Hari Biasa Pekan III
“Pusaka Suci” (Bdk. 1 Tim 6:20; 2 Tim 1:12-14) iman [depositum fidei] yang tercantum di dalam Tradisi Suci dan di dalam Kitab Suci dipercayakan oleh para Rasul kepada seluruh Gereja. “Dengan berpegang teguh padanya seluruh Umat Suci bersatu dengan para Gembala mereka dan tetap bertekun dalam ajaran para Rasul dan persekutuan, dalam pemecahan roti dan doa-doa (lih. Kis 2:42 Yn). Dengan demikian dalam mempertahankan, melaksanakan, dan mengakui iman yang diturunkan itu timbullah kerukunan yang khas antara para Uskup dan kaum beriman” (DV 10). (Katekismus Gereja Katolik, 84)
Antifon Pembuka (Mzm 98:1)
Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya agung. Tangan-Nya mengerjakan keselamatan, dan lengan-Nya merebut kemenangan.
Doa Pagi
Allah Bapa yang Mahamulia, tunjukkanlah kepada kami jalan Putra-Mu, yang telah mengalami pedih pahit dan sakitnya penderitaan dan kini menjadi pengantara kami di hadapan-Mu, yaitu Tuhan kami Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Saudara-saudara, Kristus adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah dipanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama. Kristus telah masuk ke dalam tempat kudus bukan yang buatan tangan manusia, yang hanya merupakan gambaran dari tempat kudus yang sejati, tetapi ke dalam surga sendiri untuk menghadap hadirat Allah demi kepentingan kita. Ia pun tidak berulang-ulang masuk untuk mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana imam agung setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus mempersembahkan darah yang bukan darahnya sendiri. Sebab kalau demikian, Kristus harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang ternyata, pada zaman akhir ini, Ia hanya satu kali saja menyatakan diri, untuk menghapuskan dosa lewat kurban-Nya. Manusia ditetapkan Allah untuk mati hanya satu kali, dan sesudah itu dihakimi. Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengurbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = c, 2/4, PS 807
Ref. Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.
Atau: Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib.
Ayat (Mzm 98:1.2-3ab.3cd-4.5-6; Ul: 1a)
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang daripada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa, Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!
4. Bermazmurlah bagi Tuhan dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu merdu; dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring, bersorak-sorailah di hadapan Raja, yakni Tuhan!
Bait Pengantar Injil, do = bes, PS 954
Ref. Alleluya
Ayat. (2 Tim 1:10b)
Penebus kita Yesus Kristus telah membinasakan maut, dan menerangi hidup dengan Injil.
Renungan
Dikatakan bahwa hal-hal yang tidak kita sukai dari orang lain bisa jadi merupakan hal-hal yang tidak kita sukai dari diri kita sendiri. Dan ketika kita membuat refleksi tentang itu, kita mungkin bisa melihat bahwa itu mungkin benar. Atau ketika kita tidak menyukai apa yang kita lihat pada orang lain, mungkinkah itu juga yang tidak disukai orang lain tentang kita? Apa pun itu, kita tahu bahwa kita tidak sempurna dan kesalahan yang kita tunjukkan pada orang lain bisa jadi merupakan kesalahan kita, disadari atau tidak.
Dalam Injil, para ahli Taurat membuat komentar yang sangat kejam. Mereka mengatakan bahwa melalui penghulu setan itulah Yesus mengusir setan. Tentu saja itu adalah pernyataan yang sangat meremehkan. Namun Yesus tidak membalas. Dia bahkan berbicara kepada mereka dalam perumpamaan untuk membantu mereka melihat apa yang salah dengan apa yang mereka katakan.
Adapun kita, kita tahu bahwa Yesus datang untuk menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita. Seperti yang dikatakan bacaan pertama: "Kristus adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah dipanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama."
Ya, kita dipanggil untuk warisan kekal, tetapi itu juga berarti bahwa kita harus mengakui bahwa kita adalah orang berdosa yang membutuhkan Yesus yang dapat menyelamatkan kita dari dosa kita.
Semoga kita tidak membiarkan iblis menipu kita untuk kehilangan warisan kekal kita. Iblis telah menipu Adam dan Hawa dan dia masih mencoba menipu kita untuk berbuat dosa.
Marilah kita berseru kepada Yesus untuk menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita dan untuk menyelamatkan kita dari godaan iblis, sehingga kita dapat melihat diri kita sendiri sebagai anak-anak Allah dan orang lain sebagai anak-anak dari Bapa yang sama.
Credit: wideonet/istock.com |
Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang.