| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 15 September 2022 Peringatan Wajib Santa Perawan Maria Berdukacita

Author Zarateman (CC)
  
Kamis, 15 September 2022
Peringatan Wajib Santa Perawan Maria Berdukacita

“Ibu tersuci, kami menyebut engkau lebih dari seorang martir, karena kecemasan hati yang kauderita melebihi semua penderitaan badani” (St. Bernardus Abas)

Antifon Pembuka (Bdk. Lk 2: 34-35)

Simeon berkata kepada Maria, “Anak ini menentukan jatuh bangkitnya banyak orang di Israel. Ia menjadi tanda yang menimbulkan pertentangan. Dan hatimu sendiri akan ditembus dengan pedang.”
  
Simeon said to Mary: Behold, this child is destined for the ruin and rising of many in Israel, and to be a sign of contradiction; and your own soul a sword will pierce.


Pengantar


Santa Perawan Maria sebagai martir, terkandung dalam nubuatan Simeon, tampil di hadapan mata dalam kisah sengsara Tuhan kita. Orang tua yang diberkati, yaitu Simeon, berkata tentang kanak-kanak Yesus, "Anak ini ditentukan sebagai tanda yang akan ditentang," dan kepada Maria, "Hatimu akan ditembus pedang."

Jangan heran, Saudara-saudara, bahwa Maria dikatakan menderita sebagai martir dalam jiwanya. Tetapi ada orang akan heran, yaitu mereka yang lupa akan kata-kata Paulus tentang orang kafir, bahwa di antara cacat mereka, yang paling berat ialah bahwa mereka tidak mengenal belas kasih. Tidak begitulah Maria! Semoga jangan sampai begitu mereka, yang menghormati dia! (St. Bernardus, Sumber: Bacaan Ofisi Para Kudus 3, Yogyakarta - Kanisius, 1982, hlm. 34-36)

Doa Pagi
    
Allah Bapa sumber kekuatan kami, ketika Putra-Mu ditinggikan di salib, Ibunda-Nya berdiri di situ dan ikut menderita. Semoga kami pun ikut serta dalam sengsara yang diderita Kristus demi keselamatan umat manusia, agar kami dapat ikut serta pula dibangkitkan bersama Dia.  
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.   
            
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (5:7-9)

  
Saudara-saudara, dalam hidup-Nya sebagai manusia, Kristus telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut. Dan karena kesalehan-Nya, Ia telah didengarkan. Akan tetapi, sekalipun Anak Allah, Yesus telah belajar menjadi taat; dan ini ternyata dari apa yang telah diderita-Nya. Dan sesudah mencapai kesempurnaan, Ia menjadi pokok keselamatan abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Selamatkanlah aku, ya Tuhan, oleh kasih setia-Mu.
Ayat. (Mzm 31:2-3a.3bc-4.5-6.15-16.20)

1. Pada-Mu, ya Tuhan, aku berlindung, jangan sekali-kali aku mendapat malu. Luputkanlah aku oleh karena keadilan-Mu, sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, bersegeralah melepaskan daku.
2. Jadilah bagiku gunung batu tempat berlindung, dan kubu pertahanan untuk menyelamatkan daku! Sebab Engkaulah bukit batu dan pertahananku; oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku.
3. Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku. Ke dalam tangan-Mu kuserahkan nyawaku; sudilah membebaskan daku, ya Tuhan, Allah yang setia.
4. Tetapi aku, kepada-Mu, ya Tuhan, aku percaya, aku berkata, “Engkaulah Allahku!” Masa hidupku ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan bebaskanlah dari orang-orang yang mengejarku.
5. Alangkah limpahnya kebaikan-Mu yang telah Kausimpan bagi orang yang takwa kepada-Mu, yang telah Kaulakukan di hadapan manusia bagi orang yang berlindung pada-Mu!



   
Sekuensia (Lihat Bunda Yang Berduka / Stabat mater dolorosa), do = f, 4/4, PS 639 -fakultatif-
1. Lihat bunda yang berduka / di depan salib Sang Putra ; air mata bergenang. /
O betapa jiwa ibu / tersedu menanggung pilu, bagai ditembus pedang.
2. Bunda Putra Tunggal Allah disebut Yang Berbahagia / kini sangat bersedih. / Hatinya dirundung duka, kar'na putra yang termulia bersengsara di salib.
3. O siapa tidak pilu menyaksikan bunda Kristus menangisi Putranya?
/ Dan siapa tak tergugah menyelami duka bunda kar'na siksa Anak-Nya.
4. Dilihatnya Yesus, putra, yang tersiksa dan terluka / kar'na dosa umat-Nya /
dan bergumul sendirian / menghadapi kematian / menyerahkan nyawa-Nya.
5. Wahai bunda sumber kasih, / biar turut kuhayati dukamu yang mencekam;
biar hatiku bernyala / mengasihi Putra Allah dan pada-Nya berkenan.
6. Biarlah sengsara aib / dari Dia yang tersalib tersemat di hatiku;
biar siksa salib itu / yang ditanggung-Nya bagiku kudekap bersamamu.
7. Biar aku di sampingmu / pilu kar'na wafat Kristus di sepanjang hidupku;
inilah keinginanku: / di dekat salib Putramu besertamu tersedu.
8. O perawan yang terpilih, / perkenankan aku ini ikut dikau bersedih;
biar kematian Tuhan / dan darah-Nya yang tercurah kukenangkan tak henti.
9. Biar aku pun terluka / menghayati salib Tuhan, digerakkan kasih-Nya. Hatiku engkau kobarkan; / biar aku dibebaskan dalam penghakiman-Nya.
10. Biarlah salib Tuhanku / jadi benteng naunganku, dan kurasa rahmat-Nya.
Bila nanti aku mati / biar aku mewarisi kemuliaan yang kekal.

Stabat mater dolorosa
juxta crucem lacrimosa,
dum pendebat filius.

Cujus animam gementem,
contristatam et dolentem
per transivit gladius.

O quam tristis et afflicta
fuit illa benedicta
Mater Unigeniti!

Quae moerebat et dolebat,
et tremebat cum videbat
nati poenas inclyti.

Quis est homo qui non fleret,
Christi materm si videret
in tanto supplicio?

Quis non posset contristari,
piam Matrem contemplari
dolentem cum Filio?

Pro peccatis suae gentis,
vidit Jesum in tormentis
et flagellis subditum.

Vidit suum dulcem natum,
morientem, desolatum,
dum emisit spiritum.

Eja Mater, fons amoris,
Me sentire vim doloris
Fac, ut tecum lugeam.

Fac, ut ardeat cor meum
In amando Christum Deum,
Ut sibi complaceam.

Sancta Mater, istud agas,
Crucifixi fige plagas
Cordi meo valide.

Tui nati vulnerati,
Tam dignati pro me pati,
Mecum poenas divide.

Fac me vere tecum flere,
Crucifixo condolere,
Donec ego vixero.

Juxta crucem tecum stare,
Te libenter sociare
In planctu desidero.

Virgo virginum praeclara,
Mihi jam non sis amara,
Fac me tecum plangere.

Fac, ut portem Christi mortem,
Passionis eius sortem,
Et plagas recolere.

Fac me plagis vulnerari,
Cruce hac inebriari,
Ob amorem Filii.

Inflammatus et accensus
Per te, Virgo, sim defensus
In die judicii.

Fac me cruce custodiri,
Morte Christi muniri,
Confoveri gratia.

Quando corpus morietur,
Fac, ut animae donetur
Paradisi gloria.

Bait Pengantar Injil, do = d, 2/2, PS 953
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. Berbahagialah Engkau, Sang Perawan Maria, sebab di bawah salib Tuhan engkau menjadi martir tanpa menumpahkan darahmu
    

Inilah Injil Suci menurut Yohanes (19:25-27)

 
Waktu Yesus bergantung di salib, di dekat salib itu berdirilah ibu Yesus dan saudara ibu Yesus, isteri Kleopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya, “Ibu, inilah anakmu!” kemudian kata-Nya kepada murid-Nya, “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima ibu Yesus di dalam rumahnya.

Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

Atau:
   
Inilah Injil Suci menurut Lukas (2:33-35)


Ketika Maria dan Yusuf mempersembahkan Anak Yesus di Bait Suci, mereka amat heran mendengar pernyataan Simeon tentang Anak Yesus. Lalu Simeon memberkati mereka, dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu, “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan – dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri – supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang.”

Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

Renungan

   
 
Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita merayakan Peringatan SP. Maria Berdukacita, yang berkaitan dengan Pesta yang baru saja kita rayakan sehari sebelumnya, yaitu Pesta Pemuliaan Salib Suci. Dan sementara kemarin kita bersukacita dalam kemuliaan Salib Suci dan kemenangan yang telah dimenangkan oleh Tuhan kita Yesus Kristus karena pengorbanan-Nya di kayu Salib, hari ini kita ingat bahwa di belakang Salib, tepatnya di kaki Salib, adalah Maria, ibu Tuhan kita. 
  
 SP. Maria Berdukacita adalah salah satu gelar yang lebih menonjol dari Bunda Maria. Ada banyak gelar yang disematkan ke pada sosok Bunda Yesus ini. Bunda yang Termurni, Bunda yang Patut Dicintai, Bunda Penebus, Bunda Segala Bangsa, Bunda Segala Kemenangan, Perawan yang Murah Hati, Perawan yang Setia, Cermin Kekudusan, Takhta Kebijaksanaan, Bejana Rohani, Bunda Keselamatan Orang Sakit, Bunda Pertolongan Umat Kristen, Ratu Para Malaikat, Tabernakel Pertama, dan Ratu Samudra Pasifik. Ini hanya sebagian deretan gelar yang dilekatkan kepada pribadi Maria. Jika disebutkan semua, ada 17 gelar yang dimiliki Maria. Gelar-gelar itu memiliki latar belakang beragam, yang muncul dari pengalaman perjumpaan iman umat Allah bersama Maria. Gelar ini jelas merujuk pada saat-saat duka dan duka yang mendalam dalam kehidupan Maria.
  
Inilah yang dinubuatkan nabi Simeon kepada Maria dan Yusuf, pada saat mereka membawa Bayi Yesus ke Bait Allah untuk dipersembahkan kepada Tuhan. Dia menubuatkan bahwa pedang akan menembus hati Maria, ibu Tuhan kita, tetapi melalui itu, dari banyak hati, pikiran dapat terungkap. Ini adalah pemikiran yang selalu dimiliki Maria untuk Putranya, yang selalu menempatkan Dia di garis depan pikirannya, dan perhatian dan cinta yang Dia miliki untuknya, yang sekarang dia tunjukkan kepada kita dari hatinya yang terluka.
 
Di antara devosi kepada SP. Maria Berdukacita adalah meditasi dan refleksi Tujuh Duka SP. Maria.

Berikut ini adalah Tujuh Duka Maria:
1. Nubuat Simeon. (Lukas 2: 34-35)
2. Perjalanan ke Mesir. (Matius 2:13)
3. Kehilangan Yesus di Bait Suci. (Lukas 2: 43-45)
4. Maria bertemu Yesus dalam Perjalanan ke Kalvari (Jalan Salib)
5. Yesus wafat di Kayu Salib. (Yohanes 19:25)
6. Maria menerima Tubuh Yesus dalam pelukannya. (Matius 27: 57-59)
7. Tubuh Yesus Ditempatkan di makam. (Yohanes 19: 40-42)

Tak perlu dikatakan bahwa bahkan Bunda Yesus pun tidak luput dari penderitaan dan kesedihan. Namun penderitaan dan kesedihan Maria sangat erat bersatu dengan penderitaan dan kesedihan Yesus seperti yang dapat kita lihat dalam Tujuh Duka Maria.

   
 Penderitaan dan kesedihan Maria juga membuatnya bersatu dengan kita dalam penderitaan dan kesedihan kita sendiri dalam hidup. Tuhan tidak membebaskan Maria dari kesedihan dan penderitaan, sama seperti Dia tidak menyelamatkan Yesus dari kematian di kayu salib.

Tetapi seperti yang kita dengar pada bacaan pertama, Yesus berserah diri dengan rendah hati kepada Tuhan yang menyelamatkan Dia dari kematian, demikian pula Maria juga tunduk dengan rendah hati kepada Tuhan meskipun pedang kesedihan menembus hatinya. Maria percaya bahwa Tuhan akan menyelamatkannya dari kesedihan dan penderitaannya.
 
  Oleh karena itu, hari ini kita semua memandang Maria, Bunda Tuhan dan Allah kita, yang telah dipercayakan Putranya kepada kita sebagai Bunda kita, dan sebaliknya, bahwa kita juga telah dipercayakan kepadanya sebagai anak angkatnya. Dan di dalam dia kita melihat mata sedih yang telah menatap penderitaan Putranya, saat Dia memikul salib-Nya, berjalan di jalan yang panjang dari Yerusalem ke Kalvari, melihat Putranya ditolak dan diinjak-injak, dibenci dan dibuat menderita, menanggung beban beban dosa kita, keseluruhan beban dosa umat manusia yang tak terbayangkan.
 
  Oleh karena itu, itulah sebabnya kesedihan Maria, Bunda Dukacita kita jelas, bahkan sampai hari ini, karena meskipun Tuhan telah mengasihi kita dan Dia bahkan rela menyerahkan nyawa-Nya demi kita, mengorbankan diri-Nya di kayu salib untuk kita, tetapi kita terus berbuat dosa dan melakukan apa yang jahat di mata Tuhan, menolak untuk menaati Tuhan dan hukum-hukum-Nya, dan terus melakukan apa yang bertentangan dengan Hukum Tuhan. Setiap dosa yang kita lakukan, setiap kegagalan kita dalam melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk menaati kehendak Tuhan, adalah setiap luka yang telah ditimpakan pada Tuhan kita Yesus Kristus, luka dan cambukan yang mencabik Tubuh-Nya, yang membuat Dia menderita dan berdarah. Dan semua ini membawa lebih banyak kesedihan kepada ibu kita yang penuh kasih, yang mencintai kita masing-masing seperti dia mencintai Putranya.

Setiap kali Maria, ibu kita menampakkan diri kepada kita, dia memanggil anak-anaknya untuk bertobat dari dosa-dosa mereka dan berbalik dari jalan-jalan mereka yang jahat. Dia menunjukkan kepada mereka kengerian neraka dan apa yang menanti mereka yang tidak setia kepada Tuhan. Itu karena kita masing-masing berharga baginya, karena dia adalah ibu kita, dan dia mencintai kita sama seperti dia mencintai dan dengan lembut merawat Putranya Yesus. Dia tidak ingin bahkan satu jiwa pun berakhir di kutukan neraka. 
 
Saudara dan saudari di dalam Kristus, saat kita merenungkan kesedihan besar Maria, ibu kita yang penuh kasih dan ibu Tuhan kita, yang telah menyaksikan betapa besar kasih Allah bagi kita, bahwa demi kita, Dia rela mati untuk kita, agar kita masing-masing memiliki kehidupan di dalam diri kita, oleh karena itu marilah kita semua meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang telah kita lakukan dalam hidup kita selama ini, dan apa yang belum kita lakukan sesuai dengan jalan dan ajaran Tuhan.   
  
Mari kita mulai sekarang menyerahkan diri kita dengan sepenuh hati dan sepenuhnya kepada Tuhan, Allah kita, dan melalui bimbingan yang ditunjukkan kepada kita oleh ibu-Nya Maria, Bunda Dukacita kita, semoga kita semua dapat menemukan jalan kita menuju keselamatan dan hidup yang kekal. ditemukan di dalam Dia saja. Biarlah hati yang berduka dari ibu kita Maria yang penuh kasih mengingatkan kita akan perlunya kita menolak segala bentuk dosa, dan hidup dengan iman, semangat dan pengabdian mulai sekarang.
   
Antifon Komuni (Bdk. 1Ptr 4:13)

Bersukacitalah ketika kamu berbagi dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.

Rejoice when you share in the sufferings of Christ, that you may also rejoice exultantly when his glory is revealed.


Doa Malam


Tuhan Yesus, sukaduka dalam hidup yang kualami selama ini sejatinya tak sebanding dengan penderitaan-Mu maupun Bunda-Mu, Maria. Melalui pengalaman salib, semoga aku mampu bangkit untuk menjalani hidup ini dengan sukacita, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.  Amin.
 
  
RENUNGAN PAGI

 

Rabu, 14 September 2022 Pesta Salib Suci

Rabu, 14 September 2022
Pesta Salib Suci

“Salib adalah Kurban Kristus yang unik, “satu-satunya pengantara antara Allah dan manusia” (1 Tim 2:5). Tetapi karena dalam Pribadi ilahi-Nya yang menjadi manusia, Ia dalam suatu cara telah menyatukan diri-Nya dengan setiap manusia, “Kemungkinan untuk menjadi rekan, dalam cara yang diketahui Allah, dalam misteri Paskah” ditawarkan kepada setiap manusia (GS 22,2). Yesus mengajak murid-murid-Nya, untuk “memanggul salibnya” dan mengikuti Dia (Mat 16:24), karena “Kristus pun telah menderita untuk [kita] dan telah meninggalkan teladan bagi [kita], supaya [kita] mengikuti jejak-Nya” (1 Ptr 2:21). Ia ingin mengikut-sertakan dalam kurban penebusan-Nya ini, pada tempat pertama, orang-orang yang menjadi ahli waris-Nya (Bdk. Mrk 10:39; Yoh 21:18-19; Kol 1:24) Hal ini dicapai secara sangat mendalam oleh Ibu-Nya, yang dihubungkan dengan lebih intim daripada siapapun dalam misteri penderitaan-Nya yang menebus manusia (Bdk. Luk 2:35)” (St. Rosa dari Lima).

Antifon Pembuka (Gal 6:14)

Kita harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita.

We should glory in the Cross of our Lord Jesus Christ, in whom is our salvation, life and resurrection, through whom we are saved and delivered.

Ref. Nos autem gloriari oportet, in cruce Domini nostri Iesu Christi: in quo est salus, vita, et resurrectio nostra: per quem salvati, et liberati sumus.
Ayat.
1. Deus misereatur nostri, et benedicat nobis: illuminet vultum suum super nos, et misereatur nostri.
2. Ut cognoscamus in terra viam tuam: in omnibus gentibus salutare tuum.
3. Confiteantur tibi populi, Deus: confiteantur tibi populi omnes.
 
 
Pada Misa ini Madah Kemuliaan dinyanyikan/didaraskan, Syahadat ditiadakan.
 
 Doa Pagi

Ya Allah, Engkau menghendaki Putra Tunggal-Mu menanggung salib demi keselamatan umat manusia. Perkenankanlah kami, yang menghormati misteri salib Putra-Mu di dunia, kelak menerima anugerah penebusan di surga.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.    
    
Bacaan dari Kitab Bilangan (21:4-9)
 
  
"Semua orang yang terpagut ular akan tetap hidup, bila memandang ular perunggu."
  
Ketika umat Israel berangkat dari Gunung Hor, mereka berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom. Bangsa itu tidak dapat menahan hati di tengah jalan. Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa, “Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air! Kami telah muak akan makanan hambar ini!” Lalu Tuhan menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel itu mati. Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata, “Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan Tuhan dan engkau; berdoalah kepada Tuhan, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami.” Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. Maka berfirmanlah Tuhan kepada Musa, “Buatlah ular tedung dan taruhlah pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut ular, jika ia memandangnya, akan tetap hidup.” Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang. Maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = a, 2/4, PS 830
Ref. Aku wartakan karya agung-Mu Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan
Ayat. (Mzm 78:1-2.34-35.36-37.38)
1. Dengarkanlah pengajaranku, hai bangsaku, sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku. Aku mau membuka mulut untuk mengatakan Amsal, aku mau menuturkan hikmat dari zaman purbakala.
2. Ketika Allah membunuh mereka, maka mereka mencari Dia; mereka berbalik dan mendambakan Allah; mereka teringat bahwa Allah adalah Gunung Batu , bahwa Allah yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.
3. Tetapi mulut mereka tidak dapat dipercaya, dan dengan lidah mereka membohongi Allah. Hati mereka tidak berpaut pada-Nya, dan mereka tidak setia pada perjanjian-Nya.
4. Akan tetapi Allah itu penyayang! Ia mengampuni kesalahan mereka dan tidak memusnahkan mereka; banyak kali Ia menahan amarah-Nya, dan tidak melampiaskan keberangan-Nya.
 
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi (2:6-11)
   
"Yesus merendahkan diri, maka Allah sangat meninggikan Dia."
    
Saudara-saudara, Yesus Kristus, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Sebaliknya Ia telah mengosongkan diri, mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai wafat, bahkan sampai wafat di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia, dan menganugerahkan-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuklututlah segala yang ada di langit, dan yang ada di atas serta di bawah bumi, dan bagi kemuliaan Allah Bapa segala lidah mengakui, “Yesus Kristus adalah Tuhan.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = g, 2/4, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali.
Ayat. Ya Kristus, kami menyembah dan memuji Dikau, sebab dengan salib-Mu, Engkau telah menebus dunia.

Inilah Injil Suci menurut Yohanes (3:13-17)
     
"Anak manusia harus ditinggikan."
      
Dalam percakapan-Nya dengan Nikodemus, Yesus berkata, “Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan
 
 
Credit: JMLPYT/istock.com
 
Tahukah Anda kuasa transformasi penyembuhan dari salib Yesus Kristus? Tuhan Yesus datang untuk menyatukan bumi dengan surga dan untuk mengangkat mereka yang ada di bumi kepada kemuliaan surga. Yesus menjelaskan kepada Nikodemus, salah satu pemimpin utama bangsa Yahudi, bahwa Dia adalah "Anak Manusia" yang diutus oleh Bapa di surga untuk memulihkan hubungan kita yang rusak dengan Tuhan. "Anak Manusia" adalah gelar kunci Perjanjian Lama untuk Mesias yang datang dari surga untuk mendirikan Kerajaan Allah di bumi (lihat nubuat Daniel 7:13-14).
  
Apa yang Yesus maksudkan ketika Dia berkata "Anak Manusia harus ditinggikan?" Yesus menghubungkan ungkapan ini dengan Musa yang "mengangkat" ular tembaga di padang gurun untuk membawa kesembuhan dan pemulihan kehidupan bagi mereka yang digigit ular maut. Tulah kematian ini adalah akibat dari penolakan keras kepala orang-orang untuk mengikuti nasihat dan arahan Tuhan demi kesejahteraan mereka. Tuhan dalam rahmat-Nya mendengar doa Musa untuk membebaskan umat-Nya dari kutukan ini. Tuhan memerintahkan Musa,
“Buatlah ular tedung dan taruhlah pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut ular, jika ia memandangnya, akan tetap hidup.” (Bilangan 21:8). Musa mengangkat tinggi-tinggi patung ular perunggu yang dipasang pada kayu tiang, yang menyerupai salib. Mereka yang menaruh iman mereka kepada Tuhan dengan bertobat dari ketidaktaatan mereka disembuhkan dan dipulihkan ke keutuhan hidup.

Yesus menghubungkan kemenangannya di kayu salib dengan tindakan pembebasan Musa
Yesus dengan jelas menghubungkan tindakan pembebasan Musa di padang gurun dengan kematian pengorbanannya sendiri yang akan datang ketika dia akan "diangkat" di kayu salib di Kalvari. Tidak seperti pembebasan Musa di padang gurun yang hanya menghasilkan kelegaan sementara bagi orang-orang, kematian penebusan Yesus di kayu salib membawa kemenangan yang menentukan atas dosa, Iblis, dan kematian. Kemenangan Yesus di kayu salib menghapus hutang dosa kita, dan membebaskan kita dari kesalahan dan penghukuman. Kematian dan kemenangan-Nya membawa kita hidup baru - hidup baru yang berkelimpahan dalam Roh Kudus-Nya yang berlangsung selama-lamanya.

Kemenangan Yesus di kayu salib juga membawa kebangkitan tubuh-Nya yang mulia ke kehidupan baru yang tak berkesudahan dan kenaikan-Nya ke sebelah kanan Bapa di surga, di mana Ia sekarang memerintah dan menjadi perantara bagi kita. Hasil dari Yesus "diangkat di kayu salib," dan kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sebelah kanan Bapa di surga, adalah "kelahiran baru dalam Roh" dan pengangkatan kita sebagai putra dan putri Allah. Allah tidak hanya telah menebus kita dari dosa di dalam Kristus, Ia juga memenuhi kita dengan kehidupan ilahi-Nya sendiri melalui karunia Roh-Nya agar kita dapat berbagi dalam kemuliaan-Nya sendiri.
         
Allah mengutus Putra-Nya untuk membebaskan kita dari tirani terburuk - perbudakan dosa dan kutukan kematian. Kematian pengorbanan Yesus adalah tindakan kasih total melalui pemberian diri. Yesus memberikan diri-Nya sepenuhnya karena kasih kepada Bapa-Nya. Dan dia rela menyerahkan nyawanya karena kasih tanpa pamrih demi kita dan demi keselamatan kita. Kematian-Nya di kayu salib merupakan persembahan total kepada Allah dan kurban penebusan yang sempurna bagi dosa kita dan dosa dunia.

Yohanes mengatakan kepada kita bahwa kasih Allah tidak dapat dibatasi karena kasih itu tidak terbatas dan meliputi semua ciptaan (Yohanes 3:16). Kasih-Nya tidak terbatas pada satu bangsa atau beberapa umat pilihan. Kasih-Nya tidak terbatas karena mencakup seluruh dunia dan setiap individu yang diciptakan menurut "gambar dan rupa-Nya". Allah adalah Bapa yang penuh kasih yang gigih yang tidak dapat beristirahat sampai semua anak-anak-Nya yang mengembara telah kembali ke rumah-Nya. Santo Agustinus berkata, Allah kita masing-masing seolah-olah hanya ada satu dari kita untuk dicintai.
  
Allah memberi kita kebebasan untuk memilih siapa dan apa yang akan kita kasihi dan tidak kasihi. Kita bisa mencintai kegelapan dosa dan ketidakpercayaan atau kita bisa mencintai terang kebenaran, kebaikan, dan belas kasihan Tuhan. Jika cinta kita dituntun oleh kebenaran, kebaikan, dan apa yang benar-benar indah, maka kita akan memilih Tuhan dan mencintai-Nya di atas segalanya.
(RENUNGAN PAGI)  
   
 Untuk doa dan refleksi “Dapatkah kita memahami bahwa di dalam Yang Tersalib dari Golgota, martabat kita sebagai anak-anak Allah, yang ternoda oleh dosa, dipulihkan kepada kita? Marilah kita mengalihkan pandangan kita kepada Kristus. Dialah yang akan membuat kita bebas untuk mengasihi seperti Dia mengasihi kita, dan untuk membangun dunia yang didamaikan. Karena di Salib ini, Yesus menanggung beban semua penderitaan dan ketidakadilan kemanusiaan kita. Dia menanggung penghinaan dan diskriminasi, siksaan yang diderita di banyak bagian dunia oleh begitu banyak saudara dan saudari kita karena kasih Kristus.”—Paus Benediktus XVI   
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 

Antifon Komuni (Yoh 12:32)

Tuhan bersabda: Apabila Aku telah ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.
 
When I am lifted up from the earth,I will draw everyone to myself, says the Lord.

atau

Per signum Crucis de inimicis nostris libera nos, Deus noster

 

Selasa, 13 September 2022 Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja

Selasa, 13 September 2022
Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja


“Allah telah mendirikan Gereja seperti pelabuhan di tepi laut, agar kamu dapat berlindung dari pusaran kekhawatiran dan menemukan kedamaian dan ketenangan” – St. Yohanes Krisostomus


Antifon Pembuka (Yeh 34:11,23-24)


Tuhan bersabda, "Aku memperhatikan domba-domba-Ku, mengangkat seorang gembala sebagai pemimpin, dan Aku, Tuhan sendiri, menjadi Allah mereka."


Doa Pagi


Allah Bapa, keteguhan umat, Engkau telah menganugerahkan kefasihan lidah kepada uskup-Mu Santo Yohanes Krisostomus, dan menguatkannya ketika dianiaya. Semoga kami dibimbing oleh pengajarannya dan dikuatkan oleh contoh ketabahan hatinya.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.       

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (12:12-14.27-31a)

  
"Kalian semua adalah tubuh Kristus, dan masing-masing anggotanya."

Saudara-saudara, sebagaimana tubuh itu satu, meskipun anggotanya banyak, dan semua anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh saja, demikian pula Kristus. Sebab kita semua telah dibaptis dalam satu Roh menjadi satu tubuh, dan juga diberi minum dari satu Roh, entah kita orang Yahudi, entah bukan Yahudi, entah budak, entah orang merdeka. Sebab tubuh tidak terdiri atas satu anggota saja, tetapi atas banyak anggota. Kalian semua adalah tubuh Kristus, dan masing-masing adalah anggotanya. Dan Allah telah menentukan beberapa orang di dalam jemaat; pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya Ia menentukan mereka yang mendapat kurnia untuk mengadakan mukjizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berbicara dalam bahasa roh. Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah semua mendapat karunia untuk mengadakan mukjizat, atau untuk menyembuhkan, atau untuk berbicara dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? Maka berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang utama.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ref. Kita ini umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.
Ayat. (Mzm 100:2.3.4.5)

1. Beribadahlah kepada Tuhan dalam sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!
2. Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita, dan punya Dialah kita; kita ini umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.
3. Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, masuklah ke pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya, daan pujilah nama-Nya!
4. Sebab Tuhan itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun temurun.

Bait Pengantar Injil

Ref. Alleluya
Ayat. (Luk 7:16)
Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita, dan Allah mengunjungi umat-Nya. Alleluya.
        
Inilah Injil Suci menurut Lukas (7:11-17)
 
"Hai pemuda, bangkitlah!"

Pada suatu ketika pergilah Yesus ke sebuah kota bernama Nain. Para murid serta banyak orang pergi bersama Dia. Ketika Ia mendekati pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, yaitu anak laki-laki tunggal seorang ibu yang sudah janda. Banyak orang kota itu menyertai janda tersebut. Melihat janda itu tergeraklah hati Tuhan oleh belas kasih. Lalu Tuhan berkata kepadanya, “Jangan menangis!” Dihampiri-Nya usungan jenazah itu dan disentuh-Nya. Maka para pengusung berhenti. Tuhan berkata, “Hai Pemuda, aku berkata kepadamu, bangkitlah!” Maka bangunlah pemuda itu, duduk, dan mulai berbicara. Yesus lalu menyerahkannya kepada ibunya. Semua orang itu ketakutan, dan mereka memuliakan Allah sambil berkata, “Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita,” dan “Allah telah mengunjungi umat-Nya.” Maka tersiarlah kabar tentang Yesus ke seluruh Yudea dan ke seluruh daerah sekitarnya.

Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe  
(U. Terpujilah Kristus)

Renungan
  
Selalu ada semacam kerinduan dalam diri kita. Pada dasarnya, itu adalah kerinduan akan kebahagiaan dan kepuasan.

Jadi ketika ada masalah di tempat kerja, kita mendambakan solusi dan bebas dari masalah agar kita bisa produktif dan efektif dalam bekerja.

Ketika ada masalah di rumah, maka kita mendambakan kedamaian dan keharmonisan dalam keluarga.

Ketika kita memiliki masalah kesehatan, maka kita pasti akan merindukan kesembuhan dan berharap bisa sembuh kembali.

Jadi selama kita hidup, kita akan mengalami masalah dan akan selalu ada kerinduan akan kebahagiaan dan kedamaian dan kepuasan.

Tetapi ketika hidup berakhir, apakah akan ada lebih banyak kerinduan? Secara fisik dan emosional mungkin tidak ada lagi kerinduan. Tapi bagaimana dengan rohani?

Untuk orang mati dalam perikop Injil, dia mungkin tidak memiliki kerinduan fisik atau emosional. Tapi jiwanya mungkin memiliki kerinduan.

Jiwanya mungkin rindu melihat Pencipta dan Juruselamatnya. Dan dalam hal ini Sang Pencipta dan Juru Selamat dalam pribadi Yesus yang datang untuk memenuhi kerinduan jiwanya dan bahkan untuk mengembalikan nyawanya agar ia bisa terus menjaga ibunya.

Dalam hidup kita akan memiliki kerinduan kita. Tetapi semoga kita melihat dalam kerinduan hidup kita kerinduan kita yang terdalam, dan itulah kerinduan kita akan Yesus Juru Selamat kita.

Seperti dalam hidup dan mati, semoga kerinduan kita akan Yesus yang akan memenuhi semua kerinduan kita yang lain.
 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
Baca: Orang Kudus hari ini: 13 September 2022 St. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja
 
Antifon Komuni (Yoh 15:16)
 
Bukannya kalian yang memilih Aku, melainkan Aku yang memilih kalian. Kalian telah Kutetapkan agar pergi dan berhasil dan agar hasilmu tinggal tetap. 
 
Doa Malam

Allah Bapa kami di surga, gerakkanlah hati kami untuk berbelas kasih kepada sesama yang memerlukan bantuan kami tanpa mengharapkan balasan. Semoga hidup kami menjadi alat-alat belas kasih-Mu bagi sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

  

   
Foto: Diocese of Siouxfall


RENUNGAN PAGI

 

Orang Kudus hari ini: 13 September 2022 St. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja

Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja Katolik memperingati St Yohanes Krisostomus. Dia adalah Uskup Agung Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Romawi saat itu dan juga kemudian diakui sebagai salah satu Doktor Gereja yang agung.

St Yohanes Krisostomus tertarik pada iman Kristen dan belajar teologi serta mengalami gaya hidup asketis sebagai pertapa sebelum ia menjadi diakon, dan kemudian menjadi imam besar di Antiokhia, terkenal karena khotbahnya yang fasih dan berani, yang menggugah hati dari banyak orang. Dia menempatkan penekanan khusus dalam perawatan bagi orang miskin dan khususnya menentang penyalahgunaan kekuasaan dan hak istimewa oleh si kaya dan si berkuasa terhadap si miskin dan mereka yang terpinggirkan oleh masyarakat. Dia berkhotbah langsung kepada orang-orang, dengan istilah dan kata-kata sederhana yang membantunya terhubung dengan baik dengan orang-orang yang dia khotbahkan, membantunya untuk mengubah iman ribuan orang yang tak terhitung jumlahnya.

Akhirnya orang suci dan hamba Tuhan ini diangkat sebagai Uskup Agung Konstantinopel, dan karya-karya serta reformasinya segera mendapat tentangan dari anggota orang kaya dan istimewa, para bangsawan dan pendeta berkuasa yang menentang pendekatannya yang lebih sederhana dan disiplin di Gereja dalam segala urusan. Secara khusus diketahui bahwa dia adalah musuh Permaisuri Romawi yang kuat Aelia Eudoxia, yang gaya hidupnya yang mewah ditentang oleh St. Yohanes Krisostomus, dan yang pertama juga berpikir bahwa khotbah St. Yohanes Krisostomus ditujukan untuk dirinya sendiri. Dengan demikian, dengan upaya orang-orang yang menentangnya, St. Yohanes Krisostomus harus menanggung pengasingan dari Takhta, dan dia dibuang tidak hanya sekali tetapi dua kali, karena gesekan terus ada antara Permaisuri dan pendukungnya dan St. Yohanes Krisostomus. dan pendukungnya di sisi lain.

Orang kudus Tuhan tetap tidak pernah menyerah, dan terus melayani Tuhan dengan setia, mendedikasikan dirinya untuk tugas dan pelayanan apa pun yang bisa dia lakukan, bahkan saat diasingkan, sampai kematiannya. Dedikasi dan kerja keras St. Yohanes Krisostomus harus mengilhami kita semua untuk percaya kepada Tuhan dan mengizinkan Dia untuk memimpin dan membimbing kita dalam perjalanan iman dan hidup kita. Kita harus mengingatkan diri kita sendiri bahwa kita harus melayani Tuhan dalam hidup ini dan menyatakan kebenaran dan kasih-Nya melalui hidup kita. Marilah kita semua saling mengingatkan bahwa Allah dan kasih-Nya kepada kita telah membuat kita benar-benar diberkati dan beruntung, karena dengan kasih-Nya, Dia telah mengumpulkan kita semua dari segala bangsa, menjadi satu kawanan-Nya, satu Tubuh Kristus, Gereja.

Semoga Tuhan terus memberkati kita dan menguatkan kita dalam segala hal. Semoga Dia menguatkan dan menguatkan kita untuk mampu menghadapi tantangan dan cobaan dalam hidup. Semoga Dia memberi kita keberanian dan energi untuk melawan godaan dunia ini, dan membantu kita untuk mengingat bahwa kita semua adalah umat-Nya, dan bahwa kita harus selalu bersatu dalam cinta satu sama lain, dan tidak terpecah belah. Semoga Tuhan selalu bersama kita, sekarang dan selamanya. Amin.


Public Domain


Senin, 12 September 2022: Peringatan Nama Santa Perawan Maria Yang Tersuci

  Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini kita diingatkan perayaan Nama Maria Santa Perawan Maria yang tersuci. Nama yang bahkan ditakuti oleh iblis dan roh jahat lainnya, karena ini adalah nama perempuan yang melaluinya keselamatan seluruh dunia berasal, dalam pribadi Yesus Kristus Putranya, Tuhan dan Juruselamat seluruh dunia. Dengan ketaatan Bunda Maria kepada Tuhan dan partisipasi aktif dalam karya keselamatan Tuhan, Tuhan telah membuat keselamatan kita menjadi kenyataan yang nyata. Pesta ini adalah padanan dari Pesta Nama Yesus yang tersuci; keduanya memiliki kemungkinan menyatukan orang-orang yang mudah terpecah pada hal-hal lain.  
 
 Melalui iman dan ketaatannya yang rendah hati, Bunda Maria telah membuat hati iblis ketakutan dan roh-roh jahat lainnya. Itulah sebabnya penyebutan nama Bunda Maria saja akan membuat iblis melarikan diri, dan setan dan roh jahat berhamburan, karena memanggil namanya berarti kita menempatkan diri kita dalam perawatannya dan kita memanggilnya untuk syafaatnya yang kuat, hanya karena dia terus-menerus memohon atas nama kita di hadapan Takhta Putranya selama ini. Sejak kita telah dipercayakan oleh Tuhan kepada Bunda-Nya sendiri, dan dia telah dipercayakan kepada kita sebagai Bunda kita, Bunda Maria selalu dekat dengan kita dan menunjukkan kasih dan perhatiannya kepada kita. Itulah sebabnya dia menampakkan diri begitu banyak, mengingatkan kita, anak-anak terkasihnya untuk berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan. Mari kita memanggil namanya yang paling suci dengan iman, untuk membela kita dari serangan si jahat. 
 
  Semoga Tuhan terus menjaga kita semua, dan bimbingan terus-menerus yang telah ditunjukkan ibu-Nya Maria kepada kita terus membantu kita dalam perjalanan kita menuju-Nya. Semoga semua umat Kristiani dimanapun berada selalu diilhami untuk menjalani hidup mereka dalam ketaatan kepada Tuhan seperti yang telah dilakukan Bunda Maria sendiri. Semoga Tuhan memberkati kita selalu dalam segala hal, dan semoga Dia terus membimbing dan menguatkan kita dalam segala hal, dan membantu kita untuk bertahan melalui banyak tantangan hidup. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami, dan dengarkan kami ketika kami memanggil nama-mu yang tersuci, dan lindungi kami dari yang jahat. Amin.
 
Bacaan dan renungan hari ini silakan klik tautan ini 
Credit: Eric E Castro/flickr (CC.BY.2.0)

 
 
 

Senin, 12 September 2022 Hari Biasa Pekan XXIV

Senin, 12 September 2022
Hari Biasa Pekan XXIV


Mengingat keagungan Sakramen ini, warga beriman harus dengan rendah hati dan dengan iman teguh mengambil hikmah dari perkataan sang perwira Bdk. Mat 8:8.: "Tuhan, aku tidak layak menerima Tuhan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka jiwaku akan sembuh." Dalam liturgi ilahi dari Santo Yohanes Krisostomus umat beriman berdoa dalam roh yang sama:
"Izinkanlah aku hari ini mengambil bagian dalam perjamuan mistik-Mu, ya Putera Allah, Aku tidak akan mengkhianati rahasia ini kepada musuh-musuh-Mu, dan juga tidak memberi ciuman seperti Yudas, tetapi seperti penyamun itu aku berseru kepada-Mu: Tuhan ingatlah aku dalam Kerajaan-Mu!" (Katekismus Gereja Katolik, 1386)
Antifon Pembuka (1Kor 11:26)

Setiap kali kalian makan roti ini dan minum dari piala ini, kalian wartakan wafat Tuhan, sampai Ia datang.

Doa Pagi


Allah Bapa, sumber kerukunan, sembuhkanlah kami dari semangat perselisihan, dan semoga kami rukun bersatu padu berkat sabda Yesus, Putra kesayangan-Mu. Semoga Ia sudi menjadi batu sendi yang mempersatukan kami. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
       
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (11:17-26)

"Setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang."

Saudara-saudara, dalam peraturan-peraturan yang berikut aku tidak dapat memuji kamu, sebab pertemuan-pertemuanmu tidak mendatangkan kebaikan, tetapi mendatangkan keburukan. Sebab pertama-tama aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu, dan hal itu sedikit banyak aku percaya. Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji. Apabila kamu berkumpul, kamu bukanlah berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan. Sebab pada perjamuan itu tiap-tiap orang memakan dahulu makanannya sendiri, sehingga yang seorang lapar dan yang lain mabuk. Apakah kamu tidak mempunyai rumah sendiri untuk makan dan minum? Atau maukah kamu menghinakan Jemaat Allah dan memalukan orang-orang yang tidak mempunyai apa-apa? Apakah yang kukatakan kepada kamu? Memuji kamu? Dalam hal ini aku tidak memuji. Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!" Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!" Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ref. Wartakanlah wafat Tuhan, sampai Ia datang.

Ayat. (Mzm 40:7-8a.8b-9.10.17)

1. Kurban dan persembahan tidak Kauinginkan, tetapi Engkau telah membuka telingaku; kurban bakar dan kurban silih tidak Engkau tuntut. Lalu aku berkata, 'Lihatlah Tuhan, aku datang.'
2. Dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku: "Aku senang melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada di dalam dadaku."
3. Aku mengabarkan keadilan di tengah jemaat yang besar, bibirku tidak kutahan terkatup; Engkau tahu itu, ya Tuhan.
4. Biarlah bergembira dan bersukacita semua orang yang mencari Engkau: Biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata, "Tuhan itu besar!"
     
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 3:16)
Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal  

 
Inilah Injil Suci menurut Lukas (7:1-10)

"Di Israel pun iman sebesar itu belum pernah Kujumpai."
 
Pada suatu ketika, setelah mengakhiri pengajaran-Nya kepada orang banyak, masuklah Yesus ke Kapernaum. Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati. Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya. Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: "Ia layak Engkau tolong, sebab ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat kami." Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: "Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku; sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya." Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe  
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan
     

Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, dalam perikop Kitab Suci hari ini kita mendengar tentang momen ketika Tuhan menetapkan Ekaristi Kudus pada Perjamuan Terakhir, seperti yang diceritakan oleh St. Paulus kepada Jemaat di kota Korintus. Dan kemudian dalam Injil hari ini, kita mendengar tentang Tuhan menyembuhkan hamba seorang perwira tentara Romawi, dengan iman besar yang dia tunjukkan sebelumnya.

Pada kesempatan itu, perwira Romawi, yang merupakan pemimpin yang cukup senior dalam struktur tentara Romawi, datang kepada Yesus dan memohon kepada-Nya untuk menyembuhkan hamba-Nya dan sembuh dari penyakit yang diderita hamba itu. Dia memiliki iman yang besar kepada Tuhan, serta pemahaman yang cerdik tentang lanskap sosial-politik pada saat itu.

Mengapa begitu? Itu karena apa yang dikatakan perwira Romawi kepada Yesus ketika Dia hendak pergi ke rumahnya untuk menyembuhkan hamba perwira itu. Perwira itu mengucapkan kata-kata yang  setiap dari kita sekarang secara teratur mengucapkan selama perayaan Misa Kudus: "Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh."

Kata-kata ini menunjukkan kepada kita bahwa perwira itu memahami dengan baik kemungkinan implikasi dan akibat negatif jika Tuhan Yesus datang ke rumahnya. Adat dan tradisi Yahudi pada waktu itu melarang masuk atau berkunjung ke rumah seorang pagan. Jika seseorang memasuki rumah seorang kafir, maka dia akan dianggap najis.

Karena itu, perwira itu hanya meminta Tuhan Yesus untuk mengucapkan kata-kata itu, dan dia percaya bahwa hambanya akan sembuh dalam sekejap. Dan ini harus dikontraskan dengan apa yang kita dengar tentang sikap banyak orang yang kepadanya Tuhan telah datang. Orang-orang Farisi, ahli Taurat, banyak orang dan bahkan tetangga kampung halaman Tuhan kita sendiri menolak Dia, meskipun telah melihat secara langsung keajaiban dan mukjizat Tuhan.

Perwira itu percaya dengan segenap hatinya, dan karena imannya, doanya didengarkan oleh Tuhan, dan dikabulkan. Tuhan memuji dia karena imannya, yang tidak dimiliki banyak orang di Israel pada waktu itu, seperti yang baru saja kita bahas. Sekarang, marilah kita bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita memiliki iman yang sama seperti yang dimiliki perwira Romawi itu?

Seperti yang kita lihat dalam bacaan pertama kita hari ini, Tuhan menetapkan Ekaristi pada Perjamuan Terakhir yang Dia miliki bersama murid-murid-Nya, tepat sebelum Dia akan menderita dan mati dan memenuhi sepenuhnya misi yang Dia utus ke dunia ini. Dan itu juga untuk menggenapi apa yang Dia sendiri telah katakan sebelumnya kepada orang-orang, bahwa Dia adalah Roti Hidup, dan semua yang makan Daging dan minum Darah yang Dia berikan, akan memiliki hidup yang kekal.

Sekarang, Ekaristi dan Kehadiran Nyata Tuhan kita adalah fokus dan pusat iman Katolik kita. Namun, sayangnya, kenyataannya masih banyak dari kita orang Katolik yang tidak menganggap ini serius, atau bahkan bertindak dengan cara yang memalukan kebenaran iman yang esensial ini.

Hal ini terlihat dari bagaimana kita kurang menghargai dan menghormati Kehadiran Nyata Tuhan dalam Ekaristi, memperlakukan Ekaristi bukan sebagai Tuhan sendiri hadir dalam Hadirat-Nya yang penuh dan lengkap, dalam Tubuh, Jiwa dan Keilahian-Nya. Iman Katolik inti kita adalah bahwa kita percaya bahwa meskipun roti dan anggur tetap seperti itu dalam penampilan, tetapi dalam kenyataannya, dalam substansi dan kebenaran, itu telah diubah menjadi Hadirat dan Realitas Tuhan kita sendiri.

Kemudian, kita tidak dapat lagi melakukan apa yang telah kita lakukan sejauh ini, semua sikap tidak hormat kita, iman dan sikap kita yang suam-suam kuku terhadap Misa Kudus, penolakan kita untuk menaruh seluruh hati kita dan memang, seluruh keberadaan kita untuk bersama Tuhan, dan kegagalan untuk menempatkan Tuhan sebagai pusat kehidupan kita.

Marilah kita hari ini mengikuti teladan perwira Romawi, ingatlah bahwa perwira tentara itu juga meminta Tuhan untuk menyembuhkan hambanya, dan marilah kita menghubungkannya dengan apa yang selalu kita ucapkan selama Misa, 'tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh." 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
 
Antifon Komuni (Luk 7:4-5)
 
Orang tua-tua Yahudi datang kepada Yesus dan berkata, "Ia layak Engkau tolong, sebab Ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat."
 
SiouxFall Diocese

 
 
 
RENUNGAN PAGI

 

Minggu, 11 September 2022 Hari Minggu Biasa XXIV

 

Minggu, 11 September 2022
Hari Minggu Biasa XXIV
   
"Pengakuan dosa secara lengkap dan pengampunan perorangan, tetap merupakan jalan biasa satu-satunya untuk pendamaian umat beriman dengan Allah dan dengan Gereja, kecuali pengakuan dosa semacam itu tidak mungkin atau secara fisik atau secara moral" (OP 31). Untuk itu ada alasan-alasan kuat. Kristus bertindak dalam setiap Sakramen. Ia mendekati secara pribadi setiap pendosa: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni" (Mrk 2:5). Ia adalah dokter yang berpaling kepada setiap orang sakit secara tersendiri, yang membutuhkan-Nya Bdk. Mrk 2:17., supaya menyembuhkannya. Ia membangun semua orang sakit dan menggabungkan mereka lagi ke dalam persekutuan persaudaraan. Dengan demikian pengakuan pribadi adalah bentuk perdamaian yang paling nyata untuk perdamaian dengan Allah dan dengan Gereja. --- Katekismus Gereja Katolik, 1484

     

Antifon Pembuka (Lih. Sir 36:15-16)

Berikanlah damai kepada mereka yang mengandalkan Dikau, ya Tuhan, agar terbuktilah kebenaran para nabi-Mu. Dengarkanlah doa-doa hamba-Mu dan umat-Mu Israel.


Da pacem, Domine, sustinentibus te, ut prophetæ tui fideles inveniantur: exaudi preces servi, et plebis tuæ Israel.
Mzm. Lætatus sum in his quæ dicta sunt mihi: in domum Domini ibimus.

Give peace, O Lord, to those who wait for you, that your prophets be found true. Hear the prayers of your servant, and of your people Israel.
     
  
Doa Pagi  

Ya Allah, melalui Putra-Mu, Engkau selalu mencari kami yang seringkali tersesat dan hilang. Perkenankanlah kami untuk saling mencari siapa pun yang hilang di antara kami sehingga persahabatan kami dengan Dikau dapat dipulihkan. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus,Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Keluaran (32:7-11.13-14)
 
"Menyesallah Tuhan atas malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya."
   
Di Gunung Sinai Allah berfirman kepada Musa, “Pergilah, turunlah, sebab bangsamu yang kaupimpin keluar dari tanah Mesir telah rusak perilakunya. Begitu cepat mereka menyimpang dari jalan yang Kuperintahkan kepada mereka. Mereka telah membuat anak lembu tuangan, dan kepadanya mereka sujud menyembah serta mempersembahkan kurban sambil berkata: Hai Israel, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.” Lagi firman Tuhan kepada Musa, “Telah Kulihat bangsa ini, dan sesungguhnya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk! Oleh sebab itu biarkanlah murka-Ku bangkit terhadap mereka, dan Aku akan membinasakan mereka; tetapi Engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang besar.” Lalu Musa mencoba melunakkan hati Tuhan, Allahnya, dengan berkata, “Mengapakah Tuhan, murka-Mu bangkit terhadap umat-Mu, yang telah Kaubawa keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang kuat? Ingatlah kepada Abraham, Ishak dan Israel, hamba-hamba-Mu itu, sebab kepada mereka Engkau telah bersumpah demi diri-Mu sendiri dengan berfirman kepada mereka: Aku akan membuat keturunanmu sebanyak bintang di langit, dan seluruh negeri yang telah Kujanjikan ini akan Kuberikan kepada keturunanmu, supaya dimilikinya untuk selama-lamanya.” Dan menyesallah Tuhan atas malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.                           
 
               

Mazmur Tanggapan, re = c, 4/4, PS 812
Ref. Kasihanilah, ya Tuhan, Kaulah pengampun yang rahim dan belas kasih-Mu tak terhingga.
Ayat. (Mzm 51:3.4.12-13.17.19; Ul: Luk 15:18)
1. Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, Menurut besarnya rahmat-Mu hapuskanlah pelanggaranku. Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!
2. Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, dan baharuilah semangat yang teguh dalam batinku. Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, Dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku.
3. Ya Tuhan, bukalah bibirku, supaya mulutku mewartakan puji-pujian kepada-Mu. Persembahanku kepada-Mu ialah jiwa yang hancur; Hati yang remuk redam tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Timotius (1:12-17)
 
"Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa."

Saudaraku terkasih, aku bersyukur kepada Kristus Yesus, Tuhan kita, yang menguatkan aku, karena Ia menganggap aku setia, dan memercayakan pelayanan ini kepadaku. Padahal tadinya aku seorang penghujat dan seorang penganiaya yang ganas. Tetapi kini aku telah dikasihi-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan, yaitu di luar iman. Malahan kasih karunia Tuhan kita itu telah dilimpahkan kepadaku bersama dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus. Sabda ini benar, dan patut diterima sepenuhnya, yaitu bahwa Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang-orang berdosa. Dari antara mereka akulah yang paling berdosa. Tetapi justru karena itu, aku dikasihani, agar dalam diriku sebagai orang yang paling berdosa ini, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan memperoleh hidup yang kekal. Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak tampak, yang esa. Amin.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
        

      

Bait Pengantar Injil, do = f, 4/4, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (2Kor 5:19)
Dalam Kristus Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya, dan telah mempercayakan berita perdamaian itu kepada kami.

Inilah Injil Suci menurut Lukas 15:1-32 (Singkat: 15:1-10)
 
"Akan ada sukacita di surga karena satu orang berdosa yang bertobat."
   
Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasa datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia. Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat,  katanya, “Ia menerima orang-orang berdosa, dan makan bersama-sama dengan mereka.” Maka Yesus menyampaikan perumpamaan ini kepada mereka, “Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba lalu kehilangan seekor, tidak meninggalkan yang 99 ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? Dan kalau telah menemukannya ia lalu meletakkan domba itu di atas bahu dengan gembira, dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata, Bersukacitalah bersama aku, sebab dombaku yang hilang telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di surga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih daripada sukacita karena 99 orang benar yang tidak memerlukan pertobatan. Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, lalu kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya? Dan kalau telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata, “Bersukacitalah bersama aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.” Yesus berkata lagi, “Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki. Kata yang bungsu kepada ayahnya, Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka. Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu, lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya. Setelah dihabiskan semua harta miliknya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu, dan ia pun mulai melarat. Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babi. Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorang pun memberikannya kepadanya. Lalu ia menyadari keadaannya, katanya, Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan. Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku, dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap surga dan terhadap Bapa, aku tidak layak lagi disebut anak Bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan Bapa. Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihat dia, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayah itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia. Kata anak itu kepadanya, Bapa, aku telah berdosa terhadap surga dan terhadap Bapa, aku tidak layak lagi disebut anak Bapa. Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya, Lekaslah bawa kemari jubah yang terbaik, kenakanlah itu kepadanya; pasanglah cincin pada jarinya, dan sepatu pada kakinya. Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita. Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria. Tetapi anaknya yang sulung sedang berada di ladang. Ketika pulang dan dekat ke rumah, ia mendengar bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian. Lalu ia memanggil salah seorang hamba dan bertanya kepadanya apa arti semua itu. Jawab hamba itu, Adikmu telah kembali, dan ayahmu telah menyembelih anak lembu tambun, karena ia mendapatkan kembali anak itu dengan sehat. Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia. Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya, Telah bertahun-tahun aku melayani Bapa, dan belum pernah aku melanggar perintah Bapa, tetapi kepadaku belum pernah Bapa memberikan seekor anak kambing pun untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku. Tetapi baru saja datang anak Bapa yang telah memboroskan harta kekayaan Bapa bersama dengan pelacur-pelacur, maka Bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia. Kata ayahnya kepadanya, Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu. Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali .”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe  
(U. Terpujilah Kristus)

Renungan

 
Salah satu hal yang disukai anak-anak adalah bermain game. Kita tidak berbicara tentang video game yang ada di telepon genggam atau komputer.

Kita berbicara tentang permainan interaktif yang dimainkan dengan orang lain, dan anak-anak memiliki imajinasi seperti itu untuk membuat permainan dari ketiadaan.

Misalnya, dalam permainan “Menangkap” tidak ada peralatan yang digunakan, tetapi itu akan tertawa dan berteriak dan bahkan berteriak ketika anak-anak berlarian dan mencoba menangkap satu sama lain. Mereka bisa bersenang-senang hanya dengan melakukan itu.

Dan ketika mereka lelah dan ingin beralih ke permainan lain maka itu adalah “petak umpet”.

Semua anak akan bersembunyi, dan kemudian si pencari, setelah hitungan mundur, akan pergi mencari mereka.

Ini adalah permainan yang cukup menarik, dalam arti bahwa anak-anak yang bersembunyi selalu ingin mengintip dari tempat persembunyiannya untuk melihat di mana si pencari berada.

Jadi tujuannya bukan untuk bersembunyi sampai pencari tidak dapat menemukan siapa pun. Sebaliknya mereka yang bersembunyi entah bagaimana akan memberikan tempat persembunyiannya, dan pencari entah bagaimana akan dapat menemukan mereka yang bersembunyi.

Petak umpet adalah permainan sederhana, tetapi begitu banyak dinamika dan emosi manusia yang terlibat, sehingga kita dapat mengatakan bahwa itu adalah permainan yang cukup canggih.

Dalam tiga Perumpamaan yang Yesus ceritakan dalam Injil, juga terdapat unsur permainan “petak umpet”.

Dia berbicara tentang gembala yang meninggalkan 99 ekor domba di padang gurun belantara dan mengejar satu yang hilang sampai dia menemukannya.

Dia berbicara tentang seorang perempuan yang kehilangan satu dirham, dan akan menyalakan lampu dan menyapu keluar rumah dan mencari secara menyeluruh sampai dia menemukannya.

Dan tentu saja perumpamaan terakhir, yang cukup kita kenal, perumpamaan tentang Anak yang hilang, atau perumpamaan tentang Bapa yang baik hati.

Kita mungkin berpikir bahwa ketiga perumpamaan itu lebih seperti “hilang dan ditemukan” daripada “petak umpet”, terutama perumpamaan tentang anak yang hilang.

Namun hal yang menarik tentang mereka yang tersesat dalam labirin kehidupan, atau tersesat dalam dosa-dosa mereka atau apa pun, tidak hanya ingin tetap tersesat, atau bahwa mereka cukup bahagia karena tersesat.

Bahkan seperti permainan petak umpet, mereka yang tersesat mungkin bersembunyi dan diam-diam memanggil untuk ditemukan.

Hal ini dapat kita lihat dalam Kitab Kejadian. Ketika Adam dan Hawa memakan buah terlarang dan jatuh ke dalam dosa, mereka menyembunyikan diri dari Tuhan.

Tuhan datang mengunjungi mereka dan Tuhan memanggil, “Di mana kamu?” Baru pada saat itulah Adam dan Hawa keluar dari tempat persembunyian mereka. Jadi dapat dikatakan bahwa Adam dan Hawa bersembunyi, tetapi mereka juga menunggu untuk ditemukan.

Allah mencari orang berdosa adalah tema yang berulang dalam Alkitab. Kita melihat bahwa dalam bacaan pertama seperti yang Tuhan katakan kepada Musa, 
“Pergilah, turunlah, sebab bangsamu yang kaupimpin keluar dari tanah Mesir telah rusak perilakunya." Maka Allah mengutus Musa untuk mencari orang-orang itu ketika mereka berdosa.

Dan dalam bacaan kedua, Santo Paulus berkata bahwa dia dulunya adalah seorang penghujat dan melakukan semua yang dia bisa untuk melukai dan mendiskreditkan iman.

Tetapi ketika dia dibutakan dalam perjalanan ke Damaskus, Yesuslah yang mengutus Ananias untuk menyembuhkannya dan membaptisnya.
  
Dan di dalam Injil, pemungut cukai dan orang berdosa semuanya mencari teman Yesus untuk mendengar apa yang Dia katakan.

Tetapi Yesuslah yang pertama mencari mereka ketika Dia berkata bahwa Dia datang untuk mencari dan menyelamatkan mereka yang hilang.

Jadi mereka yang bersembunyi di dalam dosa tidak puas dengan bersembunyi di dalam dosa. Apakah diam-diam atau menangis dengan suara keras, mereka ingin ditemukan. Hanya saja mereka tidak mengatakan langsung bahwa mereka ingin ditemukan.

Tetapi para pendosa itu mungkin tidak mudah ditangani, dan kita mungkin hanya ingin menjadi orang Farisi atau ahli Taurat dan menyuruh mereka tersesat.

Tapi mari kita ingat bahwa semakin besar resistensi, semakin dalam pertobatan. Perlawanan pada dasarnya adalah perjuangan dengan dosa-dosa mereka sendiri dan mereka berjuang dalam pertempuran di dalam.

Santo Monika harus berdoa selama 30 tahun untuk pertobatan Santo Agustinus, tetapi akhirnya ia menjadi orang suci yang hebat.

Yesus mengutus kita kepada mereka yang bersembunyi di dalam dosa-dosa mereka sehingga Dia dapat mencari dan menyelamatkan mereka yang terhilang.

Marilah kita berbaik hati dan berbelas kasih dan lemah lembut dalam mencari orang-orang berdosa.

Ketika kita menghadapi perlawanan atau bahkan permusuhan, marilah kita mengingat apa yang Yesus katakan: akan ada lebih banyak sukacita di surga karena satu orang berdosa yang bertobat daripada lebih dari sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak membutuhkan pertobatan.
 
 Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
    
Antifon Komuni (Mzm 36:8)

Betapa berhaga kasih setia-Mu, ya Allah! Kiranya anak-anak manusia berlindung dalam naungan sayap-Mu.

How precious is your mercy, O God! The children of men seek shelter in the shadow of your wings.

Atau (Bdk. 1Kor 10:16)

Piala syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur adalah persekutuan dengan Darah Kristus; roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan Tubuh Tuhan.

The chalice of blessing that we bless is a communion in the Blood of Christ; and the bread that we break is a sharing in the Body of Christ.

Atau (Mat 16:24)

Qui vult venire post me, abneget semetipsum: et tollat crucem suam, et sequator me.

Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.
   
RENUNGAN PAGI

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy