| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 17 Januari 2023 St. Antonius, Abas

 Saudara dan saudari dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati St. Antonius, Abas, juga dikenal sebagai St. Antonius Agung, yang merupakan salah satu monastik Gereja yang paling awal, dan tinggal di tanah merajalela dengan penganiayaan pahit dan kesulitan oleh otoritas Romawi. St Antonius mengabdikan dirinya dengan sepenuh hati kepada Tuhan, menghabiskan setiap saat dan nafasnya untuk memuliakan Tuhan dengan pekerjaan mereka. Ia harus menghadapi banyak pergumulan, namun Santo Antonius tetap setia dan sabar. Dia menolak godaan kemuliaan duniawi dan berusaha yang terbaik untuk menjalani kehidupan asketisme suci, hanya berfokus pada Tuhan, dan mengumpulkan orang-orang yang berpikiran sama yang mengikuti teladannya, yang diidentikkan dengan munculnya praktik monastik di Gereja.


Misalnya, diketahui bahwa iblis dan setan lainnya sering datang untuk menyiksa Santo Antonius, mengangkatnya dan menggodanya dengan segala macam janji palsu dan kosong. Dia berada di bawah serangan terus-menerus dari si jahat, dan harus menghadapi penderitaan dunia ini serta tekanan bagi kita untuk menyesuaikan diri dan mengikuti jalan dunia. Meskipun demikian, Santo Antonius tetap teguh dan kuat dalam imannya, melayani kebutuhan komunitasnya dan orang lain yang ingin mencari Tuhan dan pengampunan dan rahmat-Nya, di dalam komunitas monastiknya serta komunitas yang lebih besar, kepada banyak orang. pengunjung dan orang sezaman. Melalui karya-karyanya yang penuh inspirasi, dia telah menjadi teladan kita yang luar biasa tentang bagaimana kita harus menjalani hidup kita sendiri, dalam setia dan berkomitmen kepada Tuhan, dan tulisan-tulisannya mengilhami generasi imam yang baik dan suci, dan umat Tuhan yang suci. Pertanyaannya adalah, apakah kita bersedia meluangkan waktu dan upaya untuk mengubah cara hidup kita menjadi lebih baik? Pilihan ada pada kita sendiri.

Semoga Tuhan, Allah dan Pencipta kita yang paling pengasih terus mencintai dan memperhatikan kita, dan semoga Dia terus bersabar dengan kita, seiring kemajuan kita melalui kehidupan kita masing-masing. Kita seharusnya tidak menganggap iman kita, banyak aturan dan ajarannya begitu saja. Amin.

 

Public Domain

 

Selasa, 17 Januari 2023 Peringatan Wajib St. Antonius, Abas

 

Selasa, 17 Januari 2023
Peringatan Wajib St. Antonius, Abas

Antonius banyak berdoa, sebab ia belajar, bahwa orang harus berdoa tanpa henti. (St. Atanasius)

   

Antifon Pembuka (Mzm 92 (91): 13-14)
 
Orang jujur bertumbuh bagaikan palma, berkembang bagaikan pohon jati. Mereka ditanam dekat bait Tuhan, bertunas di pelataran rumah Allah.

The just will flourish like the palm tree, and grow like a Lebanon cedar, planted in the house of the Lord, in the courts of the house of our God.
   
Doa Pagi
  
Ya Allah, Engkau telah memberi kepada Santo Antonius Abas anugerah untuk mengabdi Dikau di padang gurun dengan cara hidup yang mengagumkan. Semoga ia mendoakan kami agar kami dapat menyangkal diri dan senantiasa mengasihi Engkau melebihi segala sesuatu. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                    
          
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (6:10-20)
 
"Pengharapan adalah sauh yang kuat dan aman."
 
Saudara-saudara, Allah bukan tidak adil. Maka tidak mungkin Ia lupa akan pekerjaan dan kasih yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya lewat pelayananmu terhadap orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang. Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang lestari, sampai apa yang kamu harapkan akhirnya benar-benar kamu miliki. Kami ingin kalian jangan menjadi lamban, tetapi tetap bersemangat mengikuti jejak mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah. Ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi daripada-Nya. Dalam sumpah itu Ia berjanji, “Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak.” Abraham menanti dengan sabar, dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya. Kalau orang bersumpah, ia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan baginya sumpah itu menjadi suatu pengukuhan yang mengakhiri segala kesangsian. Karena itu, untuk lebih meyakinkan mereka yang behak menerima janji, dan supaya mereka benar-benar percaya akan putusan-Nya Allah telah mengikat diri-Nya dengan sumpah. Kedua kenyataan ini, janji dan sumpah, tidak berubah-ubah, dan tentang ini Allah tidak mungkin berdusta! Jadi maksud Allah mengikat janji dengan sumpah ialah: Supaya kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat bahwa kita akan menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita. Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, sauh yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir, di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, yakni ketika Ia, menurut tata imamat Melkisedek, menjadi Imam Agung untuk selama-lamanya.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
 
Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan selamanya ingat akan perjanjian-Nya.
Ayat. (Mzm 111:1-2.4-5.9.10c)
1. Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat. Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
2. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang. Kepada orang takwa diberikan-Nya rezeki. Selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya.
3. Ia memberikan kebebasan kepada umat-Nya, Ia menetapkan perjanjian untuk selama-lamanya; kudus dan dahsyatlah nama-Nya! Dia akan disanjung sepanjang masa.
 
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (lih. Ef 1:17-18) 
Bapa Tuhan kita Yesus Kristus akan menerangi mata budi kita, agar kita mengenal harapan panggilan kita.
        

Inilah Injil Suci menurut Markus (2:23-28)
  
"Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat."
  
Pada suatu hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum. Maka kata orang-orang Farisi kepada Yesus, “Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?” Jawab Yesus kepada mereka, “Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan para pengiringnya kekurangan dan kelaparan? Tidakkah ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Agung lalu makan roti sajian – yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam – dan memberikannya juga kepada pengikut-pengikutnya?” Lalu kata Yesus kepada mereka, “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat. Jadi Anak Manusia adalah Tuhan, juga atas hari Sabat.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan
     
 Apa yang dituntut oleh perintah "kuduskan hari Sabat" dari kita? Atau lebih baik lagi, apa maksud utama di balik perintah ini? Para pemimpin agama menentang Yesus dalam masalah ini. "Istirahat ada hari Sabat" dimaksudkan sebagai waktu untuk mengingat dan merayakan kebaikan Allah dan kebaikan karya-Nya, baik dalam penciptaan maupun penebusan. Itu adalah hari yang dikhususkan untuk memuji Tuhan, karya penciptaan-Nya, dan tindakan penyelamatan-Nya atas nama kita. Itu dimaksudkan untuk menghentikan pekerjaan sehari-hari dan untuk menyediakan istirahat dan penyegaran yang dibutuhkan.
 
Murid-murid Yesus ditegur oleh para ahli Taurat dan orang Farisi, bukan karena memetik dan memakan jagung dari ladang, tetapi karena melakukannya pada hari Sabat. Dalam membela murid-murid-Nya, Yesus berargumen dari kitab suci bahwa kebutuhan manusia lebih diutamakan daripada kebiasaan ritual.

Ketika Daud dan orang-orangnya melarikan diri, mereka mencari makanan dari imam Ahimelekh (1 Samuel 21:1-6). Satu-satunya roti yang dimilikinya adalah roti suci yang dipersembahkan di Bait Suci. Tidak seorang pun kecuali para imam yang diizinkan untuk memakannya. Dalam kelaparan mereka, Daud dan orang-orangnya memakan roti ini. Yesus mengingatkan orang Farisi bahwa Sabat diberikan untuk kepentingan kita, untuk menyegarkan dan memperbaharui kita dalam hidup untuk Tuhan. Itu dimaksudkan untuk kebaikan dan bukan untuk kejahatan. Menahan belas kasihan dan kebaikan dalam menanggapi kebutuhan manusia bukanlah bagian dari maksud Tuhan agar kita beristirahat dari pekerjaan yang tidak perlu. Apakah Anda menghormati Tuhan dengan cara Anda memperlakukan sesama Anda dan merayakan Hari Tuhan?
 
Mengapa orang Farisi tidak mengakui tuntutan belas kasihan atas aturan dan peraturan? Semangat mereka untuk menjalankan ritual membutakan mereka dari tuntutan amal. Yesus mengingatkan orang Farisi bahwa Sabat diberikan untuk kepentingan kita, untuk menyegarkan dan memperbaharui kita dalam hidup untuk Tuhan. Itu dimaksudkan untuk kebaikan dan bukan untuk kejahatan. Menahan belas kasihan dan kebaikan dalam menanggapi kebutuhan manusia bukanlah bagian dari maksud Tuhan agar kita beristirahat dari pekerjaan yang tidak perlu.    

Pada saat yang sama, perintah itu luas dan Gereja Katolik telah menetapkan pedoman umum dengan harapan dapat membantu kita menaatinya. Katekismus Gereja  Katolik menjelaskan cara utama kita menguduskan hari Minggu.

Salah satu perintah Gereja menjabarkan dengan lebih rinci hukum Tuhan; "Pada hari Minggu dan pada hari-hari pesta wajib lainnya orang beriman berkewajiban untuk ambil bagian dalam misa" (CIC, can. 1247). "Perintah untuk ambil bagian dalam misa dilunasi oleh orang menghadiri misa di mana pun misa itu dirayakan menurut ritus Katolik, entah pada hari pesta sendiri atau pada sore hari sebelumnya" (Katekismus Gereja Katolik, 2180)
 
Ini dapat dipenuhi dengan menghadiri dan berpartisipasi aktif dalam Misa di paroki setempat, atau di Gereja Katolik yang berbeda saat bepergian. Selain menghadiri Misa, hari Minggu selalu dirancang untuk menjadi hari istirahat dan relaksasi bagi tubuh dan jiwa.
 
"Sebagaimana Allah berhenti pada hari ketujuh, setelah Ia menyelesaikan seluruh pekerjaan-Nya" (Kej 2:2), demikianlah kehidupan manusia mendapat iramanya melalui pekerjaan dan istirahat. Adanya hari Tuhan memungkinkan bahwa semua orang memiliki waktu istirahat dan waktu senggang yang cukup untuk merawat kehidupan keluarganya, kehidupan kultural, sosial, dan keagamaan Bdk. GS 67,3." (Katekismus Gereja Katolik, 2184)

Sedikit lebih sulit untuk mengikuti bagian kedua dari perintah Tuhan, terutama ketika sebagian besar bisnis tetap buka pada hari Minggu di hampir setiap negara di seluruh dunia. 
  
Perlu kita ingat juga bahwa hari Sabat—hari ke tujuh dalam minggu mengacu kepada hari istirahat di akhir Penciptaan. Sedangkan hari Minggu adalah hari ke-delapan/ hari pertama dalam minggu, mengacu kepada Penciptaan. Karena oleh misteri Paskah Kristus, kita menjadi ciptaan yang baru: “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2Kor 5:17).

Gereja tidak mengutuk mereka yang bekerja pada hari Minggu, tetapi mendorong para pemimpin sipil untuk menyadari perlunya istirahat dan mendesak mereka yang memiliki kebebasan untuk memilih, untuk tidak melakukan semua pekerjaan yang tidak perlu.

    Pengudusan hari Minggu dan hari-hari pesta menuntut usaha bersama. Seorang Kristen harus berhati-hati, supaya jangan tanpa alasan mewajibkan seorang lain melakukan sesuatu yang dapat menghalang-halanginya untuk merayakan hari Tuhan. Juga apabila kegiatan-kegiatan (umpamanya yang bersifat olahraga dan ramah-tamah) dan kepentingan-kepentingan sosial (seperti pelayanan umum) menuntut, agar orang tertentu bekerja pada hari Minggu, tiap orang harus mencari waktu luang yang cukup untuk dirinya. Orang Kristen hendaknya berusaha dengan tenang dan penuh kasih, supaya menghindarkan kekacauan dan kekejaman, yang biasanya timbul dalam pergelaran-pergelaran massa. Kendati ada paksaan ekonomi, para penguasa harus mengusahakan bagi para warganya waktu yang diperuntukkan bagi istirahat dan ibadat. Para majikan mempunyai kewajiban yang serupa terhadap karyawannya. (Katekismus Gereja Katolik, 2187)

Setiap orang perlu membedakan situasi mereka sendiri dan bagaimana cara terbaik mereka dapat mengukir waktu yang disengaja pada hari Minggu untuk beribadah dan bersantai.

Bagian yang penting adalah  niat , mengakui tugas kita kepada Tuhan, sambil juga menimbang semua tanggung jawab lain yang mungkin kita miliki.

 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
 
 
 
Injil memberitakan kejadian-kejadian, di mana Yesus dipersalahkan karena Ia melanggar perintah Sabat. Tetapi Yesus tidak pernah melanggar kekudusan hari ini Bdk. Mrk 1:21; Yoh 9:16.. Dengan wewenang penuh Ia menyatakan artinya yang benar: "Hari Sabat diadakan untuk manusia, bukan manusia untuk hari Sabat" (Mrk 2:2). Dengan penuh belas kasihan Kristus menuntut hak, supaya melakukan yang baik daripada yang jahat dan menyelamatkan kehidupan daripada merusakkannya pada hari Sabat Bdk. Mrk 3:4.. Hari Sabat adalah hari Tuhan yang penuh kasih dan penghormatan Allah Bdk. Mat 12:5; Yoh 7:23.. "Jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat" (Mrk 2:28). (Katekismus Gereja Katolik, 2173)   


Antifon Komuni (Bdk. Mat 19:21)

Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku, demikianlah firman Tuhan.

If you would be perfect, go, sell what you have, give to the poor, and follow me, says the Lord.
Moment Catcher CC

Doa Malam

Ya Allah, Engkau telah membantu Santo Antonius mengalahkan kuasa kegelapan dengan gemilang. Bantulah kami juga agar setelah dipuaskan dengan sakramen-sakramen-Mu, kami dapat mengatasi segala tipu muslihat musuh. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. Amin. 
   
RENUNGAN PAGI

 Tahukah Anda bahwa Paus Benediktus XVI membantu menerbitkan Katekismus Gereja Katolik?

 



Paus St Yohanes Paulus II mempercayakan kepada Kardinal Ratzinger tugas yang berat untuk menerbitkan Katekismus Gereja Katolik yang baru.

Sementara Santo Yohanes Paulus II adalah paus yang menugaskan Katekismus Gereja Katolik yang baru, Kardinal Joseph Ratzinger (kemudian menjadi Paus Benediktus XVI) yang menyatukan semuanya.

Paus St Yohanes Paulus II menanggapi banyak permintaan para uskup untuk sebuah katekismus baru yang akan mengatasi banyak tantangan dunia modern dan menciptakan sebuah komisi pada tahun 1986 untuk merumuskan tugas yang begitu besar. Katekismus lahir dari permintaan para Bapa Sinode yang diadakan pada tahun 1985 untuk merayakan 20 tahun penutupan Konsili Vatikan II.
 
Paus St Yohanes Paulus II melihat Katekismus sebagai cara umat beriman akan mengetahui lebih baik "lebar dan panjang dan tinggi dan kedalaman kasih Kristus." 
 
Paus St Yohanes Paulus II menyebut Katekismus sebagai hadiah dari Bapa di Surga, dan dia berkata bahwa dengan itu, Tuhan menawarkan kesempatan kepada umat beriman untuk mengenal lebih baik kasih Kristus: 

Kardinal Ratzinger adalah pemimpin utama proyek dan gayanya tercetak di atasnya. Dia juga menunjukkan urutannya: Pengakuan Iman telah menjadi dasar sejak permulaan Gereja; Sakramen adalah pintu melalui mana rahmat memasuki hidup kita; Sepuluh Perintah Allah adalah tanda pasti dari kehidupan yang berhasil; Bapa Kami adalah ukuran dan bentuk asli dari semua doa kita. Maka, inilah struktur buku tentang iman.

Selain itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil Pengantar Katekismus Gereja Katolik yang sering terlupakan yang ditulis oleh Kardinal Ratzinger. Di dalamnya, Ratzinger merinci visinya tentang Katekismus dan bagaimana dia berharap itu akan digunakan.

Katekismus Gereja Katolik secara resmi diumumkan oleh Yohanes Paulus II pada tanggal 11 Oktober 1992, peringatan 30 tahun pembukaan Konsili Vatikan II,. Ini dirilis pertama kali dalam bahasa Prancis.

Senin, 16 Januari 2023 Hari Biasa Pekan II


Senin, 16 Januari 2023
Hari Biasa Pekan II
 
"Gereja itu tanaman atau ladang Allah (lih. 1 Kor 3:9). Di ladang itu tumbuhlah pohon zaitun bahari, yang akar kudusnya ialah para Bapa Bangsa. Di situ telah terlaksana dan akan terlaksanalah perdamaian antara bangsa Yahudi dan kaum kafir Bdk. Rm 11:13-26.. Gereja ditanam oleh Petani surgawi sebagai kebun anggur terpilih Mat 21:33-43, par.; bdk. Yes 5:1-7.. Kristuslah pokok anggur yang sejati. Dialah yang memberi hidup dan kesuburan kepada cabang-cabang, yakni kita, yang karena Gereja tinggal dalam Dia, dan yang tidak mampu berbuat apapun tanpa Dia" Yoh 15:1-5. (LG 6). (Katekismus Gereja Katolik, 755)
 
Antifon Pembuka (Mzm 110:4)

Tuhan telah bersumpah dan tidak menyesal, "Engkaulah imam seperti Melkisedek untuk selamanya."

Doa Pagi

Ya Allah, Engkau telah mengutus seorang Imam Agung yang sudi hidupnya seperti kami. Kami mohon, bimbinglah kami beribadat kepada nama-Mu yang benar. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                   
   
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (5:1-10)
  
"Yesus belajar menjadi taat, sekalipun ia Anak Allah."
   
Saudara-saudara, setiap imam agung, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan Allah, supaya ia mempersembahkan persembahan dan korban karena dosa. Seorang imam agung harus dapat memahami orang-orang yang jahil dan orang-orang yang sesat, karena ia sendiri penuh dengan kelemahan. Karena itu ia harus mempersembahkan korban pelunas dosa, bukan saja bagi umat, tetapi juga bagi dirinya sendiri. Tidak ada seorang pun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri! Sebab setiap imam agung dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi dengan Harun. Demikian pula Kristus! Ia tidak mengangkat diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Agung, tetapi diangkat oleh Dia yang bersabda kepada-Nya, "Anak-Kulah Engkau. Pada hari ini Engkau telah Kuperanakkan." Atau di bagian lain dalam Kitab Suci Ia bersabda, "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut tata imamat Melkisedek." Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Kristus telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut; dan karena kesalehan-Nya, Ia telah didengarkan. Akan tetapi sekalipun Anak, Kristus telah belajar menjadi taat; ini ternyata dari apa yang telah diderita-Nya! Dan sesudah mencapai kesempurnaan, Ia menjadi pokok keselamatan abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya, dan Ia dipanggil menjadi Imam Agung oleh Allah, menurut tata imamat Melkisedek.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
Mazmur Tanggapan
Ref. Engkaulah imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek.
Ayat. (Mzm 110:1.2.3.4)
1. Beginilah firman Tuhan kepada tuanku, "Duduklah di sebelah kanan-Ku,sampai musuh-musuhmu Kubuat menjadi tumpuan kakimu!"
2. Tongkat kuasamu akan diulurkan Tuhan dari Sion; berkuasalah Engkau di antara musuhmu!
3. Engkau meraja di atas gunung yang suci sejak hari kelahiranmu, sejak fajar masa mudamu.
4. Tuhan telah bersumpah dan tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek".

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Ibr 4:12) 
Sabda Allah itu hidup dan kuat. Sabda itu menguji segala pikiran dan maksud hati.    
  
Inilah Injil Suci menurut Markus (2:18-22)
  
"Pengantin itu sedang bersama mereka."
   
Waktu itu, murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa. Pada suatu hari datanglah orang-orang kepada Yesus dan berkata, "Murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, mengapa murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka, "Dapatkah sahabat-sahabat pengantin pria berpuasa selagi pengantin itu bersama mereka? Selama pengantin itu ada bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa. Tetapi waktunya akan datang pengantin itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tidak seorang pun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang sudah tua, karena jika demikian, kain penambal itu akan mencabiknya; yang baru mencabik yang tua, sehingga makin besarlah koyaknya. Demikian juga tak seorang pun mengisikan anggur baru ke dalam kantong kulit yang sudah tua, karena jika demikian anggur tersebut akan mengoyakkan kantong itu, sehingga baik anggur maupun kantongnya akan terbuang. Jadi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan

 

Untuk memiliki kebebasan adalah apa yang kita sebagai manusia sangat hargai.

Agar bisa bebas, orang dipersiapkan untuk berperang dan bahkan mati untuk itu.

Namun memiliki kebebasan absolut mungkin hanya gagasan dan hanya ada dalam imajinasi.

Karena kebebasan sejati terletak pada ketaatan, yang mungkin tampak seperti kontradiksi.
  
Yesus itu ilahi dan karenanya, Dia memiliki kebebasan mutlak untuk melakukan apa pun yang Dia inginkan.

Tetapi ketika Dia berada di bumi, Dia menyerahkan diri-Nya dengan rendah hati dalam ketaatan kepada Bapa-Nya.

Itu adalah ketaatan yang bahkan membutuhkan air mata dan penderitaan.

Namun, dalam ketaatan itulah Yesus menunjukkan apa itu kebebasan sejati.

Karena kebebasan sejati ditemukan dalam melakukan kehendak Bapa.

Apapun gagasan kebebasan yang mungkin kita miliki, marilah kita memandang Yesus, Guru kita yang mengajari kita bahwa kepatuhan membawa kebebasan sejati.

Itu mungkin tidak sesuai dengan ide atau pemikiran kita.

Tetapi ketika kita taat dan mengikuti apa yang Yesus ajarkan kepada kita, maka kita seperti anggur baru dengan kulit segar.
  
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini

Doa Malam  

Tuhan Yesus, berikan kepada kami hati yang baru, bagaikan kantongyang baru, yang siap menampung anggur yang baru pula. Semoga hati kami yang telah Kausucikan dan Kauperbarui dengan belas kasih-Mu siap menampung anggur cinta-Mu yang tak pernah akan habis untuk dibagi-bagikan bagi orang-orang yang ada di sekitar kami. Semoga manisnya anggur cinta-Mu membuat banyak orang makin terpikat kepada-mu, ya Yesus, Tuhan, kami. Amin.

SiouxFall Diocese
 
    RENUNGAN PAGI

 

Homili Paus Yohanes Paulus II, 17 Januari 1999: "Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia!" (Yoh 1:29)

"Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia!" (Yoh 1:29)

Kesaksian Yohanes Pembaptis terus bergema bahkan hingga hari ini, hampir 2000 tahun setelah peristiwa yang diceritakan dalam Injil: Pendahulu menunjuk kepada Yesus dari Nazaret sebagai Mesias yang ditunggu dan mengundang kita semua untuk memperbaharui dan memperdalam iman kita kepada-Nya.

Yesus adalah Penebus kita! Misi penyelamatan-Nya, yang dengan sungguh-sungguh diwartakan pada saat pembaptisan-Nya di sungai Yordan, memuncak dalam misteri paskah, ketika di kayu salib Dia, Anak Domba sejati yang dikorbankan untuk kita, membebaskan dan menebus manusia, setiap manusia, dari kejahatan dan kematian.

Dalam Liturgi Ekaristi pewartaan agung tentang Yohanes Pembaptis diajukan kembali. Sebelum Komuni, Selebran mempersembahkan Hosti yang telah dikonsekrir untuk disembah oleh umat beriman, dengan mengatakan: "Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba." Segera kita juga, yang berpartisipasi dalam Perjamuan Ekaristi, akan menerima Anak Domba Paskah sejati yang dikorbankan untuk keselamatan seluruh umat manusia.

Dikutip dari Homili Paus Yohanes Paulus II - Minggu, 17 Januari 1999

 

© Hak Cipta Maigheach-gheal dan dilisensikan untuk digunakan kembali di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY-SA 2.0)

 

Ujud Kerasulan Doa Bulan Januari 2023

 

 

 Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini.
Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putera-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi pembimbing dan kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi kasih-Mu.
Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan […] ini:
 

JANUARI 2023

Ujud Gereja Universal: Para pendidik – Kita berdoa untuk para pendidik, semoga mereka menjadi saksi yang dapat dipercaya, mengajarkan persaudaraan daripada kompetisi dan membantu mereka yang paling muda dan rentan.


Ujud Gereja Indonesia: Optimisme dan harapan – Kita berdoa, semoga tahun baru menjadi saat rahmat, yang mendorong kita untuk optimis, percaya dan berharap, bahwa Roh Tuhan akan menuntun dan membuka mata kita untuk bisa melihat kesempatan, peluang dan jalan keluar dalam pelbagai kesulitan, masalah dan tantangan yang harus kita hadapi.


Ujud Khusus : 
Semoga seluruh umat dapat mengambil bagian dalam hasrat sinodalitas Sri Paus sesuai dengan perannya masing-masing.

 

 

Moment Catcher CC

 

Bacaan Harian: 16 - 22 Januari 2023

Senin: Ibr 5:1-10/Mz 110:1, 2, 3, 4/Mrk 2:18-22
 
Selasa: Peringatan Wajib St. Antonius, Abas (P).
Ibr 6:10-20/Mzm 111:1-2, 4-5, 9 dan 10c/ Mrk 2:23-28
 
Rabu: Pembukaan Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani. (H).
Ibr 7:1-3, 15-17/Mzm 110:1, 2, 3, 4/ Mrk 3:1-6
 
Kamis: Ibr 7:25—8:6/Mz 40:7-8a, 8b-9, 10, 17/ Mrk 3:7-12
Jumat: Ibr 8:6-13/Mz 85:8 dan 10, 11-12, 13-14/ Mrk 3:13-19
Sabtu: Ibr 9:2-3, 11-14/Mzm 47:2-3, 6-7, 8-9/ Mrk 3:20-21
Minggu yang akan datang: Yes 8:23—9:3/Mz 27:1,4, 13-14 (1a)/ 1 Kor 1:10-13, 17/Mat 4:12-23 atau 4:12-1
 
 
Credit: wideonet/istock.com

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy