Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Pertobatan dan Matiraga

 

 
Image by Gerd Altmann/Pixabay (CC0)

1. Dalam ajaran Kristen, kematian adalah awal dari kehidupan. “Jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.” kata Yesus (Yohanes 12:24-25) Paradoks kematian dalam kehidupan ini agar dapat hidup di Surga terjadi dengan cara yang menakjubkan dalam kehidupan Yesus dan para Orang Kudus. Hal ini juga harus diterapkan dalam kehidupan kita jika kita ingin menjadi orang Kristen sejati. Yesus mencurahkan darah-Nya yang mulia bagi kita, dan kematian-Nya adalah awal dari kemenangan-Nya. Para Rasul, Martir, dan Orang Kudus memberikan hidup mereka bagi Kristus dan menerima sebagai upah mereka kehidupan Surga yang bahagia dan kekal. Dengan mati terhadap ego dan hawa nafsu kita, kita akan menemukan kehidupan Kristus yang sejati. Kita harus mati terhadap diri kita sendiri agar Kristus dapat hidup di dalam kita seperti Dia hidup. Kita harus mati terhadap kesombongan agar kerendahan hati Kristiani dapat hidup dalam diri kita; kita harus mati terhadap amarah agar kesabaran dapat hidup dalam diri kita; kita harus mati terhadap nafsu agar kemurnian dan kepolosan dapat hidup dalam diri kita; dan kita harus mati terhadap keegoisan agar amal kasih dapat hidup dalam diri kita.

Selasa, 26 Maret 2024 Hari Selasa dalam Pekan Suci

 
Selasa, 26 Maret 2024
Hari Selasa dalam Pekan Suci
    

“Penyelenggaraan Ilahi, yang menyelamatkan manusia, menjadi nyata, ketika manusia bangkit dari dosa” (St. Basilius)

     
Antifon Pembuka (Bdk. Mzm. 27(26):12)

Ya Tuhan, janganlah menyerahkan aku kepada yang mengejar-ngejar aku, sebab telah bangkit menyerang aku saksi-saksi dusta dan yang bersumpah palsu.

Do not leave me to the will of my foes, O Lord, for false witnesses rise up against me and they breathe out violence.


Doa Pagi


Allah yang kekal dan kuasa, perkenankanlah kami memperingati misteri sengsara Yesus Kristus, Tuhan kami, dengan penuh iman dan cinta kasih, agar kami memperoleh pengampunan dosa.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                         
                       
Karya: EvgeniyaTiplyashina/istockphoto.com

Bacaan dari Kitab Yesaya (49:1-6)
    
 
"Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa, supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
       
Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! Tuhan telah memanggil aku sejak dari kandungan, telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku. Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing, dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya. Ia berfirman kepadaku, “Engkau adalah hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku.” Tetapi aku berkata, “Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia! Namun, hakku terjamin pada Tuhan, dan upahku pada Allahku.” Maka sekarang berfirmanlah Tuhan yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya; yang karenanya aku dipermuliakan di mata Tuhan, dan Allahku menjadi kekuatanku; beginilah firman-Nya, “Terlalu sedikit bagimu untuk hanya menjadi hamba-Ku, hanya menegakkan suku-suku Yakub, dan mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Maka Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa, supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Kekuatan Kasih Tuhan dalam Kehidupan Kristiani

 



1. Setiap hari dalam kehidupan para Orang Kudus merupakan tindakan kasih Allah yang berkelanjutan. Beginilah cara mereka menjadi kudus. Mereka sangat mengasihi Tuhan sepanjang waktu. Mereka mengasihi Dia di atas segalanya. Segala sesuatu yang mereka pikirkan, inginkan atau lakukan diarahkan kepada-Nya. Seluruh hidup mereka dikuduskan bagi-Nya. Kita semua hendaknya berkeinginan untuk menjadi kudus; jika kita melakukannya, kita harus mengasihi Tuhan dengan segenap hati, kekuatan, dan jiwa raga kita. Hingga saat itu tiba, setiap tindakan kita tidak akan membuahkan hasil. Kekudusan lahir dari kasih Tuhan. Tanpa kasih Tuhan segala sesuatunya sia-sia dan tidak ada gunanya; percakapan kita hanyalah obrolan kosong; keinginan kita hanyalah mimpi kosong yang menggairahkan kita untuk sementara waktu dan kemudian lenyap seperti gelembung sabun; tindakan kita tidak menguntungkan dan usaha kita tidak ditujukan pada tujuan yang sebenarnya; Pencapaian kita bisa membuat kita melambung tinggi untuk sementara waktu, namun hal itu akan membuat kita kecewa pada saat kematian. Kasih Tuhan penting bagi kita. Dia sendirilah yang sepenuhnya layak mendapatkan kasih sayang kita. Kasih yang lain memang berlalu, tapi kasih ini abadi. Kasih yang lain membingungkan dan menyusahkan kita, namun kasih Tuhan memberikan ketenangan jiwa. Kasih yang lain melemah dan lenyap seiring berjalannya waktu, namun kasih kepada Tuhan adalah sumber segala kekudusan dalam hidup ini dan kebahagiaan abadi di akhirat. Kalau begitu, mengapa kita tidak melupakan kesibukan duniawi kita? Marilah kita menyerahkan hati kita kepada Tuhan selamanya, dan kita akan memiliki satu-satunya kebahagiaan sejati yang tidak pernah pudar.

Bacaan Harian 25 - 31 Maret 2024

 


Senin, 25 Maret: Hari Senin Dalam Pekan Suci (U).
Yes 42:1-7; Mzm 27:1-4a.5-6ab.15.17; Yoh 12:1-11.
Yohanes melukiskan sebuah perjamuan makan bersama di Betania 6 hari sebelum Paskah. Martha sibuk melayani, Lazarus turut makan bersama Yesus dan murid-murid-Nya. Sedangkan Maria meminyaki kaki Yesus dengan minyak wangi dan menyekanya dengan rambutnya. Melihat apa yang dibuat oleh Maria, dua reaksi berbeda. Yudas melihat tindakan itu suatu pemborosan, sehingga dia mengusulkan alangkah lebih baik minyak itu dijual dan uangnya diberikan kepada orang miskin. Tetapi Yesus melihat hal itu sebagai sebuah persiapan atas hari penguburan-Nya.

Selasa, 26 Maret: Hari Selasa Dalam Pekan Suci (U).
Yes 49:1-6; Mzm 71:1-4a.5-6ab.15.17; Yoh 13:21-33.36-38.
Komitmen dan kesetiaan. “Anget-anget tai ayam”. Yup, begitulah kecenderungan manusia: semangat menggebu-gebu di start awal, tapi kemudian pudar ditelan waktu. Itulah yang terjadi pada Simon! Dengan lantang ia mengatakan, “Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!” Suatu ekspresi dari semangat yang sedang terbakar untuk mengikuti dan membela Yesus. Tapi dengan tenang Yesus menanggapi, “Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? … Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali”. Bukan “semangat di awal” yang dibutuhkan untuk menjadi pengikut Yesus, melainkan komitmen dan kesetiaan untuk hidup baik dan penuh kasih dalam keadaan apapun dan kapanpun.

Rabu, 27 Maret: Hari Rabu Dalam Pekan Suci (U).
Yes 50:4-9a; Mzm 69:8-10.21bcd-22.31.33-34; Mat 26:14-25.
Yesus mengetahui bahwa ada diantara muridNya yang akan mengkhianati Dia. Namun Yesus tidak mengusir atau membencinya. Yesus tahu kenyataan ini tidak mudah, namun Ia sadar penderitaan sudah makin dekat. Bagaimana mungkin seorang murid mengkhianati guru yang begitu mengasihinya? Namun itulah yang terjadi. Dalam Pekan Suci ini, kita disadarkan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi, bahkan sebagai seorang murid sekalipun. Maka sejauh mana kesatuan kita dengan sang Guru, sangatlah menentukan kesetiaan kita.

Kamis, 28 Maret: Pagi: Hari Kamis Dalam Pekan Suci (U).
Perayaan Ekaristi Krisma di Gereja Katedral (P). Pembaharuan Janji Imam. Bacaan Ekaristi: Yes 61:1-3a.6a.8b-9; Mzm 89:21-22.25.27; Why 1:5-8; Luk 4:16-21.
Catatan: 1. Ekaristi Krisma (P), dapat dipindahkan/dirayakan pada tgl. pertemuan para imam bersama Uskup, asal tidak jauh dari Hari Paskah. 2. Hari ini baik kalau dijadikan hari penerimaan kembali mereka yang bertobat dari dosa berat.
Yesus mengidentifikasikan diri-Nya sebagai Sang Mesias, Dia yang diurapi Roh Kudus untuk membebaskan umat Allah dari dosa. Dia berdiri di tengah-tengah mereka sebagai Kabar Baik itu sendiri, yang datang kepada ‘orang-orang miskin’, yang semuanya membutuhkan penyelamatan. Dia membawakan kesembuhan lewat kata-kata-Nya dan jamahan-Nya, dan berkat dari Bapa dicurahkan atas semua orang yang menerima Dia. Dia menawarkan kepada kita semua hikmat-Nya dan kekuatan-Nya selagi kita berusaha untuk menyenangkan Tuhan. Selagi Roh Kudus memenuhi diri kita lebih dan lebih lagi, Dia dapat mengalir keluar – melalui kita – ke dunia di sekeliling kita, memberikan kuat-kuasa kepada kita atas dosa dan kejahatan, tidak hanya dalam diri kita, tetapi orang-orang yang ada di sekeliling kita juga.

Sore: Kamis Putih (P). Peringatan Perjamuan Tuhan.
Kel 12:1-8.11-14; Mzm 116:12-13.15-16bc.17-18; 1Kor 11:23-26; Yoh 13:1-15.
Ciri khas dari Misa Perjamuan Tuhan: tabernakel kosong. Tiap Kamis Putih, sebelum Misa dan sesudahnya, tak ada Sakramen Mahakudus di dalam tabernakel. Mengenai tabernakel kosong ini diatur dalam dokumen Gereja berjudul De Festis Paschalibus Praeparandis et Celebrandis (Perayaan Paskah dan Persiapannya, disingkat PPP) no. 48. Bunyinya: "Sebelum perayaan [Kamis Putih], tabernakel harus kosong sama sekali." Mengapa tabernakel kosong? Kamis Putih adalah perayaan mengenangkan penetapan Sakramen Ekaristi. Yesus sadar bahwa waktu-Nya sudah dekat, Dia akan kembali ke rumah Bapa dan kemuliaan Tuhan akan segera terwujud lewat pengorbanan Dia di kayu salib. Oleh sebab itu Yesus berusaha memberikan pelajaran dan pesan- pesan kepada para murid yang Ia kasihi. Ia memberikan teladan-teladan baru, dan perintah baru untuk mengasihi dan melayani satu sama lain. Yesus membasuh kaki para murid. Satu persatu murid-Nya Ia basuh kakinya. Dan saat sampai pada giliran Simon Petrus, Simon Petrus menolaknya, dan berkata "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya". Namun Yesus berkata "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku". Setelah membasuh kaki para murid, Yesus berkata: "Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu,maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu. Sebab Aku telah memberi teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu".

Jumat, 29 Maret: Hari Jumat Agung (M). Puasa dan Pantang
Yes 52:13-53:12; Mzm 31:2.6.12-13.15-17.25; Ibr 4:14-16 – 5:7-9; Yoh 18:1 – 19:42.
Tidak ada Misa pada hari ini. Hosti yang dibagikan pada saat Komuni dikonsekrir pada Misa Kamis Putih. Kisah sengsara Tuhan kita Yesus Kristus menurut Yohanes mewartakan tentang Yesus menapaki perjalanan sengsara menuju ke puncak peninggian-Nya di kayu salib. Kayu salib merupakan pemuliaan dalam kasih ilahi. Nampak jelas dalam perjalanan tersebut kesabaran Yesus yang luar biasa. Karena dan dalam cinta, Ia menanggung semuanya untuk menyelamatkan dunia. Kita pun diminta untuk ambil bagian dalam penderitaan dan wafat Yesus. Hal itu dapat kita lakukan dengan cara menanggung semua penderitaan dan salib kehidupan dalam kesabaran. Bersediakah kita melakukan hal ini?

Sabtu, 30 Maret 2024: 
Sebelum Petang:  Sabtu Suci
Sabtu Suci adalah selingan antara rasa sakit kematian Yesus dan sukacita kebangkitan-Nya. Tidak ada liturgi yang dirayakan pada pagi hingga sore hari. Dalam penantian yang hening, komunitas Kristen menghidupkan kembali kehilangan murid-murid Kristus ketika ingatan dan meditasi. Pada hari Sabtu Suci Gereja tinggal di makam Tuhan, merenungkan penderitaan, wafat dan turun-Nya ke alam maut (Bdk. Missale Romanum, Sabbato sancto; Symbolum Apostolorum; 1 Ptr 3:19) dan menantikan kebangkitan-Nya dengan puasa dan doa. Amat dianjurkan, untuk merayakan ibadat bacaan dan ibadat pagi bersama jemaat (Bdk. PPP No. 40).  Tidak ada perayaan Ekaristi pada pagi hingga sore hari, orang Kristen menunggu dalam keheningan dan menghidupkan kembali kecemasan para rasul setelah kematian Yesus. Selama berabad-abad bahkan ada puasa yang ketat pada hari Sabtu Suci, yang tidak mengizinkan makanan untuk dimakan untuk memperingati hari yang menyakitkan ini. Banyak yang akan tinggal di gereja sepanjang malam Jumat Agung, menemani Yesus di dalam kubur.
 
Malam Paskah (P).
Kej 1:1 – 2:2 (Kej 1:1.26-31a); Mzm 104:1-2a.5-6.10.12-14.24.35c atau Mzm:4-7.12-13.20.22; Kej 22:1-18 (Kej 22:1-2.9a.10-13.15-18); Mzm 16:5.8-11; Kel 14:15 – 15:1; MT 15:1-6.17-18; Yes 54:5-14; Mzm 30:2.4-6.11.12a.13b; Yes 55:1-11; MT Yes 12:2-3.4bcd-6; Bar 3:9-15.32 – 4:4; Mzm 19:8-11; Yeh 36:16-17a.18-28; Mzm 42:3.5bcd – 43:3-4; MT Yes 12:2-3.4bcd-6; Mzm 51:12-15.18-19; Rm 6:3-11; Mzm 118:1-2.16ab-17.22-23; Mrk 16:1-8.
Malam Paskah berarti malam menjelang Hari Raya Paskah, tepatnya malam Minggu. Hari Sabtu itu dalam liturgi Gereja disebut “Sabtu Suci”. Malam Paskah disebut juga “Vigili Paskah”. Istilah “vigili” berasal dari bahasa Latin “Vigilis”, yang berarti “Berjaga-jaga, siap siaga”. Oleh karena itu, Vigili Paskah berarti berjaga bersama Yesus Kristus yang yang beralih dari kematian menuju kebangkitan. Maka Malam Paskah juga disebut "induk semua vigili, Liturgi Malam Paskah terdiri dari 4 bagian: a. Upacara Cahaya yang merayakan Kristus, Terang Sejati yang mengusir segala kegelapan. Upacara ini meliputi pemberkatan api baru (kalau mungkin di luar gedung gereja), penyalaan Lilin Paskah, disusul dengan perarakan dimana Lilin Paskah itu dibawa masuk gereja oleh diakon, yang kemudian melagukan Pujian Paskah atau Exultet. b. Liturgi Sabda yang memaparkan karya penyelamatan Allah dalam tujuh bacaan dari Perjanjian Lama dan dua bacaan dari Perjanjian Baru, yakni epistola dan Injil. Sesudah epistola ini selebran mengangkat Alleluya meriah yang diulangi oleh seluruh umat. Biasanya setiap Alleluya mendapat nada berbeda dan menaik, setiap kali umat mengikutinya. c. Liturgi Baptis yang meliputi pemberkatan air baptis, pembaptisan para katekumen terpilih, pembaruan janji baptis oleh seluruh umat. d. Liturgi Ekaristi.

Minggu, 31 Maret: Hari Raya Paskah Kebangkitan Tuhan (P).
Kis 10:34a.37-43; Mzm 118:1-2.16ab-17.22-23; Kol 3:1-4 atau 1Kor 5:6b-8; Pagi: Yoh 20:1-9; Sore: Luk. 24:13-35.
Dua orang murid sedang dalam perjalanan menuju rumah mereka di Emaus. Mereka kecewa karena kegagalan salib. Mereka tidak mengerti bahwa Mesias harus menanggung semuanya itu untuk masuk dalam kemuliaan-Nya. Yesus lalu membuat hati mereka berkobar-kobar ketika Ia berbicara tentang diri-Nya dalam Kitab Suci, dan membuat mata mereka terbuka ketika ia memecah-mecahkan roti. Yang disangka mati dan kalah, ternyata bangkit, hidup dan berada di tengah-tengah mereka. Hari ini, Hari Raya Paskah adalah puncak perayaan liturgi sepanjang tahun, dan karenanya disebut Hari Raya dari segala Hari Raya (Summa solemnitas / solemnity of solemnities).

Senin, 25 Maret 2024 Hari Senin dalam Pekan Suci

 
Senin, 25 Maret 2024
Hari Senin dalam Pekan Suci
  
Sengsara Tuhan dan Penyelamat kita Yesus Kristus memberikan kepada kita harapan akan kemuliaan dan ketabahan dalam penderitaan. (St. Agustinus)

     
Antifon Pembuka (bdk. Mzm 35 (34): 1-2; 140 (139): 8)
     
Ya Tuhan, adililah mereka yang merugikan daku, perangilah mereka yang memerangi aku. Angkatlah senjata dan perisai dan bangkitlah membantu aku, ya Tuhan, sumber selamatku.
 
Contend, O Lord, with my contenders; fight those who fight me.Take up your buckler and shield; arise in my defense, Lord, my mighty help.
   
Doa Pagi


Allah yang mahakuasa, kami sering patah semangat karena kelemahan kami. Maka kami mohon, semoga berkat sengsara Putra Tunggal-Mu kami mendapat kekuatan baru. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
    




Bacaan dari Kitab Yesaya (42:1-7) 
    
"Ia tidak berteriak atau memperdengarkan suaranya di jalan."
   
Beginilah firman Tuhan, “Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suaranya, atau memperdengarkan suaranya di jalan. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum. Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.” Beginilah firman Allah, Tuhan, yang menciptakan langit dan membentangkannya, yang menghamparkan bumi dengan segala yang tumbuh di atasnya, yang memberikan nafas kepada umat manusia yang menghuninya dan nyawa kepada mereka yang hidup di atasnya, “Aku, Tuhan, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan. Aku telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan membuat engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Masuknya Tuhan kita ke Yerusalem

 


Bayangkan masuknya Yesus dengan penuh sukacita dan kemenangan ke Yerusalem. Kerumunan orang yang bersorak-sorai berbaris di sepanjang jalan di mana Dia mendekat, menunggangi seekor anak keledai. Ranting-ranting pohon palem dan zaitun dikibarkan tinggi-tinggi, sementara sekelompok anak-anak berseru: Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi! (Bdk. Mat 21:9) Di tengah semua kegembiraan ini, Yesus tampak asyik dan tidak terikat. Dalam representasi adegan ini, seorang seniman terkenal melukis sebuah salib besar di kejauhan, jauh melampaui kerumunan orang yang bersorak-sorai. Penglihatan ilahi Yesus tentu saja melihat salib ini. Dia tahu bahwa dalam beberapa hari Dia akan ditangkap sebagai penjahat dan disalib di antara dua pencuri. Rasa tidak berterima kasih manusia terhadap Penebus ilahi bahkan sampai sejauh ini. Kita juga akan mendapatkan saat-saat kebahagiaan dan kemenangan dalam hidup. Namun, seperti Yesus, kita tidak boleh terlalu percaya pada kegembiraan dan penaklukan dunia ini. Peringatan Roh Kudus bahwa “kegembiraan dapat berakhir dengan dukacita” (Ams. 14:13), sayangnya, terlalu benar. Kebahagiaan duniawi hanya berlangsung sebentar dan berakhir dengan duka. Jadi kita harus mencari kebahagiaan sejati dan abadi yang berasal dari rahmat Ilahi dan dari keselarasan terus-menerus dengan kehendak Tuhan. Kebahagiaan ini tidak akan pernah berlalu, melainkan akan abadi di Surga.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Pembentukan Karakter Kristen

 

1. Temperamen kita sering kali menjadi beban bagi diri kita sendiri dan terkadang menjadi sumber gangguan bagi orang lain. Jika kita tidak berbuat apa-apa, hal ini bisa menjadi penyebab kegagalan atau perilaku ekstrem kita yang kemudian kita sesali. Oleh karena itu, perlu dibentuk karakter yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kristiani. Kita tidak dalam bahaya kehilangan individualitas kita dengan melatih karakter kita dengan cara ini. Anugerah Tuhan tidak mengubah alam, tetapi meninggikan dan menyempurnakannya. Hal ini seperti tunas yang kita tanam di tanah yang belum digarap dalam diri kita sendiri. Buah pertama mungkin terasa asam, tetapi lama kelamaan akan menjadi lebih manis, namun tetap mempertahankan rasa dan aroma esensial dari tanaman induk. St Hieronimus adalah seorang yang keras kepala dan degil, dan ia tetap demikian bahkan setelah kasih karunia Allah telah mengubah dirinya dan menjadikannya suci. Namun sifat kasarnya pada saat yang sama dilunakkan dan diperkuat oleh rahmat ilahi. St Agustinus mempunyai kecerdasan dan hati yang besar. Ketika ia meninggalkan kesesatan filosofis dan kesombongan duniawi untuk mendedikasikan karunia-karunia ini untuk melayani Tuhan, ia mencapai kedalaman pemikiran yang belum pernah dicapai oleh kebijaksanaan Kristen. Kita harus berperilaku dengan cara yang sama. Jika kita mudah marah, kita harus mengubah kecenderungan marah ini menjadi kebencian terhadap dosa. Jika kita pada dasarnya antusias, kita harus mengubah antusiasme kita menjadi kasih kepada Tuhan dan sesama. Jika kita memiliki semangat yang tinggi dan energik, kita hendaknya mengabdikan diri kita pada pekerjaan baik demi keselamatan kita sendiri dan kerasulan bagi jiwa-jiwa. Seberapa jauh kemajuan yang telah kita capai dalam transformasi karakter kita secara Kristiani? Mari kita periksa kemajuan kita dan bertekad untuk berbuat lebih baik.

2. Santo Fransiskus de Sales menulis sebagai berikut dengan kesederhanaannya yang biasa: “Telah ditemukan cara untuk membuat kacang almond yang pahit menjadi manis, dengan menusuk bagian bawahnya dan memeras sarinya. Mengapa kita tidak bisa membuang kecenderungan jahat kita untuk membuat diri kita lebih baik? Tidak ada orang yang pada dasarnya begitu baik sehingga kebiasaan buruk bisa membuat kita menjadi lebih baik, tidak sama sekali merusaknya. Demikian pula, tidak ada orang yang begitu buruk sifatnya sehingga ia tidak dapat dilatih dalam kebaikan atas karunia Tuhan dan ketekunannya sendiri." Santo Fransiskus de Sales tidak mengajarkan hal ini hanya dalam teori, namun ia menerapkan nasihatnya dalam praktik hingga tingkat yang heroik dalam hidupnya sendiri. Secara alami dia dikaruniai dengan watak yang kuat dan penuh kebencian, dan dia menjadi malaikat yang lemah lembut dan ramah. Sejak masa mudanya dia menyadari cacat dalam karakternya. Ia sendiri mengaku berjuang melawan mereka selama dua puluh dua tahun dengan pertolongan Tuhan. Dia mencapai titik di mana dia dapat tetap diam ketika beliau dihina dan menahan diri untuk tidak membela diri ketika dia difitnah, karena dia telah memperoleh kedamaian batin dan sikap yang sangat tenang. Kelembutan karakter ini memampukan dia untuk mempertobatkan lebih dari tujuh puluh ribu bidah, memenangkan kembali orang-orang berdosa yang keras kepala kepada Yesus Kristus, dan membakar banyak jiwa dengan kasih Allah. Kita harus banyak belajar darinya.

3. Ketika Yesus menawarkan diri-Nya sebagai Model Ilahi kita, Dia menggunakan kata-kata ini: “Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati.” (Mat. 11:29) Kerendahan hati dan kelemahlembutan merupakan sifat penting dari karakter Kristen. Siapa pun yang tidak berhasil memperolehnya berarti membangun di atas pasir. Dia akan menjadi siksaan bagi orang lain dan juga dirinya sendiri. Yesus juga menunjukkan hal ini, karena setelah Dia bersabda: “Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati,” Dia menambahkan: “dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Ibid.) Dengan kata lain, Dia memberi tahu kita bahwa hanya dengan syarat inilah kita akan menemukan kedamaian rohani. Ketika kita telah mencontohkan karakter kita berdasarkan kerendahan hati dan kelembutan-Nya, kita akan berkobar dengan kasih kepada Tuhan dan sesama kita. Hanya dengan cara itulah kita akan berhasil memperoleh karakter Kristiani yang sejati dan mendalam.— —Antonio Kardinal Bacci, Meditasi untuk Setiap Hari, 1959.
 
 
   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy