| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selasa, 03 Januari 2023 Peringatan Nama Yesus yang Tersuci

 

Fr Lawrence Lew, O.P. | Flickr CC BY-NC-ND 2.0

 Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita memperingati Nama Tuhan Kita Yesus Kristus yang Tersuci. Nama yang diberikan kepada-Nya sebelum Dia dikandung dalam rahim ibu-Nya Maria, diungkapkan oleh Malaikat Gabriel. Dia adalah Nama di atas setiap nama lainnya, satu-satunya Nama yang memiliki kekuatan untuk menyelamatkan kita semua umat manusia.

Tidak ada nama lain dengan kekuatan ini, karena nama-Nya, Yesus Kristus, adalah nama Tuhan, Penjelmaan Sabda Ilahi yang diungkapkan kepada kita. Tidak ada manusia atau Malaikat yang memiliki kekuatan dan otoritas yang sama, dan untuk alasan itu, kita harus ingat bahwa kita tidak boleh menggunakan nama Tuhan dengan sia-sia, atau lebih buruk lagi, menodai kesucian nama Suci-Nya dengan menyalahgunakannya atau bahkan salah mengartikannya di depan orang lain.

Di masa lalu, menurut tradisi bangsa Israel, nama Tuhan tidak boleh diucapkan atau disebutkan, karena nama-Nya begitu suci sehingga tidak bisa diucapkan oleh manusia biasa. Tetapi melalui Yesus Kristus, Allah tidak hanya mengungkapkan gambar dan penampakan-Nya kepada kita dalam daging, tetapi Dia juga mengungkapkan kepada kita kebenaran tentang nama-Nya. Itulah satu-satunya nama di mana semua makhluk Tuhan, setelah mendengarnya, akan bersujud dan berlutut dalam penghormatan.

Ya, bahkan Iblis, musuh besar kita semua yang setia, dan orang yang ingin merebut takhta Tuhan dengan kesombongannya, harus tunduk pada otoritas Tuhan sebagai Penguasa dan Pencipta segala sesuatu. Dalam nama Yesus Kristus, Iblis sendiri harus tunduk, dan bertekuk lutut kepada-Nya, memberi penghormatan dalam ketidakberdayaan dan ketidakmampuan total, sama seperti dia benci melakukannya.

Itulah sebabnya, ketika kita mendengar Sabda Tuhan yang diambil dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi, Tuhan telah meninggikan Putra-Nya, Yesus Kristus, karena ketaatan-Nya yang rendah hati dan sempurna. dengan rela menerima kematian di kayu salib demi kita semua umat manusia, dengan mempersembahkan diri-Nya sebagai korban yang sempurna untuk rekonsiliasi kita yang lengkap dan total dengan-Nya.

Tindakan cinta tertinggi dan sempurna ini menunjukkan kepada kita semua betapa agung dan penuh kasihnya Tuhan kita. Dan untuk alasan yang sama kita memuja dan menyembah Dia, sebagai Tuhan, Pencipta dan Raja kita. Itu sebabnya Gereja menginstruksikan* kita semua untuk menundukkan kepala pada setiap penyebutan Nama Kudus Yesus dalam perayaan Misa Kudus. Tindakan ini mengingatkan kita bahwa melalui nama itu saja, kita telah diselamatkan, dan bukan dengan nama lain. 
 
*Di samping berlutut, ada juga tata gerak membungkuk dan menundukkan kepala. Keduanya merupakan tanda penghormatan kepada orang atau barang yang merupakan representasi pribadi tertentu.
a. Menundukkan kepala dilakukan waktu mengucapkan nama Tritunggal Mahakudus, nama Yesus, nama Santa Perawan Maria, dan nama santo / santa yang diperingati dalam Misa yang bersangkutan.
(Pedoman Umum Misale Romawi, No. 275a)

Namun, sungguh menyedihkan mengetahui bahwa pada kenyataannya, di dunia kita saat ini, banyak dari kita tidak lagi menghormati dan menganggap suci nama Tuhan sebagaimana seharusnya. Kita hanya mengucapkan Nama-Nya dengan sembarangan, menggunakannya dalam segala macam keadaan, banyak di antaranya kurang ideal. Bahkan ada orang yang menggunakan nama-Nya dalam bahasa vulgar dan kasar. Itu bukan bagaimana kita harus menggunakan nama-Nya. Dan memang seharusnya kita malu, jika saja kita tahu bahwa setan pun harus bertekuk lutut saat menyebut nama Tuhan dan Juru Selamat kita.

Bukan saja kita tidak bertekuk lutut dan menyembah-Nya dengan rendah hati, tetapi sebenarnya kita dengan bangga menolak untuk mengakui Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat kita, dan lebih suka berjalan di jalan kita sendiri daripada mengikuti perintah dan jalan-Nya. Akibatnya, kita telah jatuh lebih jauh ke dalam dosa, dosa yang sama yang menjatuhkan Iblis, yang pernah menjadi Malaikat Tuhan yang besar dan perkasa, yang karena kesombongannya, memberontak melawan Allah dan diusir dari surga.

Sungguh ironis bahwa walaupun Iblis harus mengakui Tuhan sebagai Tuhan, tetapi banyak dari kita umat manusia menolak untuk melakukannya. Sebaliknya, kita bertahan dalam kesombongan dan keangkuhan kita, dan dalam cara kita yang jahat, sementara Tuhan sendiri begitu baik dan penuh kasih, sampai-sampai Dia rela menyerahkan nyawa-Nya demi kita. Itu adalah bukti utama dari kasih Tuhan bagi kita, dan setiap dari kita harus mengakui itu, dengan menghormati dan memuliakan Nama Suci Tuhan kita, Yesus Kristus.

Mungkin sulit dan pengalaman yang aneh untuk kita lalui di awal, tapi percayalah, jika kita mulai menghargai pengalaman menundukkan kepada pada setiap penyebutan Nama Kudus Yesus dalam Misa, perlahan tapi pasti, jika kita lakukanlah dengan penuh pengertian dan kesadaran akan bagaimana Yesus Tuhan kita telah mempengaruhi hidup kita dan betapa Dia telah sangat mengasihi kita, kita akan semakin mengasihi Tuhan, dan pada akhirnya, kita akan semakin setia berjalan di jalan-Nya.

Itulah kekuatan Nama Suci Tuhan atas diri kita, dan kita harus menyadarinya, saudara dan saudari dalam Kristus. Oleh karena itu, marilah kita semua menghormati Nama Suci Tuhan dan Juru Selamat kita, dan meluangkan waktu untuk merenungkan betapa besarnya kasih yang telah Tuhan berikan kepada kita masing-masing. Marilah kita semua berusaha untuk lebih mencintai-Nya, dan mengabdikan diri kita kepada-Nya. Amin.

Selasa, 03 Januari 2023 Hari Biasa Masa Natal

 

Selasa, 03 Januari 2023
Hari Biasa Masa Natal

Dengan mencintai sesamamu dan memperhatikan mereka, kamu maju di dalam perjalananmu --- St Agustinus.
 
Antifon Pembuka (Mzm 118:26-27)

Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Dialah Tuhan Allah yang menerangi kita.
   
Blessed is he who comes in the name of the Lord: The Lord is God and has given us light.
   
Doa Pagi


Allah Bapa Yang Mahabaik, Putra-Mu yang tunggal telah tampak sebagai manusia, dan kami mengakui-Nya sebagai seorang di antara kami. Semoga hidup kami pun dapat disesuaikan dengan hidup-Nya berkat bantuan rahmat-Mu.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.          
   
Bacaan
dari Surat Pertama Rasul Yohanes (2:29-3:6)
  
"Setiap orang yang tetap berada dalam Yesus tidak berbuat dosa lagi."

Anak-anakku terkasih, jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya. Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Allah. Saudara-saudaraku terkasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak. Akan tetapi kita tahu bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya. Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia suci adanya. Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa adalah pelanggaran hukum Allah. Dan kamu tahu, bahwa Kristus telah menyatakan diri-Nya untuk menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa. Karena itu setiap orang yang tetap berada dalam Dia, tidak berdosa lagi, setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan mengenal Kristus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  
Mazmur Tanggapan, do = c, 2/4, PS 807
Ref. Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita

Ayat. (Mzm 98:1.3c-4.5.6)

1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!
3. Bermazmurlah bagi Tuhan dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu merdu; dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring, bersorak-sorailah di hadapan Raja, yakni Tuhan.

Bait Pengantar Injil, do = f, 4/4, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Yoh 1:14:12b)
Firman telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, semua orang yang menerima-Nya diberi kuasa menjadi anak-anak Allah.
 
    
Inilah Injil Suci menurut Yohanes (1:29-34)


"Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia."
  
Ketika Yohanes membaptis di Sungai Yordan, Ia melihat Yesus datang kepadanya. Maka katanya, "Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Sesudah aku akan datang seorang yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi Yang mengutus aku membaptis dengan air telah berfirman Jikalau engkau melihat Roh turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dia itulah yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya! Maka aku memberikan kesaksian: Dia inilah Anak Allah."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan    
   
 Ada hubungan yang mendalam antara orang tua dan anak-anak mereka. Antara lain, setiap anak memiliki kemiripan fisik dengan orang tuanya.
   
Yohanes Pembaptis menyebut Yesus Anak Domba Allah. Anak Domba Allah menghapus dosa dunia.
  
Yesus mengorbankan diri-Nya untuk kita agar dibebaskan dari dosa, kita dapat dibentuk kembali dan diciptakan kembali menjadi gambar dan rupa-Nya.

Seperti yang dinyatakan dalam bacaan pertama, kita harus menyucikan diri kita dan berusaha menjadi semurni Kristus. Itulah mengapa dosa begitu serius dan menghancurkan.

Karena berbuat dosa berarti kita tidak mengenal Kristus.

Tetapi dengan pembaptisan kita, kita telah menjadi anak-anak Allah dan kita telah menjadi satu dengan Kristus.

Dalam doa kita, marilah kita meninggalkan keberdosaan kita dan mengakui iman kita dan kasih kita kepada Tuhan. 
 
 
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
 
Antifon Komuni (Ef 2:4; Rm 8:3)
  
Oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, Ia mengutus Anak-Nya dalam rupa manusia yang berdosa.
 
Because of that great love of his with which God loved us, he sent his Son in the likeness of sinful flesh.
Doa Malam

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Anak Domba Allah yang taat dan  tanpa suara. Kami ingin mengisi Tahun Baru ini dengan berani memberikan diri kepada orang lain. Berani kanlah kami menerima segala resiko serta  konsekwensi apa pun yang akan terjadi atas diri kami, ya Yesus... Doa ini kami persembahkan dalam nama-Mu yang Kudus, Tuhan dan Penyelamat kami. Amin.

Orang Kudus hari ini: 02 Januari 2023 St. Basilius Agung dan St. Gregorius Nazianze

 

Hari ini, Gereja memperingati dua dari empat Pujangga Gereja yang asli, hamba Allah yang benar-benar berbakti dan agung seperti St. Yohanes Pembaptis. Mereka adalah St Basilius dari Kaisarea, juga dikenal sebagai St Basilius Agung, dan St Gregorius Nazianze. Keduanya adalah bapa-bapa Gereja ternama dan tokoh penting Gereja perdana, khususnya dalam perumusan ajaran iman yang benar dan benar, melawan berbagai bentuk kesesatan dan kepalsuan yang melimpah pada masa itu.
 
Baik St Basilius Agung dan St Gregorius Nazianze hidup dan bekerja pada saat Gereja terpecah belah karena ketidaksepakatan teologis, pada banyak aspek iman. Banyak bidat dan nabi palsu membawa orang-orang ke dalam kesesatan dan dosa untuk memajukan agenda mereka sendiri yang dibesar-besarkan dan ambisius. Inilah tepatnya yang diperingatkan oleh Rasul Yohanes kepada kita dalam suratnya, dalam 1Yoh. 2:22-28
 
St Basilius Agung dan St Gregorius Nazianze berdiri teguh melawan mereka yang mencoba merusak kesatuan Gereja dan menyebarkan ajaran palsu dan kebohongan. Mereka bekerja keras di antara umat Tuhan, bukan untuk tujuan atau ambisi pribadi mereka sendiri, tetapi untuk kemuliaan Tuhan yang lebih besar, dan untuk keselamatan jiwa saudara-saudara mereka, yang akan dikutuk ke neraka seandainya mereka melanjutkan hidup mereka. jalan bidah.
 
Saudara dan saudari dalam Kristus, dengan melihat teladan para orang kudus dan hamba Allah kita yang saleh dan pekerja keras ini, kita semua sebagai orang Katolik juga harus terinspirasi untuk hidup seperti pendahulu kita yang suci ini telah menjalani kehidupan mereka. Karena itu marilah kita semua melakukan yang terbaik untuk hidup dengan setia sesuai dengan kehendak Tuhan, dan berusaha untuk semakin berkomitmen untuk melayani Dia hari demi hari.
 
Public Domain


Senin, 02 Januari 2023 Peringatan Wajib. St. Basilius Agung dan St. Gregorius dari Nazianze Uskup dan Pujangga Gereja (Masa Natal)

 

Senin, 02 Januari 2023
Peringatan Wajib. St. Basilius Agung dan St. Gregorius dari Nazianze Uskup dan Pujangga Gereja (Masa Natal)
  
  
Di samping setiap orang beriman, berdiri seorang malaikat sebagai pelindung dan gembala yang akan menuntunnya kepada kehidupan. – St. Basilius Agung (330-379), Uskup dan Pujangga Gereja

Antifon Pembuka (Bdk. Sir 44:15,14b)

Hendaknya kebijaksanaan para kudus diwartakan oleh bangsa-bangsa dan pujian untuk mereka dikumandangkan oleh Gereja; nama mereka akan dikenang sepanjang masa.

Let the peoples recount the wisdom of the Saints, and let the Church proclaim their praise. Their names will live on and on.

Pengantar

Santo Basilius Agung (329-379) adalah seorang Uskup dan Pujangga Gereja, berasal dari Kaesarea, ibukota Provinsi Kapadokia, Asia Kecil; seorang pembela ajaran iman Kristiani dari ajaran sesat Arianisme. St. Gregorius Nazianze (329-390) juga adalah Uskup dan Pujangga Gereja. Ia bertemu dengan Basilius di Atena, Yunani, sewaktu studi dan kemudian menjadi sahabat karib.

Doa Pagi

Ya Allah, Engkau telah menerangi Gereja-Mu, dengan teladan dan ajaran Santo Basilius dan Gregorius, Uskup-Mu. Kami mohon semoga dengan rendah hati kami mendalami kebenaran-Mu, dan dengan setia mewujudkannya dalam cinta kasih.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
  
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes (2:22-28) 
       
"Apa yang telah kamu dengar harus tetap tinggal di dalam dirimu."

Anak-anakku terkasih, barangsiapa menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus, dia itu seorang pendusta! Dan barangsiapa menyangkal baik Bapa maupun Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengakui Anak, ia juga memiliki Bapa. Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari semula, itu harus tetap tinggal di dalam dirimu. Jika apa yang telah kamu dengar dari semula itu tetap tinggal di dalam dirimu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. Semua ini kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. Sebab di dalam dirimu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari Yesus. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan Yesus mengajar kamu tentang segala sesuatu – dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta – dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = c, 2/4, PS 807
Ref. Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita
Ayat. (Mzm 98:1.2-3b.3c-4)
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya. Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah.

Bait Pengantar Injil, do = f, 4/4, kanon, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Ibr 1:1-2)
Dahulu kala dengan pelbagai cara Allah berbicara kepada leluhur kita dengan perantaraan para nabi; pada zaman akhir ini Ia berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes (1:19-28)

"Sesudah aku akan datang Dia yang sudah ada sebelum aku."  
  
Inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus kepadanya beberapa imam dan orang-orang Lewi untuk menanyakan kepadanya, ‘Siapakah Engkau?’ Yohanes mengaku dan tidak berdusta, katanya, “Aku bukan Mesias!” Lalu mereka bertanya kepadanya, “Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?” Yohanes menjawab, “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Ia pun menjawab, “Bukan!” Maka kata mereka kepadanya, “Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?” Jawab Yohanes, “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya.” Di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi. Mereka bertanya-tanya kepadanya, “Mengapa engkau membaptis jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?” Yohanes menjawab kepada mereka, “Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.” Hal ini terjadi di Betania yang di seberang Sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis orang.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

Renungan
 
   Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita merenungkan dua kesaksian iman, satu dari Rasul Yohanes dalam Suratnya kepada umat beriman, yang merupakan bacaan pertama kita hari ini, dan yang lainnya dari kesaksian iman Yohanes Pembaptis di hadapan orang-orang Farisi dan para imam yang diutus kepadanya untuk menanyakan tentang siapa Dia sebenarnya, dalam perikop Injil kita hari ini.

Dalam bacaan pertama hari ini, kita mendengar tentang St. Yohanes yang memperingatkan orang-orang tentang bahaya kebohongan dan kepalsuan antikristus, mereka yang rencana dan pekerjaannya bertentangan dengan kebenaran Tuhan, dan mencoba untuk menyesatkan umat Tuhan yang setia. ke dalam dosa dan kegelapan. Hal ini bertentangan dengan realitas Gereja pada saat itu, ketika pengkhotbah atau pemimpin tertentu mungkin memberitakan pesan dan ajaran yang bertentangan dengan kebenaran.

Kemudian, dalam perikop Injil kita mendengar tentang St. Yohanes Pembaptis, yang ditanyai oleh orang-orang Farisi dan para imam yang diutus oleh Bait Suci, yang meragukan otoritas pengajarannya dan tindakan yang telah dilakukannya, dalam membaptis orang-orang dan mewartakan kedatangan Mesias dan Kerajaan Allah. Mereka bertanya apakah St. Yohanes Pembaptis benar-benar adalah Mesias yang dijanjikan kepada bangsa Israel oleh nubuatan-nubuatan kuno.

St Yohanes Pembaptis sangat populer di kalangan masyarakat, dan banyak yang berbondong-bondong ke sungai Yordan untuk mendengarkan khotbahnya, dan banyak yang menyerahkan diri untuk dibaptis olehnya di sungai. Dia bisa saja menggunakan popularitasnya dan mengklaim bahwa dia adalah Mesias dan Juru Selamat dunia, dan banyak orang akan mempercayai klaimnya. Namun, seperti yang kita saksikan, dia secara terbuka menyatakan di hadapan orang-orang yang menanyainya, bahwa dia bukanlah Mesias.

St Yohanes Pembaptis menunjukkan kepada kita semua inti dari pemuridan sejati, mematuhi perintah-perintah Tuhan dan dengan setia menjalankan misi yang telah dipercayakan kepadanya, yaitu mempersiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan, dan menyambut Dia ke dalam dunia, dengan menyerukan kepada banyak orang untuk berbalik dari dosa-dosa mereka dan bertobat, agar mereka dan hati mereka dapat menerima firman dan kebenaran TUHAN ketika Dia datang.

Dan dia dengan rendah hati menerima perannya, seperti yang dia lakukan terhadap orang Farisi dan pertanyaan para imam tentang identitasnya, dengan mengungkapkan kepada semua orang bahwa dia hanyalah orang yang mendahului kedatangan Mesias, Dia yang kedatangan-Nya akan mulia, dan Yohanes Pembaptis sendiri tidak layak bahkan untuk melepaskan tali kasut-Nya. Kerendahan hati dan ketaatannya kepada Tuhan benar-benar patut diperhatikan, dan itu adalah teladan yang harus diikuti oleh kita semua orang Katolik.
  
Semoga Tuhan memberkati kita masing-masing, agar kita dapat semakin mendekat kepada-Nya, dan agar kita dapat menemukan jalan kita kepada-Nya dan menuju kemuliaan kekal yang telah Dia janjikan kepada kita semua. Amin.
. (RENUNGAN PAGI) 
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 

 
Nativity Scene, Katedral Salib Suci - Boston

 
 
Antifon Komuni (1Kor 1:23-24)

Kami memberitakan Kristus yang disalibkan; Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

We proclaim Christ crucified; Christ, the power of God and the wisdom of God.

Paus Benediktus XVI (Dalam Kenangan) - bagian 2

 baca artikel sebelumnya

Di sisi Paus Yohanes Paulus II

Pada bulan Oktober, kardinal Jerman itu ikut serta dalam konklaf yang memilih Karol Wojtyla sebagai Paus Yohanes Paulus II.

Yohanes Paulus menamainya Prefek Kongregasi Ajaran Iman dan Presiden Komisi Kitab Suci Kepausan dan Komisi Teologi Internasional pada 25 November 1981. Ia adalah presiden Komisi Persiapan Katekismus Gereja Katolik, yang setelah enam tahun bekerja (1986-1992) mempersembahkan Katekismus baru kepada Yohanes Paulus II.

Di Kuria Romawi ia menjadi anggota Dewan Sekretariat Negara untuk Hubungan dengan Negara; Kongregasi untuk Gereja-Gereja Oriental, untuk Ibadah Ilahi dan Tata Tertib Sakramen, untuk Uskup, untuk Evangelisasi Bangsa-bangsa, untuk Pendidikan Katolik, untuk Klerus, dan untuk Penyebab Orang Suci. Dia juga anggota Dewan Kepausan untuk Memajukan Persatuan Kristiani, dan untuk Kebudayaan; Mahkamah Agung Signatura Apostolik, dan Komisi Kepausan untuk Amerika Latin, “Ecclesia Dei,” untuk Penafsiran Otentik Kitab Hukum Kanonik, dan untuk Revisi Kitab Hukum Kanonik Gereja-Gereja Oriental.

Di bawah arahan Ratzinger, jemaat berusaha mengoreksi karya beberapa teolog Katolik, seperti Leonardo Boff, Matthew Fox, dan Anthony de Mello.

Dominus Iesus, yang diterbitkan oleh jemaat pada tahun 2000, menegaskan kembali bahwa “Keselamatan tidak ditemukan pada siapa pun [kecuali Kristus], karena tidak ada nama lain di bawah langit yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita harus diselamatkan.”

  
Memerangi pelecehan seksual

Meskipun dia dikritik oleh beberapa orang karena tidak berbuat cukup untuk melawan pelecehan seksual oleh pendeta, dia mengawasi penyebaran dokumen Kongregasi untuk Doktrin Keyakinan tahun 2001 Sacramentorum Sanctitatis Tutela, yang mengarahkan agar jemaat menangani kejahatan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur oleh pendeta dan asalkan semua kasus yang melibatkan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur dilaporkan ke CDF.

Benediktus adalah paus pertama yang bertemu dengan para korban pelecehan, yang dia lakukan di Amerika Serikat dan Australia pada tahun 2008, dan sekali lagi di Malta pada tahun 2010. Dia berbicara secara terbuka tentang krisis tersebut sekitar lima kali selama kunjungannya ke Amerika Serikat pada tahun 2008 saja. . Dia juga adalah paus pertama yang mendedikasikan Surat Pastoral tentang krisis pelecehan seksual — surat pastoralnya untuk Irlandia.

Paus Fransiskus sering mengatakan bahwa Benediktus-lah yang berada di belakang tekad Gereja untuk menghadapi krisis secara langsung, dan bahwa dialah paus yang menyebabkan Gereja terus berjuang melawan kejahatan-kejahatan ini.
 

Dia ingin pensiun dan menulis

Pada November 2002 Ratzinger menjadi Dekan Kolese Kardinal, sebuah posisi yang membuatnya menjadi tokoh sentral kurang dari tiga tahun kemudian, ketika Yohanes Paulus II meninggal dunia. Sebagai dekan, Kardinal Ratzinger akan memimpin pemakaman paus dan menyampaikan homili.

Sementara itu, ketika Yohanes Paulus II yang sakit merayakan apa yang akan menjadi Pekan Suci terakhirnya, Kardinal Ratzinger mengkhotbahkan Jalan Salib Jumat Agung tradisional di Colosseum Roma, dengan keras mengecam pelecehan seksual sebagai “kotoran” di Gereja — “bahkan di antara mereka yang, dalam imamat, harus menjadi miliknya sepenuhnya.”

Ratzinger terpilih sebagai paus pada 19 April 2005, hari kedua konklaf. Muncul di balkon Basilika Santo Petrus, dia berkata kepada orang banyak yang berkumpul di lapangan:

     Saudara dan saudari terkasih, setelah Paus Yohanes Paulus II yang agung, para Kardinal telah memilih saya, seorang pekerja sederhana dan rendah hati di kebun anggur Tuhan. Fakta bahwa Tuhan tahu bagaimana bekerja dan bertindak bahkan dengan peralatan yang tidak memadai menghibur saya, dan di atas segalanya saya mempercayakan diri saya pada doa-doa Anda. Dalam sukacita Tuhan Yang Bangkit, yakin akan bantuannya yang tak pernah gagal, marilah kita maju terus. Tuhan akan membantu kita, dan Maria, Bunda Tersuci-Nya, akan berada di pihak kita.

Kardinal Jerman yang telah berulang kali (dan tidak berhasil) meminta Paus Yohanes Paulus II untuk diizinkan pensiun ke negara asalnya, Bavaria, untuk menulis buku di masa tuanya, kemudian mengatakan bahwa selama konklaf dia telah berdoa kepada Tuhan agar tidak terpilih sebagai paus. Namun, dia mengatakan kepada sekelompok peziarah Jerman, “ternyata kali ini Dia tidak mendengarkan saya.”

 
Nama kepausan


Dalam audiensi umum pertamanya, dia menjelaskan pilihan nama kepausannya. “Saya ingin dipanggil Benediktus XVI untuk menciptakan ikatan spiritual dengan Benediktus XV, yang memimpin Gereja melewati periode kekacauan akibat Perang Dunia Pertama,” katanya. “Dia adalah seorang nabi perdamaian yang berani dan otentik dan berjuang dengan keberanian yang berani pertama-tama untuk mencegah tragedi perang dan kemudian membatasi konsekuensi berbahayanya. Menginjak jejaknya, saya ingin menempatkan pelayanan saya untuk melayani rekonsiliasi dan keharmonisan antara orang-orang, karena saya sangat yakin bahwa kebaikan besar perdamaian adalah yang pertama dan terutama adalah karunia Allah, hadiah yang berharga tetapi sayangnya rapuh untuk berdoa, menjaga dan membangun, hari demi hari, dengan bantuan semua orang.”

Dia juga mengatakan bahwa dia memikirkan St. Benediktus dari Nursia, yang dikenal sebagai “Patriark Monastisisme Barat” dan Co-Pelindung Eropa bersama dengan St. Sirilus dan Methodius, Brigitta dari Swedia, Katarina dari Siena dan Edith Stein. “Ekspansi bertahap Ordo Benediktin yang dia dirikan memiliki pengaruh besar pada penyebaran agama Kristen di seluruh Benua,” kata paus baru itu. “Oleh karena itu, St Benediktus sangat dihormati, juga di Jerman dan khususnya di Bavaria, tempat kelahiran saya; dia adalah titik referensi mendasar bagi persatuan Eropa dan pengingat yang kuat akan akar Kristen yang tak tergantikan dari budaya dan peradabannya.”

“Kami akrab dengan rekomendasi yang ditinggalkan oleh Bapa Monastisisme Barat ini kepada para biarawannya dalam Peraturannya: ‘Jangan memilih apa pun daripada kasih Kristus,'” lanjut paus. “Di awal pelayanan saya sebagai Penerus Petrus, saya bertanya kepada St. Benediktus untuk membantu kita menjaga Kristus tetap teguh di jantung kehidupan kita.”

Naiknya Kardinal Ratzinger ke takhta Santo Petrus membawa beberapa perubahan gaya ke Vatikan. Meskipun para kardinal bersumpah untuk menaatinya pada pemilihannya, kebiasaan setiap kardinal yang tunduk kepada paus selama Misa pengukuhannya diganti dengan memiliki 12 orang, termasuk kardinal, imam, biarawan, pasangan suami istri dan anak mereka, dan orang yang baru dikukuhkan, menyapanya. Dia mengenakan pallium yang menurutnya lebih mirip dengan yang dikenakan oleh para paus di Abad Pertengahan.

Kardinal Jerman itu memindahkan pianonya ke istana apostolik dan menemukan waktu untuk memainkan karya Bach dan Mozart favoritnya.

M.Mazur/www.thepapalvisit.org.uk (CC BY-NC-ND 2.0 via flickr)


Perjalanan kepausan


Meskipun dia mendelegasikan sebagian besar beatifikasi kepada seorang kardinal, dia sendiri yang membeatifikasi Kardinal John Henry Newman dalam kunjungan ke Inggris. Kanonisasi terkenal yang dia lakukan termasuk Ibu Theodore Guerin, Jeanne Jugan, André Bessette, Ibu Mary MacKillop, Kateri Tekakwitha, dan Marianne Cope. Dia juga mengakui Orang Suci Hildegard dari Bingen dan John dari Avila sebagai Pujangga Gereja. Di Kuria Roma, Paus Benediktus membentuk Dewan Kepausan untuk Promosi Evangelisasi Baru.

Pelayaran kepausan pertamanya di luar Italia adalah ke negara asalnya Jerman, ketika dia memimpin Hari Pemuda Sedunia di Cologne pada musim panas 2005.

Pada tahun 2008, dia mengunjungi Amerika Serikat, berbicara di Gedung Putih dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan memberikan penghormatan kepada para korban serangan teror 11 September 2001 di World Trade Center di New York. Pada tahun 2009, dia mengunjungi Afrika (Kamerun dan Angola) untuk pertama kalinya sebagai paus. Selama kunjungannya, dia menyatakan bahwa mengubah perilaku seksual adalah jawaban atas krisis AIDS di Afrika.

Dia mengunjungi Timur Tengah (Yordania, Israel dan Palestina) pada Mei 2009.

Di bidang hubungan internasional, Benediktus pada tahun 2007 mengirimkan surat kepada umat Katolik di Tiongkok yang memberikan panduan kepada para uskup Tiongkok tentang bagaimana menanggapi para uskup yang ditahbiskan secara tidak sah, serta bagaimana memperkuat hubungan dengan Asosiasi Patriotik Katolik Tiongkok dan pemerintah Komunis.

  
Asteroid Ratzinger

Sebuah asteroid, 8661 Ratzinger, dinamai menurut namanya. Sebuah situs web NASA menjelaskan bahwa di bawah pengawasannya, “Vatikan membuka arsipnya pada tahun 1998 untuk memungkinkan para peneliti menyelidiki kesalahan yudisial terhadap Galileo dan ilmuwan abad pertengahan lainnya”.

 
Pengunduran diri


Dia mengejutkan Vatikan dan dunia ketika pada 11 Februari 2013, dia memberikan ceramah singkat dalam bahasa Latin, mengumumkan pengunduran dirinya:

     Setelah berulang kali memeriksa hati nurani saya di hadapan Tuhan, saya sampai pada kepastian bahwa kekuatan saya, karena usia lanjut, tidak lagi cocok untuk menjalankan pelayanan Petrine yang memadai. Saya sangat menyadari bahwa pelayanan ini, karena sifat spiritualnya yang esensial, harus dilakukan tidak hanya dengan kata-kata dan perbuatan, tetapi tidak kurang dengan doa dan penderitaan. Namun, di dunia sekarang ini, tunduk pada begitu banyak perubahan yang cepat dan terguncang oleh pertanyaan-pertanyaan yang sangat relevan bagi kehidupan iman, untuk mengatur barque Santo Petrus dan mewartakan Injil, diperlukan kekuatan pikiran dan tubuh, kekuatan yang dalam beberapa bulan terakhir, saya telah memburuk sedemikian rupa sehingga saya harus mengakui ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan yang dipercayakan kepada saya secara memadai. Untuk alasan ini, dan menyadari keseriusan tindakan ini, dengan kebebasan penuh saya menyatakan bahwa saya meninggalkan pelayanan Uskup Roma, Penerus Santo Petrus, yang dipercayakan kepada saya oleh para Kardinal pada 19 April 2005, sedemikian rupa, bahwa mulai tanggal 28 Februari 2013, pukul 20:00, Takhta Roma, Takhta Santo Petrus, akan kosong dan Konklaf untuk memilih Paus Agung yang baru harus diselenggarakan oleh mereka yang berwenang.



Salah satu yang terbaik


Meskipun dia mungkin adalah seorang paus yang penuh kejutan, semua orang yang mengenal dia dan pekerjaannya tidak pernah terkejut dengan apa yang dia capai. Benediktus XVI dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar dalam Susunan Kristen, dan seorang yang rendah hati dan suci.

“Joseph Ratzinger akan dikenang sebagai salah satu pemikir Kristen yang benar-benar hebat selama 100 tahun terakhir; seorang pria yang memadukan iman dan nalar dengan keanggunan dan kejernihan ekspresi pada tingkat yang luar biasa, namun memancarkan kerendahan hati sepanjang hidupnya,”
kata Uskup Agung Emeritus Charles J. Chaput, O.F.M. Kap., Philadelphia. “Dia adalah mitra teologis dari kejeniusan filosofis Karol Wojtyla dan putra setia Vatikan II dan tugasnya untuk reformasi otentik.”

 Sumber:aleteia.org

Paus Benediktus XVI (Dalam Kenangan) - bagian 1

M.Mazur/www.thepapalvisit.org.uk (CC BY-NC-ND 2.0 via flickr)

 

 

Paus Emeritus Benediktus XVI telah wafat dalam usia 95 tahun di Biara Mater Ecclesiae Vatikan pada 31 Desember pukul 09.34. Dia wafat di biara tempat dia tinggal hampir selama sembilan tahun terakhir, sejak pengunduran dirinya yang bersejarah dari kepausan pada tahun 2013.

Wafatnya Benediktus menandai pertama kalinya dalam enam abad seorang Penerus Santo Petrus meninggal saat tidak menjabat. Yang terakhir adalah Paus Gregorius XII. Tapi itu hanya satu dari banyak bagian menarik dalam kehidupan Joseph Alois Ratzinger. Dia adalah seorang pria — dan seorang paus — dengan banyak kejutan.

“Kecemerlangan intelektual dan sikap lembut Kardinal Ratzinger/Paus Benediktus menjadi terkenal bagi semua orang segera setelah pemilihannya menjadi kepausan,”
kata Fr. Joseph Fessio, pendiri Ignatius Press dan mantan mahasiswa doktoral di bawah arahan Ratzinger. “Orang-orang tiba-tiba menyadari bahwa Panzerkardinal, Penegak Vatikan, pengawas doktrin pemangsa yang tidak humoris, sebenarnya tidak satu pun dari hal-hal ini. Justru sebaliknya.”
 

Umur yang sangat panjang

Paus Benediktus XVI mungkin akan mengejutkan dirinya sendiri karena hidup selama itu. Pada bulan Februari 2018, mingguan Jerman Neue Post menerbitkan sebuah wawancara dengan Mgr. Georg Ratzinger (kakak dari mantan paus yang meninggal pada Juli 2020) mengatakan Benediktus menderita penyakit saraf, yang membuatnya lumpuh sedikit demi sedikit. Hal itu kemudian dibantah oleh Vatikan.

Tetapi seminggu sebelumnya, surat kabar harian Italia Il Corriere della Sera menerbitkan surat dari Benediktus sendiri di mana dia sepertinya mengisyaratkan kematiannya yang akan segera terjadi.

“Ketika kekuatan fisik saya perlahan berkurang, secara batin saya sedang berziarah menuju Rumah (Bapa),” tulis Paus Emeritus, dalam surat 5 Februari 2018.

Pada tanggal 1 April 2021, majalah Jerman Die Tagespost melaporkan pernyataan sekretaris lama Benediktus XVI, Uskup Agung Georg Gänswein, yang mengungkapkan bahwa Benediktus hanya berharap untuk hidup beberapa bulan setelah pengunduran dirinya.

“Bagi dia, juga bagi saya - saya dapat mengakuinya di sini - bahwa dia hanya memiliki beberapa bulan lagi, tetapi tidak delapan tahun,” kata Gänswein selama kongres psikiatri Austria.

Namun hingga Januari 2020, Paus Emeritus masih membuat berita. Sebuah buku berjudul Dari Kedalaman Hati Kita: Imamat, Selibat, dan Krisis Gereja Katolik dipandang sebagai upaya terakhir untuk mempengaruhi Paus Fransiskus agar tidak membuka kemungkinan untuk menahbiskan pria yang sudah menikah menjadi imam. Awalnya memakai nama Paus Benediktus sebagai penulis bersama, bersama dengan Kardinal Robert Sarah, meskipun kemudian diketahui bahwa Paus Emeritus tidak ikut menulisnya.

Pengunduran diri yang bersejarah

Namun, pada tahun-tahun terakhirnya, Paus Benediktus menjalani kehidupan yang tenang dan sunyi di sebuah ruangan bekas biara di Vatikan.

“Benediktus XVI, sejak pengunduran dirinya, telah memahami dirinya sebagai seorang biarawan tua yang, setelah 28 Februari 2013, berkomitmen terutama untuk berdoa bagi Gereja Induk dan penggantinya, Paus Fransiskus, dan untuk pelayanan Petrine yang didirikan oleh Kristus sendiri,” kata Uskup Agung Gänswein dalam sebuah ceramah di Roma pada September 2018.

Benediktus tidak tampil di depan umum dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih menerima pengunjung yang sering membagikan foto kebersamaan mereka di media sosial.

Setelah pensiun, Paus Emeritus hanya muncul untuk beberapa acara khusus di Vatikan, seperti mengunjungi Basilika Santo Petrus pada tahun 2015 untuk mengambil bagian dalam peresmian resmi Yubelium Kerahiman dengan dibukanya Pintu Suci. Paus Fransiskus menyambutnya di atrium basilika sebelum melakukan upacara pembukaan Pintu Suci dan kemudian berjalan melewatinya. Benediktus mengikuti, dibantu oleh Uskup Agung Gänswein.

Bahkan ketika dia terpilih menjadi Tahta St. Petrus, ada kekhawatiran tentang kesehatannya. Pada usia 78 tahun, dia adalah paus tertua yang terpilih sejak Clement XII pada tahun 1730. Paus baru itu sendiri meramalkan bahwa dia akan memiliki masa kepausan yang singkat.

Paus Benediktus mengatakan bahwa dia mengundurkan diri dari kepausan karena “kurangnya kekuatan pikiran dan tubuh” akibat usia lanjut. Dia merasa bahwa jabatan itu semakin menjadi beban baginya dan dia tidak dapat memenuhi tugasnya dengan baik.

Tapi itu adalah tindakan yang sangat jarang terjadi sejak 1415, ketika Paus Gregorius XII mengundurkan diri. Beberapa pengamat berspekulasi penyebab selain kesehatan, termasuk bocornya dokumen kepada pers oleh kepala pelayan pribadi Benediktus dan pertikaian di Kuria Vatikan.
  

Tulisan-tulisan utama

Kardinal Joseph Ratzinger telah menjadi kepala Kongregasi Vatikan untuk Ajaran Iman selama hampir 24 tahun di bawah Paus Yohanes Paulus II ketika dia terpilih untuk menggantikan paus Polandia pada April 2005. Dengan Wojtyla, Dewan Kardinal telah memutuskan hubungan yang panjang tradisi memilih Italia untuk kepausan, dan Ratzinger menjadi orang Jerman pertama yang menjadi paus sejak abad ke-16 Adrian VI.

Dia adalah paus ke-265.

Meskipun masa jabatan delapan tahunnya singkat dibandingkan dengan masa jabatan Yohanes Paulus selama 26 tahun, dia jauh lebih dari sekadar pengurus atau pengganti. Di antara pencapaian lainnya, dia mengawasi pembentukan proses bagi jemaat Anglikan untuk memasuki Gereja Katolik sambil mempertahankan tradisi liturgi khusus mereka; dan melanjutkan tradisi pertemuan pendahulunya dengan pemuda dunia setiap tiga tahun atau lebih dalam pertemuan besar yang disebut Hari Pemuda Sedunia.

Selama masa kepausannya, ia menerbitkan tiga ensiklik, yang pertama, Deus Caritas Est, pada tahun 2006 mengambil tema cinta, dengan Bagian I menyajikan refleksi teologis dan filosofis tentang dimensi cinta yang berbeda — eros, philia, agape — dan menjelaskan hal-hal tertentu, fakta-fakta esensial tentang kasih Allah kepada manusia dan hubungan intrinsik dari kasih ini dengan kasih manusia. Bagian II membahas tentang praktik sebenarnya dari perintah untuk mengasihi sesama.

Tahun berikutnya, dalam Spe Salvi, dia mengatakan bahwa, tanpa iman kepada Tuhan, umat manusia berada di bawah kekuasaan ideologi yang dapat mengarah pada “bentuk kekejaman dan pelanggaran keadilan yang terbesar”.

Caritas in veritate,
ensikliknya yang ketiga dan terakhir, dirilis pada tahun 2009. Dalam kata-kata Konferensi Uskup Katolik AS, ini adalah “seruan untuk melihat hubungan antara ekologi manusia dan lingkungan dan untuk menghubungkan amal dan kebenaran dalam pengejaran keadilan, kebaikan bersama, dan perkembangan manusia yang otentik.”

“Dengan melakukan itu, paus menunjukkan tanggung jawab dan batasan pemerintah dan pasar swasta, menantang ideologi tradisional kanan dan kiri, dan menyerukan semua pria dan wanita untuk berpikir dan bertindak baru,” kata konferensi para uskup.

Sementara Deus Caritas Est dan Spe Salvi membahas kebajikan teologis dari kasih dan harapan, Benediktus telah menyelesaikan draf ensiklik keempat untuk membahas iman. Tapi itu tidak dipublikasikan pada saat Benediktus mengundurkan diri. Penggantinya, Paus Fransiskus, menyelesaikan dan menerbitkan Lumen Fidei pada Juni 2013, empat bulan setelah masa kepausan baru. Fransiskus, dalam paragraf 7 ensiklik, mengakui fakta ini.

     “Pertimbangan tentang iman ini – sejalan dengan semua yang telah diucapkan magisterium Gereja tentang kebajikan teologis ini – dimaksudkan untuk melengkapi apa yang telah ditulis Benediktus XVI dalam surat ensikliknya tentang amal dan harapan,”
tulis Fransiskus. “Dia sendiri hampir menyelesaikan draf pertama ensiklik tentang iman. Untuk ini saya sangat berterima kasih kepadanya, dan sebagai saudaranya dalam Kristus saya telah mengambil pekerjaan baiknya dan menambahkan beberapa kontribusi saya sendiri.”

Di antara banyak publikasinya adalah Pengantar Kekristenan, kompilasi kuliah universitas tentang Pengakuan Iman yang diterbitkan pada tahun 1968; Laporan Ratzinger; wawancara sepanjang buku tentang keadaan Gereja (1985); Salt of Earth (1997); dan Jesus of Nazareth, a life of Christ dalam tiga jilid yang diterbitkan selama kepausannya.

Kediktatoran relativisme

Dalam tulisan dan pidato lainnya, Benediktus membahas masalah kontemporer yang disebutnya "kediktatoran relativisme".

“Saat ini, hambatan yang sangat berbahaya untuk tugas pendidikan adalah kehadiran besar-besaran dalam masyarakat dan budaya kita dari relativisme yang mengakui tidak ada yang definitif, meninggalkan sebagai kriteria terakhir hanya diri dengan keinginannya,”
katanya dalam sebuah pidato di Roma pada tahun 2005. “Dan di bawah kemiripan kebebasan itu menjadi penjara bagi masing-masing orang, karena memisahkan orang satu sama lain, mengunci setiap orang ke dalam egonya sendiri.”

Dia juga menanggapi tantangan yang terus berlanjut dan relatif baru terhadap pemahaman tradisional tentang cinta, perkawinan, dan kesucian hidup manusia. Pada tahun yang sama, 2005, dia mengatakan bahwa “berbagai bentuk pembubaran pernikahan saat ini, seperti serikat pekerja bebas, pernikahan percobaan dan pernikahan semu oleh orang-orang dari jenis kelamin yang sama, lebih merupakan ekspresi dari kebebasan anarkis yang salah. untuk kebebasan sejati manusia…. Dari sini menjadi semakin jelas betapa bertentangan dengan cinta manusia, dengan panggilan mendalam pria dan wanita, untuk secara sistematis menutup persatuan mereka dengan anugerah kehidupan, dan bahkan lebih buruk untuk menekan atau merusak kehidupan yang dilahirkan. ”

Tidak diketahui oleh banyak orang


Terlepas dari sikapnya yang lembut dan kebapakan, bagi sebagian orang Benediktus tidak pernah dapat menggoyahkan citranya sebagai seorang penegak teologi Katolik yang teguh dan doktriner, terutama teologi moral - "Penegak Vatikan", seperti Fr. Fessio mengatakannya.

Bahkan di masa senja hidupnya, sebuah film yang diproduksi oleh Netflix, The Two Popes, menggambarkannya sebagai seorang yang keras, doktriner yang menggagalkan penerusnya, sebuah penggambaran yang menuai kritik tajam dari banyak pemikir Katolik.

     “Seandainya saja kita memiliki kilas balik ke bocah lelaki berusia enam belas tahun dari keluarga yang sangat anti-Nazi, dipaksa masuk dinas militer pada hari-hari terakhir Reich Ketiga, kita akan memahami kecurigaan mendalam Ratzinger terhadap utopia sekuler/totalitarian secara lebih menyeluruh. dan kultus kepribadian,” tulis Uskup Robert Barron dalam ulasan film tanggal 2 Januari 2020. “Seandainya saja kita memiliki kilas balik ke imam muda, peritus ke Kardinal Frings, memimpin faksi liberal di Vatikan II dan bersemangat untuk beralih dari konservatisme prakonsili, kita akan mengerti bahwa dia bukanlah penjaga status quo yang berpikiran sederhana. Andai saja kita memiliki kilas balik ke profesor Tubingen, yang tersinggung oleh ekstremisme pascakonsili yang membuang bayi teologis dengan air mandi, kita mungkin memahami keengganannya terkait program yang menganjurkan perubahan demi perubahan. Andai saja kita memiliki kilas balik ke Prefek Kongregasi untuk Ajaran Iman yang menyusun dokumen bernuansa, baik yang sangat kritis maupun yang sangat menghargai Teologi Pembebasan, kita mungkin telah memahami bahwa Paus Benediktus sama sekali tidak acuh terhadap penderitaan orang miskin."

Sejarah keluarga


Fakta bahwa masa muda Ratzinger bertepatan dengan kebangkitan Sosialisme Nasional di Jerman memberi celah bagi para pencela untuk mencapnya sebagai Panzerkardinal. Lahir di Marktl am Inn, di daerah paling Katolik di negara itu, Bavaria, pada 16 April 1927, Joseph Alois Ratzinger dibaptis pada hari yang sama, yaitu Sabtu Suci tahun itu.

Menurut biografi resminya di situs web Vatikan, ayahnya, seorang polisi, berasal dari keluarga tua petani dari Bavaria Bawah dengan sumber daya ekonomi yang sederhana. Ibunya adalah putri pengrajin dari Rimsting di tepi Danau Chiem, dan sebelum menikah ia bekerja sebagai juru masak di sejumlah hotel.

Selain Joseph, Ratzingers juga memiliki seorang putri, Maria, yang mengelola rumah tangga kardinal sampai kematiannya pada tahun 1991, dan seorang putra lainnya, Georg, yang menjadi terkenal dengan haknya sendiri sebagai direktur paduan suara Regensburger Domspatzen.

Joseph menghabiskan masa kecil dan remajanya di Traunstein, sebuah desa kecil dekat perbatasan Austria, sekitar 19 mil dari Salzburg. Saat dia tumbuh dewasa, Adolf Hitler memperoleh lebih banyak kekuatan, dan rezim Nazi mengembangkan sikap bermusuhan terhadap Gereja. Joseph melihat bagaimana beberapa orang Nazi memukuli pastor paroki sebelum perayaan Misa.

Namun, seperti yang dikatakan dalam biografi Vatikannya, “Dalam situasi yang rumit itulah dia menemukan keindahan dan kebenaran iman di dalam Kristus; mendasar untuk ini adalah sikap keluarganya, yang selalu memberikan kesaksian yang jelas tentang kebaikan dan harapan, yang berakar pada keterikatan yang meyakinkan dengan Gereja.”

Melawan Hitler

Ratzinger remaja dipaksa untuk bergabung dengan Pemuda Hitler tetapi tidak antusias dan menolak untuk menghadiri pertemuan. Pada tahun 1941, salah satu sepupunya, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun dengan Down syndrome, dibawa pergi dan tidak pernah terlihat lagi, kemungkinan besar adalah korban dari kampanye Aksi T4 eugenika Nazi.

Pada tahun 1943, Joseph direkrut menjadi korps bantu anti-pesawat Jerman, bertugas hingga September 1944. Ketika dia berusia 18 tahun, pada bulan April 1945, dia harus bergabung dengan infanteri, tetapi tidak melihat pertempuran. Reich Ketiga akan jatuh. Dalam memoarnya, Milestones, dia menceritakan bagaimana dia meninggalkan unit tersebut dan ditangkap oleh pasukan Amerika tetapi dibebaskan beberapa minggu kemudian.

Setelah perang, dia belajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Freising dan di Universitas Munich dan ditahbiskan sebagai imam, bersama saudara laki-lakinya, pada tahun 1951. Setahun kemudian dia mulai mengajar di Sekolah Tinggi Freising.
 
Pada tahun 1953 ia memperoleh gelar doktor dalam bidang teologi dengan tesis tentang St. Agustinus. Empat tahun kemudian, di bawah arahan profesor teologi fundamental terkenal Gottlieb Söhngen, dia memenuhi syarat untuk mengajar di universitas dengan disertasi tentang “Teologi Sejarah di St. Bonaventura.” Ia mengajar di Bonn, yang saat itu merupakan ibu kota Jerman Barat, dari tahun 1959 hingga 1963; Münster dari tahun 1963 hingga 1966; dan Tübingen dari tahun 1966 sampai 1969. Selama tahun terakhir ini dia menjabat Ketua dogmatik dan sejarah dogma di Universitas Regensburg.

Dari tahun 1962 hingga 1965 ia menjadi peritus, atau penasehat teologis, Kardinal Joseph Frings, Uskup Agung Cologne, selama Konsili Vatikan Kedua. Selanjutnya, dia memegang posisi melayani Konferensi Waligereja Jerman dan Komisi Teologi Internasional.

Pada tahun 1972, bersama dengan Hans Urs von Balthasar, Henri de Lubac dan para teolog terkemuka lainnya, dia memprakarsai jurnal teologis “Communio”.

Pada tanggal 25 Maret 1977, Paus Paulus VI menamainya Uskup Agung Munich dan Freising. Pada tanggal 28 Mei tahun yang sama dia ditahbiskan sebagai uskup, memilih sebagai moto uskupnya Cooperatores Veritatis, “Kooperator kebenaran.”

“Di satu sisi saya melihatnya sebagai hubungan antara tugas saya sebelumnya sebagai profesor dan misi baru saya,”
jelasnya. “Terlepas dari pendekatan yang berbeda, apa yang terlibat, dan terus demikian, adalah mengikuti kebenaran dan melayaninya. Di sisi lain saya memilih moto itu karena di dunia sekarang ini tema kebenaran hampir seluruhnya dihilangkan, sebagai sesuatu yang terlalu besar bagi manusia, namun semuanya runtuh jika kebenaran hilang.”

Paulus VI menjadikannya kardinal selama Konsistori 27 Juni 1977, dan ketika Paus meninggal pada Agustus berikutnya, Ratzinger mengambil bagian dalam konklaf yang memilih Albino Luciani sebagai Takhta Petrus. Paus baru, Yohanes Paulus I, yang hidup hanya 33 hari, menunjuk Kardinal Ratzinger Utusan Khususnya untuk Kongres Mariologi Internasional Ketiga, yang dirayakan di Guayaquil, Ekuador, pada bulan September.   

BERSAMBUNG.......

Sumber:aleteia.org

Surat Wasiat Rohani Paus Benediktus XVI

Author: Gobierno de Chile (CC via wikimedia)

 

 

 29 Agustus 2006


Kesaksian rohani saya

Ketika saya melihat ke belakang pada saat-saat terakhir dalam hidup saya selama beberapa dekade yang telah saya jalani, pertama-tama saya melihat betapa banyak alasan yang harus saya syukuri. Saya bersyukur pertama-tama kepada Tuhan sendiri, pemberi setiap pemberian yang baik, yang telah memberi saya hidup dan membimbing saya melalui berbagai momen kebingungan; selalu bangun setiap kali saya mulai terpeleset dan selalu memberi saya cahaya wajah-Nya lagi. Secara retrospektif, saya melihat dan memahami bahwa bahkan bagian yang gelap dan melelahkan dari jalan ini adalah untuk keselamatan saya dan justru di dalamnya Dia membimbing saya dengan baik.

Saya berterima kasih kepada orang tua saya, yang memberi saya hidup di masa-masa sulit dan yang, dengan pengorbanan besar, dengan cinta mereka mempersiapkan saya sebuah rumah yang megah yang, seperti cahaya terang, menerangi semua hari saya sampai hari ini. Keyakinan ayah saya yang jernih mengajari kami anak-anak untuk percaya, dan sebagai penunjuk jalan, keyakinan itu selalu kokoh di tengah semua pencapaian ilmiah saya; Pengabdian mendalam dan kebaikan ibu saya adalah warisan yang tidak akan pernah cukup saya syukuri. Kakak perempuan saya telah membantu saya selama beberapa dekade tanpa pamrih dan dengan perhatian penuh kasih; saudaraku, dengan kejernihan penilaiannya, tekadnya yang kuat dan ketenangan hatinya, selalu membuka jalan bagiku; tanpa dia yang terus-menerus mendahului dan menemani saya, saya tidak akan dapat menemukan jalan yang benar.

Saya dengan tulus berterima kasih kepada Tuhan untuk banyak teman, pria dan wanita, yang selalu Dia tempatkan di samping saya; untuk kolaborator di semua tahap perjalanan saya; untuk guru dan murid yang telah Dia berikan kepada saya. Saya mempercayakan mereka semua dengan rasa syukur atas kebaikan-Nya. Dan saya ingin berterima kasih kepada Tuhan atas tanah air saya yang indah di kaki bukit Alpen Bavaria, di mana saya selalu melihat kemegahan Sang Pencipta sendiri bersinar. Saya berterima kasih kepada orang-orang di tanah air saya karena di dalamnya saya selalu dapat merasakan kembali keindahan iman. Saya berdoa agar tanah kami tetap menjadi tanah iman dan mohon, saudara-saudara yang terkasih: Jangan biarkan dirimu berpaling dari iman.  Dan akhirnya saya bersyukur kepada Tuhan atas semua keindahan yang telah saya alami di semua tahapan perjalanan saya, terutama di Roma dan di Italia yang telah menjadi tanah air kedua saya.

Kepada semua orang yang telah saya salahkan dengan cara apa pun, saya dengan tulus meminta maaf.

Apa yang saya katakan sebelumnya kepada rekan saya, sekarang saya katakan kepada semua orang di Gereja yang telah dipercayakan untuk melayani saya: tetap teguh dalam iman! Jangan bingung! Seringkali sains - ilmu alam di satu sisi dan penelitian sejarah (khususnya penafsiran Kitab Suci) di sisi lain - mampu memberikan hasil yang tak terbantahkan berbeda dengan iman Katolik. Saya telah menjalani transformasi ilmu-ilmu alam sejak zaman kuno dan saya telah dapat melihat bagaimana, sebaliknya, kepastian yang tampak terhadap iman telah lenyap, terbukti bukan sains, tetapi interpretasi filosofis yang tampaknya hanya disebabkan oleh sains; sama seperti, terlebih lagi, dalam dialog dengan ilmu-ilmu alam iman juga telah belajar untuk lebih memahami batas ruang lingkup afirmasinya, dan karena itu kekhususannya. Saya telah mengikuti jalan teologi selama enam puluh tahun, terutama ilmu-ilmu biblika, dan dengan suksesi generasi yang berbeda saya telah melihat keruntuhan tesis yang tampaknya tak tergoyahkan, terbukti hanya hipotesis belaka: generasi liberal (Harnack, Jülicher, dll.) , generasi eksistensialis (Bultmann dll.), generasi Marxis. Saya telah melihat dan terus melihat bagaimana kewajaran iman muncul dan muncul kembali dari jalinan hipotesis. Yesus Kristus benar-benar jalan, kebenaran, dan hidup—dan Gereja, dengan segala kekurangannya, benar-benar tubuh-Nya.

Akhirnya, saya dengan rendah hati bertanya: doakan saya, agar Tuhan, terlepas dari semua dosa dan kekurangan saya, menyambut saya ke tempat tinggal yang kekal. Kepada semua yang dipercayakan kepada saya, doa tulus saya berjalan hari demi hari.

   

Benediktus PP XVI

 

 Diterjemahkan secara bebas oleh renunganpagi.id dari bahasa Jerman.

 Teks asli: https://press.vatican.va/content/salastampa/it/bollettino/pubblico/2022/12/31/0966/02044.html?fbclid=IwAR1HdnqH024Q5pVYFFem4ZKcL6IHN2H-X4kHiNQcECt0YjgQp-5OrDtmPho 

 Terjemahan dalam Bahasa Inggris: https://www.catholicnewsagency.com/news/253202/full-text-of-benedict-xvis-spiritual-testament

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy