumpah ke ketiganya dan dampak monumentalnya pada gereja hari ini. Paus Yohanes Paulus I hanya memimpin selama 33 hari pada tahun 1978.
Paus Yohanes Paulus I dilahirkan sebagai Albino Luciani di Forno di Canale (sekarang disebut Canale d'Agordo), sebuah kota kecil di kaki bukit Dolomites di barat laut Venesia, pada 17 Oktober 1912. Ia bergabung dengan seminari kecil di Feltre pada tahun 1923 pada usia 11 (!) dan ditahbiskan untuk keuskupan Belluno-Feltre pada tahun 1935.
Setelah ditahbiskan, Albino Luciani melayani sebagai pastor paroki di kampung halamannya selama kurang dari dua tahun sebelum menjadi profesor seminari. Pada tahun 1947, ia menerima gelar doktor dalam bidang teologi dari Universitas Kepausan Gregorian di Roma, meskipun ia tetap tinggal di Keuskupan Belluno-Feltre. Ia menjabat di sejumlah posisi keuskupan pada tahun-tahun berikutnya dan menerbitkan sebuah buku tentang katekese pada tahun 1949, Catechetica in Briciole (“Katekismus dalam Remah-remah”).
Pada bulan Desember 1958, Paus Yohanes XXIII mengangkat Luciani sebagai uskup Vittorio Veneto, di wilayah Venesia; hanya beberapa minggu kemudian, pada Januari 1959, paus mengumumkan niatnya untuk mengadakan konsili ekumenis. Luciani berpartisipasi dalam keempat sesi Konsili Vatikan II.
Ketika Paus Paulus VI meninggal pada 6 Agustus 1978, itu menandai akhir dari kepausan yang panjang dan luar biasa yang berlangsung selama 15 tahun kekacauan di Gereja Katolik dan di dunia. Terpilih selama Vatikan II, ia mengawasi pelaksanaan dekrit-dekrit konsili itu yang seringkali diperdebatkan dan seringkali tidak merata. Dia juga memerintah selama periode adat istiadat yang berubah dengan cepat seputar masalah seperti perceraian dan pengendalian kelahiran buatan. Ensikliknya tentang topik terakhir, “Humanae Vitae,” menyebabkan badai kontroversi setelah dirilis dan tetap menjadi topik neuralgik bagi umat Katolik di seluruh dunia saat ini.
Siapa yang akan berkumpul bersama para kardinal di bulan Agustus yang panas untuk konklaf kepausan yang akan menggantikannya? Kandidat yang paling mungkin adalah Kardinal Giuseppe Siri, uskup agung Genoa, yang konon telah mengumpulkan banyak suara dalam konklaf tahun 1958 yang memilih Yohanes XXIII dan konklaf 1963 yang memilih Paulus VI (dan akan kembali lagi dalam konklaf yang memilih Yohanes Paulus II). Luciani menghadapi peluang yang lebih lama, sebagian karena dia telah menghabiskan hampir seluruh hidupnya di Italia utara, dan kepausan modern tampaknya membutuhkan seorang penjelajah dunia.
Setelah kebingungan normal dalam kerumunan yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus atas warna asap Kapel Sistina yang menunjukkan apakah seorang paus telah dipilih dalam pemungutan suara tertentu (“Apakah itu hitam? Apakah itu abu-abu? Apakah ada dua surat suara yang berbeda yang dibakar ini? pagi atau hanya satu?”), Kardinal Pericle Felici muncul di balkon Basilika Santo Petrus pada pukul 19:15. pada 26 Agustus 1978, dan mengeluarkan pengumuman tradisional: “Habemus Papam.” Luciani telah terpilih pada pemungutan suara keempat. Dia diumumkan kepada orang banyak sebagai Yohanes Paulus.
Paus pertama yang mengambil nama ganda, ia melakukannya sebagai pengakuan atas dua pendahulunya, Paus Yohanes XXIII dan Paus Paulus VI. Sadarilah ini, saya tidak memiliki kebijaksanaan atau hati Paus Yohanes. Saya juga tidak memiliki persiapan dan budaya Paus Paulus,” katanya setelah pemilihannya. “Namun, saya berdiri sekarang di tempat mereka. Saya akan berusaha untuk melayani gereja, dan saya berharap Anda akan membantu saya dengan doa-doa Anda.”
“Berdiri di jendela besar di atas pintu masuk utama Basilika Santo Petrus, Yohanes Paulus I tampaknya langsung memberikan kasih sayang yang responsif kepada ribuan orang di alun-alun di bawah ini,” tulis Joseph A. O'Hare, S.J., pemimpin redaksi of America, melaporkan dari Roma pada 28 Agustus. “Mereka menyambut kata pertamanya—'Kemarin...'—dengan sorak-sorai dan tawa. Seorang Amerika tidak dapat menahan diri untuk berpikir bahwa Paus yang baru, pada dasarnya, mengatakan: 'Hal yang lucu terjadi pada saya dalam perjalanan ke Kapel Sistina.'”
“Senyum, tepuk tangan, dan bahkan air mata sesekali di wajah kerumunan menunjukkan semacam keintiman pribadi yang biasanya tampak tidak terpikirkan di kerumunan sebesar itu. Namun, tanggapan orang banyak mencerminkan kualitas yang dikutip oleh para kardinal Amerika ketika mereka mencoba untuk menggambarkan Paus yang baru tidak lama setelah meninggalkan konklaf,” lanjut Pastor O'Hare. “Yohanes Paulus Saya akan menjadi pria yang sederhana dan humoris, kata mereka, agak pemalu dan mencela diri sendiri. Dia akan, di atas segalanya, seorang Paus pastoral, seorang Paus rakyat.”
Pada pelantikannya, Paus Yohanes Paulus I menghapuskan penobatan kepausan tradisional yang mewah (termasuk dimahkotai dengan tiara kepausan tiga tingkat), sebagai gantinya memilih “peresmian pelayanan Petrine” yang lebih sederhana. Dia awalnya ingin menyingkirkan "sedia gestatoria," sebuah tahta di mana paus secara tradisional dibawa, tetapi diyakinkan oleh pejabat Vatikan bahwa orang banyak pada pelantikannya tidak akan dapat melihatnya tanpanya.
Laporan berita hari itu berfokus pada gayanya yang sederhana dan lugas serta kecanggungan awal dengan ornamen dan kemegahan retoris kepausan. “Dia tidak berbicara seperti seorang Paus,” Pastor O'Hare melaporkan bahwa dia mendengar seorang anak laki-laki berkata, “Dia berbicara seperti kita.”
Dalam sebuah pesan yang dibacakan kepada Dewan Kardinal pada pagi hari setelah pemilihannya, Paus Yohanes Paulus I memaparkan prioritas kepausannya. Yang pertama dan terpenting adalah implementasi lanjutan dari Vatikan II, “tanpa melemahkan doktrin, tetapi, pada saat yang sama, tanpa ragu-ragu.”
Dia juga menekankan perlunya melindungi martabat kehidupan manusia dan merawat ciptaan, dengan petunjuk bahwa dia akan terus menentang komunisme tetapi juga Perang Dingin: “Bahaya bagi manusia modern adalah dia akan membuat bumi menjadi gurun, orang menjadi otomaton, cinta persaudaraan menjadi kolektivisasi terencana, sering kali memperkenalkan kematian di mana Tuhan menginginkan kehidupan.” Evangelisasi dan ekumenisme akan menjadi prioritas juga. Akhirnya, ia ingin merevisi Kitab Hukum Kanonik, yang telah diumumkan enam dekade sebelumnya dan sangat membutuhkan pembaruan.
Itu tidak terjadi—walaupun banyak dari prioritasnya akan menjadi prioritas penggantinya, Yohanes Paulus II. Pada pagi hari tanggal 29 September 1978, Vatikan mengumumkan bahwa Yohanes Paulus I ditemukan meninggal di tempat tidurnya oleh seorang imam yang merupakan sekretaris pribadinya. Serangan jantung atau emboli dipastikan menjadi penyebabnya, dan laporan kemudian mencatat bahwa paus mengeluhkan nyeri dada pada malam sebelumnya.
Pada Misa pemakaman Paus Yohanes Paulus I, dekan Kolegium Kardinal, Carlo Confalonieri, mengatakan “[dia] berlalu sebagai meteor yang secara tak terduga menerangi langit dan kemudian menghilang, membuat kami takjub dan tercengang.”
Dengan pemilihan Karol Wojtyla pada 16 Oktober, 1978 menjadi Paus. Paus Yohanes Paulus I adalah paus kelahiran Italia terakhir, melanggar garis keturunan yang membentang 45 paus selama 456 tahun. Pada tahun 1990, konferensi para uskup Brasil meminta Paus Yohanes Paulus II untuk memulai proses resmi kanonisasi Paus Yohanes Paulus I, dengan alasan reputasinya yang semakin meningkat akan kekudusan. Penyebabnya terhenti, sebagian karena begitu banyak paus modern sedang dipertimbangkan untuk menjadi orang suci pada saat itu. Pada tahun 2002, Uskup Vincenzo Savio, uskup dari keuskupan rumah Paus Yohanes Paulus I di Belluno-Feltre, memperoleh izin untuk memulai proses tersebut, dan pada bulan November 2003, Paus Yohanes Paulus II menyatakan dia sebagai “hamba Allah,” langkah resmi pertama menuju kanonisasi.
Setelah bertahun-tahun mengumpulkan bukti dan kesaksian (termasuk dari Paus Benediktus XVI dan Suster Margherita Marin, yang merupakan salah satu wanita religius yang melayani di rumah tangga kepausan pada tahun 1978), para postulatornya memberikan positio lebih dari 3.500 halaman kepada Dikasteri untuk Penyebab Orang-Orang Suci pada tahun 2016. Pada 8 November 2017, Paus Fransiskus menyatakan Paus Yohanes Paulus I “terhormat”, sebuah langkah kedua menuju kanonisasi.
Bagian penting dari proses kanonisasi adalah bukti bahwa calon menjadi perantara dalam mukjizat setelah kematiannya. Dalam kasus Paus Yohanes Paulus I, para postulatornya menyajikan penyembuhan ajaib pada tahun 2011 dari seorang gadis yang menderita epilepsi dan sekarat karena syok septik setelah seorang imam di Buenos Aires, Argentina, Pastor José Dabusti, memohon kepada Yohanes Paulus I untuk berdoa bagi penyembuhannya. Pada bulan Oktober tahun lalu, Paus Fransiskus memberi wewenang kepada Dikasteri untuk Penggelaran Orang Suci untuk mengumumkan dekrit yang mengakui bahwa penyembuhan tidak dapat dijelaskan oleh sains, membuka jalan bagi beatifikasi Paus Yohanes Paulus I.
Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah kanonisasi, pernyataan resmi bahwa Paus Yohanes Paulus I adalah seorang santo. Sementara prosesnya secara tradisional memakan waktu bertahun-tahun (kadang-kadang berabad-abad), di bawah para paus baru-baru ini kita telah melihat kanonisasi seorang santo terjadi tidak lama setelah beatifikasinya, seperti halnya dengan Paus Yohanes Paulus II, Bunda Teresa dan Oscar Romero. Tidak mengherankan jika Paus Yohanes Paulus I segera diakui di antara mereka sebagai orang suci.
Sumber: AmericanMagazine