"Amati dengan rajin gerakan alam dan rahmat," kata mengikuti jejak Kristus, "karena mereka bergerak dengan sangat kontras dan halus, dan hampir tidak dapat dibedakan kecuali oleh manusia spiritual, dan yang tercerahkan di dalam." (Imit. of Christ, Bk. III, c. 54.)
Pergumulan antara sifat kejatuhan dan kasih karunia disebabkan oleh dosa asal, yang memadamkan kehidupan supernatural dalam diri kita dan menimbulkan ketidakharmonisan yang ada antara kemampuan dan akal kita yang lebih rendah, dan antara akal dan Tuhan. Bahkan para orang kudus mengalami pertempuran internal yang menakutkan antara yang baik dan yang jahat. “di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain” kata St. Paul, “berjuang melawan hukum akal budiku.” (Roma 7:23) Di tempat lain dia mengeluh bahwa “keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging,” (Galatia 5:17) dan bahwa pencobaan daging menyerangnya begitu kuat sehingga dia memohon kepada Tuhan untuk menyelamatkannya. Tetapi jawaban Tuhan atas permohonannya adalah: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." (Bdk. 2 Kor 12:7-9)
Ini tidak berarti bahwa sifat manusia pada dasarnya rusak dan tidak mampu berbuat baik sebagai akibat dari dosa. Kecenderungan menuju kebaikan dan menuju Tuhan tetap ada dan sangat kuat di saat-saat terbaik kita. Namun demikian, kita membutuhkan uluran tangan Tuhan agar kecenderungan ini dapat dinyatakan dalam perbuatan baik yang layak mendapatkan ganjaran yang kekal. Untuk alasan ini kita harus berdoa dengan rendah hati dan terus menerus untuk anugerah berharga dari rahmat ilahi.