| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Devosi Kepada Hati Yesus Yang Mahakudus

 

Jennifer Boyer/flickr  (CC BY 2.0)


 
 Semua devosi yang telah disetujui oleh Gereja adalah berharga karena itu adalah tindakan keagamaan yang memiliki objek pencipta semua kekudusan dan sumber semua kebaikan. Melalui perbuatan-perbuatan ini Tuhan disembah, disyukuri dan didoakan oleh anak-anak-Nya yang telah ditebus oleh Darah Berharga Kristus. Devosi kepada Perawan Terberkati dan kepada para Orang Kudus juga diarahkan pada akhirnya kepada Allah, yang telah menganugerahkan hamba-hamba-Nya yang setia, terutama Bunda Yesus, dengan karunia dan rahmat-Nya dan telah menjadikan mereka sebagai pengantara melalui takhta-Nya. Namun, devosi kepada Hati Kudus Yesus bukanlah salah satu dari banyak praktik saleh yang hanya diizinkan atau direkomendasikan oleh Gereja. Pada dasarnya, itu adalah devosi yang penting bagi setiap orang Kristen sejauh itu adalah penyembahan cinta Tuhan yang menjadi manusia demi kita.

Tujuh Misteri Pokok Devosi kepada Hati Yesus Yang Mahakudus


Jendela kaca patri ini berada di Lourdes Upper Basilica. Foto Fr. Lawrence, OP(CC BY-NC-ND 2.0)

 
 Devosi kepada Hati Kudus dapat direndahkan secara menyedihkan dengan memperlakukannya hanya sebagai devosi lainnya. Sebaliknya, di dalam landasan doktrinalnya terdapat apa yang telah diingatkan oleh para Paus kepada kita sebagai tujuh misteri utama Iman Katolik kita, yang disangkal dunia tetapi kita terima.

Ketujuh misteri pokok ini adalah:

1. Tuhan menciptakan umat manusia karena kasih. Dia tidak perlu menciptakan apa pun atau siapa pun. Selain itu, Dia mengangkat umat manusia ke takdir supernatural, tidak kurang dari visi Tritunggal Mahakudus untuk selama-lamanya. Semua ini bukan karena Dia harus, tetapi hanya karena Dia mengasihi.

2. Allah menjadi manusia karena kasih kepada umat manusia yang berdosa. Dia menjadi manusia fana untuk wafat untuk membuktikan betapa Dia mengasihi kita. Dia mengambil kehendak manusia bahwa Dia boleh menderita dengan bebas. Apakah semua manusia menderita? Ya. Apakah semua manusia rela menderita? Tidak. Hakikat cinta adalah rela menderita demi orang yang Anda klaim kasihi. Tuhan menjadi manusia untuk menderita dengan kehendak manusia.

3. Kristus, Anak Allah yang menjadi Anak Manusia, menderita dan wafat bukan hanya untuk orang pilihan yang ditentukan, tetapi untuk seluruh umat manusia.

Litani Hati Yesus Yang Mahakudus

Kaca patri Santo Petrus dan Santo Paulus yang mengapit Hati Kudus. Jendelanya ada di gereja Hati Kudus Don Bosco di Roma. Foto: Fr. Lawrence, OP (CC BY-NC-ND 2.0)

  Litani Hati Yesus Yang Mahakudus disetujui untuk penggunaan umum pada tahun 1899 oleh Paus Leo XIII.

Ini sebenarnya adalah sintesis dari beberapa litani lain yang berasal dari abad ke-17. Litani terdiri dari tiga puluh tiga doa, satu untuk setiap tahun kehidupan Yesus Kristus.

Indulgensi sebagian melekat pada pendarasan litani ini, pendarasan yang khususnya sesuai selama bulan Juni, yang dipersembahkan kepada Hati Kudus.

Berikut doanya dari Puji Syukur No. 209

Orang Kudus hari ini: 02 Juni 2023 St. Marsellinus dan St. Petrus, Martir

 
Agridecumantes | CC BY-SA 3.0, melalui Wikimedia Commons


Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati dua orang kudus yang hidup, tindakan dan dedikasinya kepada Tuhan semoga dapat menginspirasi kita masing-masing untuk setia kepada Tuhan dengan cara yang sama juga. St Marsellinus dan St Petrus adalah orang Katolik yang setia yang dianiaya karena iman mereka, dan mereka, menurut tradisi Katolik, baik imam atau pelayan iman, dengan St Marsellinus konon menjadi seorang imam dan St Petrus adalah seorang pengusir setan, yang ditangkap dan disiksa dalam salah satu episode penganiayaan Kristen yang paling brutal di bawah Kaisar Romawi Diokletianus. Menurut tradisi yang sama, kedua orang suci itu dengan senang hati menghadapi kemartiran dan menyiapkan tempat di mana mereka kemudian dipenggal dan dikuburkan, di tempat yang sengaja disembunyikan sehingga mereka tidak dapat dihormati oleh orang lain di kemudian hari.
 
Selama perayaan Misa, imam memiliki pilihan untuk memilih Doa Syukur Agung I (juga dikenal sebagai “Kanon Romawi”). Selama doa ini, imam memiliki pilihan untuk mengucapkan dua daftar pendek orang-orang kudus. Di antara para martir yang disebutkan dalam Doa Syukur Agung I ini ada St. Marsellinus dan Petrus, dua orang suci yang relatif tidak dikenal di dunia modern. Paus Vigilius memasukkan nama mereka ke dalam Kanon Misa pada abad ke-6, pada saat yang sama ia memulihkan makam mereka. Sementara sedikit yang diketahui tentang para martir awal ini, jelas bahwa makam mereka adalah titik fokus bagi umat Kristiani di Roma dan membantu melestarikan iman selama salah satu masa tersulit dalam sejarah Gereja.

Jumat, 02 Juni 2023 Hari Biasa Pekan VIII

 

Jumat, 02 Juni 2023
Hari Biasa Pekan VIII 
  
Misteri Ekaristi ini terlalu agung bagi siapa pun juga untuk merasa bebas melakukannya sesuai dengan pandangannya sendiri, sehingga kekudusannya dan penetapannya yang universal menjadi kabur, sebaliknya, siapa saja yang bertindak demikian dan melampiaskan saja kecendrungannya sendiri-juga bila dia seorang imam-melukai kesatuan hakiki Ritus Romawi, yang seharusnya dijaga ketat. Dia pun harus mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang sama sekali tidak menanggapi kelaparan dan kehausan akan Allah yang hidup yang dialami orang dewasa ini, perbuatan-perbuatan yang demikian tidak juga membawa manfaat untuk reksa pastoral yang otentik atau pembaharuan liturgi yang benar; sebaliknya. Karena ulah-ulah itu, umat beriman dirampasi dari harta kekayaan dan warisannya, Demikianlah perbuatan-perbuatan yang sewenang-sewenang itu bukannya jalan menuju ke pembaharuan yang sejati, melainkan melanggar hak umat beriman akan sebuah perayaan liturgis yang adalah pengukapan hidup Gereja sepadan dengan tradisi dan tata tertibnya, pada akhirnya sikap ini menyebabkan masuknya unsur-unsur yang merusak dan menghancurkan ke dalam Ekaristi itu sendiri, yang justru seharusnya-karena mulianya dan berdasarkan maknanya sendiri-menandai serta menghadirkan secara ajaib persekutuan hidup ilahi dan persatuan umat Allah, Alhasil ialah kebingungan di bidang ajaran Gereja, kekacauan dan scandalum dipihak umat Allah, dan sebagai akibat hampir pasti-perlawanan yang kuat; dan semuanya itu akan banyak umat beriman merasa bingung dan sedih, khususnya dimasa kita ini ketika hidup kristiani sudah begitu dipersulit akibat menjalarnya sekularisasi pula. (Redemptionis Sacramentum, Instruksi VI tentang sejumlah hal yang perlu dilaksanakan atau dihindari berkaitan dengan Ekaristi Mahakudus, No. 11)


Antifon Pembuka (Mzm 149:1)

Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan. Pujilah Dia dalam himpunan umat-Nya

Doa Pagi

Allah Bapa Maharahim, melalui mereka yang mendahului kami, kami telah menerima sabda-Mu. Semoga Engkau berkenan memperkembangkan iman umat-Mu, sehingga sungguh berakar dan menghasilkan buah. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.    
 
Bacaan dari Kitab Putra Sirakh (44:1.9-12)
    
 
"Leluhur kita penuh belas kasihan, dan nama mereka dikenang sepanjang masa."
    
Kami hendak memuji orang-orang termasyhur, para leluhur kita, menurut urut-urutannya. Di antara mereka ada yang tidak diingat lagi, yang lenyap seolah-olah tidak pernah ada. Mereka itu seolah-olah tidak pernah dilahirkan, dan demikian pula nasib anak-anak mereka sesudahnya. Tetapi yang lain adalah orang kesayangan, yang kebajikannya tidak sampai terlupa. Semuanya tetap tinggal pada keturunannya sebagai warisan baik yang berasal dari mereka. Keturunannya tetap setia kepada perjanjian-perjanjian, dan anak-anak mereka pun demikian pula keadaannya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Tanda Suci: Berlutut

 

 
Ketika seorang manusia merasa bangga pada dirinya sendiri, dia berdiri tegak, menarik dirinya setinggi-tingginya, mengangkat kepala dan bahunya ke belakang dan berkata dengan setiap bagian tubuhnya, saya lebih besar dan lebih penting daripada Anda. Tetapi ketika dia rendah hati dia merasakan ketidakberdayaannya, dan menundukkan kepalanya dan menyusut ke dalam dirinya sendiri. Dia merendahkan dirinya sendiri. Dan semakin besar kehadiran di mana dia berdiri, semakin dalam dia merendahkan dirinya; semakin kecil dia di matanya sendiri.

Tetapi kapan kekerdilan kita menjadi nyata bagi kita seperti ketika kita berdiri di hadirat Tuhan? Dia adalah Tuhan yang agung, yang ada hari ini dan kemarin, yang tahun-tahunnya ratusan dan ribuan, yang mengisi tempat di mana kita berada, kota, dunia yang luas, ruang tak terukur dari langit berbintang, yang di matanya alam semesta kurang dari sebuah partikel debu, mahakudus, maha murni, maha benar, maha tinggi. Dia begitu hebat, saya begitu kecil, begitu kecil sehingga di sampingnya saya tampak hampir tidak ada, jadi saya kekurangan nilai dan substansi. Seseorang tidak perlu diberi tahu bahwa kehadiran Tuhan bukanlah tempat berdirinya martabat seseorang. Agar terlihat tidak terlalu sombong, menjadi sekecil dan serendah yang kita rasakan, kita berlutut dan dengan demikian mengorbankan setengah tinggi badan kita; dan untuk memuaskan hati kita lebih jauh kita menundukkan kepala kita, dan perawakan kita yang berkurang berbicara kepada Tuhan dan berkata, Engkau adalah Allah yang agung; aku bukan apa-apa.

Tanda Suci: Pintu


 Setiap kali kita memasuki sebuah gereja, jika kita memperhatikannya, sebuah pertanyaan diajukan kepada kita. Mengapa memiliki pintu gereja? Sepertinya pertanyaan bodoh. Secara alami, untuk masuk. Ya, tapi pintu tidak diperlukan--hanya pintu. Pembukaan dengan sekat papan untuk menutupnya akan menjadi kemudahan yang murah dan praktis untuk membiarkan orang keluar masuk. Tetapi pintu berfungsi lebih dari sekadar penggunaan praktis; itu adalah pengingat.

Ketika Anda melangkah melewati ambang pintu sebuah gereja, Anda meninggalkan dunia luar dan memasuki dunia batin. Dunia luar adalah tempat yang adil yang penuh dengan kehidupan dan aktivitas, tetapi juga tempat dengan percampuran yang jelek dan buruk. Ini adalah semacam pasar, dilintasi dan dilintasi oleh semua orang. Mungkin "tidak suci" bukanlah kata yang tepat untuk itu, namun ada sesuatu yang tidak senonoh tentang dunia ini. Di belakang pintu gereja adalah tempat batin, terpisah dari pasar, tempat sunyi, sakral dan kudus. Sangat pasti bahwa seluruh dunia adalah karya Allah dan karunia-Nya kepada kita, bahwa kita dapat bertemu dengan Dia di mana saja, bahwa segala sesuatu yang kita terima berasal dari tangan Allah, dan ketika diterima secara religius, adalah kudus. Meskipun demikian, manusia selalu merasa bahwa lingkungan tertentu secara khusus dipisahkan dan dipersembahkan kepada Tuhan.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy