| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Bacaan Harian 25 - 31 Maret 2024

 


Senin, 25 Maret: Hari Senin Dalam Pekan Suci (U).
Yes 42:1-7; Mzm 27:1-4a.5-6ab.15.17; Yoh 12:1-11.
Yohanes melukiskan sebuah perjamuan makan bersama di Betania 6 hari sebelum Paskah. Martha sibuk melayani, Lazarus turut makan bersama Yesus dan murid-murid-Nya. Sedangkan Maria meminyaki kaki Yesus dengan minyak wangi dan menyekanya dengan rambutnya. Melihat apa yang dibuat oleh Maria, dua reaksi berbeda. Yudas melihat tindakan itu suatu pemborosan, sehingga dia mengusulkan alangkah lebih baik minyak itu dijual dan uangnya diberikan kepada orang miskin. Tetapi Yesus melihat hal itu sebagai sebuah persiapan atas hari penguburan-Nya.

Selasa, 26 Maret: Hari Selasa Dalam Pekan Suci (U).
Yes 49:1-6; Mzm 71:1-4a.5-6ab.15.17; Yoh 13:21-33.36-38.
Komitmen dan kesetiaan. “Anget-anget tai ayam”. Yup, begitulah kecenderungan manusia: semangat menggebu-gebu di start awal, tapi kemudian pudar ditelan waktu. Itulah yang terjadi pada Simon! Dengan lantang ia mengatakan, “Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!” Suatu ekspresi dari semangat yang sedang terbakar untuk mengikuti dan membela Yesus. Tapi dengan tenang Yesus menanggapi, “Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? … Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali”. Bukan “semangat di awal” yang dibutuhkan untuk menjadi pengikut Yesus, melainkan komitmen dan kesetiaan untuk hidup baik dan penuh kasih dalam keadaan apapun dan kapanpun.

Rabu, 27 Maret: Hari Rabu Dalam Pekan Suci (U).
Yes 50:4-9a; Mzm 69:8-10.21bcd-22.31.33-34; Mat 26:14-25.
Yesus mengetahui bahwa ada diantara muridNya yang akan mengkhianati Dia. Namun Yesus tidak mengusir atau membencinya. Yesus tahu kenyataan ini tidak mudah, namun Ia sadar penderitaan sudah makin dekat. Bagaimana mungkin seorang murid mengkhianati guru yang begitu mengasihinya? Namun itulah yang terjadi. Dalam Pekan Suci ini, kita disadarkan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi, bahkan sebagai seorang murid sekalipun. Maka sejauh mana kesatuan kita dengan sang Guru, sangatlah menentukan kesetiaan kita.

Kamis, 28 Maret: Pagi: Hari Kamis Dalam Pekan Suci (U).
Perayaan Ekaristi Krisma di Gereja Katedral (P). Pembaharuan Janji Imam. Bacaan Ekaristi: Yes 61:1-3a.6a.8b-9; Mzm 89:21-22.25.27; Why 1:5-8; Luk 4:16-21.
Catatan: 1. Ekaristi Krisma (P), dapat dipindahkan/dirayakan pada tgl. pertemuan para imam bersama Uskup, asal tidak jauh dari Hari Paskah. 2. Hari ini baik kalau dijadikan hari penerimaan kembali mereka yang bertobat dari dosa berat.
Yesus mengidentifikasikan diri-Nya sebagai Sang Mesias, Dia yang diurapi Roh Kudus untuk membebaskan umat Allah dari dosa. Dia berdiri di tengah-tengah mereka sebagai Kabar Baik itu sendiri, yang datang kepada ‘orang-orang miskin’, yang semuanya membutuhkan penyelamatan. Dia membawakan kesembuhan lewat kata-kata-Nya dan jamahan-Nya, dan berkat dari Bapa dicurahkan atas semua orang yang menerima Dia. Dia menawarkan kepada kita semua hikmat-Nya dan kekuatan-Nya selagi kita berusaha untuk menyenangkan Tuhan. Selagi Roh Kudus memenuhi diri kita lebih dan lebih lagi, Dia dapat mengalir keluar – melalui kita – ke dunia di sekeliling kita, memberikan kuat-kuasa kepada kita atas dosa dan kejahatan, tidak hanya dalam diri kita, tetapi orang-orang yang ada di sekeliling kita juga.

Sore: Kamis Putih (P). Peringatan Perjamuan Tuhan.
Kel 12:1-8.11-14; Mzm 116:12-13.15-16bc.17-18; 1Kor 11:23-26; Yoh 13:1-15.
Ciri khas dari Misa Perjamuan Tuhan: tabernakel kosong. Tiap Kamis Putih, sebelum Misa dan sesudahnya, tak ada Sakramen Mahakudus di dalam tabernakel. Mengenai tabernakel kosong ini diatur dalam dokumen Gereja berjudul De Festis Paschalibus Praeparandis et Celebrandis (Perayaan Paskah dan Persiapannya, disingkat PPP) no. 48. Bunyinya: "Sebelum perayaan [Kamis Putih], tabernakel harus kosong sama sekali." Mengapa tabernakel kosong? Kamis Putih adalah perayaan mengenangkan penetapan Sakramen Ekaristi. Yesus sadar bahwa waktu-Nya sudah dekat, Dia akan kembali ke rumah Bapa dan kemuliaan Tuhan akan segera terwujud lewat pengorbanan Dia di kayu salib. Oleh sebab itu Yesus berusaha memberikan pelajaran dan pesan- pesan kepada para murid yang Ia kasihi. Ia memberikan teladan-teladan baru, dan perintah baru untuk mengasihi dan melayani satu sama lain. Yesus membasuh kaki para murid. Satu persatu murid-Nya Ia basuh kakinya. Dan saat sampai pada giliran Simon Petrus, Simon Petrus menolaknya, dan berkata "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya". Namun Yesus berkata "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku". Setelah membasuh kaki para murid, Yesus berkata: "Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu,maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu. Sebab Aku telah memberi teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu".

Jumat, 29 Maret: Hari Jumat Agung (M). Puasa dan Pantang
Yes 52:13-53:12; Mzm 31:2.6.12-13.15-17.25; Ibr 4:14-16 – 5:7-9; Yoh 18:1 – 19:42.
Tidak ada Misa pada hari ini. Hosti yang dibagikan pada saat Komuni dikonsekrir pada Misa Kamis Putih. Kisah sengsara Tuhan kita Yesus Kristus menurut Yohanes mewartakan tentang Yesus menapaki perjalanan sengsara menuju ke puncak peninggian-Nya di kayu salib. Kayu salib merupakan pemuliaan dalam kasih ilahi. Nampak jelas dalam perjalanan tersebut kesabaran Yesus yang luar biasa. Karena dan dalam cinta, Ia menanggung semuanya untuk menyelamatkan dunia. Kita pun diminta untuk ambil bagian dalam penderitaan dan wafat Yesus. Hal itu dapat kita lakukan dengan cara menanggung semua penderitaan dan salib kehidupan dalam kesabaran. Bersediakah kita melakukan hal ini?

Sabtu, 30 Maret 2024: 
Sebelum Petang:  Sabtu Suci
Sabtu Suci adalah selingan antara rasa sakit kematian Yesus dan sukacita kebangkitan-Nya. Tidak ada liturgi yang dirayakan pada pagi hingga sore hari. Dalam penantian yang hening, komunitas Kristen menghidupkan kembali kehilangan murid-murid Kristus ketika ingatan dan meditasi. Pada hari Sabtu Suci Gereja tinggal di makam Tuhan, merenungkan penderitaan, wafat dan turun-Nya ke alam maut (Bdk. Missale Romanum, Sabbato sancto; Symbolum Apostolorum; 1 Ptr 3:19) dan menantikan kebangkitan-Nya dengan puasa dan doa. Amat dianjurkan, untuk merayakan ibadat bacaan dan ibadat pagi bersama jemaat (Bdk. PPP No. 40).  Tidak ada perayaan Ekaristi pada pagi hingga sore hari, orang Kristen menunggu dalam keheningan dan menghidupkan kembali kecemasan para rasul setelah kematian Yesus. Selama berabad-abad bahkan ada puasa yang ketat pada hari Sabtu Suci, yang tidak mengizinkan makanan untuk dimakan untuk memperingati hari yang menyakitkan ini. Banyak yang akan tinggal di gereja sepanjang malam Jumat Agung, menemani Yesus di dalam kubur.
 
Malam Paskah (P).
Kej 1:1 – 2:2 (Kej 1:1.26-31a); Mzm 104:1-2a.5-6.10.12-14.24.35c atau Mzm:4-7.12-13.20.22; Kej 22:1-18 (Kej 22:1-2.9a.10-13.15-18); Mzm 16:5.8-11; Kel 14:15 – 15:1; MT 15:1-6.17-18; Yes 54:5-14; Mzm 30:2.4-6.11.12a.13b; Yes 55:1-11; MT Yes 12:2-3.4bcd-6; Bar 3:9-15.32 – 4:4; Mzm 19:8-11; Yeh 36:16-17a.18-28; Mzm 42:3.5bcd – 43:3-4; MT Yes 12:2-3.4bcd-6; Mzm 51:12-15.18-19; Rm 6:3-11; Mzm 118:1-2.16ab-17.22-23; Mrk 16:1-8.
Malam Paskah berarti malam menjelang Hari Raya Paskah, tepatnya malam Minggu. Hari Sabtu itu dalam liturgi Gereja disebut “Sabtu Suci”. Malam Paskah disebut juga “Vigili Paskah”. Istilah “vigili” berasal dari bahasa Latin “Vigilis”, yang berarti “Berjaga-jaga, siap siaga”. Oleh karena itu, Vigili Paskah berarti berjaga bersama Yesus Kristus yang yang beralih dari kematian menuju kebangkitan. Maka Malam Paskah juga disebut "induk semua vigili, Liturgi Malam Paskah terdiri dari 4 bagian: a. Upacara Cahaya yang merayakan Kristus, Terang Sejati yang mengusir segala kegelapan. Upacara ini meliputi pemberkatan api baru (kalau mungkin di luar gedung gereja), penyalaan Lilin Paskah, disusul dengan perarakan dimana Lilin Paskah itu dibawa masuk gereja oleh diakon, yang kemudian melagukan Pujian Paskah atau Exultet. b. Liturgi Sabda yang memaparkan karya penyelamatan Allah dalam tujuh bacaan dari Perjanjian Lama dan dua bacaan dari Perjanjian Baru, yakni epistola dan Injil. Sesudah epistola ini selebran mengangkat Alleluya meriah yang diulangi oleh seluruh umat. Biasanya setiap Alleluya mendapat nada berbeda dan menaik, setiap kali umat mengikutinya. c. Liturgi Baptis yang meliputi pemberkatan air baptis, pembaptisan para katekumen terpilih, pembaruan janji baptis oleh seluruh umat. d. Liturgi Ekaristi.

Minggu, 31 Maret: Hari Raya Paskah Kebangkitan Tuhan (P).
Kis 10:34a.37-43; Mzm 118:1-2.16ab-17.22-23; Kol 3:1-4 atau 1Kor 5:6b-8; Pagi: Yoh 20:1-9; Sore: Luk. 24:13-35.
Dua orang murid sedang dalam perjalanan menuju rumah mereka di Emaus. Mereka kecewa karena kegagalan salib. Mereka tidak mengerti bahwa Mesias harus menanggung semuanya itu untuk masuk dalam kemuliaan-Nya. Yesus lalu membuat hati mereka berkobar-kobar ketika Ia berbicara tentang diri-Nya dalam Kitab Suci, dan membuat mata mereka terbuka ketika ia memecah-mecahkan roti. Yang disangka mati dan kalah, ternyata bangkit, hidup dan berada di tengah-tengah mereka. Hari ini, Hari Raya Paskah adalah puncak perayaan liturgi sepanjang tahun, dan karenanya disebut Hari Raya dari segala Hari Raya (Summa solemnitas / solemnity of solemnities).

Senin, 25 Maret 2024 Hari Senin dalam Pekan Suci

 
Senin, 25 Maret 2024
Hari Senin dalam Pekan Suci
  
Sengsara Tuhan dan Penyelamat kita Yesus Kristus memberikan kepada kita harapan akan kemuliaan dan ketabahan dalam penderitaan. (St. Agustinus)

     
Antifon Pembuka (bdk. Mzm 35 (34): 1-2; 140 (139): 8)
     
Ya Tuhan, adililah mereka yang merugikan daku, perangilah mereka yang memerangi aku. Angkatlah senjata dan perisai dan bangkitlah membantu aku, ya Tuhan, sumber selamatku.
 
Contend, O Lord, with my contenders; fight those who fight me.Take up your buckler and shield; arise in my defense, Lord, my mighty help.
   
Doa Pagi


Allah yang mahakuasa, kami sering patah semangat karena kelemahan kami. Maka kami mohon, semoga berkat sengsara Putra Tunggal-Mu kami mendapat kekuatan baru. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
    




Bacaan dari Kitab Yesaya (42:1-7) 
    
"Ia tidak berteriak atau memperdengarkan suaranya di jalan."
   
Beginilah firman Tuhan, “Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suaranya, atau memperdengarkan suaranya di jalan. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum. Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.” Beginilah firman Allah, Tuhan, yang menciptakan langit dan membentangkannya, yang menghamparkan bumi dengan segala yang tumbuh di atasnya, yang memberikan nafas kepada umat manusia yang menghuninya dan nyawa kepada mereka yang hidup di atasnya, “Aku, Tuhan, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan. Aku telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan membuat engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Masuknya Tuhan kita ke Yerusalem

 


Bayangkan masuknya Yesus dengan penuh sukacita dan kemenangan ke Yerusalem. Kerumunan orang yang bersorak-sorai berbaris di sepanjang jalan di mana Dia mendekat, menunggangi seekor anak keledai. Ranting-ranting pohon palem dan zaitun dikibarkan tinggi-tinggi, sementara sekelompok anak-anak berseru: Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi! (Bdk. Mat 21:9) Di tengah semua kegembiraan ini, Yesus tampak asyik dan tidak terikat. Dalam representasi adegan ini, seorang seniman terkenal melukis sebuah salib besar di kejauhan, jauh melampaui kerumunan orang yang bersorak-sorai. Penglihatan ilahi Yesus tentu saja melihat salib ini. Dia tahu bahwa dalam beberapa hari Dia akan ditangkap sebagai penjahat dan disalib di antara dua pencuri. Rasa tidak berterima kasih manusia terhadap Penebus ilahi bahkan sampai sejauh ini. Kita juga akan mendapatkan saat-saat kebahagiaan dan kemenangan dalam hidup. Namun, seperti Yesus, kita tidak boleh terlalu percaya pada kegembiraan dan penaklukan dunia ini. Peringatan Roh Kudus bahwa “kegembiraan dapat berakhir dengan dukacita” (Ams. 14:13), sayangnya, terlalu benar. Kebahagiaan duniawi hanya berlangsung sebentar dan berakhir dengan duka. Jadi kita harus mencari kebahagiaan sejati dan abadi yang berasal dari rahmat Ilahi dan dari keselarasan terus-menerus dengan kehendak Tuhan. Kebahagiaan ini tidak akan pernah berlalu, melainkan akan abadi di Surga.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Pembentukan Karakter Kristen

 

1. Temperamen kita sering kali menjadi beban bagi diri kita sendiri dan terkadang menjadi sumber gangguan bagi orang lain. Jika kita tidak berbuat apa-apa, hal ini bisa menjadi penyebab kegagalan atau perilaku ekstrem kita yang kemudian kita sesali. Oleh karena itu, perlu dibentuk karakter yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kristiani. Kita tidak dalam bahaya kehilangan individualitas kita dengan melatih karakter kita dengan cara ini. Anugerah Tuhan tidak mengubah alam, tetapi meninggikan dan menyempurnakannya. Hal ini seperti tunas yang kita tanam di tanah yang belum digarap dalam diri kita sendiri. Buah pertama mungkin terasa asam, tetapi lama kelamaan akan menjadi lebih manis, namun tetap mempertahankan rasa dan aroma esensial dari tanaman induk. St Hieronimus adalah seorang yang keras kepala dan degil, dan ia tetap demikian bahkan setelah kasih karunia Allah telah mengubah dirinya dan menjadikannya suci. Namun sifat kasarnya pada saat yang sama dilunakkan dan diperkuat oleh rahmat ilahi. St Agustinus mempunyai kecerdasan dan hati yang besar. Ketika ia meninggalkan kesesatan filosofis dan kesombongan duniawi untuk mendedikasikan karunia-karunia ini untuk melayani Tuhan, ia mencapai kedalaman pemikiran yang belum pernah dicapai oleh kebijaksanaan Kristen. Kita harus berperilaku dengan cara yang sama. Jika kita mudah marah, kita harus mengubah kecenderungan marah ini menjadi kebencian terhadap dosa. Jika kita pada dasarnya antusias, kita harus mengubah antusiasme kita menjadi kasih kepada Tuhan dan sesama. Jika kita memiliki semangat yang tinggi dan energik, kita hendaknya mengabdikan diri kita pada pekerjaan baik demi keselamatan kita sendiri dan kerasulan bagi jiwa-jiwa. Seberapa jauh kemajuan yang telah kita capai dalam transformasi karakter kita secara Kristiani? Mari kita periksa kemajuan kita dan bertekad untuk berbuat lebih baik.

2. Santo Fransiskus de Sales menulis sebagai berikut dengan kesederhanaannya yang biasa: “Telah ditemukan cara untuk membuat kacang almond yang pahit menjadi manis, dengan menusuk bagian bawahnya dan memeras sarinya. Mengapa kita tidak bisa membuang kecenderungan jahat kita untuk membuat diri kita lebih baik? Tidak ada orang yang pada dasarnya begitu baik sehingga kebiasaan buruk bisa membuat kita menjadi lebih baik, tidak sama sekali merusaknya. Demikian pula, tidak ada orang yang begitu buruk sifatnya sehingga ia tidak dapat dilatih dalam kebaikan atas karunia Tuhan dan ketekunannya sendiri." Santo Fransiskus de Sales tidak mengajarkan hal ini hanya dalam teori, namun ia menerapkan nasihatnya dalam praktik hingga tingkat yang heroik dalam hidupnya sendiri. Secara alami dia dikaruniai dengan watak yang kuat dan penuh kebencian, dan dia menjadi malaikat yang lemah lembut dan ramah. Sejak masa mudanya dia menyadari cacat dalam karakternya. Ia sendiri mengaku berjuang melawan mereka selama dua puluh dua tahun dengan pertolongan Tuhan. Dia mencapai titik di mana dia dapat tetap diam ketika beliau dihina dan menahan diri untuk tidak membela diri ketika dia difitnah, karena dia telah memperoleh kedamaian batin dan sikap yang sangat tenang. Kelembutan karakter ini memampukan dia untuk mempertobatkan lebih dari tujuh puluh ribu bidah, memenangkan kembali orang-orang berdosa yang keras kepala kepada Yesus Kristus, dan membakar banyak jiwa dengan kasih Allah. Kita harus banyak belajar darinya.

3. Ketika Yesus menawarkan diri-Nya sebagai Model Ilahi kita, Dia menggunakan kata-kata ini: “Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati.” (Mat. 11:29) Kerendahan hati dan kelemahlembutan merupakan sifat penting dari karakter Kristen. Siapa pun yang tidak berhasil memperolehnya berarti membangun di atas pasir. Dia akan menjadi siksaan bagi orang lain dan juga dirinya sendiri. Yesus juga menunjukkan hal ini, karena setelah Dia bersabda: “Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati,” Dia menambahkan: “dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Ibid.) Dengan kata lain, Dia memberi tahu kita bahwa hanya dengan syarat inilah kita akan menemukan kedamaian rohani. Ketika kita telah mencontohkan karakter kita berdasarkan kerendahan hati dan kelembutan-Nya, kita akan berkobar dengan kasih kepada Tuhan dan sesama kita. Hanya dengan cara itulah kita akan berhasil memperoleh karakter Kristiani yang sejati dan mendalam.— —Antonio Kardinal Bacci, Meditasi untuk Setiap Hari, 1959.
 
 
   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII

Minggu, 24 Maret 2024 Hari Minggu Palma - Mengenangkan Sengsara Tuhan

 
Minggu, 24 Maret 2024
Hari Minggu Palma - Mengenangkan Sengsara Tuhan
   
Diri kita sendirilah yang harus dihamparkan di bawah kaki Kristus, dan bukannya pakaian atau ranting tak bernyawa atau tunas batang pohon. --- St Andreas dari Kreta
   
BACAAN PERARAKAN  
   
Susunan Liturgi Minggu Palma yang lengkap untuk bahasa Indonesia silahkan membuka Buku Misa Minggu dan Hari Raya, Kanisius 2011, mulai halaman 315, bahasa Inggris, "The Roman Missal, Third Edition" mulai halaman 273.

         
Antifon Pembuka (Mat 21:9; PS 491)
   
Terpujilah Putra Daud! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan! Terpujilah Yang Mahatinggi!
  
Hosanna filio David: benedictus qui venit in nomine Domini. Rex Israel: Hosanna in excelsis.
  
 
 
Pengantar
   
Hari ini kita mengawali Pekan Suci dengan merayakan Minggu Palma. Perayaan ini disebut Minggu Palma karena kita mengenangkan Yesus yang memasuki kota Yerusalem dan dielu-elukan oleh khalayak ramai dengan membawa daun palma. Konon, daun palma merupakan simbol kemenangan dan sering digunakan untuk menyatakan kemangan para martir. Maka, kalau sekarang kita menggunakan daun palma, itu karena kita menyongsong kemartiran Kristus yang mendatangkan kemenangan atas dosa dan kematian.

Marilah kita bersama-sama memohon kepada Tuhan agar Ia berkenan menguduskan dan memberkati daun-daun palma ini yang akan kita pakai untuk mengiringi Kristus dalam menyongsong sengsara-Nya demi keselamatan kita.
 

  

Diocese of Siouxfall

Inilah Injil Suci menurut Markus (11:1-10)
  
"Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan."
        
Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari. Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini." Merekapun pergi, dan menemukan seekor keledai muda tertambat di depan pintu di luar, di pinggir jalan, lalu melepaskannya. Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: "Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?" Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka. Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya. Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!"

Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus) 
 

 
atau

Inilah Injil Suci menurut Yohanes (12:12-16)

   
"Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan."
  
Menjelang Hari Raya Paskah, ketika orang banyak yang datang untuk merayakan pesta mendengar bahwa Yesus sedang dalam perjalanan menuju Yerusalem, mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru, "Hosanna! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!" Yesus menemukan seekor keledai muda, lalu naik ke atasnya, seperti ada tertulis: Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah Rajamu datang, duduk di atas seekor keledai. Mula-mula para murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan mereka telah melakukannya juga untuk Dia.

Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus) 
   





         
Perarakan Daun Palma (PS 492-494)
 
Antifon Pembuka (Bdk. Yoh 12:1.12-13; Mzm 24:9-10) 
             
Enam hari sebelum Hari Raya Paskah, tatkala Tuhan memasuki Yerusalem, anak-anak menyongsong Dia. Mereka membawa daun palma dan bersorak gembira:
* Hosanna di tempat yang mahatinggi. Diberkatilah Engkau yang datang dengan membawa kerahiman berlimpah. Tinggikanlah tiangmu, hai gapura-gapura, dan lebarkanlah dirimu, hai gerbang abadi, supaya masuklah raja mulia. Siapakah itu raja mulia? Allah segala kuasa, Dialah raja mulia.
* Hosanna di tempat yang mahatinggi. Diberkatilah Engkau yang datang dengan membawa kerahiman berlimpah.  


 

 
 
  
MISA

Setelah selesai perarakan, atau upacara masuk meriah, Imam memulai misa dengan doa pembuka, hingga misa berakhir nyanyian yang digunakan adalah nyanyian sengsara 
  
Doa Pembuka  
   
I Allah yang Mahakuasa dan kekal, Engkau telah menyerahkan Juru Selamat kami yang telah menjadi manusia dan direndahkan sampai wafat di salib, sebagai teladan kerendahan bagi umat manusia. Perkenankanlah, agar kami meneladani sengsara-Nya dan pantas untuk bangkit bersama Dia, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U Amin.

Bacaan dari Kitab Yesaya (50:4-7)
      
   
"Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai, karena aku tahu bahwa aku tidak akan mendapat malu."
      
Tuhan Allah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataanku aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seperti seorang murid. Tuhan Allah telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang. Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabuti janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi. Tetapi Tuhan Allah menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Maka aku meneguhkan hatiku seperti teguhnya gunung batu, karena aku tahu bahwa aku tidak akan mendapat malu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Temperamen kita

 

1. Sebagaimana setiap orang mempunyai ciri-ciri fisiknya masing-masing, ia juga mempunyai wataknya sendiri yang khas. Karakter kitalah yang membedakan kita dan menjadikan kita seperti ini. Temperamen dasar kita sendiri tidak baik atau buruk. Ini adalah watak jasmani dan rohani yang dapat mendorong kita ke arah kebajikan dan ke arah dosa. Tidak ada dua orang yang memiliki karakter yang persis sama, namun kita dapat membagi mereka ke dalam empat kategori utama. Tentu saja ini merupakan klasifikasi yang dibuat-buat, karena setiap orang, pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, mempunyai atribut-atribut yang sesuai dengan masing-masing kategori.

Secara garis besar kita dapat membedakan (1) tipe optimis, (2) tipe gugup, (3) tipe koleris, dan (4) tipe apatis. Orang yang termasuk dalam kategori pertama adalah orang yang periang, lincah, cerdas, dan sering kali terburu nafsu. Mereka mudah terdorong untuk mulai membidik tujuan yang baik atau buruk, namun biasanya mereka kurang memiliki keteguhan dan kegigihan dalam mencapai tujuan. Seringkali mereka dengan antusias terjun ke dalam suatu usaha, namun meninggalkannya karena kurangnya ketekunan. Pada kategori kedua, sistem saraf berkembang hingga tingkat yang sangat baik dibandingkan dengan bagian lain dari organisme manusia. Orang-orang ini sensitif daripada aktif. Pada saat-saat stabil, mereka dapat mencapai banyak hal dalam waktu yang sangat singkat. Namun mereka mudah patah semangat. Mereka rentan terhadap depresi dan sangat menderita, terkadang murni akibat imajinasi yang tidak teratur. Mereka membutuhkan simpati dan pengertian. Karakter koleris bersifat impulsif dan penuh gairah. Mereka mempunyai kemauan yang sangat besar, namun hal ini perlu dikendalikan dan dialihkan ke jalur yang benar agar tidak meluap ke dalam segala bentuk ekses. Sebaliknya, orang yang apatis adalah orang yang bodoh dan apatis. Mereka tidak pernah terburu-buru. Mereka tidak pernah bersemangat. Mereka dingin, penuh perhitungan, dan kurang antusias. Namun mereka adalah tuan bagi diri mereka sendiri dan jika mereka cerdas dan mampu, mereka dapat melakukan banyak pekerjaan dengan sedikit usaha dan berhasil keluar dari situasi yang paling sulit. Alangkah bermanfaatnya bagi manusia untuk mempelajari dan mengenal tabiatnya sendiri agar mampu membentuknya sebagaimana mestinya.

Orang Kudus hari ini: 23 Maret 2024 St. Turibius dari Mogrovejo

 
 
Public Domain

 Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati St. Turibius dari Mogrovejo, seorang imam Spanyol yang akhirnya menjadi seorang misionaris dan diangkat sebagai Uskup Agung Lima, yang sekarang disebut Peru. St Turibius dari Mogrovejo benar-benar seorang hamba Tuhan yang rendah hati dan berkomitmen, yang kesalehan dan ketaatan pribadinya kepada Tuhan, kasih kepada-Nya dan kasih kepada sesamanya mengilhami banyak orang yang mengikuti jejak dan teladannya. Dia diangkat menjadi uskup agung Lima, Peru, pada tahun 1580. St Turibius dari Mogrovejo menghabiskan banyak waktu memperhatikan kawanannya, mengajar mereka tentang iman dan katekisasi mereka, dan menurut sejarah dan catatan, membaptis tidak kurang dari setengah juta dari mereka, termasuk orang-orang kudus seperti St Martin dari Porres.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy