Seputar Kamis putih dan Tuguran

Yesus memberi Komuni Kudus kepada para rasul

 

 Pada Kamis Putih Malam, Misa Perjamuan Tuhan dirayakan. Itu dirayakan pada malam hari karena Paskah dimulai saat matahari terbenam. Idealnya hanya ada satu Misa, di mana seluruh komunitas dan imam paroki berpartisipasi. Ini adalah Misa yang sangat menyenangkan, karena kita mengingat institusi Ekaristi Kudus dan imamat. Para imam mengenakan kasula putih, altar dipenuhi bunga, madah Kemuliaan (Gloria) dinyanyikan dan lonceng dibunyikan. Setelah Gloria, kita tidak akan mendengar lonceng sampai Malam Paskah. Liturgi Misa mengenang Paskah, Perjamuan Terakhir, yang meliputi Pembasuhan Kaki.

Pada Liturgi  Ekaristi, ketika Kanon Romawi digunakan (Doa Syukur Agung I), bentuk khusus ini diucapkan, dengan rumusan yang tepat untuk Communicantes (Dalam persatuan dengan seluruh Gereja), Hanc igitur (Maka, sudilah Engkau menerima...) dan Qui pridie (Pada hari ini, sehari sebelum menderita):

Communicantes: "Dalam persatuan dengan seluruh Gereja, kami merayakan hari yang amat suci, saat Tuhan Yesus Kristus diserahkan bagi kami....." *

Hanc igitur: "Maka, sudilah Engkau menerima persembahan pengabdian kami, dan semua keluarga-Mu, yang kami persembahkan kepada-Mu pada hari ini, saat Tuhan kami Yesus Kristus menyerahkan kepada murid-murid-Nya misteri Tubuh dan Darah-Nya untuk dirayakan. Kami mohon, Tuhan: bimbinglah juga hidup kami sehari-hari dalam damai-Mu, luputkanlah pula kami dari hukuman abadi, dan terimalah kami dalam kawanan para pilihan-Mu." ....  *

Qui pridie: "Pada hari ini, sehari sebelum menderita, demi keselamatan kami dan semua orang,..." *

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Penderitaan Yesus

 Sementara Yesus sedang berdoa di taman Getsemani, pikiran ilahi-Nya menyaksikan tidak hanya siksaan dari sengsara dan kematian-Nya yang mendekat, tetapi juga kebencian musuh-musuh-Nya, baik saat itu maupun di kemudian hari, sikap tidak berterima kasih para Rasul-Nya, dan dosa yang tak terhitung banyaknya yang dengannya manusia akan membalas kebaikan-Nya yang tak terbatas sepanjang zaman. Dia menyadari bahwa Dia akan menjadi tanda kontradiksi bagi banyak orang. Beberapa akan membenci Dia; yang lain akan menodai darah-Nya yang berharga dan tubuh-Nya yang tak bernoda. Banyak orang, yang melupakan Penebusan, akan melakukan dosa demi dosa, sementara yang lain akan menerima rahmat khusus dan hanya akan mengembalikan sikap dingin dan ketidakpedulian sebagai ganti kasih yang begitu besar. Menghadapi pemandangan yang suram ini, Yesus benar-benar sedih dan dikuasai oleh penderitaan misterius yang mengoyak yang menyebabkan Dia berkeringat darah. "Dia mulai menjadi sangat tertekan dan susah hatinya" (Markus 14:33) “Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya. Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah  yang bertetesan ke tanah.” (Lukas 22:43-44)

Kristus di Taman Getsemani 
by Carl Heinrich Bloch, 1880



Sejarah singkat dan simbolisme membasuh kaki pada Kamis Putih

 Salah satu bagian khas liturgi selama Pekan Suci adalah tradisi membasuh kaki pada Kamis Putih. Di tengah Misa, para imam akan membasuh kaki umat paroki, meniru teladan Yesus pada Perjamuan Terakhir.

Tindakan membasuh kaki selama liturgi sangat kuno dan awalnya tidak dikhususkan untuk Kamis Putih.

Prosper Louis Pascal Guéranger adalah seorang imam Prancis dan biarawan Benediktin kelahiran tahun 1805, menjelaskan dalam Tahun Liturginya bagaimana hal itu dimulai pada Gereja perdana.

     "Pada awalnya itu hampir menjadi praktik sehari-hari. Santo Paulus ketika menyebutkan sifat-sifat yang harus menghiasi Janda Kristen, termasuk membasuh kaki para Orang Kudus, yaitu Orang Beriman. Kami menemukan tindakan amal yang rendah hati ini dipraktekkan di Zaman Penganiayaan dan bahkan sesudahnya. Kisah Para Orang Kudus dari enam abad pertama dan Homili serta Tulisan para Bapa Suci dipenuhi dengan kiasan untuk itu."

  

 

    Wolfgang Sauber (CC)


 
St Agustinus menyebutkannya dalam surat kepada Januarius.

     "Mengenai pembasuhan kaki , karena Tuhan merekomendasikan ini karena ini adalah contoh kerendahan hati yang Dia datang untuk ditembak, seperti yang Dia sendiri jelaskan kemudian, pertanyaan yang muncul adalah pada waktu apa yang terbaik, dengan pelaksanaan literal dari pekerjaan ini, untuk memberikan instruksi publik tentang tugas penting yang diilustrasikannya, dan kali ini [Prapaskah] disarankan agar pelajaran yang diajarkan olehnya dapat memberikan kesan yang lebih dalam dan lebih serius"

Pada abad pertengahan tindakan membasuh kaki menjadi bagian dari perayaan liturgi Kamis Putih, di mana para uskup setempat dan bahkan berhenti akan membasuh kaki 12 orang miskin .

Ini kemudian diakhiri dan dibatasi di Vatikan untuk 12 diakon, imam, atau uskup. Pada intinya, dinyatakan dalam Misa Romawi tahun 1955 bahwa 12 orang akan dipilih untuk upacara pembasuhan kaki pada hari Kamis Putih, mewakili 12 Rasul.

Upacara tersebut tetap menjadi bagian yang indah dari Kamis Putih, mengingatkan kita bahwa pemuridan menuntut kita untuk meniru Kristus, yang memberikan hidup-Nya untuk kita dan menunjukkan kepada kita bagaimana saling mengasihi.

Kamis, 06 April 2023 Malam: Kamis Putih (Peringatan Perjamuan Tuhan)

 

Kamis, 06 April 2023
Malam: Kamis Putih (Peringatan Perjamuan Tuhan)

Gereja merayakan misteri terbesar penebusan manusia setiap tahun pada trihari yang berlangsung dari Misa Perjamuan Malam Terakhir pada waktu Kamis Putih sampai dengan ibadat sore Minggu Paskah. Kurun waktu ini selayaknya bernama: "Trihari Penyaliban, Pemakaman dan Kebangkitan Kristus" (Bdk. SRC Decr. "Maxima redemptionis nostrae mysteria" (6-11-1955), AAS 47 (1955) 858; St. Agustinus, Epistola, 55, 24, PL 35, 215) ;juga disebut "Trihari Paskah", karena di dalamnya dipentaskan dan diwujudkan misteri Paskah, artinya, peralihan Tuhan dari dunia ini kepada Bapa. Oleh perayaan misteri ini, dalam tanda liturgis dan sakramental Gereja disatukan secara mesra dengan Kristus, mempelainya. (Perayaan Paskah dan persiapannya, No. 38)
Bethlehem - Lukisan modern dari pembasuhan Kaki pada perjamuan terakhir di gereja ortodoks Suriah oleh seniman K. Veniadis.  Credit: sedmak/istock.com

Antifon Pembuka (Gal 6:14; PS 496/MB 417)

Kita harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus, pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita.

Nos autem gloriari oportet, in cruce Domini nostri Iesu Christi: in quo est salus, vita, et resurrectio nostra: per quem salvati, et liberati sumus.

We should glory in the Cross of our Lord Jesus Christ, in whom is our salvation, life and resurrection, through whom we are saved and delivered. 
 

 

Pengantar

Antifon Pembuka Misa Kamis Putih didasarkan pada ayat Kitab Suci tepatnya dari Gal 6:14. Gereja menghendaki kita untuk mengaitkan upacara Kamis Putih tidak hanya sebatas ‘kasih’, namun juga dengan sengsara dan wafat Tuhan, termasuk kebangkitan-Nya. Perlu diketahui pula bahwa hitungan hari dalam liturgi mengikuti tradisi Yahudi dimana hari dimulai saat setelah matahari terbenam. Jadi hari pertama dari Trihari Paskah dimulai pada hari Kamis sore saat matahari terbenam sampai Jumat sebelum matahari terbenam. Sehingga Trihari Paskah tidak diawali dari hari Kamis pagi, melainkan pada sore hari saat Misa Kamis Putih dirayakan. Dengan demikian maka hari pertama Trihari Paskah terdapat dua perayaan besar, yakni Kamis Putih yang diadakan malam hari dan Jumat Agung yang diadakan jam 3 siang. Hari kedua adalah Jumat malam sampai Sabtu menjelang Malam Paskah; dan hari ketiga mulai Malam Paskah, sampai dengan Misa Hari Raya Paskah sore pada hari Minggu yang menutup Trihari Paskah. Dari penjelasan di atas tampak lebih jelas, bahwa nyanyian pembuka PS 496/MB 417 tidak hanya membuka Kamis Putih, namun juga membuka keseluruhan Trihari Paskah yang berpusat pada wafat Kristus di kayu salib dan kebangkitan-Nya yang mulia. Nyanyian ini tidak hanya mengajak kita untuk merenungkan bagaimana caranya saling mengasihi, tetapi juga wujud kasih yang paling besar yang dicontohkan Tuhan sendiri, yakni kesediaan-Nya untuk menderita dan wafat di kayu salib. Pada Hari Raya Paskah, salib tidak lagi dimaknai sebagai sumber penderitaan, namun sebagai kemenangan. Dan kita pun terkadang menyebut tanda salib sebagai tanda kemenangan. Maka dari itu pantaslah kita berbangga dalam salib Yesus Kristus.

Doa  

Ya Allah, dalam perjamuan malam yang amat kudus ini, Putra Tunggal-Mu menyerahkan diri-Nya kepada kematian, mempercayakan kepada Gereja kurban yang baru dan kekal, serta perjamuan cinta kasih-Nya. Semoga kami yang merayakan perjamuan malam ini menimba kepenuhan kasih dan hidup dari misteri yang luhur dan agung itu. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
     
Bacaan dari Kitab Keluaran (12:1-8.11-14) 
  
"Aturan perjamuan Paska."
  
Pada waktu itu berfirmanlah Tuhan kepada Musa dan Harun di tanah Mesir, “Bulan ini akan menjadi permulaan segala bulan bagimu, bulan yang pertama bagimu tiap-tiap tahun. Katakanlah kepada segenap jemaat Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini hendaklah diambil seekor anak domba oleh masing-masing menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga. Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil jumlahnya untuk menghabiskan seekor anak domba, maka hendaklah ia bersama dengan tetangga yang terdekat mengambil seekor menurut jumlah jiwa; tentang anak domba itu, kamu buatlah perkiraan menurut keperluan tiap-tiap orang. Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela dan berumur satu tahun; kamu boleh mengambil domba, boleh kambing. Anak domba itu harus kamu kurung sampai tanggal empat belas bulan ini. Lalu seluruh jemaat Israel yang berkumpul harus menyembelihnya pada senja hari. Darahnya harus diambil sedikit dan dioleskan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas rumah, tempat orang-orang makan anak domba itu. Pada malam itu juga mereka harus memakan dagingnya yang dipanggang; daging panggang itu harus mereka makan dengan roti yang tidak beragi dan sayuran pahit. Beginilah kamu harus memakannya: pinggangmu berikat, kaki berkasut, dan tongkat ada di tanganmu. Hendaknya kamu memakannya cepat-cepat. Itulah Paskah bagi Tuhan. Sebab pada malam ini Aku akan menjelajahi negeri Mesir, dan membunuh semua anak sulung, baik anak sulung manusia maupun anak sulung hewan, dan semua dewata Mesir akan Kujatuhi hukuman. Akulah Tuhan. Adapun darah domba itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah tempat kamu tinggal. Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan melewati kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, pada saat Aku menghukum negeri Mesir. Hari ini harus menjadi hari peringatan bagimu, dan harus kamu rayakan sebagai hari raya bagi Tuhan turun temurun.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Kamis, 06 April 2023 Misa Krisma di Katedral

 

Kamis, 06 April 2023
Pagi: Hari Kamis Dalam Pekan Suci (U).
Tidak ada Misa di Gereja Paroki/Stasi pada Kamis Pagi
Misa Krisma di Gereja Katedral (P).
Pembaharuan Janji Imam.
Misa Krisma dapat dipindahkan/dirayakan pada tgl. pertemuan para imam bersama Uskup, asal tak jauh dari hari Kamis.

Demi cinta akan Tuhan, tak henti-hentinya aku mengajarkan tentang Dia --- St. Gregorius Agung

Antifon Pembuka (Why 1:6)

Yesus Kristus telah menjadikan kita suatu imamat rajawi untuk melayani Allah dan Bapa-Nya. Bagi-Nya kemuliaan dan kerajaan sepanjang segala masa

Dilexisti iustitiam, et odisti iniquitatem: propterea unxit te Deus, Deus tuus, oleo lætitiæ præ consortibus tuis. (Graduale Romanum, Hal. 498)

Jesus Christ has made us into a kingdom, priests for his God and Father. To him be glory and power for ever and ever. Amen.

Bacaan ini untuk Misa Krisma di Katedral (Pembaharuan Janji Imam) ada Madah Kemuliaan

Doa Pagi

Allah Bapa, sumber cahaya, dengan pengantaraan Putra-Mu Engkau menyinari segala bangsa dengan cahaya-Mu. Kami mohon, semoga kami selalu percaya dengan teguh kepada Kristus, Penebus agar semakin disinari terang cahaya-Nya dan akhirnya mencapai kemuliaan kekal. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Yesaya (61:1-3a.6a.8b-9)

"Aku bersukaria di dalam Tuhan."

Kata nabi, Roh Tuhan ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar. Tetapi kamu akan disebut imam Tuhan dan akan dinamai pelayan Allah kita. Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu. Keturunanmu akan terkenal di antara bangsa-bangsa, dan anak cucumu di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati Tuhan.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  

Mengapa Yudas Iskariot bukan orang kudus?

“St. Yudas Iskariot, doakanlah kami!”—tidak pernah ada yang berkata seperti itu. Mengapa tidak? Mengapa Yudas Iskariot, di antara dua belas rasul yang dipilih oleh Kristus, bukan orang kudus?

Apakah karena dia mengkhianati Kristus? Setiap orang suci sejati akan memukul dadanya dan mengakui bahwa dia adalah orang berdosa. Dan jangan lupa bahwa Santo Petrus, salah satu dari dua belas dan paus pertama, adalah yang paling lantang menyatakan kesetiaannya kepada Kristus—namun antara Perjamuan Terakhir dan matahari terbit berikutnya, dia menyangkal Kristus tiga kali!

Public Domain

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Yesus di Getsemani

Heinrich Hofmann | Public Domain

Setelah perjamuan terakhir, ketika Yudas menghilang untuk melaksanakan rencananya yang berbahaya, Yesus berjalan bersama sebelas Rasul-Nya yang lain di antara pohon-pohon zaitun di Getsemani. Dia menyisihkan tiga orang yang paling setia, dan kemudian pergi beberapa langkah dari mereka dan bersujud di tanah dalam doa yang sungguh-sungguh. Sebagai Tuhan, Yesus tidak membutuhkan doa, tetapi Dia ingin memberi kita contoh tentang bagaimana seharusnya kita bersikap di saat-saat pencobaan dan bahaya. Tiga kali Ia bangkit dan menghampiri para Rasul, yang lelah dan tertidur. Dia mencela mereka dengan lembut dan mendesak mereka untuk berdoa. “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.” (Markus 14:38) Kita sering mengalami hal serupa. Pencobaan menyerang kita dari dalam dan dari luar, dan kita tetap tidak bergerak dan tidak aktif. Tapi bagaimana kita bisa lolos dari bahaya tanpa bantuan Tuhan? Bantuan Ilahi datang kepada kita dari kasih karunia, yang harus dicari dengan doa. Arus listrik berhenti jika sakelar memutuskan kontaknya dengan sumber asalnya. Dengan cara yang sama rahmat ilahi yang selalu kita butuhkan terputus jika kita tidak tetap bersatu dengan doa kepada Tuhan, sumber kehidupan spiritual. Marilah kita belajar dari model ilahi kita Yesus bagaimana berjaga dan berdoa selalu, terutama pada saat pencobaan dan bahaya.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy